Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

11 Ulasan

Hamparan pasir putih dan air laut yang biru menjadi daya tarik utama Pantai Watu Kodok.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang kerap dijadikan tujuan wisata oleh para pelancong lokal Jogja.

Keberadaan bukit serta bebatuan karang menambah kesan eksotis di pantai ini.

Selain dimanjakan dengan keindahannya, di pantai ini kita juga bisa camping dan melakukan banyak aktifitas wisata.

pantai-watu-kodok-jogja

Nah untuk informasi selengkapnya mengenai Pantai Watu Kodok, mari baca ulasannya berikut ini.

Sekilas Pantai Watu Kodok

Jogja, khususnya kawasan Gunungkidul, memang terkenal dengan keindahan pantainya.

Daerah yang terletak di selatan Jogja ini punya beberapa pantai populer seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Drini, dan Pantai Nglambor.

Tidak hanya itu, di deretan pantai Gunungkidul masih ada pantai lain yang tak kalah indah meski belum terlalu terekspose.

Pantai ini bernama Pantai Watu Kodok yang lokasinya bersebelahan dengan Pantai Drini.

Pantai Watu Kodok memang masih terbilang sepi.

Pengunjung hariannya masih kalah jumlah dengan kunjungan wisatawan di pantai-pantai Gunungkidul yang lain.

Tapi untuk sebagian orang, suasana sepi inilah yang justru membuat Pantai Watu Kodok tetap alami dan terjaga keasriannya.

Selain menyajikan pesona hamparan pasir putih, pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau.

Terdapat banyak pohon cemara yang tumbuh dengan rindangnya dan kerap menjadi tempat berteduh wisatawan saat siang hari.

Yang unik adalah perbukitan karang di pantai ini ada yang sekilas mirip bentuknya dengan bentuk fisik katak.

Batuan karang inilah yang kemudian menjadi icon Pantai Watu Kodok sekaligus menjadi awal mula penamaannya.

Perbukitan karang berbentuk katak tersebut ada di sisi barat dan timur pantai.

Wisatawan biasanya menjadikan perbukitan ini sebagai tempat berfoto dan lokasi pandang untuk menyaksikan keindahan Pantai Watu Kodok dari atas ketinggian.

Aktifitas Wisata di Pantai Watu Kodok Yogyakarta

Ada banyak sekali aktifitas wisata menarik yang bisa kita lakukan di pantai ini.

Selain menikmati pesona alamanya, kita juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang umumnya bisa dilakukan di tempat wisata berupa pantai.

Nah, berikut ini beberapa aktifitas di Pantai Watu Kodok Wonosari, Jogja:

1. Bersantai

pantai-watu-kodok-yogyakarta
Sumber gambar: instagram.com/dbezt_

Yang pertama kita bisa melakukan piknik keluarga di pantai ini.

Kita bisa menggelar tikar dan bersantai bersama keluarga di bawah pohon-pohon cemara sambil menikmati suasana pantai.

Garis Pantai Watu Kodok memang tidak terlalu panjang, tapi konturnya cukup landai sehingga akan nyaman saat diduduki.

2. Berenang

Sebenarnya ombak Pantai Watu Kodok cukup ganas sehingga kurang aman sebagai tempat berenang.

Tapi saat air laut mulai surut, gelombangnya akan sedikit tenang dan tidak terlalu berbahaya bagi yang ingin sekali berenang.

Namun, tentu saja kita harus tetap waspada dan berhati-hati karena kondisi gelombang di pantai memang cukup sulit diprediksi.

3. Mancing

Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Watu Kodok juga menyimpan kekayaan berupa ikan-ikan besar yang mendiami bawah lautnya.

Kalau Anda suka memancing, di pantai ini Anda juga bisa memancing di spot-spot pemancingan yang biasanya diburu para pemancing lokal.

Tapi untuk kegiatan ini Anda harus menyiapkan sendiri peralatan memancing karena di pantai ini belum tersedia penyewaan alat pancing.

4. Hunting Kuliner

Belum lengkap perjalanan liburan Anda ke Pantai Watu Kodok jika belum mencoba sajian kuliner seafood-nya.

Di sepanjang pinggir pantai terdapat beberapa warung yang menjual berbagai menu kuliner khas laut.

Harga untuk satu porsi nya tidaklah mahal. Anda hanya perlu menyiapkan budget minimal Rp. 50.000 untuk menikmati sajian kuliner seafood yang segar dan lezat.

5. Hunting Foto

pantai-watu-kodok-wonosari
Sumber gambar: instagram.com/rahma.027

Keindahan yang tersaji di kawasan Pantai Watu Kodok sangat pas sebagai tempat hunting foto.

Apalagi jika datang di hari kerja dimana pantai ini biasanya tidak terlalu ramai, Anda akan mendapatkan kepuasan untuk meng-eksplore setiap sudutunya dengan kamera.

Bukit karang yang berbentuk kodok bisa Anda coba sebagai spot berfoto dengan latar bentangan laut yang biru.

Atau kalau mau yang romantis, Anda bisa berfoto di spot-spot foto buatan yang dilengkapi berbagai bentuk ornamen salah satunya ornamen berbentuk “love“.

6. Menunggu Sunset

Yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini adalah moment tibanya sunset.

Keindahan detik-detik matahari terbenam di Pantai Watu Kodok menjadi buruan setiap pengunjung yang datang.

Kalau mau yang lebih sempurna kita bisa bermalam di pantai ini agar bisa melihat sunset sekaligus sunrise di pagi hari.

Baca juga: Pantai Glagah Jogja

7. Camping (h3)

Bagi kita yang ingin menikmati malam di pinggir pantai, di Pantai Watu Kodok sudah tersedia area camping.

Kita hanya perlu membawa tenda camping dan menyewa lahan dengan biaya sebesar Rp. 5000 hingga Rp. 10.000 per malamnya.

Sewa lahan tersebut digunakan untuk operasional para warga yang ditugaskan berkeliling menjaga keamanan para wisatawan yang sedang camping.

Alamat Pantai Watu Kodok

Lokasi pantai ini beralamat di Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dari pusat kota Jogja, untuk sampai di Pantai Watu Kodok kita harus menempuh perjalanan berkendara kurang lebih selama 1 jam 30 menit.

Jarak dari kota Jogja ke pantai ini adalah sekitar 60 kilometer.

Rute Menuju Lokasi

Menuju lokasi pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Rute yang bisa kita lalui pun cukup mudah dan akses jalan sudah cukup bagus.

Jika mengaksesnya dari arah kota Jogja, rutenya bisa melalui jalan ke arah Wonosari terlebih dahulu sebelum mengarah ke lokasi Pantai Baron.

Nah setelah sampai di Pantai Baron, silahkan ambil arah kanan yang menuju Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal.

Dari lokasi Pantai Indrayanti nantinya kita akan menemukan papan penujuk jalan ke Pantai Watu Kodok.

Bagi yang masih bingung mengenai rute ke pantai ini, silahkan lihat peta lokasinya berdasarkan tangkapan aplikasi Google Maps di bawah ini:

Oh ya, akses jalan ketika sudah hampir tiba di lokasi pantai ini kondisi terkininya sudah agak kurang mulus.

Hal ini mungkin perlu menjadi perhatian pengelola agar para pengunjung yang datang tetap aman di perjalanan.

Jam Buka Pantai Watu Kodok

Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Hari Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Jika ingin menikmati pesona sunset dan sunrise, disarankan untuk menginap saja di area camping yang tersedia.

Tapi jika tidak ingin menginap, Anda bisa tinggal sampai sore di kawasan pantai sebelum tenggelamnya matahari agar bisa pulang saat hari masih terang.

Baca juga: Pantai Timang yang eksotis

Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

tiket-masuk-pantai-watu-kodok
Sumber gambar: instagram.com/gunungkidulhuntting_

Seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul, pengelola Pantai Watu Kodok juga menerapkan sistem tiket masuk bagi wisatawan.

Tapi tenang saja, harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah yaitu seharga Rp. 5000 saja.

Jenis Harga
Tiket Masuk Rp. 5000
Parkir Rp. 3000 (motor) – Rp. 5000 (mobil)
Camping Rp. 5000 – Rp. 10.000

Selain tiket masuk kita juga diharuskan membayar retribusi parkir sebesar Rp. 3000 bagi pengguna motor dan Rp. 5000 bagi pengguna mobil.

Sementara untuk bisa menginap di area camping ground, setiap pengunjung dikenakan tarif sewa lahan sekitar Rp. 5000 hingga Rp. 10.000.

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Untuk kenyamanan para pelancong, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang biasa kita temukan di tempat wisata.

fasilitas-fasilitas tersebut antara lain mushola, area parkir, toilet, tempat duduk, gazebo, warung makan, hingga penyewaan tikar.

Tempat Wisata Dekat Pantai Watu Kodok

Obyek wisata yang paling dekat dari pantai ini adalah Pantai Drini.

Kita bisa mengakses lokasi pantai tersebut hanya dengan jalan kaki sejauh 300 meter saja dari Pantai Watu Kodok.

Selain itu masih ada tempat-tempat wisata tak kalah menarik dan jaraknya juga dekat dari panta ini.

Beberapa diantaranya yaitu Pantai Ngrumput, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, dan Pantai Ngobaran.

Hotel Dekat Pantai Watu Kodok

Selain informasi tempat wisata terdekat, Anda mungkin juga membutuhkan informasi mengenai adakah hotel atau penginapan di sekitar pantai ini.

Nah kabar baiknya, selain bisa menginap di area camping ground, Anda juga bisa bermalam di beberapa penginapan atau hotel yang lokasinya cukup dekat dari Pantai Watu Kodok.

Adapun mengenai hotel-hotel yang kami rekomendasikan yaitu Sembodro Cottages, Sundak Indah Homestay, Hotel Kampoeng Drini, dan Hotel Kukup Indah.

Hotel Kukup indah dan Hotel Kampung Drini bisa disewa dengan biaya cukup murah yakni antara Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000 per malam.

Baca juga: Daftar lengkap tempat wisata di Jogja

Demikian ulasan Pantai Watu Kodok Yogyakarta yang sangat menarik dikunjungi bersama keluarga. Jangan lupa kunjungi pantai ini saat Anda berwisata ke Jogja nantinya.

11 Ulasan untuk Pantai Watu Kodok, Yogyakarta

  1. Salah satu pantai terbaik di sekitar Gunung Kidul untuk ciblon. Tepian pantai cukup rindang karena terdapat pepohonan cemara yang cukup rimbun dan gazebo gazebo milik pedagang yang sangat nyaman dan cocok untuk menikmati daerah pantai. Ketika sedang pasang pantai ini sangat cocok untuk berenang atau sekedar main air, tapi perlu berhati hati karena ombak ya cukup tinggi. Garis pantai yang cukup panjang dan luas sehingga nyaman sekali untuk bermain disini. Beberapa fasilitas sudah terdapat di sini seperti toilet dan mushola, juga terdapat banyak sekali warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang bersahabat. Sayangnya jalan akses menuju pantai masih kurang bagus karena masih cor coran dan bebatuan, tapi kendaraan sudah bisa menjangkau area parkir dekat dengan bibir pantai sehingga pengunjung tidak perlu berjalan jauh lagi

  2. Pantai nya agak masuk, akses jalan masih bisa diperbaiki lagi. Mobil bisa masuk, shuttle bus bisa masuk. Pantai nya bagus, enak buat camp. Bisa liat sunrise dari atas bukit di pantai

  3. masih bersebelahan dengan pantai sepanjang, sayangnya untuk masuk ke pantai ini harus naik turun bukit, sedangkan jalannya hanya cukum untuk 1 mobil, pengalaman 2 kali kesini naik bis harus harus hati hati, sayangnya tidak ada koordinasi dari warga setempat, pernah waktu mau pulang ditengah perjalanan ada mobil yg mau ke pantai, nah disitulah kepanikan mulai muncul. tpi pantai bagus kok, ada mushola juga, kamar mandi, warung

  4. pantai masih sepi pengunjung ,bersih .nsatu jalur sama Pantai baron ,krakal, kukup ,drini nlokasi menuju pantai jalan nya masih batu2an

  5. Salah satu pantai terbaik di Gunungkidul, pertama kesini sekitar tahun 2016 dan masih jarang sekali dikunjungi wisatawan. Sekarangpun juga tidak seramai pantai pantai di sebelahnya. Fasilitas disini sudah komplit, dari kamar mandi, warung yang berjejer dan sudah banyak penginapan di pinggir pantai ini, bisa juga untuk acara komunitas maupun sekedar nongkrong dengan teman teman. Well mashoook

  6. Salah lokasi pantai yang bagus di daerah gunung kidul. Apa lagi sudah tersedia warung-warung daerah pantai. Kami sempat pasang tenda untuk bermalam di pantai & di warung ada beberapa menyediakan sewa tenda. Jadi gak perlu bawah tenda ke pantai watu kodok. Cukup bawah duit banyak 🤣😁😂

  7. Pantainya tertata, warung warungnyapun rapi. Viewnya bagus indah banget apalagi nyari sunset. Cuma pas kesana banyak awan jadi ga terlalu jelas. Disana hewan hewan lautnya masih banyak. Ada spot foto yang bagus pas lagi surut. Masih banyak ikan kecil jugaaa

  8. 2 kali berkunjung ke pantai ini, yang pertama di bulan november 2021 di hari sabtu, dan yang ke 2 ini pada hari jumat tgl 14 jan 2022, kesemuanya saya menginap disini dengan camping, bedanya yg pertama di hari sabtu mlm minggu dan yg ke 2 dihari jumat malam sabtu, knp saya yg ke dua memilih hari jumat, krn pengalaman yang pertama saat camping di hari sabtu penuh bgt, cari tempat yang nyaman sudah tidak dpt, akhrny dpt tmpt tetapi saya tau kalau dipagi hari pst sdh panas, dan benar saja, jam 7 pagi tenda saya sudah kena matahari full, krn tdk ada pepohonan yg menutupi tenda kami. Krn pantainya bagus dengan pasir putih dan aman utk mainan anak2… Maka dengan kejadian tersebut saya pengen mengulang lagi ke sini dengan mengambil hari diluar hari sabtu, mungkin bisa juga datang dihari sabtu pagi atau siang sdh sampai biar dpt tempat yg agak rindang,cm krn saya hrs krj dan liburny dihari sabtu serta rmh saya jauh, perjlan dr semarang bisa ±3-4 jam, maka akhrny jumat sore tgl 14 jan 2022 lgsg meluncur ke sini, sampai sini jls mlm hari, pas brgkt sdh membayangkan pst pantai sepi, jd bs memilih tmpt sesuai keinginan, bisa menikmati suasana pantai lbh enjoy…. Dan ± jam 21 sampai di sini, ternyta oh trnyta bayangan saya sirna…. Lokasi yg saya idamkan sdh penuh dg campervan…. Ada sekitar 6-8 kalau gak salah, ambyar dan senyum2 aj melht itu… Akhrnya ya sudah kami beserta klrg yg rencana mau mendirikan 3 tenda tdk mendptkan tempat sesuai keinginan…. Tetapi lumayan msh dpt tmpt di bawah pohon yg bs menahan panas sekitar jam 10an…. . Kesimpulan nya….. 1. Yg mau sensasi camping di pantai… Ini sangat recomended, jika tdk mempermasalahkan panas keesokan hari, msh byk tempat disekitar pantai, tetapi jika memikirkan panas diesoknya alangkah baiknya camping di hari biasa atau mungkn bisa dtg lbh awal, krn camping di pantai jls suhu lbh panas… Saya aj tdrnya di hammock, didlm tenda cm istri dan anak saya….. 2. Pantainya bagus dengan pasir pth dan ombaknya msh aman. 3. Bisa nyambung listrik utk penerangan maupun masak pakai magicom dari warung sekitar (mrk buka 24jam) harga 50k, sewa tenda disitu juga bisa harga 60k kapasitas 4 orang, untuk sambung listrik asal aj tny ke warung2, byk pilihanya kok. 4. Tiket masuk 10k/orang, parkir mobil 5k. 5. Kamar mandi byk. 6. Tidak ada cek vaksin atau apalah, tetapi ttp prokes ya gaes…

  9. Ke sini tanggal 4 Mei 2022 masih suasana lebaran sekaligus liburan. Perjalanan dari Prambanan nggak terlalu macet dibanding tahun lalu. Tiket masuk 15k/orang. Parkir motor 3k/motor.. . Pantainya cukup bersih, ada gazebo gazebo juga warung makan plus toilet dan ada mushola juga. Bisa main air karena ombaknya nggak terlalu seram ya.. Tapi tetep ati ati karna temenku lihat ada ular laut warna putih bercak bercak coklat kalo (nggak salah) ada di antara batu batu karang.. . Aku lihat ada beberapa orang diriin tenda,wah bisa nih camp di sini lain waktu.. . Paling cocok bawa tiker sendiri sekalian bawa makanan dan minuman sendiri. Ada photographer yang nawarin fotoin 1 keluarga dengan tarif (kalo nggak salah dengar) 3 foto 10k. Pulangnya kita dialihkan sama polisi ke jalur yang menuju imogiri. Jauh banget busyet. Gara gara jalur biasanya udah macet total.

  10. Pantai Watu Kodok, merupakan pantai salah satu yang ada di Gunung Kidul. Memiliki pasir putih serta air laut yang berwarna biru.. Di pantai ini terdapat beberapa batu karang yang terjal, suasana pantai yang masih alami juga menjadikan pantai ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.. Pantai Watu Kodok ini masih tergolong pantai baru jadi masih belum banyak wisatawan. Cocok banget nih buat kalian yang mau liburan bareng keluarga tercinta, karna kalo menurutku pantai ini masih sepi, yaa ga sepi-sepi banget, dan juga ga rame-rame banget.. . Untuk harga tiket masuk ke area pantai, cukup membayar Rp.10,000,-/per orang.. Untuk parkir nya Rp.3,000,-/motor, dan Rp.5,000,-/mobil. Pantai Watu Kodok ini buka setiap hari 24 jam.. Untuk fasilitasnya pantai ini sudah memiliki fasilitas yang memadai, seperti toilet, mushala, tempat menginap, tempat makan, camping ground, dan tempat parkir yang cukup untuk motor, mobil, juga bus.. . Pantai ini juga bisa menjadi pilihan kalian yang ingin berkemah. Tenda bisa didirikan di sepanjang garis pantai atau di area yang banyak ditumbuhi pepohonan pohon cemara udang dan pandan laut.. . Masyaa Allah, pokoknya pantai ini rekomen banget untuk di kunjungi. Pantai ini cocok banget buat bermain air ketika air laut surut, kita bisa melihat ikan-ikan kecil disana.

  11. Pantai Watu Kodok. . Salah satu pantai pasir putih di Gunungkidul Yogyakarta yang menyuguhkan hamparan pasir putih yang sangat menawan. Selain pasir putih, disini juga disuguhkan pemandangan bebatuan pantai yang menambah kesan eksotik.. . Disini anda bisa mencari ikan kecil-kecil yang berada dibibir pantai ketika air laut tidak pasang. Ombak disini tidak terlalu besar sehingga sangat aman untuk yang membawa anak-anak. Tapi usahakan jangan terlalu jauh didepan garis pantai karena masih banyak bulu babi yang sembunyi didalam batu karang. Untuk spot foto mungkin sangat menarik karena ini salah satu pantai pasir putih andalan Gunungkidul.. . Harga tiket Rp 10.000 per-orang. Parkir motor Rp 3.000 per-motor. Parkir mobil Rp 5.000 – 10.000 ±. . Untuk Fasilitas sangat lengkap mulai dari warung, musholla, toilet. Didekat warung juga banyak pepohonan jadi sangat nyaman untuk bersantai karena tidak akan terlalu panas..

Tinggalkan Balasan