Sindu Kusuma Edupark

Bagi warga Jogja, menikmati liburan seru bersama keluarga tidak perlu jauh-jauh keluar kota. Karena di jantung Kota Jogja, ada Sindu Kusuma Edupark yang menyediakan taman bermain yang pasti akan disukai oleh semua anggota keluarga tak terkecuali anak-anak.

Taman bermain ini menyediakan hingga 15 lebih wahana permainan. Dengan konsep yang cukup menarik dan keamanan yang terjamin penuh, tempat wisata ini dipastikan bisa memuaskan dahaga wisata Anda bersama semua keluarga.

sindu-kusuma-edupark-jogja

instagram.com/trianaoktvn

Sekilas Sindu Kusuma Edupark Jogja

Obyek wisata yang terletak di kawasan Sleman, Jogjakarta ini dibangun pada tahun 2014.

Mengusung tagline “The City Of Fantasy, Wahana Wisata Keluarga”, Sindu Kusuma Edupark (SKE) menyediakan berbagai jenis wahana permainan dan wahana edukasi.

Ya, selain wahana permainan, edupark yang berada di dalam kawasan seluas 7 hektar ini juga menyediakan wahana edukasi dalam bentuk museum Omah Batik dan Omah Musik.

Di kedua wahana ini, kita bisa belajar semua hal tentang batik dan musik dari sejak kemunculannya hingga saat ini.

Aktifitas dan Wahana di Sindu Kusuma Edupark

Banyaknya wahana yang tersedia di tempat ini memberikan pilihan aktifitas yang beragam bagi para pengunjung. Berikut ini beberapa wahana dan aktifitas yang bisa pengunjung lakukan di Sindu Kusuma Edupark Jogja :

1. Cakra Manggilingan

cakra-manggilingan-sindu-kusuma-edupark
instagram.com/skedupark

Cakra Manggilingan adalah wahana terpopuler di Sindu Kusuma Edupark. Bahkan, wahana ini sudah menjadi ikon Kusuma Edupark Jogja dan menjadi suguhan pertama sesaat setelah kita memasuki lokasi.

Cakra Manggilingan terletak di area paling depan kawasan wisata. Bentuknya berupa flayer setinggi 48 meter dengan 28 kabin penumpang.

Saat menaiki wahana ini, kita bisa merasakan serunya sensasi melayang di udara sambil menikmati pemandangan Kota Jogja dan Gunung Merapi di kejauhan sana.

Saat malam hari, pemandangan Kota Jogja dari atas wahana yang juga dikenal dengan nama wahana Ferris Wheel ini semakin sempurna berkat hiasan kerlap kerlip lampu kota.

seKedar informasi, Cakra Manggilingan ini merupakan flayer tertinggi nomor 1 di Indonesia dan nomor 6 di Asia Tenggara.

2. Trampolin

trampolin-sindu-kusuma-edupark-jogja
instagram.com/skedupark

Wahana Trampolin di Sindu Kusuma Edupark dinamai Panggon Lunjak. Seperti biasa, di wahana ini kita bisa melakukan berbagai gaya salto atau apapun dengan bantuan Trampolin.

Trampolin di tempat ini juga cukup besar sehingga kita tidak perlu khawatir keluar arena karena terlalu tinggi melompat.

Selain itu, untuk memastikan pengunjung dalam kondisi aman, di wahana ini juga sudah disiapkan beberapa petugas pengawas.

3. Segway

segway-ske-jogja
instagram.com/skedupark

Wahana yang satu ini mungkin masih jarang kita temukan di tempat-tempat wisata lain. Bahkan, Segway yang ada di Sindu Kusuma Edupark ini saja kabarnya didatangkan langsung dari Amerika.

Segway adalah alat transportasi personal yang hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja. Bentuknya unik dan memerlukan keseimbangan untuk mengendarainya.

Namun tenang saja, pengujung yang ingin mencoba wahana ini akan diberi latihan dulu oleh pengelola wisata sampai benar-benar bisa mengendarainya secara mandiri.

4. Flying Chair

Wahana ini akan membawa pengujung berputar-putar di atas ketinggian sekitar 4 meter. Sambil menikmati sensasi melayang di udara, kita juga bisa menikmati keramaian di sekitar lokasi Sindu Kusuma Edupark.

Namun pengunjung yang diizinkan menaiki wahana ini adalah pengunjung yang memiliki tinggi badan minimum 120 centimeter.

5. Flying Bicycle

Wahana ini dinamai juga dengan nama Sepeda Mabur. Wahana ini berbentuk kursi bundar dengan dua gonjangan.

Satu kabin mampu menampung 2 orang pengunjung yang nantinya akan bersama-sama mengayuh pedal untuk menggerakkan wahana mengelilingi lintasan sepanjang 100 meter.

Sama seperti Flying Chair, wahana ini juga hanya bisa dinaiki oleh pengujung yang memiliki tinggi badan minimum 100 centimeter.

Baca juga : Kebun Binatang Gembira Loka

6. Cinema 8D

Selain cinema 4D ada juga cinema 8D. Nah kelebihan dari wahana ini dibandingkan dari bioskop 4D, adalah property serta perlengkapan penonton yang lebih lengkap sehingga sensasi menonton pertunjukan akan lebih terasa nyata.

7. Rumah Hantu

Wahana yang tak kalah menarik khususnya bagi yang punya nyali besar adalah wahana rumah hantu atau House Of Terror.

Di wahana ini, pengujung akan dibawa memasuki ruangan gelap nan mengerikan yang dihiasi berbagai macam property horror.

Bagi yang tidak kuat dengan hal-hal yang menyeramkan sebaiknya tidak mencoba wahana Rumah Hantu ini.

8. Omah Batik

omah-batik-ske-jogja
instagram.com/samafnan

Inilah salah satu wahana edukasi yang disediakan Sindu Kusuma Edupark Jogja (SKE). Bagi pengujung yang suka dengan batik, maka bisa memperdalam pengetahuan tentang perbatikan di wahana ini.

Semua hal tentang batik bisa dipelajari di wahan Omah Batik ini mulai dari jenis-jenis nya hingga awal mula keberadaannya.

9. Omah Musik

Selain Omah Batik, Kusuma Edupark juga menyediakan wahana bernama Omah Musik bagi penggemar musik yang ingin mengetahui lebih dalam tentang permusikan.

Di dalam wahana yang mirip museum ini, para pengunjunga dapat melihat berbagai hal yang berkaitan dengan musik seperti buku lirik lagu, kaset, pemutar musik klasik, hingga mendengarkan lagu atau musik Indonesia jaman dulu.

Selain wahana dan aktifitas di atas, di Sindu Kusuma Edupark masih banyak wahana dan aktifitas lain yang bisa kita nikmati.

Di sana juga masih ada beberapa wahana yang tak kalah menariknya seperti wahana Mobil Kuno, Cleret Gendut, Dino Park, Sepur Cilik, Komidi Putar, Sepur Kluthuk, dan Bumper Car.

Baca juga : Review Jogja Bay Waterpark

Taman Lampu Sindu Kusuma Edupark Malam Hari

taman-lampu-sindu-kusuma-edupark
instagram.com/skedupark

Tidak hanya menarik saat dikunjungi siang hari saja, namun obyek wisata ini juga sangat mempesona saat dikunjungi pada malam hari.

Terlebih bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan latar warna warni lampu, maka berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark pada malam hari adalah langkah yang tepat.

Saat malam semua kawasan wisata ini terlihat sangat indah dengan adanya lampu-lampu wahana.

Wahana yang saat siang harinya terlihat biasa-biasa saja, malam harinya berubah menjadi sangat menakjubkan. Taman SKE pada malam hari benar-benar menjadi salah satu tempat wisata romantis di Jogja.

Lokasi Sindu Kusuma Edupark

Alamat lengkap obyek wisata Sindu Kusuma Edupark (SKE) ini berada di Jalan Magelang KM. 2 Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

alamat-sindu-kusuma-edupark
instagram.com/skedupark

Lokasinya berada di tengah kota sehingga aksesnya pun akan sangat mudah.

Rute yang bisa dilalui para pengujung untuk sampai di lokasi wisata ini salah satunya melalui arah utara atau melalui Jalan Kaliurang.

Melewati jalan ini, silahkan arahkan tujuan ke Jalan Magelang melalui Ring Road Utara. Nah setelah sampai di perempatan Jambor, maka berbeloklah ke kiri kemudian ikuti saja papan penunjuk jalan ke SKE.

Oh ya, Selain ke tempat wisata ini, para pengunjung yang berasal dari luar kota juga bisa bertandang ke tempat wisata lainnya yang ada di Jogja.

Tempat-tempat wisata yang cukup terkenal dan dekat dari lokasi SKE diantaranya Monumen Jogja Kembali, Taman Lampion, Taman Pelangi Jogja, dan Taman Pintar Jogja.

Jam Buka Sindu Kusuma Edupark Jogja

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini setiap hari kecuali hari Selasa. Jam operasional nya dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Waktu KunjunganJam Operasional
Setiap Hari (kecuali Selasa)08.00 – 23.00 WIB

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp20.000.

Waktu KunjunganHarga Tiket
Setiap HariRp20.000

Harga tiket masuk Sindu Kusuma Edupark tergolong murah karena sudah mencakup akses ke dua wahana edukasi yaitu Omah Batik dan Omah Musik.

Selain itu, dengan harga tiket masuk tersebut, kita juga sudah bisa menikmati kesegaran air di wahana waterpark nya.

Namun jika ingin mencoba wahan lain, kita diharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli tiket wahana.

Nah untuk lebih lengkapnya, berikut ini tabel harga tiket masuk dan tiket wahana Sindu Kusuma Edupark Jogja yang kami ambil dari akun Instagram (IG) resmi mereka :

tiket-masuk-sindu-kusuma-edupark
instagram.com/skedupark

Fasilitas Umum Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas umum di tempat wisata ini juga sudah tersedia dengan cukup memadai. Di sana sudah ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, cafe, dan welcome drink.

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Warga Jogja memang cukup beruntung dengan dibangunnya banyak obyek-obyek wisata menarik di dalam kota.

Dengan begitu, waktu liburan yang cukup singkat pun akan bisa dimanfaatkan dengan maksimal hanya dengan mengunjungi tempat wisata dalam kota seperti Sindu Kusuma Edupark Jogja ini.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read