Seaworld Ancol

Seaworld Ancol, Jakarta

Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Jakarta

5 Ulasan

Meski termasuk salah satu obyek wisata yang sudah lama berdiri, Seaworld Ancol hingga kini tetap menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta.

Menghadirkan hiburan bernuansa laut dengan berbagai jenis ikan, Seaworld selalu menjadi pilihan utama warga Jakarta untuk mengisi akhir pekan mereka.

Tempat wisata di Jakarta ini memang tidak hanya memberikan hiburan semata. Lebih dari itu, liburan ke tempat ini sejatinya bisa dijadikan wadah edukasi bagi anak-anak untuk lebih mengenal hewan-hewan laut.

seaworld-ancol-jakarta

Bagi Anda yang tertarik untuk melancong ke Seaworld Ancol Jakarta, mari simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Seaworld Ancol

Ya. Seaworld Ancol merupakan salah satu sarana rekreasi yang tidak hanya menyuguhkan hiburan semata.

Lebih dari itu, tempat wisata ini juga sarat akan ilmu pengetahuan khususnya tetang biota laut, sekaligus mengenai perlindungan dan pelestarian satwa.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta satwa khususnya satwa air. Di dalamnya disediakan berbagai jenis ikan air tawar dan ikan laut.

Bagi yang datang bersama anak-anak, tempat ini sangat pas sebagai media untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang jenis-jenis hewan air.

Di sana anak-anak bisa bermain sambil belajar dalam nuanasa yang menyenangkan berkat penataan atau konsep Seaworld yang didesain ramah bagi anak-anak.

Seaworld Ancol dibangun di atas lahan seluas 3 hektar. Bangunan utamanya seluas 4.500 meter persegi.

Di dalam bangunan itu lah ditempatkan berbagai macam akuarium berisi ikan-ikan dan biota air lainnya.

Selain akuarium, di sana juga ada lorong antasena, museum, perpustakaan, glow theatre, terapi ikan dan display layar sentuh yang berisi informasi tentang ikan-ikan yang ada.

Sebenarnya kawasan Seaworld Ancol terbagi menjadi 3 zona utama. Zona-zona tersebut ialah zona air tawar, zona pesisir dan zona laut.

Ketiga zona ini berisi 19 akuarium laut, 9 akuarium air tawar, 4 kolam yang bentuknya terbuka dan 28 display layar sentuh.

Sementara mengenai jumlah satwa yang ada di tempat ini, total keseluruhannya berjumlah 7.300 biota air tawar dan 11.500 biota laut.

Diantaranya bahkan ada beberapa satwa air yang termasuk ikan terganas di dunia yaitu ikan Piranha. Selain Piranha, di tempat ini juga ada ikan Hiu raksasa yang panjangnya mencapai 3,5 meter.

Di tempat ini kita tidak hanya bisa melihat kehidupan ikan-ikan saja. Di waktu-waktu tertentu juga sering dipentaskan pertunjukan film di glow theatre nya.

Dan yang paling menarik, setiap hari di tempat ini juga dipertontonkan atraksi para pawang yang memberi makan ikan-ikan.

Terkadang, para pengunjung pun kebagian jatah untuk ikut serta merasakan keseruan saat memberi makan ikan-ikan tersebut.

Wahana dan Aktifitas di Seaworld Ancol

Banyak wahana yang tersedia serta aktifitas menarik dan bernilai edukasi yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke Seaworld Ancol. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Touch Pool

touch-pool-seaworld-ancol
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Seperti namanya, wahana ini berupa kolam sentuh yang berisi berbagai jenis satwa air.

Dinamakan kolam sentuh karena di sini para pengunjung dibolehkan untuk menyentuh ikan atau biota yang ada di dalamnya. Wahana ini terbagi menjadi 3 kolam dengan isi berbeda-beda.

Di wahana ini para pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan laut seperti Bintang Laut, Penyu, bahkan satwa buas seperti Hiu dan Pari.

Para pengunjung bisa menyentuh dan mengangkat tubuh hewan-hewan tersebut dengan catatan tidak sampai menyakiti mereka.

Untuk hewan yang termasuk buas seperti Pari atau Hiu, pengunjung pun bisa menyentuhnya asalkan memilih yang usianya masih muda.

Oh ya, di wahana ini biasanya para pengunjung tidak hanya bermain dengan ikan-ikan. Sebagian dari mereka juga memanfaatkan wahana ini sebagai spot foto.

2. Terowongan Antasena

terowongan-antasena-seaworld
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Wahana yang satu ini selalu sesak oleh pengunjung. Bentuknya berupa terowongan kaca bawah air yang menampilkan ribuan ikan dan biota laut jenis lain.

Panjang terowongan ini mencapai 80 meter dan dilengkapi dengan eskalator untuk memudahkan pengunjung saat memasukinya.

Terowongan ini menghadirkan sensasi seolah kita sedang berada di dalam laut bersama ikan-ikan.

Sambil berdiri di atas eskalator yang berjalan pelan, kita bisa mengankat kepala untuk melihat ikan-ikan yang sedang berenang pas di atas kepala kita.

3. Akuarium Utama

Di Seaworld Ancol ada sebuah akuarium super besar yang menampung sekitar 35.000 ikan laut. Luasnya sekitar 38×24 meter dan berisi 5 juta liter air laut.

Di sinilah kita bisa melihat bermacam-macam jenis dan bentuk ikan mulai dari yang cantik sampai yang mungkin agak menyeramkan.

Ikan Hiu raksasa yang panjangnya mencapai 3,5 meter itu pun ditempatkan di akuarium utama ini.

4. Satwa Perairan Amazon

seaworld-ancol-instagram
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Tidak hanya diisi oleh satwa air yang berasal dari Indonesia saja. Di tempat ini juga ada beberapa satwa yang didatangkan langsung dari luar negeri.

Ikan terganas yang berasal dari perairan Amazon juga bisa kita lihat diantaranya ikan Piranha, ikan Sirip dan ikan Arapaima.

5. Museum Satwa

Jika ingin melihat atau mempelajari tentang satwa air langka, di Seaworld Ancol juga ada sebuah museum yang khusus digunakan sebagai tempat mengawetkan berbagai jenis satwa langka.

Diantara berbagai jenis ikan langka tersebut kita bisa melihat ikan purba yang bernama Coelacanth.

Ikan jenis ini konon pernah ditemukan di perairan Tailase, Sulawesi Utara pada tahun 2008 silam.

Baca juga: Planetarium Jakarta

6. Feeding Show

feeding-show-seaworld
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Fedding Show adalah pertunjukan memberi makan ikan-ikan dan biota laut lain yang dilakukan oleh para pawang atau petugas di Seaworld Ancol.

Pertunjukan ini sangat menarik dan menjadi suguhan yang biasanya ditunggu-tunggu oleh para pengujung.

Pertunjukan ini bisa kita saksikan mulai dari jam 10 pagi hingga pukul 5 sore setiap harinya.

7. Wahana Fun Dive

Bagi pengunjung yang memenuhi syarat, di wahana Fun Dive ini mereka bisa merasakan sensasi menyelam sambil memberi makan ikan-ikan seperti di acara Feeding Show.

Namun, untuk bisa mencoba wahana ini ada aturan yang cukup ketat salah satunya kita harus memiliki lisensi menyelam.

8. Glow Theater

Jika datang bersama anak-anak, jangan lupa ajak mereka untuk menikmati film edukasi di teater ini.

Sesuai namanya, di teater ini pengunjung akan merasakan sensasi unik saat mulai menonton pertunjukan dengan adanya warna-warni lampu saat film mulai diputar.

Film edukasi yang ditayangkan di teater ini berjudul Sea Turtle Story.

9. Jelly Fish Exhibit

promo-seaworld-ancol
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Wahana ini termasuk wahana terbaru di Seaworld Ancol. Di sini kita bisa melihat berbagai jenis ubur-ubur yang berenang dalam aquarium tanpa lampu.

Jenis ubur-ubur yang ada di wahana ini antara lain Blubber Jelly Fish, Sea Neattle Jelli Fish, dan Upside Down Jelly Fish.

Benarkah Seaworld Ancol Tutup?

Kabar penutupan Seaworld sempat mencuat pada tahun 2014 lalu. Banyak pihak yang mencurigai penutupan tersebut terjadi karena imbas politik.

Namun, ternyata ditutupnya wahana rekreasi Seaworld Ancol kala itu disebabkan oleh sengketa kontrak antara PT. Seaworld Indonesia dengan PT. Pembangunan Jaya Ancol sebagai pihak penguasa kawasan wisata Ancol.

Nah setelah menjalani berbagai proses, akhirnya obyek wisata ini kembali dibuka setelah ditutup sejak tanggal 27 September 2014.

Lokasi Seaworld Ancol

Alamat SeaworldJalan Lodan Timur, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Telp: (021) 29 222 222.
Peta LokasiKlik Disini

Lokasinya tidak jauh dari Dufan atau tepatnya berada di dalam kawasan Ancol Jakarta Bay City.

Bagi yang datang dari pusat kota Jakarta, untuk sampai di alamat tersebut setidaknya harus menempuh perjalanan selama 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer.

Transportasi dan Rute ke Seaworld Ancol

rute-ke-seaworld-ancol
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata ini karena lokasinya yang cukup strategis. Bagi yang datang dari Jakarta dan sekitarnya, Anda hanya cukup menggunakan bus TransJakarta.

Rute yang bisa dilalui jika menggunakan bus adalah dari Blok-M dan turun di halte bus Ancol.

Pilihan rute lainnya bisa menggunakan melewati Jalan R.E Martadinata atau Jalan Lodan Raya bagi pengujung yang menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka Seaworld Ancol

Dianjurkan agar datang lebih awal sekitar jam 9 pagi kalau Anda ingin menikmati semua atraksi di tempat ini.

Jam operasional Seaworld dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 6 petang setiap harinya.

HariJam Operasional
Setiap Hari09.00 – 18.00 WIB

Atau bagi Anda yang hanya ingin menyaksikan atraksi feeding show, Anda bisa datangย  saat tibanya Jadwal feeding show di Seaworld Ancol seperti pada tabel berikut:

AtraksiHari Kerja (Jam)Hari Libur (Jam)
Touch Poool10 pagi, 1.30 siang & 5 sore10 pagi, 1.30 siang & 5 sore
Aquarium Utama11 siang & 3.30 sore11 siang & 4.30 sore
Otter10.30 pagi & 4 sore10.30 pagi & 4 sore
Kerondong2 siang3 siang
Sea Turtle2.30 siang
Araipama1 siang1 siang

Harga Tiket Masuk Seaworld Ancol

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini normalnya adalah sekitar Rp. 80.000 sampai Rp. 180.000.

Tersedia juga tiket bundling atau tiket terusan yang bisa digunakan untuk memasuki Seaworld dan Ocean Dream Samudra seharga Rp. 135.000 hingga Rp. 180.000

Jenis TiketHarga
Tiket RegulerRp. 80.000 (hari kerja) โ€“ Rp. 100.000 (hari libur)
Tiket PremiumRp. 115.000
Tiket BundlingRp. 135.000 (hari kerja) โ€“ Rp. 180.000 (hari libur)

Di waktu-waktu tertentu atau pada saat ada event-event tertentu, Seaworld Ancol juga sering mengadakan promo harga tiket masuk.

Promo Seaworld Ancol ini bisa kita lihat di situs resmi ataupun di akun-akun media sosial mereka.

Baca juga : Oceanpark BSD Serpong

Fasilitas Umum di Seaworld Ancol

htm-seaworld
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Sebagai tempat rekreasi yang sudah cukup terkenal, Seaworld Ancol juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan pengujung.

Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain area parkir, toilet, mushola, ruang olah foto, ruang P3K, ruang menyusui, fish spa, perpustakaan, food court, dan toko souvenir.

Yang perlu diperhatikan adalah pengujung tidak dibolehkan untuk membawa makanan ataupun minuman ke dalam kawasan wisata.

Jika pun sudah kadung membawa maka pengujung bisa menitipkan makanan atau minuman tersebut di tempat penitipan barang.

Seaworld Ancol VS Jakarta Aquarium

Saat ini selain Seaworld, di Jakarta ada satu lagi sarana rekreasi yang menyuguhkan hiburan sekaligus edukasi bertema satwa laut.

Obyek wisata ini bernama Jakarta Aquarium yang beralamat di Tj. Duren Sel., Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tepatnya di dalam Mall Neo Soho.

Tempat wisata ini juga menjadi favorit wisatawan lokal Jakarta karena wahana dan atraksi yang disuguhkan cukup lengkap.

Selain berbagai jenis ikan yang ditempatkan dalam aquarium yang konon lebih besar dari aquarium yang ada di Seaworld Ancol, di sana Anda juga bisa melihat satwa darat.

Sementara itu atraksi favorit yang bisa Anda tonton dan ikuti di Jakarta Aquarium adalah memberi makan ikan sambil berenang bersama ikan-ikan di dalam aquarium.

Obyek Wisata Dekat Seaworld Ancol

Berlokasi di kawasan Ancol membuat tempat wisata ini berdekatan dengan beberapa obyek wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi.

Jadi setelah puas menjelajahi semua wahana berikut atraksinya, Anda bisa melanjutkan berlibur ke tempat-tempat wisata seperti Dunia Fantasi, Atlantis Ancol, Ocean Dream Samudera Ancol, dan Allianz Eco Park.

Selain itu ada juga obyek-obyek wisata di luar kawasan Ancol tapi lumayan dekat dari tempat wisata ini yaitu Museum Macan, kawasan Kota Tua Jakarta, dan Museum Sejarah Jakarta.

Tips Wisata ke Seaworld Ancol

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat berwisata ke Seaworld Jakarta:

  1. Pastikan Anda sudah mengecek kondisi kesehatan sebelum berangkat. Jangan paksakan liburan kalau memang tubuh sedang tidak fit.
  2. Tempat wisata ini cukup luas dan punya banyak sekali wahana serta atraksi. Jadi agar lebih maksimal, sebaiknya pelajari atau lihat-lihat dulu denah Seaworld Ancol serta rencanakan wahana dan atraksi mana saja yang akan Anda tuju.
  3. Sebaiknya datang pada hari kerja untuk menghindari banyaknya pengunjung.
  4. Bawa barang-barang yang diperlukan saja seperti jam tangan, ponsel, dan tentunya uang cash.
  5. Taati semua peraturan yang ada dan yang tidak kalah penting adalah jangan buang sampah sembarang.
tragedi-seaworld
Sumber gambar: instagram.com/seaworld.ancol

Baca juga : Tempat Wisata di Jakarta

Bisa dilihat bahwa ada banyak sekali hiburan sekaligus pengetahuan yang akan kita dapatkan di Seaworld Ancol Jakarta. Karena itu jika ingin berlibur sambil belajar, maka jangan lupa bawa anak-anak ke Seaworld Ancol.

5 Ulasan untuk Seaworld Ancol, Jakarta

  1. Seaworld menjadi tempat favorit saya dan keluarga, tidak perlu menunggu libur panjang untuk berkunjung ke seaworld, sejak usia anak saya setahun sampai sekarang 6 tahun saya bawa anak saya bertahap mengenal berbagai macam jenis2 ikan tawar, asin dsb..nDi usianya yang ke 6tahun dia sudah bisa lebih banyak mengerti dan lebih senang membicarakannya secara langsung karna dia sudah bisa membaca dan menguraikan setiap edukasi yang tertulis di setiap jenis2 ikan yang kami kunjungi..nYang show yang di lakukan para penyelam menggunakan berbagai kostum sungguh membuat anak saya takjub dan mengapresiasi hiburan yang di tunjukkan oleh para penyelam di dalam aquarium yang menunjukkan kedekatan para penyelam dengan ikan2 bahkan manta yang pada dasarnya para penyelam sudah berlatih..nMungkin yang ingin saya tambahkan adalah mohon para petugas yang menjaga area dalam sea world untuk lebih tegas kepada pengunjung yang sembarangan mengangkat atau memegang bintang laut/ penyu hanya untuk mendapatkan photo yang bagus agar segera di beri peringatan keras atau di minta untuk meninggalkan seaworld, jangan hanya di beritahukan lewat edukasi pemberitauan tanpa ada tindakan atau teguran langsung..karna tidak sebanding dengan resiko yang di alami hewan laut tersebut.nSemoga makin banyak jenis ikannya ya..maju terus SeaWorld โœŒ๐Ÿ’™

  2. Salah satu tempat wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Banyak sekali jenis ikan yang bisa kita lihat, ada juga atraksi-atraksi yang di selenggarakan oleh pihak panitia. nnSea World Ancol merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut. Dalam operasionalnya, Sea World Ancol mengemban 3 misi besar yaitu: Pendidikan, Konservasi dan Hiburan. Melalui misi ini Sea World Ancol menempatkan diri sebagai tempat hiburan berkualitas. Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.Setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya, selain itu untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.Berbagai macam acara dan fasilitas penunjang lainnyapun kami hadirkan untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung seperti aksi seru 2 penyelam saat Feeding show di akuarium utama, uniknya duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam sampai keganasan belut kerondong berebut makanannya. Bagi mereka yang ingin berinteraksi dengan biota laut terdapat juga Kolam Sentuh dan mereka ingin bertemu hewan laut dalam maka fasilitas museum yang berisi awetan hewan-hewan laut dalam menunggu disana, seperti Ikan Purba โ€“ Raja Laut (Coelacanth).Sea World Ancol senantiasa akan menghadirkan edukasi terkini mengenai dunia air pada umumnya dan kelautan khususnya dengan berbagai biota yang dihadirkan maupun inovasi dalam tampilannya sehingga menjadi yang terdepan di Indonesia.

  3. Salah satu wahana di kawasan ancol yang sangat cocok untuk anak-anak. Aneka satwa air dipamerkan di sea world.nnMasuk ke dalam wahana kita disambut oleh si bongsor giant arapaima dan si cantik albino patin. Mereka rukun dan akur dalam satu akuarium bersama dengan beberapa ikan air tawar lainnya. nnTengok akuarium khusis ikan piranha dari sungai amazon. Ada beberapa jadwal pemberian makan ikan. Pengunjung bisa menyaksikan betapa rakusnya mereka melahap makanan. nn Selain piranha ada juga atraksi pemberian makan ikan di akuarium lain oleh penyelam (sayang, waktu saya kesana terlewat jadwal atraksi ini). Bisa juga merasakan sensasi menyentuh kura-kura, hiu, maupun bintang laut di touch pool (awasi anaknya yaah saat menyentuh mereka)nnAndalan sea world tentu saja akuarium bentuk terowongan. Pengunjung bisa menggunakan conveyor atau memilih berjalan kaki untuk menelusurinya dan rasakan sensasi menyaksikan aneka ikan di bawah air tanpa menyelam๐Ÿ‘ŒnnTiket per februari 2020 80ribuan per orang. Anak-anak dengan tinggi min. 80cm harus bayar tiket. Di loket sea wolrd hanya menyediakan tiket terusan dengan wahana lain seperti gelanggang samudera atau atlantis. Saya kemarin beli tiket di traveloka karena hanya ingin mengunjungi sea wold saja.

  4. Anak2 pasti antusias banget kalo sama yg namanya hewan, Moms. Ajak aja ke sini. Di jam2 tertentu ada feeding show di aquarium piranha, arapaima, hiu dll.nMereka excited banget pas ngeliat mobil Merci ternyata bisa dijadikan aquarium. Di langit2 Sea World juga banyak digantung ubur2 yg terbuat dari benda2 yg didaur ulang, dan mirip banget sama aslinya. Jadi mereka juga dapat inspirasi klo bahan2 sekitar bisa dijadikan masterpiece.nTapi menurut saya, ada satu edukasi yg perlu ditambahkan oleh Sea World, yaitu bahaya pencemaran yg dilakukan oleh manusia terhadap ekosistem air. Barangkali bisa dibuat semacam galeri yg menampilkan foto2 kayak penyu yg terjerat sampah plastik, ikan2 yg mati karena limbah, dan sebagainya. Jadi keluar dari situ, diharapkan pengunjung yg sebagian besar adalah anak2 tidak hanya mendapat pengetahuan minimal ttg nama2 biota laut, tapi juga memperoleh awareness akan pencemaran lingkungan.nMudah2an pengelola Sea World baca ulasan ini ya ^_^

  5. Pengalaman pertama kali kami jalan-jalan ke Ancol. Dan Sea World jadi tujuan utama untuk spot nom adventure. Dengan tiket bundling Rp. 200.000 per orang, bisa menikmati Sea World dan Ocean Dream Samudera. Spot ini termasuk menjadi favorit pengunjung apalagi di akhir pekan. Cocok untuk wisata edukasi bagi semua kalangan. Begitu beragam jenis ikan, reptil dan biota laut yang dijadikan koleksi. Ditempatkan dalam begitu banyak aquarium dengan bentuk dan ukuran yang berbeda plus dilengkapi dengan deskripsi dari jenis, habitat dan beberapa informasi dari ikan-ikan, membuat pengunjung dan kami memperoleh pengetahuan tentang dunia perikanan baik laut maupun tawar.nKegiatan memberi makan ikan hiu merupakan daya tarik tersendiri. Tidak setiap saat ada. Terdapat momen khusus terkait atraksi tersebut.nSatu lagi yang menjadi favorit pengunjung, tentu saja Under Water Tunnel. Dari terowongan ini, pengunjung bisa menikmati begitu banyaj ikan yang berenang di sekitar dinding terowongan. Keren.nBenar-benar asyik liburan ke spot ini. Selain atraksi dan wahana yang menarik, spot wisata ini juga menyediakan fasilitas umum yang memadai baik indoor maupun outdoor seperti toilet, mushola, foodcourt, toko suvenir, dll. nPuas dari sini bisa nyeberang ke spot lain Ocean Dream Samudera yang persis berada di depannya.

Leave a Reply