Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal, pantai berpasir putih yang kini menjadi primadona baru di kalangan wisatawan Jogja.

Setiap harinya, pantai ini dipenuhi oleh wisatawan yang sebenarnya tidak hanya berasal dari Jogja saja tapi juga dari daerah-daerah lainnya.

Jika Anda mencari pantai yang masih alami dan tenang, maka pantai ini sangat layak untuk dipilih.

Tidak hanya menawarkan keindahan semata, namun pantai ini juga menyediakan berbagai daya tarik untuk aktifitas wisata Anda.

pantai-pok-tunggal-yogyakarta
instagram.com/elmashinta10

Review Singkat Pantai Pok Tunggal

Pantai ini dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2012 silam. Pengelolanya adalah masyarakat sekitar yang secara swadaya melakukan pemolesan terhadap kawasan pantai agar semakin menarik dipandang mata.

Berkat jerih payah masyarakat, Pantai Pok Tunggal perlahan mulai menampilkan pesonanya dan dilirik oleh para wisatawan hingga mendapatkan julukan The Hidden Paradise atau surga tersembunyi.

Julukan surga tersembunyi yang dialamatkan kepada Pantai Pok Tunggal memang bukanlah tanpa alasan.

Julukan tersebut sebenarnya memberi gambaran bahwa pantai ini terletak di tempat yang cukup tersembunyi.

Jika nantinya Anda berkesempatan untuk mengunjungi pantai ini, Anda harus rela melewati perjalanan yang menantang hingga menemukan Pantai Pok Tunggal yang dipagari barisan batu karang menjulang tinggi.

Batuan karang yang dikenal dengan perbukitan karst tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kawasannya yang ditumbuhi tetumbuhan hijau memberi kesan alami sekaligus menambah keeksotisan Pantai Pok Tunggal.

Asal Usul Penamaan

pantai-pok-tunggal-2019
instagram.com/jogjajateng

Penamaan suatu tempat biasanya didasari pada peristiwa masa lalu yang pernah terjadi di tempat tersebut.

Atau kalau tidak, pemberian nama pada sebuah tempat juga biasanya terkait dengan hal unik yang dimiliki tempat tersebut.

Nah untuk pantai ini sendiri, penamaannya ternyata berkaitan erat dengan keberadaan sebuah pohon besar yang bernama Pohon Duras.

Karena merupakan pohon langka dan satu-satunya (tunggal) di kawasan pantai ini, akhirnya pohon tersebut pun menjadi ikon sekaligus nama dari Pantai Pok Tunggal yang artinya pohon satu-satunya.

Wahana dan Aktifitas Wisata

Pantai Pok Tunggal di Jogja tidak hanya menarik saat dijadikan obyek penyejuk mata untuk mengusir kegundahan.

Lebih dari itu, di pantai ini kita bisa melakukan berbagai aktifitas wisata sebagaimana di pantai-pantai lainnya.

Misalnya saat berkunjung ke Pantai Nglambor kita bisa mandi atau sunset-an, maka di pantai ini pun kita bisa melakukan hal yang sama.

Nah, agar semakin memperjelas apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan saat berlibur di Pantai Pok Tunggal, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa rekomendasi aktifitasnya :

1. Bermain Pasir

Aktifitas ini biasanya disukai oleh anak-anak. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan wisatawan dewasa juga ada yang menyukai aktifitas bermain pasir pantai.

Nah jika Anda salah satunya, hobi menuangkan ide di atas pasir pantai sangat bisa dilakukan di Pantai Pok Tunggal.

Apalagi dengan pasir pantainya yang putih bersih dan lembut, bermain pasir di pantai ini pastinya akan lebih aman dan  menyenangkan.

2. Berenang

pantai-pok-tunggal-sunset
instagram.com/pantai.jogja

Selain menawarkan pesona pesisir yang sangat indah, Pantai Pok Tunggal juga memiliki air laut yang jernih.

Hal ini tentu merupakan sebuah kabar gembira bagi Anda yang berniat untuk berenang di pantai ini.

Selain itu, yang juga sangat penting adalah keamanan saat berenang di pantai ini cukup terjamin karena gelombang airnya yang tidak terlalu deras.

3. Snorkeling dan Diving

Jika ingin menikmati segarnya air sambil melihat aneka macam biota laut yang hidup di perairan Pantai Pok Tunggal, maka Anda bisa snorkeling atau diving di pantai ini.

Gelombang nya yang bisa dikatakan tengan serta air lautnya yang jernih akan memudahkan Anda saat snorkeling atau diving.

Namun untuk melakukan kedua aktifitas ini Anda harus membawa peralatan sendiri karena di pantai ini masih belum tersedia tempat menyewa alat-alat snorkel.

4. Rock Climbing

Aktifitas ekstrem yang satu ini hanya bisa Anda lakukan di Pantai Pok Tunggal. Inilah salah satu daya tarik yang juga membedakan pantai ini dengan pantai lainnya di Gunung Kidul.

Keberadaan tebing-tebing karst yang mengitari pantai menjadi spot Rock Climing yang sangat menantang.

Jika Anda menyukai olahraga yang akan menguji adrenaline ini, maka siapkan saja perlengkapannya dari rumah.

5. Melihat Sungai Bawah Tanah

Keunikan yang satu ini layaknya sebuah bonus atas perjuangan wisatawan selama perjalanan ke Pantai Pok Tunggal.

Di pantai ini ternyata ada sebuah sungai bawah tanah yang airnya menjadi berkah bagi masyarakat dan pengunjung pantai.

Tidak hanya keberadaannya yang unik, namun airnya juga menjadi sumber air minum bagi warga dan wisatawan yang berlibur di pantai.

6. Camping

pantai-pok-tunggal-camping
instagram.com/furohmaryam

Pantai ini juga menyediakan area yang cukup luas sebagai lokasi camping. Namun lagi-lagi, untuk bisa camping di tempat ini Anda harus membawa sendiri tenda beserta peralatan lainnya dari rumah.

Camping di lokasi pantai tentunya akan memberi pengalaman yang tak terlupakan karena kita bisa menikmati indahnya panorama pantai di malam hari.

Baca juga : Pantai Wedi Ombo

7. Hunting Foto dan Sunset

Spot foto yang paling terkenal di pantai ini adalah spot Pohon Duras. Namun karena pohon tersebut sangat dijaga keberadaannya, maka saat ber-fose di sana Anda harus hati-hati agar tidak sampai ditegur oleh warga sekitar.

Lalu spot foto yang tak kalah menariknya adalah berfoto saat momen sunset mulai tiba. Bermodal kamera smartphone dengan latar langit jingga di sore hari, foto Anda pastinya akan terlihat sangat cantik dan menarik.

Alamat dan Rute ke Lokasi

Pantai Pok Tunggal beralamat lengkap di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasinya berada sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Mengenai rute ke pantai ini bisa menggunakan rute yang sama saat berkunjung ke Pantai Siung atau Pantai Indrayanti. Hal ini karena Pantai Pok Tunggal sebenarnya berada diantara kedua pantai tersebut.

Rute Mengutip Wikipedia

pantai-pok-tunggal-wikipedia
instagram.com/pemulungkenangan

Mengutip dari wikipedia, salah satu rute yang bisa dilewati untuk sampai di lokasi Pantai Pok Tunggal adalah melalui Kota Yogyakarta ke arah Jalan Wonosari kemudian dilanjutkan ke arah Desa Tepus.

Dari desa ini, silahkan lanjurkan perjalanan melewati arah ke Pantai Baron dan ambil kiri di pertigaan sebelum jalan masuk Pantai Baron yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Indrayanti.

Nah dari pertigaan yang ada sebelum sampai di Pantai Indrayanti, silahkan ambil kiri lagi dan lurus saja melewati jalan beraspal hingga sampai di lokasi Pantai Pok Tunggal.

Peta Lokasi

Untuk memudahkan dalam menemukan rute dan lokasi Pantai Pok Tunggal, di bawah ini adalah peta lokasi Pantai Pok Tunggal yang kami ambil dari Google Map.

[Peta Lokasi]

Jam Operasional

Sama seperti pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, pantai ini juga dibuka setiap hari selama 24 jam. Jadi Anda bisa datang kapan saja menyesuaikan kesempatan dan waktu-waktu terbaik menurut Anda.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal berkisar antara 3 ribu hingga 15 ribu rupiah. Perbedaan harga tiket ini bergantung pada hari kunjungan apakah di hari kerja atau hari libur.

Selain itu, di area parkir Anda juga akan dimintai biaya parkir sebesar 3 ribu untuk sepeda motor, 5 ribu untuk mobil, dan 10 ribu untuk bus.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp3000 – Rp15.000
Retribusi ParkirRp3000 (motor) – Rp5000 (mobil) – Rp10.000 (bus)

Fasilitas

Fasilitas umum di Pantai Pok Tunggal sudah tersedia dengan cukup memadai. Fasilitas tersebut antara lain lokasi parkir, toilet, tempat ibadah, payung pantai, warung makan, dan penginapan.

Bagi yang tidak ingin bermalam di area camping, untuk tempat menginap bisa menyewa villa, hotel ataupun homestay yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai.

tiket-masuk-pantai-pok-tunggal
instagram.com/benny_s.official

Baca juga : Tempat Wisata Romantis di Jogja

Kesimpulan

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta memang tidak menyediakan wahana permainan layaknya di Pantai Drini. Meski begitu, berlibur di pantai ini kami rasa cukup menggoda karena keunikan dan banyaknya aktifitas selain bermain wahana yang bisa kita lakukan.

Loading...

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read

Pantai Siung

Hansar
3 min read

Pantai Drini

Hansar
4 min read