Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang, Yogyakarta

Jl. nglolang,saglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

5 Ulasan

Pantai Sepanjang, pantai berpasir putih yang kini menjadi salah satu favorit wisatawan di kawasan Gunungkidul, Jogja.

Jika berkesempatan datang ke Gunung Kidul, jangan lupa mampir dan nikmatilah indahnya perpaduan pasir putih dan samudra biru di pantai ini.

Ada beragam hal menarik dan aktifitas wisata seru yang bisa dilakukan di pantai yang disebut-sebut mirip dengan Pantai Kuta Bali ini.

Lebih jelasnya, berikut kami sajikan ulasan lengkap mengenai Pantai Sepanjang Jogja.

Sekilas Pantai Sepanjang

pantai-sepanjang-gunung-kidul

Kawasan Gunungkidul, Jogja menjadi tempat yang akan sangat ramai di hari-hari libur.

Ada banyak obyek wisata yang bisa kita kunjungi di kabupaten yang berjarak sekitar 46 kilometer dari pusat Kota Jogja ini.

Jika Anda tipe orang yang lebih senang menghabiskan waktu libur di kawasan pantai, Gunungkidul juga punya beberapa pantai indah salah satunya Pantai Sepanjang.

Pantai yang terletak di Kecamatan Tanjungsari ini mungkin tidak seramai Pantai Indrayanti. Atau mungkin juga tidak sesibuk Pantai Nglambor.

Tapi kalau membandingkan keindahannya, maka Pantai Sepanjang sebenarnya tidak kalah indahnya.

Pantai Sepanjang punya kawasan pantai yang sangat luas. Hal inilah yang mendasari penggunaan kata “sepanjang” sebagai namanya.

Saat menjejakkan kaki di pintu masuk, kita akan langsung disuguhi hamparan pasir putih yang sangat luas sejauh mata memandang.

Kawasan pantai ini berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Gunungkidul. Jika di pantai lainnya biasanya ada banyak batu karang, di pantai ini malah sangat jarang.

Pasirnya mulus. Bersih. Tak ada batu karang sehingga sangat nyaman untuk diduduki ataupun tidak menyakiti telapak kaki saat berjalan di atasnya.

pantai-sepanjang-jogja
instagram.com/elsaprasepti87

Pantai Sepanjang juga menawarkan pesona keindahan bawah air yang dihiasi berbagai macam ikan dan biota laut.

Airnya yang bersih dan jernih membuat keindahan tersebut bisa langsung kita nikmati hanya dari permukaan.

Namun karena di pantai ini ombaknya sangat besar sebagaimana tipikal kebanyakan pantai selatan Jogja, maka untuk berenang perlu kehati-hatian bahkan sangat tidak direkomendasikan.

Tapi liburan di Pantai Sepanjang bisa kita isi dengan kegiatan lain yang lebih seru daripada sekedar berenang.

Di bawah akan kami bedah beberapa kegiatan wisata yang nantinya bisa kita lakukan di pantai ini.

Mitos Pantai Sepanjang

Belum terdengar cerita dari masyarakat ataupun wisatawan mengenai mitos di pantai ini. Hanya saja memang di sekitar pantai ini ada sebuah situs bersejarah yang bernama Banyusepuh.

Situs ini dulunya konon berupa sebuah area tempat memandikan pusaka para wali jaman dulu.

Entah benar atau tidak, namun keberadaan situs tersebut sekarang sudah sulit untuk ditemukan karena tidak dirawat oleh masyarakat ataupun pengelola Pantai Sepanjang.

Tapi menurut beberapa orang situs tersebut saat ini bisa kita jumpai jika mau menanyakan di mana lokasinya kepada masyarakat.

Masih menurut beberapa sumber, situs itu sekarang hanya berupa area kering yang menjadi tempat tumbuhnya tanaman atau pepohonan liar.

Wahana dan Aktifitas Wisata

Seperti yang kami tulis di atas, pantai ini bukanlah tempat yang aman untuk berenang. Meski begitu, di sana kita bisa melakukan aktifitas lain yang tak kalah serunya.

Berikut ini beberapa aktifitas yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Pantai Sepanjang Gunung Kidul :

Spot Foto

pantai-sepanjang-indah
instagram.com/zhee_fatimah

Ada banyak spot foto yang bisa kita eksplore di pantai ini. Salah satunya adalah spot foto berupa tempat duduk yang berhias ornamen berbentuk hati ini.

Jumlah nya tidak hanya satu tapi tersebar di beberapa titik di bibir pantai sehingga Anda tidak perlu antri untuk mendapatkan giliran berfoto.

Bersantai

Duduk santai menikmati deburan ombak Pantai Sepanjang yang bergulung-gulung juga sepertinya tidak terlalu buruk untuk dilakukan.

Anda bisa memilih area yang agak teduh misalnya di bawah pepohonan sambil ngobrol bersama teman ditemani beberapa camilan dan minuman ringan.

Camping

Seperti halnya di Pantai Wediombo, di pantai ini juga tersedia area camping yang cukup luas. Jika Anda punya jatah liburan yang cukup panjang, Anda bisa bermalam di area camping bersama wisatawan lainnya.

Aktifitas malam di area camping biasanya dilewati oleh para wisatawan dengan membakar api unggun.

Susur Pantai

pantai-sepanjang-camping
instagram.com/febriantoyoga23

Garis Pantai Sepanjang yang sangat panjang dan pasirnya yang lembut cukup menggoda untuk dijelajahi.

Cobalah nikmati belaian angin sepoi-sepoi dengan berjalan santai di sepanjang bibir pantainya.

Agar makin seru, jika punya jangan lupa bawa kamera karena nantinya Anda pasti akan menemukan objek foto yang sangat sayang kalau tidak diabadikan.

Selancar

Aktifitas ini khusus bagi Anda yang memang punya hobi dan kemampuan berselancar. Ombak Pantai Sepanjang yang besar tapi lembut adalah surga bagi para peselancar.

Karenanya jika Anda punya skill, jangan lupa bawa peralatan selancar dan taklukkan lah ombak di pantai ini.

Baca juga : Pantai Parangtritis

Sunset

mitos-pantai-sepanjang
instagram.com/baby_cb234

Banyak wisatawan yang sengaja menunggu hingga sore hari untuk menikmati keindahan sunset di Pantai Sepanjang.

Momen sunset ini biasanya sangat diburu sebagai obyek foto dan juga latar foto.

Saat hari mulai sore, para pelancong akan berkumpul dan menyiapkan segala hal yang dapat digunakan untuk memaksimalkan momen tersebut.

Baca juga : Pantai Sundak

Kuliner

Liburan ke pantai ini tidak lengkap tanpa mencicipi menu-menu kuliner yang dijual di warung-warung yang tersebar di sekitaran pantai.

Selain harganya tidak terlalu mahal, pilihan menunya juga beragam yang tentunya didominasi oleh menu masakan laut seperti ikan bakar dan ikan goreng.

Alamat Pantai Sepanjang

Pantai ini beralamat di Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk sampai di lokasinya dari pusat Kota Jogja, kita setidaknya harus menempuh perjalanan sejauh 59 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam.

Rute Jalan ke Lokasi

jalan-ke-pantai-sepanjang-jogja
instagram.com/rizkik.efendi

Saat ini jalan ke Pantai Sepanjang sudah cukup bagus dan bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk rute ke lokasi juga bisa menggunakan berbagai pilihan rute sesuai posisi atau arah kedatangan Anda.

Misalnya jika Anda datang dari arah Kota Jogja, salah satu rute yang bisa digunakan adalah rute dari Jogja ke arah Piyungan, lalu mengakses Desa Mulo melewati daerah Patuk dan Wonosari.

Setelah sampai Desa Mulo, lanjutkan menuju arah Tepus dan melewati jalan ke arah Pantai Indrayanti tembus ke Pantai Krakal dan terakhir sampailah Anda di Pantai Sepanjang.

Tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk menemukan lokasi pantai ini karena di sepanjang perjalanan Anda akan mendapati banyak papan petunjuk jalan.

Baca juga: Pantai Glagah Indah Jogja

Jam Operasional

Pantai-pantai yang ada di Gunungkidul umumnya dibuka setiap hari selama 24 jam. Begitu juga dengan Pantai Sepanjang yang bisa Anda kunjungi kapan pun dan di hari apapun sesuai keinginan Anda.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Tiket Masuk Pantai Sepanjang

tiket-masuk-pantai-sepanjang
instagram.com/attalajagad

Pantai ini bisa kita nikmati dengan biaya yang sangat murah yaitu hanya dengan membeli tiket masuk seharga Rp. 10.000 saja.

Selain murah, tiket masuk tersebut juga sudah terhitung tiket untuk menikmati dua pantai lain yang sekawasan dengan Pantai Sepanjang yaitu Pantai Krakal dan Pantai Sundak.

Kemudian di area parkir kita juga akan dikenai biaya retribusi yang masih terbilang murah yaitu sebesar Rp. 3000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Parkir MotorRp. 3000
Parkir MobilRp. 5000

Fasilitas Umum

Fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengujung juga sudah tersedia cukup lengkap di pantai ini. Selain area parkir, di sana juga sudah ada toilet, kamar mandi, mushola, tempat duduk, gazebo, dan warung penjual makanan serta toko souvenir sederhana.

Penginapan di Pantai Sepanjang

penginapan-pantai-sepanjang
instagram.com/listyawidi

Selain menginap di area camping, wisatawan yang ingin menikmati malam di hunian yang lebih mewah juga bisa menyewa villa atau penginapan bentuk lain yang tersebar di sekitar kawasan pantai.

Beberapa tempat menginap yang bisa dipilih antara lain Villa Tentrem Sepanjang Beach, Penginapan Indraprastha, Embunsegoro Homestay, dan Kalpilon Indah Cottage.

Selain harga sewanya yang cukup murah yaitu berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 per malamnya, penginapan di atas juga lokasinya hanya beberapa kilometer saja dari lokasi pantai.

Pantai Yang Dekat Dengan Pantai Sepanjang

Di Gunungkidul masih ada banyak pantai lain yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Sepanjang. Yang paling dekat adalah Pantai Krakal dan Pantai Sundak.

Selain itu, di sekitarnya juga ada Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Pantai Nglolang, Pantai Ngandong, Pantai Siung, dan Pantai Baron yang bisa kita jelajahi.

pantai-dekat-pantai-sepanjang
instagram.com/deliarevalabibah

Baca juga : Tempat Wisata Romantis di Jogja

Pantai Sepanjang Jogja adalah salah satu alternatif wisata pantai yang bisa dipilih jika berlibur ke kawasan Gunungkidul. Jika pun masih kurang puas dengan apa yang disuguhkan pantai ini, toh Anda masih punya banyak pilihan pantai lain tanpa harus berpindah terlalu jauh.

Belajar Bahasa Inggris

5 Replies to Pantai Sepanjang, Yogyakarta

  1. Pantai sepanjang jalan…..Pantai Baron adalah salah satu objek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta. Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Salah satu pantai yg ada pasar ikannya dan pemandangan cukup bagus. Ada seperti aliran sungai dangkal yg aman untuk anak2 main air, berenang dan bermain pasir.

  2. Pantai Sepanjang Jogja adalah salah satu diantara puluhan pantai eksotis yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Kabupaten Gunung Kidul memang berada pada garis pantai selatan Jogja yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga pantai-pantai yang berada di sini berombak besar dan memiliki pemandangan indah dengan perbukitan karang di sekitarnya.nnDaya tarik wisata Jogja memang luar biasa. Di sini terdapat berbagai macam jenis obyek wisata yang bisa dikunjungi mulai dari pantai, alam, goa, bukit, hutan dan taman. Bermacam fasilitas wisata pun ditawarkan seperti paket wisata jogja, sewa mobil Jogja, hotel dan fasilitas lainnya yang memudahkan untuk berwisata.nnantai Sepanjang Jogja salah satu pantai berpasir putih yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini masih berada di lokasi yang sederetan dengan pantai gunung kidul lainnya yang juga populer seperti sundak, kukup, indrayanti dan baron.nnNama “sepanjang” merupakan sebutan berdasarkan karakteristik pantai yang memiliki garis pantai yang cukup panjang, tidak sebagaimana beberapa pantai Kabupaten Gunung Kidul lainnya. Seperti pantai Goa Cemara, suasana pantai Sepanjang cenderung sejuk dengan semilir angina yang berhembus meski ditengah terik matahari. Selain itu, pasir putihnya tidak terlalu bercampur dengan karang sehingga banyak pengunjung yang suka menyusuri pantai ini untuk menikmatinya.nnPada saat air laut pantai sepanjang ini surut, pada bibir pantai akan terlihat banyak batuan karang, bulu babi, kerang dan biota laut lainnya. Penduduk setempat terbiasa mengumpulkan kerang, rumput laut dan selainnya yang bisa dikonsumsi atau dijajakan untuk dijual sebagai mata pencaharian mereka. Inilah yang menjadi salah satu keunikan yang terdapat di pantai ini.nnHal yang mungkin terlewatkan adalah keberadaan sumber mata air banyusepuh. Sumber mata air ini konon digunakan para wali untuk membasuh benda pusaka mereka. Sehingga mata air ini dinamakan banyusepuh yang berarti air untuk membasuh.

  3. Tiket Masuk Kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Indrayanti, dan Pok TunggalnRp10.000nRp3.000 (sepeda motor)nRp5.000 (mobil)nRp20.000 (bus)nnJam Buka Pantai SepanjangnSenin – Minggu: buka 24 jamnnBila ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta tempo doeloe, Pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat. Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya bisa Anda nikmati begitu tiba di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.nnPantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Nama “Sepanjang” diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.nnSuasana alami itulah yang menjadikan Pantai Sepanjang lebih dari Pantai Kuta. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam. Buktinya, anda akan tetap bisa menggeledah karang-karang untuk menemukan berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata). Anda juga tetap bisa menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput laut yang tertanam. Tentu dengan berhati-hati agar tak tertancap duri landak laut. Jelas kan, Anda tak akan menemuinya di Pantai Kuta?nnKebudayaan masyarakat pantai juga masih sangat kental. Tak ada bangunan permanen di pinggir pantai, hanya beberapa gubug yang ditinggali oleh masyarakat setempat. Masih di pinggir pantai, terdapat ladang yang digunakan penduduk untuk menanam kedelai. Pantai yang landai dan langsung diterpa ombak menyebabkan tak ada penduduk yang melaut. Bila melihat ke belakang, akan tampak dua buah bukit yang bagian lerengnya digunakan penduduk setempat untuk menanam jagung sebagai sumber makanan pokok. Tanah di puncak bukit tersebut telah dibeli oleh investor untuk dibangun sebuah villa yang harapannya bisa digunakan sebagai penginapan wisatawan.nnSepanjang juga memiliki situs bersejarah, yaitu Banyusepuh. “Banyu” berarti air dan “sepuh” berarti basuh atau membasuh. Sesuai namanya, tempat yang tadinya berupa mata air ini digunakan untuk membasuh atau memandikan. Penggunanya konon adalah para wali yang biasanya membasuh pusakanya. Situs ini tak akan diketahui keberadaannya bila tak bertanya ke penduduk setempat. Ketika melihat, situs ini hanya tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar.nnCapek berkeliling, maka istirahatlah. Gubug-gubug yang berada di pinggir pantai biasanya digunakan penduduk untuk menjual makanan dan minuman yang sekiranya cukup untuk melepas lapar dan dahaga. Disediakan pula lincak (tempat duduk yang disusun dari bambu) untuk tempat ngobrol dan menikmati semilirnya angin pantai. sempat merasakan betapa sejuknya berteduh di bawah gubug. Kalau senja tiba, tengoklah ke barat untuk menyaksikan kepergian matahari. Walau kini belum ada villa, namun penduduk setempat cukup terbuka bila ada yang menginap.nnSoal oleh-oleh jika pulang, pengunjung tak perlu berpusing-pusing mencari. Bukankah oleh-oleh tak harus selalu berbentuk makanan? Beberapa penduduk yang tinggal beberapa kilometer dari pantai sudah membuat kerajinan tangan berbahan dasar cangkang kerang-kerangan yang kemudian dipasarkan oleh penduduk pantai. Meski tak sekomersil di Malaysia, kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk cukup bervariasi. Ada kreasi berbentuk kereta kencana, orang-orangan, barong, jepitan, ataupun yang hanya sekedar dikeringkan dan dipendam di dalam pasir. Beberapa di antaranya dilukis sederhana

  4. Pantai nya bagus ada kuliner seafood juga tiket masuk terjangkau bisa buat camp

  5. Tempatnya luas, cocok untuk rombongan banyak buat keluarga juga oke apalagi sama selingkuhan. (Upz.) 😂😂

Leave a Reply