Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, Bali

Jalan Pantai Pandawa, Kutuh, Kabupaten Badung, Bali

5 Ulasan

Pantai Pandawa adalah salah satu primadona wisata pantai di Bali.

Pantai ini kerap dikunjungi wisatawan dan menjadi alternatif setelah ataupun sebelum mengunjungi Pantai Kuta.

Kawasan pantainya yang bersih berpadu laut biru dan pasir putih, serta eksotis-nya tebing-tebing kapur yang mengapitnya, membuat pantai ini terasa masih sangat asri dan alami.

Pantai ini juga dikenal dengan sebutan pantai rahasia atau the secret beach. Hal ini merujuk pada lokasinya yang agak tersembunyi karena berada di balik tebing-tebing tinggi.

Bagi kita yang suka melancong ke pantai yang punya pemandangan alam yang indah dalam artian sesungguhnya, maka Pantai Pandawa adalah salah satu yang direkomendasikan.

pantai-pandawa-bali

Nah untuk mengetahui lebih jauh mengenai Pantai Pandawa mulai dari lokasi, wahana, hingga harga tiket masuknya, di bawah ini telah kami tuliskan ulasan selengkapnya.

Pantai Pandawa Bali

Membahas Bali khususnya dalam bidang pariwisata memang selalu menarik. Apalagi bagi kita yang menyukai traveling.

Karena sebagaimana diketahui, Bali yang juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura ini memang merupakan salah satu icon wisata Indonesia di dunia.

Hal tersebut semakin dipertegas dengan berhasilnya pulau yang terletak diantara Pulau Jawa dan Lombok ini meraih penghargaan sebagai #1 Travel Choice Tripadvisor 2017.

Penghargaan tersebut adalah bukti nyata akan kedigdayaan Pulau Bali dalam hal pariwisata, yang tidak mampu diganggu gugat daerah lain.

Belum lagi bila melihat jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara yang selalu stabil dalam jumlah banyak.

Ratusan orang bahkan ribuan orang setiap harinya selalu antre menunggu jadwal keberangkatan mereka ke Pulau Bali untuk berwisata.

Bali memang merupakan pulau yang sarat akan keindahan. Mulai dari adat budaya penduduknya hingga tempat wisata nya, semuanya mengandung nilai keindahan yang mampu membuat mata dan jiwa terhibur.

Karena itu kalau berkunjung ke Bali tanpa itinerary wisata yang jelas, siap-siap saja kebingungan memilih tempat wisata yang akan dituju karena saking banyaknya dan keindahannya yang merata.

pantai-pandawa-di-bali
via instagram.com/lan.adv

Sebagaimana daerah lain, Bali juga memiliki berbagai jenis obyek wisata. Mulai dari wisata adat, sejarah, religi, hingga wisata kekinian serta wisata pantai.

Khusus untuk wisata pantai, Anda pastinya sudah familiar dengan Pantai Kuta atau Tanah Lot, yang merupakan salah dua icon wisata pantai di Bali.

Namun belakangan obyek-obyek wisata pantai yang lain juga mulai bermunculan dan meramaikan khazanah pariwisata di Bali.

Salah satunya yang cukup terkenal dan menyita perhatian, ialah Pantai Pandawa yang terletak di Bali Selatan, yang dikenal juga dengan sebutan the secret beach atau pantai rahasia.

Tidak seperti Pantai Kuta yang terkesan glamor dengan banyaknya wisatawan asing, Pantai Pandawa lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri.

Mereka yang agak risih melihat bule-bule berpakain terbuka, biasanya akan lebih memilih Pantai Pandawa daripada Pantai Kuta.

Tapi bukan berarti pantai ini lantas sepi dari wisatawan asing. Hanya saja memang jumlahnya tak sebanyak yang terlihat di Pantai Kuta.

Jadi kalau Anda memang suka dengan suasana pantai yang tenang sekaligus tidak terlalu ramai oleh pelancong asing, maka Pantai Pandawa sangat recomended untuk dikunjungi.

Daya Tarik dan Keunikan

pantai-pandawa-sunset-atau-sunrise
via instagram.com/umamunyil029

Sebagaimana yang telah kami singgung di awal, pantai ini menawarkan keindahan berupa lautan yang biru dengan pasir pantainya yang putih.

Melempar pandang ke sekeliling pantai, mata kita akan dibuat takjub oleh tebing-tebing batu kapur yang diukir dengan sangat artistik.

Tebing-tebing tersebut semakin tampak eksotis dengan balutan aneka tanaman hijau yang tumbuh di atasnya.

Semakin lama dipandang, mata dan batin kita akan semakin nyaman dan fikiran yang suntuk pun akan segar kembali.

Sejak memasuki gerbang atau pintu masuknya, Pantai Pandawa sudah menyuguhkan keunikan tersendiri.

Di kanan kiri jalan yang beraspal licin, mata kita akan dimanjakan oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi seolah melindungi Pantai Pandawa dari jamahan manusia.

Kesan unik pun semakin terasa tatkala melewati barisan patung-patung besar yang ternyata merupakan patung tokoh utama dalam kisah ksatria pandawa.

Di area tersebut, kita bisa melihat sejenak cantiknya patung Dewi Kunti, gagahnya patung Arjuna, Bima, Dharma Wangsa, Sadewa dan Nakula.

Area tersebut bahkan sering dijadikan spot berfoto oleh para pelancong. Sebelum melanjutkan ke lokasi pantai, mereka biasanya akan berhenti sejenak dan mengambil beberapa foto dengan background patung pandawa tersebut.

Wahana dan Aktifitas

Berkunjung ke Pantai Pandawa Bali akan memberikan pengalaman yang mengesankan karena banyaknya wahana dan aktifitas yang bisa dilakukan.

Tidak hanya sebatas menikmati keindahannya saja, namun kita juga bisa melakukan aktifitas lain yang lebih seru seperti di bawah ini.

Baca juga: Desa Penglipuran Bali

Berenang

berenang-di-pantai-pandawa
via instagram.com/_dzinul20

Aktifitas ini sangat mungkin dilakukan di Pantai Pandawa karena kondisi airnya yang sangat bersih serta gelombang ombaknya yang tenang.

Sambil berenang menikmati segarnya air, kita bisa bermain pasir ataupun mencari kerang-kerang kecil yang biasanya bersembunyi di dalam pasir.

Kalau datang bersama anak-anak aktifitas ini pasti akan sangat mereka sukai. Tapi jika anak-anak belum bisa berenang, sebaiknya pilih lokasi bermain pasir yang tidak terlalu dekat dari bibir pantai.

Selain itu di pantai ini juga ada banyak penyewaan bangku tidur plus payung nya.

Jadi di sela-sela aktifitas berenang ini, kita bisa menikmati indahnya pantai dari bangku tersebut sebelum berenang kembali.

Bermain Kano

perahu-kano-pantai-pandawa
via instagram.com/tika_mila140797

Birunya air laut dan indahnya pemandangan bawah air Pantai Pandawa akan maksimal ternikmati dengan berkeliling menggunakan perahu kano.

Dengan perahu kecil yang berkapasitas 1 hingga 2 orang tersebut, kita bisa lebih puas menikmati petualangan menjajal laut Pantai Pandawa dan melihat aneka biota bawah lautnya.

Perahu kano biasanya ada yang bagian bawahnya dibuat transparan. Jadi tanpa perlu menyelam ke dalam air, kita sudah bisa melihat ikan-ikan kecil dan terumbu karang hanya dari atas perahu.

Untuk aktifitas ini kita harus mengeluarkan dana sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 70.000 per jam nya.

Biaya tersebut sudah termasuk satu set pelampung untuk berjaga-jaga jika perahu kita terbalik di tengah laut.

Baca juga: Pantai Melasti Ungasan

Snorkeling

Air lautnya yang bersih dan gelombangnya yang tenang membuat Pantai Pandawa juga sangat cocok sebagai spot snorkeling.

Jika sebelumnya kita kurang puas melihat ikan-ikan dan terumbu karang dari atas kano, maka kita bisa ber-snorkeling menjelajahi taman bawah lautnya.

Kemudahan untuk melakukan aktifitas ini juga semakin ditunjang berkat adanya penyewaan alat-alat snorkel di Pantai Pandawa.

Harga sewanya pun terbilang cukup murah yakni hanya berkisar antara Rp. 70.000 hingga Rp. 125.000 saja per 60 menit.

Baca juga: Pesona Sunset Pantai Kuta Bali

Berselancar

selancar-pantai-pandawa
via pesona.travel

Di bulan-bulan tertentu seperti bulan Oktober hingga April, gelombang ombak di Pantai Pandawa akan mulai agak tinggi sehingga cocok sebagai tempat berselancar.

Pada bulan-bulan itu pula, biasanya akan ada beberapa wisatawan asing yang datang untuk menaklukkan ombak Pantai Pandawa dengan papan selancar.

Kalau Anda menyukai aktifitas ini dan memang punya skill, tidak ada salahnya untuk ikut juga meramaikan dunia per-selancar-an di pantai ini.

Sementara bagi yang punya minat dan ingin belajar surfing, sebaiknya datang pada bulan Maret hingga September dimana saat itu ombak akan lebih bersahabat bagi para peselancar pemula.

Baca juga: Tanjung Benoa Watersports

Bermain Paralayang

paralayang-pantai-pandawa
via instagram.com/iyoel_ardiansyah

Berselancar bagi para pemula bisa saja merupakan aktifitas yang menegangkan.

Tapi kalau mau yang lebih mengocok adrenalin, di Pantai Pandawa kita bisa mencoba bermain paralayang atau paragliding.

Permainan paralayang di Pantai Pandawa dimulai dari Bukit Timbis kemudian terbang di atas pantai.

Dari atas, kita bisa menikmati keindahan Pantai Pandawa dan aktifitas pengunjung lain dengan sangat leluasa.

View Pantai Pandawa dengan balutan pasir putih serta air laut berwarna biru tosca juga terlihat sangat indah dari atas paralayang.

Untuk mencobanya, kita bisa naik ke atas Bukit Timbis dan mengeluarkan biaya sewa wahana sekitar Rp. 400.000.

Baca juga: Pantai Sanur Bali

Pijat Refleksi

Jarang-jarang ada jasa pijat di sekitaran pantai. Namun di Pantai Pandawa, kita akan menemukan beberapa orang yang menawarkan jasa pijat refleksi kepada para pengujung.

Jasa pijat refleksi ini bisa kita coba dengan hanya membayar sekitar Rp. 40.000 hingga Rp. 130.000.

Sambil merasakan nikmatnya dipijat, kita bisa menikmati indahnya pantai dan segala aktifitas wisatawan lain.

Teknik pemijatan yang ditawarkan pun beragam. Selain pijat refleksi, kita juga bisa mencoba pijatan dengan teknik pijat pandawa, teknik pijat khas bali, pijat manikur hingga pijat pedikur.

Melihat Budidaya Rumput Laut

rumput-laut-pantai-pandawa
via mongabay.co.id

Salah satu bukti terjaganya kealamian Pantai Pandawa bisa kita temukan dengan mengunjungi pusat budidaya rumput laut yang ada di sebelah barat pantai.

Di area tersebut, akan kita temukan beberapa petani yang sedang menanam ataupun menjemur rumput laut.

Di area budidaya tersebut para wisatawan tidak hanya bisa melihat para petani yang sedang bekerja.

Tapi kalau mau, kita juga bisa belajar langsung bagaimana cara yang benar dalam membudidayakan rumput laut.

Hunting Foto

Keindahan Pantai Pandawa tentunya sangat sayang apabila tidak diabadikan dengan kamera.

Karena itulah saat berkunjung ke pantai ini, jangan lupa siapkan kamera terbaik agar kita bisa terpuaskan berburu spot foto yang ada.

Selain meng-eksplore spot-spot yang ada di sekitaran pantai, spot foto terbaik di Pantai Pandawa ada di area patung ksatria pandawa.

Di sana kita bisa mencoba berbagai gaya untuk mendapatkan gambar yang benar-benar cantik dan layak untuk dibanggakan.

Baca juga: Pantai Sepanjang Jogja

Berburu Souvenir

Sebelum menutup wisata kita di Pantai Pandawa, jangan lupa membeli beberapa buah tangan untuk teman ataupun keluarga di rumah.

Di pantai ini ada beberapa toko yang menjual berbagai pilihan souvenir khas Bali seperti kain, pakaian jadi, hingga barang-barang unik dan kerajinan lokal buah tangan penduduk setempat.

Alamat dan Rute

sejarah-pantai-pandawa
via instagram.com/alvian3598

Pantai Pandawa secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Kutuh di Bali Selatan. Itulah sebabnya pantai ini juga sering disebut dengan nama Pantai Kutuh.

Mengenai alamat lengkapnya, pantai ini beralamat di  Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Menuju Pantai Pandawa kita bisa menggunakan berbagai rute sesuai keinginan.

Jaraknya dari pusat Kota Denpasar hanya sekitar 27 kilometer saja.

Sedangkan bagi wisatawan luar kota yang akan mengaksesnya dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini hanya berjarak kurang lebih 18 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dari bandara tersebut.

Rute yang bisa kita pilih antara lain melalui rute By Pass Ngurah Rai Ke arah Kampus Udayana dan melewati Jalan Darmawangsa hingga ke Jalan Pantai Pandawa.

Bila memilih rute ini, perjalanan akan terasa menantang karena kita akan melewati banyak tikungan dan juga tanjakan yang curam.

Lalu rute lainnya kita bisa mengakses lokasi Pantai Pandawa melalui jalan yang mengarah ke Garuda Wisnu Kencana.

Jika memilih rute ini, maka kita akan melewati Jalan Uluwatu ke arah Jalan Pura Batu Pageh dan kemudian sampailah kita di Jalan Pantai Pandawa.

Melalui rute tersebut kita akan menemukan lokasi Garuda Wisnu Kencana sebelum Jalan Pura Batu Pageh.

Jam Buka

Pantai Pandawa dibuka setiap hari selama 24 jam. Namun jika ingin mendapatkan suasana yang agak teduh, sebaiknya datang pada pagi hari atau sore hari saja.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Saat siang hari di pantai ini akan sangat panas sehingga kurang nyaman untuk beraktifitas.

Tiket Masuk

Pantai yang indah dengan segala keunikannya ini ternyata tidak membutuhkan biaya mahal untuk dimasuki.

Kita hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 8.000 saja untuk tiket masuknya.

Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi, kita hanya perlu menambah biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 8000
ParkirRp. 2000 (motor) – Rp. 5000 (mobil)

Namun demikian, seperti di pantai-pantai lainnya, di dalam kawasan pantai akan ada beberapa fasilitas serta wahana berbayar yang membutuhkan tambahan biaya lagi.

Jadi agar liburan kita ke pantai ini tidak sia-sia, sebaiknya memang siapkan saja dana liburan yang lebih dari cukup.

Fasilitas Umum

deskripsi-pantai-pandawa
via instagram.com/iwan_hambex

Semakin tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Pandawa diresfon sangat baik oleh pengelola.

Selain menyediakan wahana yang cukup lengkap, di pantai ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas umum seperti lahan parkir yang cukup luas dan tidak jauh dari lokasi pantai, toilet, tempat ibadah, kamar bilas, tempat makan hingga toko suovenir.

Kemudian untuk wisatawan luar kota yang ingin menginap, di sekitar Pantai Pandawa juga sudah ada beberapa hunian berupa hotel yang bisa disewa.

Hotel-hotel yang cukup recomended antara lain Hard Rock Hotel Bali, Kuta Paradiso Hotel, Mercure Kuta Bali, Poppies Bali, dan Ozz Hotel Kuta.

Hotel-hotel di atas tentunya menyediakan fasilitas lengkap dengan harga sewa mulai dari Rp. 500.000 saja per malamnya.

Baca juga: New Kuta Beach di Bali

Wisata Dekat Pantai Pandawa

Selain penginapan, wisatawan luar kota biasanya juga membutuhkan informasi mengenai adakah tempat wisata lain yang jaraknya tidak jauh dari Pantai Pandawa.

Nah kabar baiknya, di sekitar pantai ini memang ada beberapa tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk disambangi.

Beberapa tempat wisata yang lokasinya cukup dekat dari Pantai Pandawa antara lain Pantai Gunung Payung, Garuda Wisnu Kencana (GWK), dan Pantai Melasti.

Tips Wisata

Bagi Anda yang baru pertama kali ke Pantai Pandawa, beberapa tips wisata di bawah ini mungkin perlu diikuti:

  1. Sebelum berangkat sebaiknya cek dulu kondisi fisik dan kesehatan Anda. Jangan paksakan untuk berwisata kalau memang Anda sedang tidak sehat.
  2. Siapkan segala perbekalan mulai dari perlengkapan mandi, kamera, pakaian dan alat komunikasi sehari sebelum hari keberangkatan.
  3. Jika Anda adalah pelancong luar kota, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa tour & travel. Selain menghindari kemungkinan tersesat, saat ini angkutan umum yang langsung mengarah ke Pantai Pandawa memang belum tersedia.
  4. Siapkan sun block untuk menghalau panasnya matahari apalagi bagi Anda yang akan datang pada siang hari.
tiket-masuk-pantai-pandawa
via instagram.com/yuyy026

Baca juga: Pantai Kuta Lombok

Demikianlah ulasan atau teks deskripsi tentang Pantai Pandawa Bali yang sangat indah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sedang merencanakan liburan ke salah satu tempat wisata di Bali ini.

Jika menemukan kekeliruan atau kesalahan informasi, jangan lupa kontak kami agar bisa segera kami perbaiki. Selamat berlibur.

5 Ulasan untuk Pantai Pandawa, Bali

  1. meskipun relativ baru dikembangkan dibandingkan pantai lain, tapi gak kalah bagus

  2. Pemandangan yang bagus, banyak tempat nongrong yang cocok buat kumpul bareng temen,

  3. Pantai nya baguss dan pemandanganya begitu indah di sore hari

  4. parkirannya luas….pantainya masih bersih airnya…hanya lingkungannya agak kotor

  5. Salah satu tempat favorit di bali. Airnya jernih

Leave a Reply