Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul City menjadi tujuan yang pas untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan-kegiatan fisik yang menyenangkan.

Di taman ini, kita bisa memilih lebih dari 50 jenis permainan baik yang bertema santai hingga yang mengocok adrenalin.

Keseruan wahana outbound di Taman Budaya Sentul kerap dijadikan sebagai tempat outing kantor hingga sekolah-sekolah.

Berkumpul dan bermain bersama teman-teman di taman ini, hasilnya akan membuat kita atau anggota kelombok semakin dekat dan keharmonisan hubungan pun semakin terjaga.

taman-budaya-sentul-city

via instagram.com/wisataalamhambalang

Bagi Anda dan keluarga ataupun anggota komunitas yang berencana mengisi waktu libur ke Taman Budaya, silahkan baca dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Taman Budaya Sentul

Bogor memang merupakan salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal di tanah air.

Selain karena hawa udaranya yang sejuk, di kota hujan ini juga terdapat berbagai jenis tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata yang mungkin sudah sangat familiar di telinga kita yang lokasinya terletak di Bogor antara lain Kebun Raya Bogor, The Jungle Waterpark, Jungleland Adventure, Istana Bogor, dan Devoyage Bogor.

Obyek-obyek wisata tersebut adalah beberapa tempat rekreasi favorit yang membuat nama Kota Bogor semakin dikenal dan terkenal di seantero dunia pariwisata tanah air.

Selain obyek-obyek wisata di atas di Bogor tentunya masih sangat banyak tempat wisata lain yang tak kalah menariknya untuk disambangi.

Khusus bagi Anda yang tergabung dalam sebuah komunitas ataupun sedang mencari tempat wisata keluarga yang punya fasilitas outbound lengkap serta wahana edukasi, di Bogor Anda bisa menyambangi tempat wisata bernama Taman Budaya Sentul City.

Obyek wisata yang terletak di bilangan Sentul City, Bogor ini menyediakan berbagai wahana permainan outbound serta fasilitas bagi yang ingin mempelajari seni.

Karena itu, tak berlebihan kalau akhirnya beberapa orang menyebut tempat ini sebagai lokasi wisata outbound terbaik di Kota Bogor.

Taman Budaya Sentul dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 6 hektar.

Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1994 dan bernaung di bawah PT. Gunung Geulis Elok Abadi sebagai pihak pengelola.

taman-budaya-sentul-selatan
via instagram.com/arina_rifqie

Taman budaya ini menawarkan suasana indah daratan Kota Bogor yang hijau dan sejuk.

Berlatar pemandangan 4 gunung yaitu Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Geulis, dan Gunung Pancar, tempat ini sangat menyenangkan dan sangat nyaman untuk aktifitas luar ruangan.

Taman Budaya Sentul yang hanya berjarak kurang lebih 61 kilometer dari Kota Jakarta ini juga didesain dengan penataan yang rapi dan professional.

Untuk memudahkan para pengunjung dalam memilih jenis kegiatan yang akan dimainkan, pengelola sudah membagi tempat ini menjadi 4 zona yang berisi wahana permainan yang berbeda pula.

Menariknya lagi semua wahana serta fasilitas yang tersedia di taman budaya ini diklaim sebagai yang tebesar dan terlengkap di Indonesia.

Selain itu, semua fasilitas dan wahananya juga sudah didukung sistem keamanan yang sangat baik dan juga diawasi oleh para guard atau pengawas professional.

Hal ini tentu menjadi point penting yang harus dimiliki sebuah tempat wisata outbound.

Dengan sistem kemanan yang memadai, para wisatawan ataupun orang tua tidak lagi khawatir terhadap keselamatan anak-anak saat bermain.

Wahana dan Aktifitas Wisata

Keempat zona pemainan yang terdapat di Taman Budaya Sentul yaitu Adventure Center, Grand Center, Facility Center, dan Culture Center, menyimpan daya tarik sendiri-sendiri.

Bagi Anda yang baru datang pertama kali, berikut ini beberapa wahana favorit serta aktifitas wisata seru yang bisa dilakukan di Taman Budaya Sentul City:

Baca juga : Taman Buah Mekarsari

High Ropes

wahana-di-taman-budaya-sentul
via instagram.com/duta_hidayat

Wahana ini cukup banyak diminati oleh para wisatawan. Alasannya karena keseruan dan tantangan yang disuguhkan memang berbeda dari yang lainnya.

Wahana high ropes di Taman Budaya Sentul menyediakan permainan seperti berjalan di atas kayu, menyusuri terowongan kayu, hingga berjalan di atas jaring yang terbuat dari tali tambang.

Karena berjenis high ropes, maka permainan-permainan tersebut diletakkan di atas ketinggian.

Wahana high ropes di taman budaya ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu wahana high ropes khusus anak dan wahana khusus orang dewasa.

Baik yang dipertuntukkan untuk anak-anak dan dewasa, sudah dilengkapi dengan sistem pengamanan tinggi sehingga akan sangat aman saat dimainkan.

Trampolin

Trampolin pertama kali ditemukan oleh seorang pemain sirkus bernaman Du Trampolin. Namun, trampolin yang dibuat oleh Du Trampolin sangat sederhana yang mana hanya menggunakan jaring bernama trapeze.

Kemudian desain trampolin yang lebih modern dibuat oleh dua anak muda yang bernama Larry Griswold dan George Niseen pada tahun 1934.

Hingga sekarang, desain trampolin dari kedua anak muda tersebutlah yang digunakan tak terkecuali yang ada di Taman Budaya Sentul.

Trampolin yang tersedia di taman budaya tak hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa saja.

Untuk anak-anak, tersedia juga trampolin yang didesain khusus agar bisa dimainkan anak kecil dengan tinggi dan berat badan tertentu.

Flying Fox

flying-fox-taman-budaya-sentul
via instagram.com/tamanbudaya_id

Flying fox selalu menjadi wahana favorit sehingga keberadaannya merupakan hal wajib di sebuah obyek wisata outbound.

Nah di Taman Budaya Sentul, kita ataupun anak-anak bisa mencoba sensasi seru meluncur di atas flying fox dengan tinggi 12 meter dan lintasan sepanjang 50 meter yang menembus jajaran pohon pinus.

Baik orang dewasa ataupun anak-anak tidak perlu khawatir akan keamanan saat bermain flying fox.

Karena selain diawasi oleh petugas khusus, wisatawan juga akan dilengkapi dengan pengamanan diri seperti helm dan yang lainnya.

Paintball

Wahana berikutnya yang juga banyak diminati utamanya oleh para anak muda adalah wahana paintball.

Wahana ini mengusung tema permainan perang-perangan di mana para peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok, lengkap dengan kostum serta alat tempur berupa pistol mainan layaknya tentara.

Tiap kelompok kemudian akan diatur untuk saling mengalahkan dengan cara menembaki peserta yang tergabung dalam kelompok lain.

Meski hanya permainan, sensasi yang dihadirkan wahana ini juga tak kalah seru dan mengocok adrenalin.

Kids Army

kids-army-taman-budaya-sentul-city
via instagram.com/tamanbudaya_id

Sesuai namanya wahana ini dikhususkan untuk anak-anak yang berusia antara 5 hingga 10 tahun.

Dalam sehari penuh, anak-anak akan diajarkan kedisiplinan, baris berbaris serta pelatihan tanggungjawab.

Konon semua kegiatan yang dilakukan di dalam wahana kids army ini mengambil tema pelatihan TNI.

Permainan pun dibagi dalam tiga zona yaitu zona tamtama, bintara, dan zona perwira.

Yang menarik di wahana ini juga akan ada sebuah penghargaan bagi peserta yang dinyatakan berhasil melewati setiap tantangan.

Penghargaan tersebut berupa sebuah medali yang akan diberikan setelah program berakhir.

Panahan

Olahraga panahan saat ini mulai banyak digandrungi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Selain berguna bagi kesehatan fisik, memanah juga dapat melatih mental dan juga konsentrasi.

Di Taman Budaya Sentul juga sudah tersedia wahana panahan yang bisa dimainkan oleh anak-anak dan dewasa.

Bagi pemanah pemula atau wisatawan yang ingin belajar memanah, di sini sudah tersedia para pelatih professional yang siap memandu kita dari memegang panahan hingga berhasil mengenai sasaran.

Kuda Poni

kuda-poni-taman-budaya-sentul
via instagram.com/tamanbudaya_id

Tidak hanya menyediakan permainan menantang untuk anak-anak, namun di Taman Budaya Sentul juga ada wahana kuda poni yang terkesan lebih santai dan menghibur.

Anak-anak bisa diajak untuk naik kuda poni mengelilingi sebuah area lapang dengan didampingi pemandu khusus.

Meski terkesan santai, menunggang kuda poni termasuk kegiatan yang dapat melatih mental, keseimbangan dan juga keberanian anak-anak.

Belajar Kesenian

Di wahana inilah anak-anak bisa mendapatkan hiburan sekaligus edukasi tentang kesenian.

Bersama para wisatawan lain, anak-anak akan belajar keterampilan menggambar, melukis, hingga membatik.

Suasana belajar pun di-setting dengan tema yang sangat menarik untuk menghindarkan anak-anak dari kebosanan saat mengikuti kegiatan.

Belajar Memasak

belajar-memasak-di-taman-budaya-sentul-bogor
via instagram.com/novaricaanggraini

Kegiatan ini bisa diikuti baik oleh orang dewasa dan juga anak-anak.

Di sini para wisatawan akan dipandu oleh instruktur berpengalaman untuk membuat menu, memasak hingga menyajikan makanan.

Asyiknya lagi masakan yang dibuat oleh para wisatawan bisa langsung disantap sendiri ataupun disajikan kepada pengunjung lain, teman ataupun anggota keluarga.

Baca juga: Taman Safari Bogor

Naik Scooter dan Becak Mini

Di Taman Budaya Sentul ada wahana scooter dan becak mini yang tak kalah serunya untuk dimainkan oleh anak-anak daripada wahana kuda poni.

Anak-anak bisa beradu kecepatan, sekaligus melatih ketangkasan mereka dalam mengendarai scooter ataupun becak mini.

Mengajak anak-anak untuk untuk mencoba wahana ini adalah ide yang tepat karena si kecil pasti akan sangat menyukainya.

Trekking

trekking-taman-budaya-sentul-selatan
via instagram.com/gie_runaway

Bagi Anda yang menyukai alam bebas sekaligus tantangan yang ada di dalamnya, mengikuti kegiatan trekking di Taman Budaya Sentul pastinya akan menjadi aktifitas yang menyenangkan.

Pemandu akan mengajak Anda dan peserta lainnya untuk menyusuri sungai, persawahan, pemukiman penduduk, hingga sampai di sebuah air terjun di kaki Gunung Pancar.

Di lokasi air terjun tersebut Anda kemudian bisa bersantai sejenak sambil menyantap bekal dan menikmati indahnya pemandangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Taman Budaya Sentul beralamat di Sentul City, Jalan Siliwangi No. 1, Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di lokasinya dari pusat Kota Bogor, kita hanya membutuhkan waktu tempuh berkendara sekitar 23 menit dengan jarak tempuh sekitar 16 kilometer.

Rute ke Taman Budaya Sentul bisa melalui beberapa jalur sesuai arah kedatangan dan juga alat tranportasi yang digunakan.

Misalnya bagi pelancong yang datang dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 61 kilometer dan bisa melalui rute Tol Jogorawi dan keluar di Tol Sentul Selatan.

Dari pintu keluar tol lokasi Taman Budaya Sentul selanjutnya bisa diakses dengan mengikuti beberapa papan penunjuk yang tersebar di pinggir jalan.

Jam Buka

gambar-taman-budaya-sentul
via instagram.com/wisataalamhambalang

Jam operasional Taman Budaya Sentul dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore setiap harinya.

HariJam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan suasana yang lebih sepi, dianjurkan untuk datang pada hari kerja karena pada hari libur biasanya obyek wisata ini akan sangat ramai.

Harga Tiket Masuk

Pengelola tidak membebankan biaya tiket masuk bagi siapapun yang ingin memasuki Taman Budaya Sentul.

Namun jika ingin mencoba setiap wahana permainan, para pengunjung akan dikenai tiket wahana dengan harga bervariasi.

Berikut ini daftar harga tiket reguler ataupun tiket paket wahana wisata di Taman Budaya Sentul City:

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Paket Outbound AnakRp. 270.000
Paket Smart KidsRp. 350.000
Paket Kids ArmyRp. 250.000
Outbound AdultsRp. 350.000
Paket PaintballRp. 500.000
Paket TrekkingRp. 350.000
Paket CampingRp. 450.000
Paket Team BuildingRp. 370.000
Paket Outing KantorRp. 370.000
Paket Wisata BudayaRp. 250.000

Fasilitas Umum

Tidak cukup dengan wahana permainan, Taman Budaya Sentul juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain area parkir, toilet, mushola, toko souvenir, cafe, tempat makan, dan ruang kesehatan.

Penginapan di Taman Budaya Sentul

wisata-bogor
via instagram.com/wisataalamhambalang

Banyaknya wahana di taman rekreasi ini terkadang tidak bisa dijajal hanya dalam waktu satu hari.

Nah bagi yang ingin menginap, di sekitar taman budaya ini sudah ada beberapa penginapan dengan berbagai pilihan fasilitas dan harga.

Penginapan yang cukup dekat dari Taman Budaya Sentul dan recomended untuk dipilih antara lain Royal Tulip Gunung Geulis, Aston Sentul Resort, Lorin Sentul Hotel, Green Wattana Hotel, Grand Mulya Bogor, dan Hotel NEO.

Yang cukup menarik adalah hotel NEO karena hotel ini konon bagian dalamnya tersambung langsung dengan kawasan Taman Budaya Sentul.

Selain menyuguhkan hunian dengan nuansa alami dan modern, hotel ini juga menyediakan fasilitas kolam renang anak dan dewasa dengan harga sewa kamar mulai dari Rp. 600.000 per malam.

Wisata Dekat Taman Budaya Sentul

Selain taman budaya, di sekitar kawasan Sentul juga masih banyak obyek-obyek wisata lain yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Karena itu jika masih punya waktu libur yang panjang, kita bisa mencoba suasana lain dengan mendatangi obyek-obyek wisata seperti Kuntum Farmfield, Curug atau Air Terjun Bidadari, Jungleland Adventure, Deboyage Bogor, dan Science Garden.

Selain itu ada juga obyek wisata Hutan Pinus Gunung Pancar, Pasar Ah Poong, dan Pemandian Air Panas Gunung Pancar.

wisata-outbound-di-sentul
via instagram.com/tamanbudaya_id

Baca juga : Tempat Wisata di Bogor

Demikianlah ulasan lengkap obyek wisata Taman Budaya Sentul City Bogor. Obyek wisata ini sangat recomended untuk dikunjungi secara berjamaah bersama teman kantor, murid sekolahan, ataupun anggota keluarga.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang namanya sudah tertulis di atas. Semoga liburan Anda kali ini berjalan lancar, menyenangkan dan berkesan. Selamat berlibur.

Loading...

Waduk Jatiluhur

Hansar
6 min read

Villa di Puncak

Hansar
6 min read

Glamping Lakeside

Hansar
5 min read

Kota Mini Lembang

Hansar
5 min read

Water Kingdom Mekarsari

Hansar
5 min read

Tempat Wisata di Banten

Hansar
6 min read