Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari adalah salah satu tempat wisata di kota Bogor yang sepintas agak mirip dengan lokasi wisata alam lainnya yang ada di Bogor seperti Taman Safari Bogor dan juga Kebun Raya Bogor.

Namun setelah berkunjung ke tempat wisata bertema agrowisata ini, Anda akan faham dan menemukan bahwa ternyata Taman Buah Mekarsari memang berbeda dan memiliki kelebihan yang tidak ditemukan pada Kebun Raya Bogor ataupun Taman Safari Bogor.

Nah seperti apa Taman Buah Mekarsari ini dan adakah hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan jika berlibur ke sana? Yuk, dapatkan jawabannya dengan membaca artikel ini.

taman-buah-mekarsari-bogor

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan nanti.

Terlebih bagi Anda yang suka dengan tempat wisata yang memadukan konsep wisata edukatif dan keindahan alam serta taman bermain, maka taman buah ini adalah tempat yang paling cocok untuk Anda kunjungi.

Taman Buah Mekarsari dibangun di atas lahan seluas 264 hektar dengan kawasannya yang sebagian besar berisi tanaman buah dan pepohonan.

Tercatat, di taman ini ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon berbagai jenis yang bisa dinikmati atau di-eksplore pengunjung.

gambar-taman-buah-mekarsari

Beberapa jenis tanaman yang ada di Taman Buah Mekarsari ini diantaranya tanaman hias, sayuran, tanaman pangan, tanaman biorafma dan tanaman rempah.

Selain itu, ada juga tanaman hasil persilangan antar varietas yang menghasilkan varietas baru seperti jambu air toon klow, nanas arnis, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, dan barbados cerry.

Kemudian selain tanaman-tanaman di atas, di Taman Buah Mekarsari juga bisa Anda temukan beberapa tanaman langka seperti bunga bangkai, kesemak, sawo kecik dan masih banyak yang lainnya.

Nah terakhir, bagi Anda yang hobi mengkonsumsi buah-buahan, pada saat-saat tertentu seperti saat musim panen, Anda bisa memetik sendiri dan mencicipi buah-buahan seperti salak, rambutan, belimbing, jeruk, melon, dan nangka di pohonnya langsung.

Selain melihat atau mencoba buah-buahan yang ada di taman ini, Anda juga bisa membeli bibitnya untuk ditaman di rumah.

peta-taman-buah-mekarsari

Bibit-bibit tanaman yang sudah siap tanam bisa Anda beli di sebuah garden center yang sengaja dibuat sebagai tempat penjualan bibit tanaman.

Disamping menyuguhkan keindahan alam dengan berbagai koleksi tanaman dan pepohonan, di lokasi Taman Buah Mekarsari juga ada berbagai macam wahana permainan yang bisa dinikmati pengunjung.

Setelah puas berkeliling melihat atapun mencoba berbagai macam buah-buahan, Anda selanjutnya bisa menikmati keseruan dengan bermain di wahana permainan seperti sepeda air, aqua bike, kano, perahu naga, dan banana boat.

Selain itu, bagi Anda yang hobi memancing, di tempat ini juga sudah disediakan kolam pemancingan yang terletak di area yang sama dengan lokasi wahana-wahana permainan yang telah dituliskan tadi.

Alat pancing bisa Anda bawa sendiri dari rumah atau menyewanya di tempat ini dengan biaya beberapa ribu rupiah saja.

taman-buah-mekarsari-2019

Oke. Lebih lanjut mengenai wahana permainan, di wahana wisata air yang ada di Taman Buah Mekarsari sudah disediakan water kingdom yang sanggup menampung sekitar 1.500 lebih pengunjung.

Nah di dalam area water kingdom ini, Anda bisa mencoba sebuah wahana yang bernama lazy river berbentuk kolam arus yang panjangnya mencapai 600 meter.

Selain itu ada pula wahana boomerang slide dengan ketinggian 16 meter yang bisa Anda coba untuk menguji adrenalin.

Dan yang terakhir jika Anda datang bersama pasangan, Anda bisa menghabiskan waktu dengan sangat romatis di sebuah danau bernama danau Cipinung yang memiliki luas sekitar 20 hektar.

Selain duduk menikmati suasana asri dari pinggir danau, Anda dan pasangan juga bisa memanfaatan keindahan danau Cipinung ini sebagai lokasi berfoto.

Alamat dan Rute ke Taman Buah Mekarsari

alamat-taman-buah-mekarsari

Taman Buah Mekarsari berada di lokasi yang cukup strategis sehingga siapapun pasti akan dengan mudah dapat menemukannya.

Taman buah yang diklaim merupakan yang terbesar di dunia ini beralamat di Jln. Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Rute ke Taman Buah Mekarsari juga bisa akses dari berbagai lokasi dengan sangat mudah. Misalnya jika Anda datang dari luar kota Bogor, maka Anda bisa sampai di alamat Taman Buah Mekarsari dengan menumpang Bus arah Cileungsi, lalu dilanjutkan dengan naik bus yang mengarah ke Jonggol.

Jam Buka Taman Buah Mekarsari

Kunjungan ke Taman Buah Mekarsari bisa dilakukan setiap hari mulai dari hari Senin sampai hari Minggu. Adapun jam buka atau jam operasional taman bunga ini bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini :

HariJam Operasional
Senin – Jum’at10.00 – 16.30 WIB
Sabtu – Minggu09.00 – 16.30 WIB

Harga Tiket Masuk

harga-tiket-masuk-taman-buah-mekarsari-2019

Tiket masuk yang harus dibeli pengujung untuk bisa memasuki area Taman Buah Mekarsari dijual dengan harga yang bervariasi tergantung jenisnya. Pengelola menjual tiga jenis tiket masuk dengan rincian harga sebagai berikut :

Jenis TiketHarga
Tiket Regular Mekarsari ARp. 65.000 per orang
Tiket Regular Mekarsari BRp. 50.000 per orang
Tiket Regular Mekarsari CRp. 50.000 per orang
Tiket Regular Mekarsari DRp. 55.000 per orang
Tiket Regular Mekarsari ERp. 92.000 per orang
Tiket Regular Mekarsari FRp. 120.000 per orang

Selain itu untuk bisa menggunakan fasilitas atau wahana wisata yang ada di dalam taman buah ini pengujung juga harus membeli tiket wahana. Berikut ini daftar harga tiket beberapa wahana yang ada di Taman Buah Mekarsari :

WahanaHarga Tiker
Perahu NagaRp. 15.000
Bebek AirRp. 20.000
Sepeda AirRp. 35.000
Banana BoatRp. 300.000 (6 orang)
Speed BoatRp. 30.000
Rolling DonutRp. 35.000
PanahanRp. 15.000
SkuterRp. 15.000
Sepeda BMXRp. 15.000
ATVRp. 30.000
Big BaloonRp. 20.000
Sepeda Tuk-tukRp. 20.000
Sepeda TandemRp. 20.000
3D Tricky ArtRp. 30.000
Perahu KanalRp. 20.000

Selain tiket masuk dan tiket wahana, bagi pengujung yang datang menggunakan kendaraan pribadi juga diwajibkan untuk membayar retribusi parkir sejumlah Rp. 10.000 untuk sepeda motor, Rp. 20.000 untuk mobil, dan Rp. 40.000 untuk Bus.

Fasilitas dan Wahana

fasilitas-taman-buah-mekarsari

Tempat rekreasi sebasar dan seterkenal Taman Buah Mekarasi yang merupakan salah satu tempat wisata di Bogor ini tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas serta wahana yang cukup lengkap.

Beberapa fasilitas umum yang bisa Anda temukan di taman ini antara lain mobil wisata, tuk-tuk, ATV, restoran, area parkir, tempat ibadah, kamar kecil, dan toko souvenir.

Kemudian untuk wahana wisatanya, di sini Anda akan menemukan wahana permainan outbound seperti flying fox, area panjat tebing, tarik tambang, dan sepeda tandem.

Selain itu, tersedia juga beberapa wahana permainan khusus anak yang bisa membuat putra putri Anda tetap ceria selama berada di taman ini.

Beberapa wahana permainan anak tersebut antara lain mono rail, boom-boom car, fancy train, dan mini gocart.

rumah-pohon-taman-buah-mekarsari

Baca juga : Kebun Raya Bogor

Tidak sedikit orang yang lebih menyukai perjalanan wisata ke tempat-tempat yang alami, teduh, sejuk dan memiliki nilai edukasi seperti Taman Buah Mekarasi Bogor ini. Jika Anda salah satunya, maka jangan sampai lupa untuk memasukkan taman ini ke dalam list destinasi wisata yang akan Anda kunjungi berikutnya.

Loading...

Tempat Wisata di Subang

Wahyoeni
8 min read

Planet Waterboom Subang

Wahyoeni
4 min read

Ranca Upas

Hansar
6 min read

Kawah Putih

Hansar
4 min read

Tempat Wisata di Karawang

Wahyoeni
3 min read

Orchid Forest

Hansar
4 min read