Pantai Pangandaran

Jawa Barat adalah salah satu Provinsi di Pulau Jawa yang memiliki puluhan tempat wisata. Semua jenis wisata bisa kita temukan di provinsi dengan luas wilayah sekitar 35.378 km itu.

Jika kalian suka liburan ke tempat yang ada nilai sejarahnya, maka datanglah ke Museum Telaga Manggung, atau Rumah pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Jawa Barat, lalu kalau kalian suka dengan tempat wisata yang memiliki nilai edukasi, maka datangi Trans Studio Bandung, atau Bandung Science Center, serta Taman Budaya yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat juga.

Dan terakhir jika suka dengan suasana liburan di pinggir pantai, maka ada banyak sekali pilihannya, salah satunya pantai Pangandaran yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

deskripsi-pantai-pangandaran
via instagram/asli_anakpangandaran

Pangandaran sendiri sebenarnya merupakan kabupaten baru di provinsi Jawa Barat. Dulunya kabupaten berpenduduk sekitar 422.586 ini termasuk ke dalam wilayah kabupaten Cilacap. Karena itulah, jangan heran apabila sampai sekarang orang-orang lebih terbiasa menyebut Pantai Pangandaran dengan menyebut namanya ditambah nama kabupaten Cilacap. Pantai pangandaran Cilacap, begitulah lazimnya nama pantai ini dikenal kebanyakan orang.

Lebih lanjut, jika saat ini kalian sedang berada di Jawa Barat dan bingung mencari kemana tujuan berlibur, maka datanglah ke pantai Pangandaran. Utamanya bagi kalian yang hobi berenang dan penggemar wisata pantai, maka mengunjungi pantai Pangandaran adalah ide bagus yang harus segera diwujudkan.

Berikut ulasan mengenai wisata pantai Pangandaran, sebagai tambahan informasi jika kalian hendak berlibur ke sana. Yuk, disimak.

Pantai Pangandaran

Deskripsi singkat pantai Pangandaran bisa kalian baca di bawah ini.

Pantai Pangandaran memiliki pasir pantai berwarna putih dan air laut yang cukup jernih. Kedua pesona ini akan menjadi penyambut kedatangan kalian tatkala menginjakkan kaki pertama kali di kawasan pantai Pangandaran.

pantai-pangandaran-jawa-barat
via instagram/suciaprilliani25

Lalu semilir angin pantai yang membelai pelan rambut dan badan kalian, terasa semakin menambah kehangatan suasana di pantai ini. Masuklah lebih dalam untuk mendapatkan sesuatu yang lebih mempesona.

Pantai Pangandaran memiliki bentangan pantai yang cukup luas. Kawasannya terbagi menjadi dua bagian yakni pantai Pangandaran Barat yang bernama lain pantai Pananjung, dan pantai Pangandaran Timur. Keduanya dipisahkan oleh sebuah daratan yang menjorok jauh ke dalam laut atau yang biasa disebut teluk.

Kedua pantai pangandaran ini memiliki karekteristik berbeda.

Pantai Pangandaran bagian barat memiliki karakteristik kawasan yang lebih landai serta cocok sebagai tempat wisata keluarga. Di sini kalian akan banyak menemukan jejeran warung-warung penjual makanan. Dibanding pantai Pangandaran di bagian timur, pantai Pangandaran Barat ini memiliki pengunjung yang lebih banyak.

Selain kawasan pantainya yang lebih luas, pantai Pangandaran Barat juga memiliki gelombang air yang lebih tenang sehingga cocok sebagai tempat berenang, bahkan anak-anak pun sepertinya akan aman berenang di sini. Lalu saat sore hari tiba, di pantai ini kalian bisa menikmati indahnya fenomena ketika tenggelamnya matahari.

Sementara di pantai Pangandaran bagian timur, kalian akan lebih banyak menemukan tambak-tambak ikan. Pasir pantainya lebih sedikit dan terdapat dermaga yang di bagian daratannya yang menjorok ke arah laut.

pantai-pangandaran-bandung
via instagram/jawabaratbeautiful

Di sini juga banyak tempat makan dengan menu khas ikan bakar. Lalu di pagi hari, dari sini kalian dapat menyaksikan detik-detik munculnya matahari atau sunrise.

Spot-spot menarik untuk berfoto juga banyak di pantai timur pangandaran. Meskipun tak seramai di pantai bagian barat, namun pantai ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Semua kembali ke diri masing-masing. Jika ingin berenang, maka pilih lokasi di bagian barat, sedangkan apagila ingin lebih meng-eksplore spot-spot unik dan menarik, maka pilihlah pantai di sebelah timur ini.

Baca juga tempat wisata lainnya di Pulau Jawa seperti Trans Studio Bandung

Lokasi Pantai Pangandaran

Lokasi pantai Pangandaran ini beralamat lengkap di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat kota Bandung lebih kurang sekitar 212 kilometer, sedangkan dari kabupaten Ciamis, pantai ini berjarak sekitar 91 kilometer.

Lokasi pantai Pangandaran berbatasan langsung dengan kabupaten Cilacap di bagian bagian timur, Tasikmalaya di bagian barat, lalu kabupaten Ciamis di bagian utara. Sementara di bagian selatan, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Mengenai alat transportasi yang bisa digunakan ke pantai ini tentunya banyak sekali, selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, kalian juga bisa mengaksesnya dengan menumpang angkutan umum semisal bis dari Jakarta yang beroperasi langsung ke daerah Pangandaran.

pantai-pangandaran-2018
via instagram/pantai_pangandaran

Untuk kalian yang ingin menggunakan pesawat juga bisa, dari Jakarta ataupun Bandung bisa langsung landing di bandar udara Nusawiru di Pangandaran.

Kemudian rute ke pantai Pangandaran yang bisa kalian lewati ada beberapa pilihan, berikut ini diantaranya:

  1. Rute dari Bandung. Kalian bisa melewati Tasikmalaya, lalu teruskan ke arah Banjar hingga Pangandaran. Rute ini adalah rute utama yang paling mudah karena akan banyak sekali petunjuk jalan yang bisa dijadikan panduan.
  2. Rute Selatan Jawa Barat. Rute ini agak jauh, tapi cukup seru apalagi bagi kalian yang suka touring. Jalurnya yakni dari Bandung ke arah Pangalengan, lalu ke Cisewu kemudian ke Rancabuana, lanjut ke Pameungpeuk, Cipatujah, hingga Pangandaran. Meskipun agak jauh tapi rute ini agak sepi dan jalanan juga sudah cukup bagus.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Harga tiket masuk pantai Pangandaran cukup murah, nominalnya berbeda untuk masing-masing alat transportasi yang digunakan. Ini berarti tiket masuknya sudah disatukan dengan biaya parkir kendaraan.

Berikut ini daftar lengkap harga tiket masuk terbaru tempat wisata pantai Pangandaran:

  • Pejalan Kaki Rp. 3.000 per orang
  • Sepeda Motor Rp. 7.000
  • BUS Kecil Rp. 80.000
  • BUS Besar Rp.169.000
  • BUS Sedang Rp. 104.000
  • Kendaraan Jenis Sedan dan Jeep Rp. 28.000
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.700
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 35.000
pantai-pangandaran-sekarang
via instagram/pantai_pangandaran

Fasilitas di Pantai Pangandaran

Kemudian mengenai fasilitas yang ada di pantai Pangandaran juga bisa dibilang sudah cukup lengkap. Di sana sudah tersedia area parkir, tempat ibadah, kamar mandi plus WC, ruang ganti, lapak penjual makanan, dan juga penginapan bagi yang mau menginap.

Untuk jenis dan harga penginapan di pantai Pangandaran tentunya bervariasi. Kalian bisa memilih yang sesuai budget dan juga keinginan kalian. Tapi tenang saja, di sini harga sewa penginapan permalamnya dimulai dari Rp. 200.000 saja.

Wisata Dekat Pantai Pangandaran

Jika masih kurang puas setelah menghabiskan waktu di pantai Pangandaran, kalian juga bisa menuju tempat wisata yang berdekatan dengan pantai Pangandaran. Beberapa diantarnya yakni Cagar Alam Pananjang, Green Canyon Ciamis, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini, dan Citumang Pangandaran.

Objek-objek wisata di atas selain tidak terlalu jauh lokasinya dari pantai Pangandaran, daya tarik yang ditawarkan juga cukup menggiurkan dan cocok sebagai destinasi wisata berikutnya setelah ke pantai Pangandaran.

pantai-pangandaran-pasir-putih
via instagram/pantai_pangandaran

Tempat kren lain di Jawa Barat: Dusun Bambu Lembang

Berlibur ke pantai memang selalu asik untuk dilakukan. Meskipun mungkin pemandangan dan suasana yang akan kita dapatkan hanya itu-itu saja, namun tak bisa dimungkiri jenis wisata ini adalah yang paling banyak digemari dan juga ekonomis. Bagaima? Sudah menyusun rencana liburan ke pantai Pangandaran Jawa Barat?

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read