Ranca Upas

Ranca Upas adalah salah satu lokasi wisata alam unggulan yang ada di Ciwidey, Bandung Selatan, Bandung, Jawa Barat.

Kehadiran tempat wisata ini di tengah keberadaan tempat wisata di Bandung Selatan lainnya seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, De Ranch, dan yang lainnya, seolah membuktikan bahwa pegiat wisata di Bandung memang tak pernah kehabisan ide dalam menciptakan tempat-tempat wisata terbaru.

Kemunculan tempat wisata Ranca Upas yang juga dikenal dengan Cai Ranca Upas oleh kalangan wisatawan disambut tidak jauh berbeda dengan tempat wisata yang lain. Beberapa hari setelah di-launching, tempat wisata ini pun langsung diserbu wisatawan yang tidak hanya berasal dari kota Bandung melainkan juga dari kota-kota lainnya di tanah air.

ranca-upas-bandung
via instagram.com/ranca_upas

Menarik untuk mengenal lebih jauh mengenai tempat wisata Ranca Upas ini. Apa yang menjadi daya tariknya? Lokasinya di daerah mana? Harga tiket masuknya berapa? Dan hal lainnya menyangkut tempat wisata ini pasti tersusun menjadi sebuah pertanyaan yang harus segera terjawab.

Karena itu, yuk baca terus artikel ini untuk segera menemukan jawabannya.

Ranca Upas

Objek wisata Ranca Upas berada di dataran tinggi Ciwidey. Lokasinya berjarak sekitar 1.700 mdpl. Dengan letak setinggi ini, tidak mengherankan kalau Cai Ranca Upas memiliki udara yang sejuk di sekitar kawasannya, yang mana hal tersebut adalah faktor utama yang dapat membuat betah para wisatawan yang datang.

Suhu udara di sekitar kawasan wisata Ranca Upas dari hasil pengukurang berkisar antara 16 – 19 derajat celcius. Namun pada saat-saat tertentu misalnya malam hari, suhunya bisa berubah drastis menuju level 0 derajat celcius.

Kalau sudah begini, tentu kalian sangat membutuhkan pakaian tebal untuk menghalau hawa dingin. Karenanya jika liburan ke Ranca Upas, jangan sampai lupa membawa serta jaket, sweater, atau jenis-jenis pakaian hangat lainnya.

ranca-upas-ciwidey
via instagram.com/ranca_upas

Sebelum resmi menjadi tempat rekreasi, kawasan Ranca Upas yang memiliki luas sekitar 215 hektar ini dulunya merupakan tempat untuk berkemah dan penangkaran hewan langka seperti Rusa.

Dan sampai sekarang, selain dilengkapi dengan wahana dan fasilitas lainnya, Ranca Upas juga masih terkenal sebagai tempat camping yang menarik di Bandung dan juga pusat konservasi flora dan fauna langka yang dilindungi negara.

Jenis flora atau tanaman yang bisa kalian temukan di sektiar kawasan Ranca Upas ini antar lain Kihujan, Kitambang, Hamirug, Jamuju, dan huru. Sedangkan untuk fauna, selain Rusa ada juga beberapa jenis burung.

Selain menikmati panorama alam Ranca Upas yang alami dalam dekapan udaranya yang sejuk, serta melihat ratusan Rusa yang bebas berkeliaran di sekitar kawasannya, kalian juga masih dapat melakukan banyak aktivitas lain saat berlibur ke sana.

Karena saat ini, tempat wisata Ranca Upas bukan hanya sekedar kawasan luas yang hanya ada tempat berkemah dan penangkaran Rusa nya saja, tapi juga sudah dilengkapi dengan fasiltias dan wahana wisata lain yang cukup memadai.

Di Ranca Upas selain bisa berkemah ataupun berinteraksi dengan Rusa, kalian juga bisa seru-seruan di area outbound-nya dengan bermain aneka macam permainan. Bahkan, hunting spot-spot foto instagenic juga bisa kalian lakukan di sana.

ranca-upas-rusa
via instagram.com/ranca_upas

Lalu bagi kalian yang ingin merasakan sensasi berendam di ari panas, di Ranca Upas juga sudah dibangun kolam pemandian air panas alami mengandung sulfur yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Lokasi Ranca Upas

Lokasi ranca upas beralamat di Jln. Ciwidey – Patengan Km 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Untuk menemukan lokasinya sangat mudah karena tempat ini tidak terlalu jauh dari tempat wisata lainnya yang ada di bandung selatan seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, dan juga Patuha Resort.

Jika kalian datang dari pusat kota Bandung, maka kalian akan menempuh perjalanan sejauh 39 kilometer ke arah selatan dengan estimasi waktu sekitar 1 jam berkendara untuk sampai dilokasinya.

Lalu rute yang bisa kalian lewati untuk menuju tempat wisata ini yang paling mudah adalah rute utama dengan melewati jalan lintas Bandung ke Soreang, kemudian langsung menuju Ciwidey. Selanjutnya dari Ciwidey, kalian bisa langsung menuju lokasi wisata Ranca Upas yang jaraknya tidak jauh lagi yakni tinggal 6 kilometer saja.

ranca-upas-ciwidey-bandung
via instagram.com/ranca_upas

Sementara mengenai kondisi jalan yang akan kalian lewati juga sudah cukup bagus. Karena itu kalian bebas memilih sesuai keinginan apakah menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Jam buka atau jam operasional tempat wisata Ranca Upas dimulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB di hari kerja. Sedangkan saat weekend, tempat wisata ini mulai dibuka sejak pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lalu pada saat libur nasional atau libur panjang, jam operasionalnya bertambah satu jam yakni sampai pukul 18.00 WIB.

Untuk harga tiket sendiri, agar bisa memasuki tempat wisata Ranca Upas kalian harus membeli tiket masuk yang berlaku pada tahun 2018, tapi sepertinya juga masih sama di tahun 2019 ini, harga tiketnya yaitu Rp. 15.000 per orang. Lalu bagi yang membawa kendaraan pribadi, juga harus membayar retribusi parkir senilai Rp. 5000 untuk mobil, dan Rp. 2000 untuk sepeda motor.

Harga Tiket Wahana di Ranca Upas

Selain tiket masuk dan retribusi parkir, di dalam kawasan wisata apabila pengunjung ingin mencoba setiap wahana yang ada, juga harus membeli tiket yang dinamakan tiket wahana.

ranca-upas-smart-camp-adventure
via instagram.com/ranca_upas

Kebetulan di Cai Ranca Upas, wahana wisatanya termasuk cukup banyak terutama di area outbound. Dan, berikut ini rincian harga tiket beberapa wahana yang ada di Ranca Upas Ciwidey Bandung:

  • Jembatan Goyang – Rp15.000
  • Flying fox – Rp15.000
  • Elvis Bridge – Rp15.000
  • Kolam renang – Rp15.000
  • Burma V – Rp15.000
  • Fun Games – Rp75.000
  • Paint Ball – Rp90.000
  • Buggle Trampoline – Rp15.000
  • Sepeda Gunung – Rp10.000

Fasilitas Ranca Upas

Fasilitas wisata di tempat ini sudah termasuk sangat komplit. Selain fasilitas berbayar seperti wahana wisata di atas, pengelola Ranca Upas juga menyediakan fasilitas umum seperti area parkir kendaraan, gazebo, toilet, tempat ibadah, dan warung-warung penjual makanan serta minuman..

Penginapan di Ranca Upas

Bagi kalian yang ingin berlibur lebih dari sehari di Ranca Upas tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan tempat menginap. Penginapan di Ranca Upas bisa kalian dapatkan di sekitar kawasannya dengan harga dan fasilitas bervariasi yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan dan juga kondisi keuangan.

ranca-upas-penginapan
via instagram.com/ranca_upas

Beberapa hotel dan homestay yang bisa kalian sewa di sekitar tempat wisata ini seperti hotel Antik Soreang, Sutanraja Hotel & Conventation Center, dan Eve Hotel.

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa objek menarik dan aktivitas seru yang bisa kalian lakukan saat berlibur di Ranca Upas. Yang biasa dilakukan oleh kebanyakan wisatawan adalah:

Camping

Camping menjadi kegiatan yang sangat menarik apabila dilakukan di area camping Ranca Upas. Sebabnya tak lain karena di sini selain tersedia lahan yang sangat luas, pemandangan yang bisa disaksikan dari area camping ground juga sangat indah.

Di kejauh bisa kalian lihat dengan sangat jelas barisan gunung-gunung yang berdiri tegak mencakar langit, di sekeliling kalian terhampar rerumputan hijau yang menyegarkan mata, lalu di dahan-dahan pohon burung-burung bernyanyi merdu, hingga di area penangkaran berbagai rupa dan warna rusa menggoda dengan tingkah polah masing-masing.

paket-camping-ranca-upas
via instagram.com/ranca_upas

Paket camping dan harga camping di salah satu area outbound Ranca Upas ini juga cukup mudah. begitu pun dengan harga sewa tenda di tempat ini tidaklah terlalu mahal. Sebagia  bekal apabila kalian ingin berkemah di camping ground Ranca Upas, berikut ini harga perlengkapannya:

  • Booking Area – Rp500.000
  • Tenda Regu – Rp400.000
  • Tenda Roofi – Rp350.000
  • Tenda pleton – Rp600.000
  • Tenda Charly – Rp150.000
  • Tenda Gama – Rp250.000
  • Tenda Vango – Rp350.000
  • Tenda Panggung – Rp700.000
  • Tenda Pesta – Rp600.000
  • Extra bed – Rp70.000
  • Sleeping Bag – Rp25.000
  • Matras – Rp15.000
  • Sound System – Rp1.000.000
  • Electone – Rp2.500.000
  • Kayu Bakar – Rp15.000
  • Instalasi listrik – Rp600.000
  • Genset – Rp900.000
  • Petromax – Rp50.000
  • Aula/gedung serba guna – Rp1.500.000

Berendam di Kolam Air Panas Ranca Upas

Kolam air panas ini termasuk wahana baru di Ranca Upas. Di sini kalian bisa merasakan nikmatnya berendam di dalam kolam air panas yang ada di lokasi berhawa dingin.

Kolam ini terletak di area terbuka tanpa ditutupi oleh bangunan atau tembok, jadi sambil berendam kalian juga bisa menikmati indahnya panorama alam di Ranca Upas.

Untuk anak-anak juga telah tersedia wahana waterboom yang menyatu dengan kolam air panas ini. jadi sembari kalian menikmati relaksasi di dalam kolam, anak-anak kalian juga bisa bermain di wahan waterboom.

via instagram.com/ranca_upas

Selfie Bersama Rusa di Penangkaran

Rusa termasuk binatang langka yang jarang ditemukan di tempat lain. Karenanya hunting foto rusa dan selfie bersamanya termasuk ide yang cukup bagus.

Kalian bisa menemukan dan memilih rusa yang paling cantik di area penangkaran rusa. Setelah berinteraksi dan memberi mereka makan, kalian bisa pose cantik bersama rusa-rusa tersebut.

Ada banyak sekali rusa di tempat ini. Dulu sebelum jinak, konon hanya penunggu lokasi penangkaran lah yang bisa memberikan mereka makan minum. Tapi lambat laun setelah sering melihat kedatangan orang-orang, rusa-rusa di sini akhirnya jinak dan tidak takut kepada siapapun.

Wisata Dekat Ranca Upas

Setelah liburan kalian usai di kampung Cai Ranca Upas, karangkali kalian masih ingin berlibur tidak jauh dari Bandung Selatan. Nah untuk pilihan wisata dekat Ranca Upas yang bisa menjadi destinasi selanjutnya, kalian bisa mengunjungi tempat wisata seperti kawah putih, situ patenggang, kawah rengganis, pemandian air panas ciwalini, dan perkebunan teh PTPN 8.

outbound-ranca-upas
via instagram.com/ranca_upas

Selain tempatnya cukup indah dan mempesona. Tempat-tempat wisata tersebut juga lokasinya tidak terlalu jauh dari Ranca Upas Ciwidey Bandung.

Tips Wisata ke Ranca Upas

Beberap tips yang mungkin berguna bagi kalian yang akan berwisata ke ranca upas:

  1. Pastikan kondisi kesehatan kalian baik-baik saja. Bila perlu, periksa kondisi kesehatan ke puskesmas. Jangan sekali-kali berlibur apabila kalian memang sedang dalam kondisi tidak fit.
  2. persiapkan segala kebutuhan libur kalian semalam atau sehari sebelum berangkat. Jangan lupa bawah pakaian hangat serta perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi, dan handuk.
  3. Jika kalian menderita suatu penyakit yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya, maka sebagai jaga-jaga bawalah obat agar nanti bisa kalian konsumsi di lokasi liburan. Obat-obatan yang kalian bawa tentunya harus sesuai petunjuk dokter.
  4. Lebih baik datanglah pada siang hari. Jangan sekali-kali datang pada malam hari karena justru akan menyulitkan kalian nanti dalam melakukan segala persiapan liburan di lokasi wisata.
  5. Bila tidak mau repot dan ingin terima beres, ikuti saja paket wisata ranca upas yang banyak ditawarkan oleh penyedia jasa travel. Dengan begitu kalian bisa fokus menikmati waktu liburan kalian nantinya.
tiket-masuk-ranca-upas
via instagram.com/ranca_upas

Wajarlah apabila Ranca Upas Bandung ini menjadi destinasi wisata favorit di kalangan wisatawan. Ternyata meskipun masih baru, fasilitas dan wahana pendukunnya sudah cukup lengkap dan juga dapat memuaskan para pengunjung. Nampaknya, objek-objek wisata lain di Bandung harus segera berbenah apabila tidak ingin kehilangan pengunjung yang beralih ke kampung Cai Ranca Upas.