Selecta Malang

selecta-malang

Taman Selecta Malang atau juga sering disebut Selecta Malang adalah salah satu objek wisata alam di kota Batu, Malang, Jawa Timur. Objek wisata ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena pesona dan daya tariknya yang tiada dua.

Jika kebetulan saat ini kalian sedang berada di kota Batu ataupun di kota lainnya di Jawa Timur, lebih-lebih dalam rangka perjalanan wisata, maka jangan sampai kalian lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata Selecta Malang yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur ini.

Nah apa saja yang menarik dari taman Bunga Malang ini? yuk, baca terus untuk menemukan jawabannya.

selecta-malang-jawa-timur
via instagram/aw_dyah

Selecta Malang

Taman Selecta Malang menawarkan pesona keindahana dataran tinggi dengan panorama alamnya yang asri dan alami, serta hawa udaranya yang sejuk.

Taman ini berbentuk landscap taman yang berisi beragam bentuk dan warna bunga-bunga, serta tambahan beberapa wahana permainan untuk memberi pilihan aktivitas kepada setiap pengunjung yang datang.

Taman ini memiliki total luas kawasan sekitar 20 hektar, namun yang dijadikan taman hanya sekitar 8 hektar dari total keseluruhan arealnya. Nah di areal seluas 8 hektar ini, dibuatlah petak-petak taman yang masing-masing nya berisi bunga dengan jenis yang berbeda-beda.

Selain menawarkan keindahan taman bunga, tempat wisata yang ada di kota Batu ini juga memiliki banyak wahana permainan yang bisa di-eksplore pengunjung.

Wahana-wahana permainan ini diantaranya kolam renang, kiddie ride, sky bike, flying fox, perahu ayun, wahana menunggang kuda, bioskop 4D, area playground, dan masih banyak lagi yang lainnya.

selecta-malang-gambar
via instagram/retno_lia

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini termasuk tempat wisata yang sudah cukup melegenda di Jawa Timur. Sebabnya tak lain karena taman bunga Selecta Malang ini bukanlah tempat wisata yang baru dibangun seperti misalnya Ufo Park Malang yang baru diperkenalkan pada Maret 2019 kemarin.

Bahkan, Taman Selecta Malang sudah ada dan sudah dikenal sebagai destinasi wisata jauh sebelum objek wisata Jawa Timur lainnya seperti jatim park, taman kelinci, ataupun museum angkut muncul meramaikan jagat wisata Jawa Timur.

Menurut data sejarah Selecta Malang, tempat wisata ini sudah berdiri dan dibuka untuk kunjungan wisata sejak tahun 1950, setelah sebelumnya sempat menjadi lokasi peristirahatan orang-orang Belanda di zaman penjajahan, dan juga sempat dijadikan sebagai tempat singgah bagi presiden Soekarno dan wakilnya Bung Hatta.

Nah berdasar kenyataan tersebut, maka tak mengherankan apabila Selecta Malang kemudian menjelma menjadi satu diantara beberapa tempat wisata terkenal sekaligus terfavorit di Jawa Timur, khususnya di kota Batu.

FYI. Taman ini dulunya memakan waktu pembangunan sekitar 8 tahun, yakni dari tahun 1920 hingga tahun 1928. Sebelum menjadi tempat wisata, taman ini hanya dikhususkan bagi orang-orang Belanda yang datang ke Indonesia.

selecta-malang-tiket-2019
via instagram/tinuk_apriliana

Lokasi Selecta Malang

Lokasi Selecta Malang berada di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Jika mengaksesnya dari pusat kota Malang, maka diperlukan waktu tempuh berkendara sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sejauh 25 kilometer.

Sedangkan jika diakses dari pusat kota Batu, jaraknya cukup dekat yakni sekitar 4 kilometer dan bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 21 menit berkendara.

Kemudian mengenai rute yang bisa dilalui untuk sampai di lokasi wisata Selecta Malang, kalian bisa memilih rute dari pusat kota Malang menuju alun-alun kota, yang diteruskan ke Jalan Gajah Mada.

Dari Jalan Gajah Mada, lanjut terus hingga nantinya sekira beberapa ratus meter, kalian akan menemukan kantor bank BCA. Di sekitar tempat ini, kalian kemudian akan menjumpai banyak penunjuk jalan yang diantaranya bisa dijadikan pedoman untuk mengarahkan kalian ke taman bunga Selecta Malang.

selecta-malang-taman-bunga
via instagram/thorickmoch

Harga Tiket Masuk Selecta Malang

Harga tiket masuk Selecta Malang cukup terjangkau. untuk memasukinya kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang.

Asiknya lagi, apabila kalian datang ke tempat wisata ini berombongan, harga tiketnya akan lebih murah yakni hanya Rp. 20.000 per orang dengan catatan jumlah rombongan lebih dari atau sama dengan 25 orang.

Namun disamping membayar tiket masuk, beberapa wahana dan fasilitas yang ada di dalam tempat wisata ini juga mewajibkan pengunjung untuk membayar sewa atau tiket wahana sebelum mencobanya.

Dan berikut ini, beberapa wahan berbayar yang ada di Selecta Malang beserta harga tiketnya:

  • Sky Bike – Rp20.000
  • Perahu Bebek – Rp15.000
  • Kora-kora – Rp10.000
  • Flying Fox – Rp20.000
  • Naik Kuda – Rp10.000
  • Kiddie Ride – Rp5.000
  • Mandi Air Panas – Rp5.000
  • Playgorund – Rp10.000

Selain tiket masuk dan tiket wahana, kalian juga harus membayar biaya parkir kendaraan dengan tarif sebagai berikut:

  • Sepeda motor – Rp5.000
  • Mobil – Rp10.000
  • Bus – Rp20.000
selecta-malang-buka-jam
via instagram/matusqueen94

Fasilitas Selecta Malang

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata taman bunga Selecta Malang tentunya sudah cukup memadai. Selain fasilitas dan wahana berbayar, tersedia juga fasilitas umum seperti area parkir yang cukup luas, mushola, toilet, dan restoran atau rumah makan yang menyediakan aneka macam kuliner khas Jawa Timur.

Penginapan di Selecta Malang

Bagi pengunjung yang ingi menginap di sekitar tempat wisata Selecta Malang, pengelola juga telah menyiapkan beberapa tempat bermalam atau penginapan di Selecta Malang. Kalian bisa memilih penginapan berupa hotel dengan biaya sewa Rp. 600.000 permalam, atau juga bisa memilih penginapan berbentuk cottage dengan tarif yang lebih mahal yakni sebesar Rp. 2.300.000 per malam.

Wahana Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Menjajal semua wahana yang ada di taman Selecta Malang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, bagi kalian yang tidak memiliki budget liburan dalam jumlah besar, maka beberapa wahana unik dan menarik di bawah ini bisa kalian dahulukan daripada wahana yang lain.

Berikut ini wahana menarik di Selecta Malang beserta aktivitas yang bisa kalian lakukan:

Sky bike

Wahana ini selain seru, juga merupakan salah satu wahana yang sangat unik. Karenanya, tak mengherankan jika wahana ini selalu ramai diserbu oleh para pengunjung yang datang ke Selecta Malang.

Wahana sky bike berbentuk seperti lingkaran yang bisa dinaiki oleh 2 orang dan akan membawa kalian meluncur di atas taman-taman bunga. Dari atas sky bike, kalian bisa menikmati setiap sudut taman bunga sambil sesekali mengambil gambar taman bunga ataupun ber-selfie dengan latar bunga berwarna-warni.

selecta-malang-2019
via instagram/akuu_shofie

Flying fox

Bagi kalian penyuka jenis permainan yang memacu adrenalin, wajib bagi kalian untuk mencoba wahana flying fox di taman Selecta Malang. Wahana flying fox ini akan membawa kalian melintas dengan kecepatan tinggi di atas areal taman sambil menikmati suasana dan tegangan adrenalin kalian yang makin terpacu.

Tapi tenang saja, kalian akan tetap aman bermain di wahana ini karena sudah dilindungi oleh perlengkapan pengamanan yang terjamin.

Taman Bunga

Wahana taman bunga merupakan wahana andalan tempat wisata taman Selecta Malang. Di areal taman bunga seluas 8 hektar ini, kalian bebas melihat dan menikmati bunga-bunga yang ada.

Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto diri kalian dengan latar bunga-bunga tersebut. Tapi ingat, kalian hanya diizinkan melihat dan menjadikannya background foto saja, jangan sekali-kali memetik apalagi membawa pulang bunga-bunga dari taman ini.

tiket-masuk-selecta-malang-2019
via instagram/silmy.jpg

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata Telaga Sarangan

Kolam Renang dan Wahana Waterboom Anak

Bagi kalian yang tiba-tiba merasa gerah, di taman Selecta Malang juga sudah tersedia sebuah kolam renang sebagai tempat berenang menikmati segarnya air. Kemudian jika datang bersama anak-anak, ada juga wahana waterboom yang tentunya akan sangat mereka sukai.

Sembari berenang, biarkan anak kalian menikmati keseruan di wahana waterboom yang tersedia.

Menunggang Kuda

Masih mengenai wahana yang cocok untuk anak-anak. Di Selecta Malang juga tersedia tempat penyewaan kuda bagi anak usia 5 tahun ke atas.

Di sini, anak-anak bisa belajar menunggang kuda, dan akan dibawa berkeliling ke sekitar areal taman bunga.

Wisata Dekat Selecta Malang

Bagi kalian yang tidak puas menghabiskan waktu liburan dengan hanya mengunjungi taman selecta malang, kalian juga bisa melanjutkan perjalanan wisata ke tempat-tempat wisata yang dekat dengan taman Selecta Malang.

tiket-selecta-malang-2018
via instagram/mardalenaa25

Sebagai referensi. Berikut ini beberapa tempat wisata dekat Selecta Malang yang bisa kalian kunjungi:

  • Taman kelinci batu
  • Wista petik apel makmur abadi
  • Predator fun park
  • Jatim park 2
  • Alun-alun kota batu
  • Batu night spectacular
  • Para layang batu
  • Museum satwa
  • Bukit calindra
  • Dan batu secret zoo

Selain letaknya tidak terlalu jauh dari Taman Selecta, tempat wisata di atas juga tidak kalah mempesona dari objek wisata Selecta Malang.

Tips Wisata Ke Selecta Malang

Agar lebih maksimal dalam menikmati perjalanan liburan kalian, berikut ini beberapa tips wisata ke taman bunga Selecta Malang yang bisa kalian ikuti.

  • Datang atau berangkatlah lebih pagi agar kalian mendapatkan kesempatan untuk menjelajah tempat wisata ini lebih bebas. Karena biasanya, taman ini akan sangat ramai oleh pengunjung pada pukul 11.00 sampai 15.00 WIB. Selain itu, datang lebih pagi juga akan memberikan kalian waktu yang cukup untuk istirahat sebelum mulai meng-eksplore setiap wahana yang ada.
  • Untuk menghemat biaya liburan yang akan kalian keluarkan, jika memungkinkan bawalah bekal berupa nasi ataupun snack yang bisa kalian beli di luar area wisata. selain itu, harap pilih dan tanyakan terlebih dahulu wahana beserta harga tiketnya sebelum kalian mencobanya.
hotel-selecta-malang
via instagram/hendriartha

Temukan juga tempat wisata menarik di daftar Tempat Wisata di Malang

Tidak mengagetkan apabila taman bunga Selecta Malang Jawa Timur menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Jawa Timur. Dengan lengkapnya wahana serta fasilitas yang disediakan pengelola, maka julukan objek wisata favorit memang tidaklah berlebihan jika harus disematkan pada salah satu tempat wisata di kota Batu ini.

Pantai Klayar

Edy
4 min read

Telaga Sarangan

Edy
4 min read