Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah salah satu obyek wisata pantai yang ada di ujung paling barat provinsi Jawa Barat.

Jika Anda mendambakan suasana liburan di pantai yang bernuansa alam indah, alami, asri dan jauh dari hingar bingar perkotaan, maka pantai Ujung Genteng ini adalah tujuan yang paling tepat.

pantai-ujung-genteng-sukabumi

Sekilas Pantai Ujung Genteng

Mari kita mulai ulasan yang agak singkat tapi tidak pendek mengenai pantai Ujung Genteng ini dengan mengulik tentang sejarah atau asal muasal dari penamaan pantai ini dengan nama pantai Ujung Genteng.

Sebagaimana saat berjumpa atau belum mengenal sesuatu, perkenalan tentunya merupakan suatu hal paling awal yang harus kita lakukan.

Yup. Pantai Ujung Genteng yang merupakan salah satu obyek wisata di kota Sukabumi, Jawa Barat ini sebenarnya memiliki nama asli Pantai Ujung Genting.

sejarah-pantai-ujung-genteng

Penamaan ini didasarkan pada letaknya yang berada di Desa Ujung Genting, sebuah desa yang berada di ujung barat sebelah bawah pulau Jawa yang bentuk kawasannya menyerupai gunting.

Lama kelamaan, kata gunting pada nama pantai ini berubah pelafalannya menjadi kata genteng. Entah apa sebabnya, namun hingga kini memang pantai ini lebih dikenal oleh warga sekitar dan juga wisatawan dengan nama pantai Ujung Genteng.

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng

 

Banyak hal yang bisa Anda temukan dan nikmati saat berkunjung ke pantai Ujung Genteng.

Selain lokasinya yang sepi sehingga cocok sebagai tempat mengasingkan diri, panorama alamnya juga sangat indah dengan hamparan pasir putih dan udara yang sejuk sehingga sangat nyaman sebagai tempat menenangkan diri.

Pantai Ujung Genteng memang berada di garis pantai laut selatan yang terkenal dengan ombaknya yang ganas.

pantai-ujung-genteng-jawa-barat

Namun uniknya, gelombang ombak di pantai Ujung Genteng ini tidak terlalu tinggi dan masih dalam batas aman jika Anda ingin berenang ataupun bermain di tepian pantai.

Pantai ini juga memiliki beberapa spot yang bisa dijelajahi setelah puas menghabiskan waktu di pesisir pantai.

Di sekitar pantai ada lokasi penangkaran penyu, dan juga area yang berisi bangunan peninggalan sejarah zaman dulu yang bisa dijadikan tempat bersantai ataupun hunting foto.

Agar lebih jelas mengenai daya tarik pantai Ujung Genteng, berikut ini rincian tempat-tempat dan hal menarik di pantai Ujung Genteng beserta aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana.

1. Tempat Yang Sempurna Untuk Menyepi

pantai-ujung-genteng-surade

Lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat keramaian, aksesnya juga cukup sulit sehingga masih jarang orang atau wisatawan yang datang ke pantai ini.

Namun demikian, hal tersebut bukannya menyurutkan minat wisatawan yang menyukai tempat-tempat sepi namun indah untuk datang ke pantai ini.

Justru, lokasinya yang sepi akan menghadirkan ketenteraman jiwa yang akan mengusir segala kegundahan.

2. Kawasannya Bersih

Karena masih kurangnya jumlah wisatawan yang datang, lokasi atau kawasan pantai Ujung Genteng ini selalu bersih dari sampah yang biasanya kita temukan di tempat-tempat wisata yang terkenal dan ramai pengunjung.

Hal ini tentu akan menambah kenyamanan bagi Anda yang datang berlibur ke pantai ini.

3. Spot Foto Instagramable

pantai-ujung-genteng-spot-foto

Hamparan pasir putih yang dimiliki pantai Ujung Genteng serta bentangan air pantai yang kebiruan menjadi spot foto yang sangat cantik.

Anda bisa berpose di tengah hamparan pasir tersebut dan menjadikan bentangan lautannya sebagai background foto.

Atau jika Anda kurang puas, Anda juga bisa memilih beberapa spot foto yang tak kalah cantik di sekitar kawasan pantai.

4. Tempat Surfing Yang Menggoda

Mirip seperti Pantai Menganti Kebumen, ombak di pantai ini tergolong masih aman dan tidak berbahaya meskipun lokasinya berada di garis pantai laut selatan. Ombaknya tergolong sedang namun cocok untuk tempat surfing.

Sayangnya, di pantai ini masih belum ada penyewaan alat surfing sehingga Anda harus membawa sendiri peralatan surfing tersebut dari rumah.

5. Sunrise dan Sunset Yang Menawan

pantai-ujung-genteng-sunset-sunrise

Bagi Anda yang gemar dan suka melihat sunrise dan sunset, pantai Ujung Genteng ini juga merupakan tempat yang sangat pas untuk melihat kedua fenomena tersebut.

Jika ingin melihat sunrise, Anda bisa datang lebih pagi sebelum matahari terbit. Lalu jika ingin mengabadikan momen sunset, maka Anda bisa menunggu hingga sore hari sampai matahari tenggelam sebelum pulang menginggalkan pantai.

Benarkah Pantai Ujung Genteng Angker ?

pantai-ujung-genteng-angker

Selain keindahannya yang tak terbantahkan, kisah keangkeran pantai Ujung Genteng juga menjadi bumbu penyedap cerita liburan Anda di pantai Ujung Genteng.

Ada beberapa kisah menakutkan dan terkesan angker yang pernah terjadi di pantai ini.

Mulai dari kabar hilangnya tiga mahasiswa ITB saat berenang di pantai, hingga pengakuan wisatawan yang katanya melihat penampakan makhluk halus di sekitar penginapan.

Kisah-kisah tersebut membuat warga sekitar dan sebagian wisatawan meyakini bahwa kabar pantai Ujung Genteng angker memang benar adanya.

Namun bagi Anda yang sudah merencanakan liburan ke pantai Ujung Genteng, kisah-kisah mistis mengenai keangeran ataupun pantangan saat akan mengunjungi suatu tempat sepatutnya tidak terlalu ditanggapi dengan serius.

Selama Anda bersikap sopan dan tidak melanggar norma, kami rasa perjalanan liburan Anda akan baik-baik saja.

Ada Penangkaran Penyu di Pantai Ujung Genteng

pantai-ujung-genteng-penangkaran-penyu

Di lokasi yang tidak begitu jauh dari kawasan pantai Ujung Genteng, Anda bisa menemukan sebuah area penangkarang penyu yang berfungsi sebagai tempat pembiakan dan juga perlindungan penyu dari serangan binatang buas.

Di sini Anda bisa melihat induk dan anak-anak penyu yang lucu sekaligus berinteraksi dengan meraka.

Dan di waktu-waktu tertentu, Anda dan para wisatawan lain juga bisa ikut membantu petugas untuk mengantarkan anak-anak penyu tersebut ke tengah lautan.

Penangkaran penyu unjung genteng ini berlokasi sekitar 3 kilometer dari pantai Ujung Genteng. Dari pantai, Anda bisa berjalan kaki menyusuri tepian pantai hingga ke lokasi penangkaran.

Alamat Pantai Ujung Genteng

pantai-ujung-genteng-lokasi

Alamat pantai Ujung Genteng berada di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Sukabumi yaitu sekitar 110,9 kilometer yang jika ditempuh dengan kendaraan, akan memakan waktu sekitar 3 jam lebih.

Namun, perjalanan ke lokasi pantai ini akan sangat menyenangkan karena disepanjang perjalanan Anda akan ditemani oleh hamparan pemandangan indah mulai dari perbukitan, perkebunan teh, perkebunan kelapa hingga rombongan sapi yang terlihat di pinggir jalan.

Jam Buka Pantai Ujung Genteng

Anda bisa datang ke pantai ini kapan saja setiap hari selama 24 jam. Saat ini belum ada aturan khusus yang mengatur jadwal jam buka ataupun jam tutup pantai Ujung Genteng.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Meski belum ada aturan mengenai jam buka tutup, namun untuk memasuki kawasan pantai ini Anda juga harus membeli tiket masuk.

harga-masuk-pantai-ujung-genteng

Tiket pantai Ujung Genteng dijual seharga Rp10.000 per orang setiap hari baik di hari kerja ataupun hari libur.

Lalu bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi ataupun kendaaran umum, Anda juga harus membayar karcis parkir dengan rincian Rp2000 untuk sepeda motor, Rp5000 untuk mobil, dan Rp10000 untuk Bus.

Harga Masuk Pantai Ujung Genteng

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp2000
Parkir MobilRp5000
Parkir BusRp10.000

Fasilitas Pantai Ujung Genteng

Meski jumlah pengujung yang datang ke pantai ini setiap harinya masih sedikit, namun ketersediaan fasilitas umum di pantai Ujung Genteng sudah cukup memadai.

Adapun fasilitas umum yang ada di pantai ini antara lain :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Warung
  • Toilet
  • Rumah Makan
  • Penginapan

Untuk Anda yang ingin mencicipi cita rasa makanan khas pantai dengan menu utama makanan laut, Anda bisa mengujungi beberapa rumah makan di sekitaran pantai.

Lalu bagi Anda yang ingin bermalam di lokasi yang tidak jauh dari pantai, Anda juga bisa memilih beberapa penginapan berupa homestay dengan harga sewa sekitar Rp150.000 per malam.

penginapan-pantai-ujung-genteng

Baca juga : Pantai Cirewang Subang

Pantai Ujung Genteng Sukabumi sangat layak sebagai tujuan berlibur bagi Anda yang memang menyukai pantai yang masih sepi dan alami. Dengan kawasan yang bersih serta suasana yang tenang, liburan Anda dan keluarga tentu akan lebih masksimal dan menyenangkan.

Loading...

Gunung Tangkuban Parahu

Wahyoeni
4 min read

Tempat Wisata di Cikarang

Wahyoeni
3 min read

Desa Wisata Sari Bunihayu

Wahyoeni
3 min read

Taman Safari Bogor

Hansar
6 min read

Taman Matahari Bogor

Hansar
7 min read