Pantai Siung

Liburan ke Jogja jangan lupa menyambangi kawasan Gunung Kidul dan mampir beberapa saat di Pantai Siung.

Pantai ini adalah salah satu suguhan terbaik yang dimiliki Gunung Kidul bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Pantai Siung menawarkan banyak sekali daya tarik yang akan membuat siapapun betah berlama-lama di lokasinya.

pantai-siung-jogja

instagram.com/yandetihed

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pantai ini, di bawah telah kami siapkan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Pantai Siung Yogyakarta

Pantai ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Nglambor dan juga tidak jauh dari pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul.

Pantai satu dan pantai lainnya hanya dipisahkan oleh tebing-tebing tinggi yang memang menjadi ciri khas kebanyakan pantai di kawasan Gunung Kidul.

Pantai Siung sendiri memiliki ciri khas berupa pasir pantainya yang putih bersih, kawasan pantai nya yang landai, dan tentunya dipagari juga dengan deretan batu atau perbukitan karang.

Perbukitan karang ini bahkan sudah dipermak dan saat ini dijadikan sebagai lokasi panjat tebing.

panjat-tebing-pantai-siung
instagram.com/pantai_siung

Karena itu bagi Anda yang menyukai olahraga panjat tebing, di Pantai Siung tersedia 250 jalur berstandar Internasional yang bisa dicoba.

Oh ya. Mungkin ada juga yang penasaran kenapa pantai yang satu ini dinamai Pantai Siung. Dan ternyata, asal muasal penamaan nya juga berkaitan dengan keberadaan perbukitan karang tersebut.

Saat berkunjung ke pantai ini, nantinya Anda akan menemukan sebuah tebing karang yang bentuknya sekilas mirip dengan gigi kera.

Inilah yang dikatakan menjadi dasar pemilihan kata siung yang digunakan untuk menamai Pantai Siung.

Aktifitas Wisata di Pantai Siung

Pantai ini mendapat cukup banyak kunjungan wisatawan setiap harinya karena keindahan yang dimilikinya.

Selain dapat bersantai menikmati pasir putih dan birunya air laut yang tenang, di Pantai Siung para wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktifitas wisata menarik.

Aktifitas atau kegiatan tersebut antara lain :

1. Bermain Pasir

pantai-siung-gunkid
instagram.com/explorealamjogja

Keberadaan pasir putih yang menghampar di pinggir pantai sangat menggoda untuk dijadikan canvas alami sebagai tempat menuangkan ide-ide atau kreatifitas.

Di atas pasir putih yang bersih tersebut, Anda bisa berkreasi membentuk replika bangunan-bangunan ataupun quoates-quoates romantis layaknya seniman.

Jika datang bersama anak-anak, jangan lupa untuk mengajak mereka bermain pasir karena mereka pasti akan menyukai kegiatan tersebut.

2. Berenang

Setelah puas mengeksplore pasir putih Pantai Siung, selanjutnya Anda dan anak-anak bisa berenang untuk merasakan segarnya air laut.

Air laut yang bersih disertai kondisi gelombang yang cukup tenang tentunya sangat aman untuk dinikmati bersama anak-anak.

Namun meski begitu, kami tetap menyarankan agar Anda tidak jauh-jauh dari anak-anak. Karena walupun gelombang di pantai ini tidak terlalu deras, anak-anak harus dijaga untuk menghindari kemungkinan buruk yang tidak diinginkan.

3. Panjat Tebing

gambar-pantai-siung
instagram.com/fauzianggaraa

Awal mula pantai ini dijadikan sebagai lokasi panjat tebing adalah pada tahun 1989 silam. Saat itu ada seorang wisatawan sekaligus pencinta alam dari Jepang yang mencoba memanjat tebing-tebing di Pantai Siung.

Mengetahui hal tersebut dan berdasarkan fakta bahwa tebing-tebing di Pantai Siung punya potensi untuk dijadikan spot climbing, maka Pemerintah Yogyakarta pun mulai melakukan pengembangan untuk membuatnya semakin menarik bagi climber.

Niatan itupun terlaksana dan meraih puncaknya dengan dijadikannya Pantai Siung sebagai lokasi lomba panjat tebing tingkat ASEAN yang diikuti oleh atlet panjat tebing dari Eropa dan juga Asia.

4. Camping

Sebagaimana halnya di Pantai Drini atau Pantai Pok Tunggal, di Pantai Siung Anda juga bisa menggelar tenda dome dan camping bersama teman-teman.

Anda bisa menghabiskan waktu satu atau dua hari di area camping untuk memuaskan dahaga wisata Anda.

Di area camping yang ada di sisi timur pantai juga sudah disediakan sebuah rumah panggung berkapasitas hingga 15 orang.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai lokasi pandang agar bisa menikmati keindahan Pantai Siung dari tempat yang lebih tinggi.

Baca juga : Pantai Sundak Gunungkidul

5. Hunting Foto

pantai-siung-di-gunung-kidul
instagram.com/rezarma16

Tidak sulit bagi kita untuk menemukan spot foto terbaik di Pantai Siung. Pantai ini memang sering dijadikan sebagai tempat hunting foto oleh para wisatawan.

Jika Anda butuh referensi, spot terbaiknya menurut kami adalah di muka pantai dengan menjadikan hamparan lautan sebagai background.

atau kalau ingin yang lebih unik, Anda juga bisa berfoto dari spot panjat tebing.

6. Sunset

Daya tarik yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Siung adalah menunggu momen datangnya sunset. Momen ini bisa Anda nikmati sore harinya sebelum waktu kepulangan.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk memaksimalkan momen ini, yang cukup menarik adalah menjadikannya sebagai latar foto romantis bersama pasangan.

Baca juga : Pantai Sepanjang Jogja

7. Menikmati Flora dan Fauna di Atas Bukit

Perbukitan tinggi di Pantai Siung tidak hanya menarik untuk dijadikan spot climbing. Namun di atasnya juga terdapat aneka macam flora dan fauna termasuk Kera-kera liar.

Selain menikmati suguhan alami tersebut, dari atas bukit tersebut kita juga bisa menyaksikan pesona Pantai Siung dengan lebih leluasa.

Alamat dan Rute

Lokasi Pantai Siung berada di Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jaraknya dari pusat Kota Jogja adalah sekitar 70 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Tidak jauh dari lokasi pantai ini juga ada pantai-pantai lain yang bisa dikunjungi seperti Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Drini.

Rute ke Lokasi

pantai-siung-camping
instagram.com/bimaanugrrh

Mengenai rute ke Pantai Siung tentunya bisa disesuaikan dengan posisi keberangkatan.

Misalnya jika datang dari pusat Kota Jogja, maka rutenya adalah melalui Jalan Piyungan ke arah Wonosari, kemudian berlanjut menyusuri jalan ke arah Pantai Baron.

Setelah Pantai Baron nantinya Anda akan menemukan Pertigaan Winangun. Di pertigaan ini silahkan ambil arah kanan untuk menuju Pantai Siung.

Jam Buka Pantai Siung

Pantai ini dibuka 24 jam setiap harinya. Anda bisa datang kapan saja sesuai kesempatan dan waktu terbaik yang Anda inginkan.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk memasuki Pantai Siung hanya Rp10.000 saja. Ditambah biaya parkir sebesar 2 ribu untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil, jadi total biayanya antara Rp12.000 atau Rp15.000 saja.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp2000
Parkir MobilRp5000

Fasilitas Umum Pantai Siung

Fasilitas yang disediakan pengelola juga sudah cukup memadai. Fasilitas umum di Pantai Siung antara lain area parkir, kamar mandi, mushola, pendopo, warung makan, dan penginapan.

pantai-siung-wonosari-gunung-kidul
instagram.com/jogjascenery

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Kesimpulan

Pantai Siung Jogja adalah alternatif tujuan wisata yang sangat menarik bagi Anda yang sedang berlibur di Jogja. Keindahan suasana dan banyaknya aktifitas di pantai ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read