Pantai Sundak

Masih dengan kekayaan obyek wisata pantai di Gunungkidul. Kali ini kami akan mengulas salah satu pantai di Jogja yaitu Pantai Sundak.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Sadranan. Juga Pantai Ngandong. Yang terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Dan juga batu karangnya.

Pantai Sundak sangat recomended untuk tujuan wisata keluarga. Pantai nya masih alami. Kawasannya bersih. Cukup rindang sehingga nyaman untuk kumpul-kumpul keluarga.

Sebelum ke sana, yuk, simak dulu ulasannya di bawah ini.

Pantai Sundak Jogja

pantai-sundak-jogja

instagram.com/djuprisoengkono

Pantai masih menjadi destinasi nomor wahid yang dipilih wisatawan untuk mengisi waktu libur akhir pekan ataupun waktu libur panjang.

Hal ini karena suasana pantai yang sejuk dan damai memang tak pernah membosankan untuk dinikmati.

Jika sedang berada di Jogja dan butuh tempat pengasingan diri, maka Pantai Sundak di Gunung Kidul bisa menjadi pilihannya.

Pantai ini secara umum menawarkan keindahan yang sama dengan pantai-pantai lain yang ada di sepanjang garis pantai selatan.

Apalagi kalau bukan pasir nya yang putih dan bebatuan karang yang berserakan di sekitaran pantai.

Namun tentu, masing-masing pantai memiliki keunikan dan kisahnya sendiri-sendiri. Hal ini juga akan kita jumpai di Pantai Sundak.

Pantai ini secara luas kawasan memang bisa dikatakan pantai kecil. Bentuknya bahkan lebih mirip sebuah teluk.

pantai-sundak-yogyakarta
instagram.com/explorealamjogja

Di sisi timur ada sebuah batu karang besar setinggi 12 meter. Itulah batu karang yang menyimpan sejarah yang pernah terjadi di pantai ini. Sekaligus menjadi ciri khas Pantai Sundak. Sekaligus juga menjadi sumber air bagi penduduk sekitar.

Kawasan pantai ini sebelum tahun 1930 masih berupa kawasan perairan. Karang besar setinggi 12 meter itu pun dulunya konon terendam air.

Namun setelah terjadinya proses penyusutan permukaan laut, kawasan yang terendam air itu akhirnya berubah menjadi daratan baru.

Daratan baru itulah yang sekarang kita kenal dengan Pantai Sundak.

Sejarah Penamaan

pantai-sundak-gunung-kidul-jogja
instagram.com/baihaqi_firdauz

Selain kisah tentang proses penyusutan permukaan laut itu, pantai ini masih menyimpan kisah sejarah yang berkaitan dengan penamaannya.

Bagi yang belum tahu, pantai ini sebenarnya benama Pantai Wedibedah yang berarti pasir terbelah.

Lalu kenapa sekarang namanya berubah menjadi Pantai Sundak ?

Begini. Sekitar tahun 1976, konon telah terjadi perkelahian sengit antara seekor Anjing dan seekor Landak di dalam goa di batu karang 12 meter itu.

Peristiwa itulah yang mendasari pemilihan kata sundak untuk dijadikan nama pantai ini. Kata sundak itu ternyata sebuah singkatan yang mewakili nama kedua hewan yang berkelahi itu. Asu (Anjing) dan dak (Landak).

Aktifitas Wisata di Pantai Sundak

Wisatawan yang datang ke pantai ini punya berbagai cara untuk menikmati waktu libur mereka. Selain duduk santai di atas pasir, banyak juga yang main air, berjalan-jalan menyusuri pantai, hingga melakukan snorkeling.

Nah untuk Anda yang akan berkunjung ke Pantai Sundak dan sebelumnya tidak pernah sama sekali datang ke pantai ini, berikut beberapa aktifitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana :

Bersantai di Atas Pasir

pantai-sundak-2019
instagram.com/nasrul2011

Aktifitas pertama yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan Pantai Sundak sambil bercengkrama dengan keluarga ataupun teman-teman.

Aktifitas ini bisa dilakukan dari pinggir pantai dengan duduk di atas pasir yang putih. Kalau khawatir kotor, kita bisa menyewa tikar dan payung pantai dengan biaya sewa sekitar Rp. 10.000 hingga 20.000 ribu saja.

Melihat Goa Air Tawar

Goa yang menjadi tempat perkelahian antara Anjing dan Landak pada cerita sejarah penamaan pantai ini sampai sekarang masih bisa kita lihat.

Kalau penasaran dengan goa tersebut, kita bisa menuju lokasinya yaitu di batuan karang besar setinggi 12 meter itu.

Goa setinggi 2 meter tersebut berada di salah satu batuan karang. Saat ini, gao itu juga menjadi sumber pasokan air warga karena di dalamnya ada sumber air alami yang tak hentinya mengeluarkan air.

Susur Pantai

pantai-sundak-sunrise
instagram.com/jogjajateng

Meskipun tidak sepanjang Pantai Sepanjang, menelusuri pinggiran Pantai Sundak juga merupakan aktifitas yang cukup menarik.

Anda bisa berlari-lari kecil di bibir pantai sambil menikmati belaian angin pantai yang sejuk.

Selain itu, Anda pun bisa sesekali menengok ke dalam air untuk melihat ikan-ikan kecil yang bersembunyi di sela-sela batuan karang.

Tapi hati-hati, usahakan memakai alas kaki agar terhindar dari rasa sakit saat menginjak batu-batu karang yang tajam.

Hunting Foto

Sudah barang tentu di pantai ini juga banyak spot foto menarik yang bisa kita eksplore.

Sebagaimana di pantai lain misalnya Pantai Nglambor, Pantai Siung, atau juga Pantai Wediombo, di pantai ini juga ada spot foto berupa bangku yang dihiasi ornamen cantik yang akan membuat foto kita terlihat menarik.

Spot lainnya adalah berfoto di muka pantai atau di muka bebatuan karang. Berfoto dengan latar kedua spot ini tentunya dapat menghasilkan tampilan foto yang cukup kren.

Snorkeling

Jangan kaget kalau di Pantai Sundak Anda juga bisa snorkeling. Hal ini dimungkinkan karena terkadang saat air pantai sedang surut, akan tercipta area sejauh 40 meter dari bibir pantai ke tengah laut yang berair dangkal dan tenang.

Area inilah yang sering dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai area snorkeling. Di area ini akan ada banyak sekali ikan-ikan kecil dan biota laut lain yang bisa dinikmati kelucuannya.

Camping

pantai-sundak-camping
instagram.com/hanif_ikhsani

Pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi camping oleh para backpaker dan juga wisatawan yang gemar menikmati malam di pinggir pantai.

Area pasirnya yang cukup luas dan bersih membuat siapapun leluasa mendirikan tenda dengan aman dan nyaman.

Kalau berniat untuk camping di panta ini, untuk lebih aman dan serunya sebaiknya Anda mengajak beberapa teman ataupun keluarga.

Baca juga : Pantai Baron

Mancing

Pantai-pantai di Gunungkidul tak hanya indah tapi juga kaya dengan ikan-ikan, begitupun dengan Pantai Sundak.

Karenanya jika hobi memancing, Anda juga bisa membawa peralatan mancing dari rumah dan berburu ikan di pantai ini.

Kuliner Khas Pantai

Seturut dengan aktifitas di atas, banyaknya ikan di pantai ini juga menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk sekitar.

Di pantai ini ada banyak warung-warung milik warga yang menjual aneka macam olahan ikan seperti ikan bakar, ikan goreng, olahan Cumi hingga olahan Udang.

Harga untuk setiap menu juga tidak terlalu mencekik kantong. Dan yang pasti, citarasanya sangat lezat dan menggugah selera.

Alamat Pantai Sundak

Pantai ini beralamat di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jaraknya dari Jogja adalah sekitar 57 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu setengah jam perjalanan.

Rute ke Lokasi

deskripsi-pantai-sundak
instagram.com/sangkiyuanita88

Ada beberapa jalur atau rute yang bisa Anda gunakan untuk mengakses lokasi Pantai Sundak.

Rute termudahnya dengan asumsi Anda datang dari arah Jogja adalah melewati jalur ke arah Wonosari.

Di jalur ini sudah tersedia papan penunjuk jalan dan kondisi jalannya lebih mudah dilalui baik menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Tapi melalui jalur ini Anda harus berhati-hati karena merupakan jalur utama yang sering digunakan oleh wisatawan ataupun masyarakat umum sehingga kondisinya agak ramai.

Jam Buka Pantai Sundak

Pantai ini dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Waktu kunjungan terbaik adalah pada pukul 7 hingga pukul 10 pagi untuk menghindari cuaca panas.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menyaksikan momen sunset atau matahari tenggelam, maka bisa datang pada pukul 3 sore hingga pukul 5 sore.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Baca juga : Tempat Wisata Romantis di Jogja

Tiket Masuk Pantai Sundak

penginapan-di-pantai-sundak
instagram.com/chaa_chacaa

Untuk menikmati keindahan Pantai Sundak kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5000.

Selain itu, di area parkir kita juga akan dikenai retribusi parkir sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 5000
Parkir MotorRp. 3000
Parkir MobilRp. 5000

Berbeda dengan parkiran di Pantai Wediombo yang agak jauh dari bibir pantai, lokasi parkir di pantai ini jaraknya cukup dekat sehingga kita tidak perlu berjalan jauh lagi setelah memarkir kendaraan.

Fasilitas Umum

Tidak perlu khawatir dengan ketersediaan fasilitas umum di Pantai Sundak. Di sana sudah tersedia area parkir, toilet, kamar bilas, mushola, gazebo, warung kuliner hingga toko souvenir.

Penginapan di Pantai Sundak

Untuk kebutuhan menginap di pantai ini kita bisa memanfaatkan area camping. Selain itu, di sana juga ada beberapa warga yang tidak keberatan menyewakan rumah nya untuk para wisatawan.

Sementara itu jika ingin menginap di hunian yang lebih mewah, di sekitar lokasi Pantai Sundak juga ada beberapa penginapan yang memang dibangun untuk disewakan.

Penginapan tersebut antara lain penginapan Omah Sundak, Sundak Indah Homestay, dan penginapan Sea View Sundak Indraprastha.

Penginapan-penginapan di atas biaya sewanya tidak terlalu mahal. Per malamnya kita hanya akan dikenai biaya sewa antara Rp. 150.000 sampai Rp. 400.000 saja.

tiket-masuk-pantai-sundak
instagram.com/tyaskitadanyaa

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Liburan ke Jogja tidak perlu bingung memilih destinasi wisata yang akan dituju. Jika memang suka dengan suasana pantai, maka datang saja ke Pantai Sundak Gunung Kidul dan nikmatilah guratan sejarah serta pesona keindahan alam ciptaan tuhan di pantai ini.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read