Pantai Sendiki

Pantai Sendiki, Jawa Timur

Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur

4 Ulasan

Kota Malang memiliki beberapa pantai yang terkenal dengan keindahannya sebagai tempat wisata.

Jika Anda adalah penyuka obyek wisata pantai yang kawasannya masih asri, alami dan juga sepi, maka Anda bisa datang ke salah satu pantai di Malang yang benama Pantai Sendiki.

Pantai ini cukup indah dan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak akan Anda temukan di pantai lainnya.

pantai-sendiki-malang

Nah jika tertarik, sebelum berangkat silahkan Anda baca dulu ulasan kami mengenai Pantai Sendiki Malang di bawah ini.

Pantai Sendiki

Pantai Sendiki mulai dibuka dan dikenal sebagai salah satu obyek wisata alam di Malang pada tahun 2015 silam.

Kala itu, peresmian pantai ini sebagai tempat wisata dilakukan oleh ratusan ribu orang yang bermalam di sekitar pantai untuk merayakan malam pergantian tahun baru.

Meski tidak diresmikan secara sakral dengan menghadirkan pemerintah, namun peresmian yang digelar oleh masyarakat umum saat itu cukup meriah dan menjadi awal dimulainya kunjungan para turis ke Pantai Sendiki.

Pantai Sendiki menawarkan pesona keindahan alam yang tiada duanya. Saking indahnya, pantai ini bahkan mendapat julukan surga tersembunyi dari para wisatawan.

pantai-sendiki-malang-jatim

Saat datang ke pantai ini, Anda akan mendapati suasana pantai yang sangat asri dengan hiasan pasir putih serta batu-batu karang yang berjejer di tepi pantai.

Pantai Sendiki memang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini membuat kawasan pantai tetap asri dan alami sehingga sangat cocok sebagai tempat mengasingkan diri dari hingar bingar perkotaan.

Sekali lagi bila Anda menyukai tempat wisata yang masih asri, alami serta masih sepi yang lokasinya ada di Malang, maka pilihan terbaiknya adalah Pantai Sendiki.

Sejarah Pantai Sendiki

Ada kisah sejarah yang dipercaya masyarakat sebagai dasar atau awal mula pantai ini dinamakan Pantai Sendiki.

Kisahnya adalah dahulu kala di pantai ini katanya pernah terjadi pembagian tanah oleh 4 orang yang disebut sebagai penemu kawasan Pantai Sendiki.

Nah dari keempat orang tersebut, satu diantaranya ternyata tidak mendapatkan bagian lahan yang berupa daratan.

Selanjutnya satu orang ini yang dikenal bernama Mbah Singo Lenon, kemudian menanyakan perihal dirinya yang belum mendapat bagian lahan kepada ketiga temannya.

pantai-sendiki-2019

Kala itu dengan bahasa jawa sang mbah bertanya, “Nggon ku seng ndiki ?”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “bagian saya di mana ?”.

Dan karena ternyata lahan berupa tanah telah dibagi habis oleh ketiga temannya, Mbah Singo Lenon akhirnya memilih kawasan pantai sebagai lahan bagiannya.

Kata “seng ndiki” yang diucapkan Mbah Singo Lenon saat menanyakan bagiannya tersebutlah yang dipercaya sebagai dasar penamaan pantai ini dengan nama Pantai Sendiki.

Meski kisah di atas terkesan mengada-ngada, namun masyarakat sekitar masih mempercayainya dan menjadi cerita turun temurun yang terus terdengar sampai saat ini.

Mitos Pantai Sendiki

Mitos Pantai Sendiki erat kaitannya dengan kisah sejarah penemuan Pantai Sendiki di atas.

mitos-pantai-sendiki

Beberapa tahun setelah peristiwa pembagian lahan yang melibatkan Mbah Singo Lenon bersama ketiga temannya, Mbah Singo Lenon akhirnya meninggal dan konon dikubur di sekitar kawasan pantai.

Dan benar saja, di sekitar kawasan memang ada sebuah makam batu yang disebut sebagai makam Mbah Singo Lenon.

Meskipun belum bisa dibuktikan bahwa makam tersebut adalah benar makamnya Mbah Singo Lenon, namun keberadaannya cukup menjadi sumber mitos yang membuat Pantai Sendiki terkesan angker.

Aktifitas Menarik di Pantai Sendiki

Pantai Sendiki menjadi salah satu pantai di garis pantai selatan jawa yang terkenal dengan ombaknya yang ganas. Itulah sebabnya di pantai ini para wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang.

Namun meski begitu, di pantai ini Anda masih bisa melakukan berbagai macam aktifitas menarik seperti berikut ini :

1. Bersantai Menikmati Asrinya Kawasan Pantai

pantai-sendiki-bersantai

Pantai Sendiki Malang Jatim terkenal sebagai salah satu pantai yang paling nyaman untuk tempat bersantai.

Selain karena masih asri dan alami, di sekitar kawasannya juga tumbuh berbagai macam tanaman dan pepohonan rindang yang makin membuat suasana tambah sejuk.

Nah di bawah pepohonan, Anda bisa menikmati suasana santai tanpa gangguan sambil menikmati keindahan samudera di kejauhan sana.

2. Melihat Makam Mbah Singo Lenon

pantai-sendiki-angker

Mbah Singo Lenon dipercaya sebagai penemu Pantai Sendiki sekaligus moyang masyarakat sekitar.

Karena itulah, makam batu yang disebut sebagai makam Mbah Singo Lenon kerap dikunjungi masyarakat dan juga para wisatawan.

Makam batu ini berada di sebelah kiri kawasan pantai yang ditandai dengan tulisan “Singo Lelono”.

Baca juga: Pantai Cemara Tuban

3. Berkemah

rumah-pohon-pantai-sendiki

Pantai Sendiki juga sering dijadikan sebagai lokasi berkemah para wisatawan. Ada beberapa area di sekitar pantai ini yang cukup teduh dan cocok sebagai tempat membangun tenda.

Mengenai perlengkapan berkemah misalnya tenda, Anda bisa menyewanya di tempat ini dengan biaya sewa sekitar Rp75.000.

Sedangkan jika Anda membawa tenda sendiri, Anda hanya akan dikenai biaya sewa area sebesar Rp20.000 saja.

4. Hunting Foto

spot-foto-pantai-sendiki

Kawasan Pantai Sendiki yang asri dan alami dengan hiasan pasir putihnya sangat cocok sebagai tempat berfoto.

Nah jika datang ke pantai ini, Anda bisa hunting foto di beberapa area yang menurut Anda paling menarik.

Anda bisa mencoba spot foto di pinggir pantai ataupun di bawah pepohonan yang rindang.

Sebagai tambahan referensi, pantai di Malang yang juga memiliki spot foto cantik adalah Pantai Balekambang. Di sana ada obyek Pura di atas sebuah pulau karang yang sangat cantik sebagai tempat berfoto.

Lokasi Pantai Sendiki

AlamatDesa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Peta LokasiKlik Disini

Jika Anda pernah mengunjungi Pantai Tamban Malang, maka pantai ini sudah dekat dengan jarak hanya 2 kilometer dari Pantai sendiki.

Sedangkan jika diukur dari Kota Malang, maka perjalanan ke Pantai Sendiki akan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam berkendara dengan jarak tempuh sekitar 68 kilometer.

Rute ke Pantai Sendiki

Pantai ini berlokasi di tempat yang cukup tersembunyi. Untuk mengaksesnya, Anda bahkan dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang bisa mengakses lokasinya secara langsung.

Baca juga: Pantai Clungup

rute-ke-pantai-sendiki

Rute ke Pantai Sendiki bisa menggunakan rute yang sama ke Pantai Tamban. Nah dari Pantai Tamban, Pantai Sendiki kemudian bisa diakses dengan sepeda motor ataupun jalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer.

Jika datang dari arah Kota Malang misalnya, maka rutenya adalah melalui jalur Pakishaji – Kepanjen – Gondanglegi.

Kemudian dari Gondanglegi, lanjutkan perjalanan Anda menuju arah Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanji Wetan, Anda tinggal mengikuti jalur ke Pantai Tamban yang terletak di desa Tambakrejo.

Perlu diketahui bahwa mobil atau kendaraan roda 4 tidak bisa memasuki kawasan Pantai Sendiki secara langsung.

Jadi kalau Anda datang menggunakan mobil, maka Anda harus memarkir mobil di daerah pemukiman penduduk sebelum jalan kaki atau membayar ojek untuk mengantarkan ke Pantai Sendiki.

Baca juga : Pantai Bayu Tibo

Jam Buka Pantai Sendiki

Pantai Sendiki dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Anda bebas datang ke pantai ini setiap hari dan pada jam berapapun karena pantai ini dibuka 24 jam.

Namun demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya Anda datang di pagi hari dan pulang saat hari mulai sore jika tidak ingin menginap.

Tiket Masuk Pantai Sendiki

tiket-masuk-pantai-sendiki

Harga tiket masuk Pantai Sendiki 2019 baik di hari biasa ataupun hari libur terbilang cukup terjangkau. Harga tiketnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000 (hari biasa) – Rp15.000 (hari libur)
Tiket ParkirRp5000 (motor) – Rp10.000 (mobil) – Rp20.000 (bis)

Selain tiket masuk dan parkir, jika ingin berkemah Anda juga akan dimintai biaya sewa area ataupun sewa tenda dengan harga seperti yang telah tertulis sebelumnya.

Baca juga : Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Fasilitas di Pantai Sendiki

Meski masih baru dan belum terlalu sering dikunjungi wisatawan, namun fasilitas di Pantai Sendiki sudah cukup memadai.

Di pantai ini sudah ada fasilitas berupa area parkir, kamar mandi, toilet, gazebo, mushola, camping ground, penginapan, dan tempat makan.

Penginapan di Pantai Sendiki

Untuk urusan tempat menginap jika ingin bermalam di Pantai Sendiki, Anda bisa memilih beberapa penginapan.

Selain bisa bermalam di are perkemahan, Anda juga bisa bermalam di wahana rumah pohon Pantai Sendiki ataupun di beberapa homestay yang disewakan warga sekitar.

Tempat terbaik tentunya di homestay karena selain terjangkau, juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung.

Baca juga: Pesona keindahan Pantai Ngliyep Malang

gambar-pantai-sendiki

Baca juga : Tempat Wisata di Malang

Pantai Sendiki Malang sangat cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga. Selain harga tiketnya yang cukup murah, kawasannya yang masih asri dan sepi juga akan memberikan kepuasan tersendiri untuk Anda dan keluarga.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

4 Ulasan untuk Pantai Sendiki, Jawa Timur

  1. Pantai ini cukup bagus, bisa dibilang bagus banget. nNamun untuk menuju ke pantai ini dibutuhkan banyak usaha. nnDimulai dari jalan yang hanya cukup untuk 1 mobil, ditambah dengan jalan berbatu yg cukup membuat suspensi dan kaki-kaki mobil bekerja keras. Mobil SUV saya rasa masih bisa melibas trek ini. Tidak cukup sampai disitu, setelah anda parkir mobil pun usaha anda untuk menuju pantai Sendiki juga dituntut ekstra keras. nnAnda perlu berjalan kaki denfan medan yang cukup menanjak. Bagi yg membawa orang tua saya sarankan untuk dibantu ya, karena jalannya menanjak banget, kasihan. nTetapi di sepanjang jalur mendaki tersedia warung-warung yg bisa di jajaki untuk beristirahat sekedar minum teh atau makanan ringan atau berat. nnSetelah anda melewati warung, terdapat semacam gate atau pos dan setelah itu jalanan mulai menurun. nDipantai sendiki juga tersedia rumah pohon untuk disewa bermalam dengan paket breakfast atau dengan menu2 yang lain sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menahan hawa lapar. Toilet pun tersedia di pantai ini. nPantai ini memang behadapan langsung dengan samudra. Tak ayal ombak disini pun cukup berbahaya namun, pasir putihnya beneran lembut dan halus. nYang saya suka di pantai ini adalah rumah pohon dan pasirnya yang putih nan lembut.nSatu hal penting, sampah dan sisa plastik harus anda buang ke tempat yg disediakan yaa.. jagalah LAUT dan Pantai kita supaya generasi setelah kita dapat menikmati bersihnya laut dan pantai.

  2. Udah lama gak kesini sebenernya, terakhir bulan September 2019 untuk yang ke 5 kalinya 😒 bosen? Nggak dong, tempatnya asyik, bersih, sepi . Tapi itu diawal dulu, setelah beberapa pembangunan dan pengembangan wajar lah kalau ramai dan ya sedikit kotor. Ada ±6 rumah kayu yang bisa kalian sewa disana. Harga 1 rumah kayu permalamnya 150k include sarapan (waktu saya ke sana dikasinya nasi goreng😒) tapi enak juga sh. Untuk yang mau ngcamp juga gak perlu bawa tenda, disana ada warung yang menyediakan tenda, alas, dan beberapa alat camping sederhana yang bisa di sewa. Harga juga gak beda-beda banget dengan di kota. Cocok juga untuk kegiatan ramai-ramai, atau sekedar refreshing menenangkan diri sendiri. Oiya, Tips aja kalau udah disana, pastikan jangan nyampah ya guys.

  3. sayangnya akses k pantai tidak mulus dr dulu sampai sekarang blm d benerin….padahal pantainya bagus…kalau ke tempat ini di sarankan jgn pakai bus krn jalannya cuma selebar ukuran mobil jadi kalau d tengah jalan ke temu kendaraan lain harus ngalah…oh ya dari parkiran k pantai bikin sedikit capek dan capek nya bakal kerasa pas waktu pulang

  4. Pas kesana masih bersih banget,bagus banget. Tapi jalannya masih kurang enak. Tapi kayaknya sekarang udah enak soalnya kesana udah beberapa bulan lalu. Enaknya bawa tenda kalo kesana

Leave a Reply