Pantai Wediombo

Mengulas pantai-pantai yang ada di Jogja khususnya di kawasan Gunungkidul memang tiada habisnya.

Di daerah ini ternyata masih banyak pantai indah yang sangat menggoda sebagai tujuan berlibur.

Selain Pantai Nglambor yang pernah kami ulas sebelumnya, di Gunung Kidul juga ada Pantai Wediombo yang akan kami ulas di artikel ini.

Karena itu bagi Anda yang penasaran dengan pantai ini, silahkan terus membaca karena kami akan mengulasnya secara lengkap mulai dari lokasi hingga apa saja yang bisa Anda lakukan di sana.

Pantai Wediombo

pantai-wediombo-jogja

instagram.com/pantai.jogja

Pantai Wediombo atau banyak juga yang menulisnya terpisah menjadi Wedi Ombo Beach adalah salah satu pantai di deretan garis pantai selatan Jogja.

Sebagaimana diketahui, pantai selatan Jogja memang terkenal dengan keindahannya dan yang paling tak bisa dilupakan adalah ombaknya yang besar.

Pantai Wediombo saat ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit masyarakat Jogja yang ingin menghibur diri setelah rutinitas yang padat di dunia kantor.

Yang datang biasanya berombongan beserta teman-teman dan sanak saudaranya.

Karenanya jika datang ke pantai ini di hari-hari libur, di sana akan Anda jumpai banyak wisatawan lain yang berjejalan di sekitaran pantai.

Pantai Wediombo memiliki pasir pantai yang putih dan halus. Pasir pantai ini membentang luas laksana mutiara yang tampak gemerlapan saat terkena sinar matahari.

Dan ternyata, penamaan pantai ini dengan nama Wediombo juga berkaitan dengan keberadaan pasir putih tersebut. Ditambah pantainya yang lumayan luas, jadilah ia dinamakan Wediombo yang dalam bahasa Jawa berarti pantai yang berpasir luas.

pantai-wediombo-yogyakarta
instagram.com/wonderful.indonesiaku

Selain daya tarik yang berasal dari pasirnya yang putih, daya tarik lain yang dimiliki pantai ini adalah banyaknya bongkahan batu karang yang tersebar di sekitaran pantai.

Bongkahan batu karang ini bahkan berjejer sampai ke tengah pantai dan akan terlihat jelas saat air pantai sedang surut.

Keberadaan batu-batu karang ini selain menambah keeksotisan suasana, juga kerap dimanfaatkan oleh para pengujung sebagai property atau spot foto.

Pantai Wediombo juga termasuk pantai yang masih terjaga kealamiannya. Suasana di sana masih terkesan sangat asri meskipun selalu dipadati wisatawan.

Di pinggir pantai juga terdapat banyak pepohonan rindang yang di bawahnya bisa digelar tikar sebagai tempat berteduh yang sangat nyaman.

Mitos Pantai Wediombo

mitos-pantai-wediombo
instagram.com/niamlatanza

Mitos pantai ini yang paling terkenal adalah tentang keberadaan watu manten, dua batu karang yang akan terlihat ketika air laut sedang surut.

Watu manten ini memang tidak lah dikaitkan dengan mitos-mitos yang dapat mengundang bahaya.

Namun ia dipercaya oleh sebagian orang sebagai tanda sebuah hubungan asmara yang mendapat restu dari orang tua.

Ada juga yang meyakini bahwa watu manten adalah jelmaan dua sosok manusia. Posisinya yang berdampingan sepintas memang sangat mirip dengan pasangan pengantin yang sedang duduk di pelaminan.

Tapi mitos tetap lah mitos. Orang-orang boleh percaya atau tidak. Namun yang jelas, watu manten ini sebenarnya menjadi salah satu pelengkap keindahan Pantai Wediombo. Ia bahkan bisa dikatakan sebagai ciri khas atau icon pantai ini.

Aktifitas Wisata di Pantai Wediombo

Sebagaimana kebanyakan pantai laut selatan yang memiliki ombak besar, apakah di pantai ini ada aktifitas menarik yang bisa dilakukan ?

Jawabannya tentu ada. Bahkan sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Berenang di Kolam Alami

wedi-ombo-beach
instagram.com/roniaditia05

Pantai Wediombo yang berombak besar tentu tidak direkomendasikan sebagai tempat berenang. Apalagi bagi perenang pemula. Meski ada beberapa orang yang tidak takut ombak besar dan tetap berenang, namun itu hanya segelintir saja dan mereka sepertinya sudah terbiasa dengan ombak besar serta sudah faham cara menaklukkannya.

Tapi jika tidak tahan dengan godaan kesegaran air yang ditawarkan pantai ini, kita tetap bisa menikmatinya dengan berenang di sebuah spot kolam alami berdiding batu karang.

Kolam alami ini letaknya di bibir pantai. Cukup aman untuk berenang karena ombak besar yang berasal dari pantai akan terhalang oleh batu karang yang mengelilinginya.

Selain sebagai tempat berenang, spot kolam alami ini juga sering dijadikan latar foto oleh para pengunjung.

Memancing

Pantai Wediombo juga terkenal dengan banyaknya ikan yang mendiami bawah airnya. Ikan-ikan besar seperti Ikan Cucut, Ikan Kerapu dan Tengiri adalah jenis-jenis ikan yang bisa kita buru di pantai ini.

Karena itu jika Anda hobi memancing, pantai ini cukup menjanjikan sebagai spot pemancingan. Lebih-lebih bagi yang gemar dengan spot mancing ekstrem, maka pantai ini adalah salah satu tempat yang bisa dituju.

Namun di pantai ini belum ada penyewaan alat pancing. Jadi Anda perlu membawa sendiri peralatan tersebut dari rumah jika memang berniat untuk liburan sambil memancing.

Camping

camping-pantai-wediombo
instagram.com/zonagrafi_jogja

Kawasan pantainya yang luas dan berlantaikan pasir halus menjadikan pantai ini cukup asyik sebagai tempat camping.

Pada muslim libur panjang akan banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke pantai ini untuk bermalam satu atau dua hari di area camping tersebut.

Nah jika Anda ingin merasakan serunya camping menikmati malam di bibir Pantai Wediombo, jangan lupa siapkan perbekalan dan ajak serta teman atau keluarga agar camping Anda makin berkesan.

Baca juga : Pantai Nglambor

Berburu Sunset

Keindahan pantai ini makin sempurna tatkala matahari mulai beranjak ke peraduannya. Saat itu kita bisa melihat guratan mega-mega berwarna jingga yang menyeruak dari celah-celah awan.

Karena itu jika datang ke pantai ini, bila memungkinkan jangan pulang dulu sebelum menyaksikan momen sunset tersebut.

Berburu Kuliner Khas Pantai

snorkeling-pantai-wediombo
instagram.com/rizkimariskha

Saat ini di Pantai Wediombo sudah berdiri warung-warung yang menjual berbagai menu olahan ikan laut.

Di sana bisa Anda nikmati lezatnya olahan Ikan Kerapu, Udang, Cumi, Ikan Nila dan jenis-jenis ikan lainnya.

Citarasanya pun sangat khas karena diolah bersama bumbu khas Jawa yang pastinya akan membuat Anda ketagihan.

Berselancar

Aktifitas ekstrem yang menguji adrenalin ini akan sering kita lihat tatkala berlibur di Pantai Wediombo.

Wisatawan yang gemar melakukan aktifitas ini biasanya wisatawan asing yang sengaja datang untuk menaklukkan ombaknya.

Ombak pantai di Wediombo memang sering disebut sebagai ombak terbaik. Orang yang faham menyebutnya memiliki ombak yang besar dan stabil.

Selain aktifitas di atas, di pantai ini masih banyak aktifitas yang bisa dilakukan. Contohnya bagi yang malas bergerak, liburan di pantai ini bisa dinikmati dengan duduk-duduk santai di atas pasir sambil melihat aktifitas wisatawan lain.

Baca juga : Pantai Sepanjang Jogja

alamat-pantai-wediombo
instagram.com/elhadiana

Akifitas ini makin nyaman untuk dilakukan karena di Pantai Wediombo sudah tersedia penyewaan payung pantai yang bisa ditancapkan di atas pasir dan menjadi spot untuk berteduh.

Payung-payung tersebut disewakan dengan harga sekitar Rp. 10.000 per payung.

Alamat Pantai Wediombo

Pantai ini terletak di ujung paling barat Kabupaten Gunung Kidul. Alamatnya berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jika diukur dari pusat Kota Jogja, maka untuk sampai di lokasi kita harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 73 kilometer dengan waktu tempuh normal sekitar 2 jam.

Di sekitar lokasi pantai ini juga terdapat pantai atau tempat wisata lain yang bisa kita kunjungi. Jika punya waktu liburan yang cukup panjang, kita bisa datang ke obyek wisata Pantai Timang, Pantai Indrayanti, Pantai Siung dan Pantai Pok Tunggal.

Pantai-pantai tersebut juga termasuk pantai yang cukup indah dan menjadi satu kesatuan yang berderet membentuk garis pantai selatan.

Rute ke Lokasi

gambar-pantai-wediombo
instagram.com/pacitanmedia

Bagi wisatawan yang belum sekali pun datang ke pantai selatan Jogja, rute ke Pantai Wediombo bisa menggunakan beberapa jalur.

Salah satu rute yang bisa dilewati adalah jalur utama yang dimulai dari Jogja ke arah Wonosari lalu berlanjut ke Desa Mulo.

Dari Desa Mulo silahkan ambil arah kiri menuju Jepitu. Nah dari Jepitu, lokasi pantai sudah cukup dekat tinggal mengikuti petunjuk jalan yang nantinya akan menutun kita ke titik lokasi.

Selain jalur utama ini masih ada rute lainnya yang bisa digunakan. Lebih mudahnya silahkan manfaatkan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik sesuai posisi keberangkatan Anda.

Baca juga : Pantai Sundak Jogja

Jam Buka Pantai Wediombo

Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang di hari apapun dan jam berapapun. Namun jika ingin mendapatkan suasana yang agak sepi, maka sebaiknya datang di hari kerja karena di hari libur pantai ini akan sangat ramai.

HariJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Tiket Masuk Pantai Wediombo

tiket-masuk-pantai-wediombo
instagram.com/jogjajateng

Agar bisa menikmati keindahan pantai ini kita diwajibkan untuk membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 per orang.

Selain itu, di lokasi parkir kita juga harus membayar retribusi lagi sebesar Rp. 3000 bagi pengguna motor, dan Rp. 5000 bagi pengguna kendaraan roda empat.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 5000
Parkir MotorRp. 3000
Parkir MobilRp. 5000

Sementara bagi pengunjung yang ingin menginap di area camping, per malamnya akan dikenai retribusi lahan sebesar Rp. 25.000 per tenda plus tambahan biaya parkir sebesar Rp. 10.000 untuk motor dan Rp. 25.000 untuk mobil.

Oh ya. Pengujung yang ingin camping tapi tidak membawa tenda juga bisa menyewa tenda yang disediakan pengelola. Biaya sewa pertendanya sebesar Rp. 300.000 per malam lengkap dengan peralatan camping lainnya.

Baca juga : Pantai Baron

Fasilitas Umum di Pantai Wediombo

Fasilitas standar seperti area parkir, toilet, tempat ibadah dan warung-warung penjual makanan sudah tersedia di pantai ini.

Hanya saja, lokasi toilet nya yang terletak di area parkir dan cukup jauh dari pantai terkadang menjadi problem yang dikeluhkan oleh banyak pengujung.

Sekiranya lokasi toilet tersebut bisa dibikin agak dekat, sepertinya akan lebih baik dan akan menambah kenyamanan bagi para pengujung.

Penginapan Pantai Wediombo

Bagi pengunjung luar kota yang ingin menginap di sekitar pantai ini, di sana sudah ada beberapa penginapan yang disediakan pengelola dengan biaya sewa sekitar Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000 per malanya.

Meskipun biaya sewanya tergolong murah, namun fasilitasnya sudah memadai sehingga cukup nyaman untuk ditinggali.

penginapan-pantai-wediombo
instagram.com/three_m19

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Demikian ulasan tentang Pantai Wediombo Jogja. Bagi yang penasaran dan sudah tidak sabar untuk liburan ke pantai ini, lagi-lagi kami sarankan agar datang di hari-hari kerja agar bisa menikmati suasana pantai dengan lebih maksimal.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read