Taman Bunga Nusantara

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kita kunjungi di seluruh wilayah tanah air tercinta ini.

Negara kita yang kawasannya Alhamdulillah dianugerahi keindahan alam dan suhu udara yang tidak terlalu panas. Kondisi ini membuat di manapun dan apapun bentuk objek wisata di Indonesia, pasti akan selalu nyaman untuk ditinggali dan enak tatkala dipandang mata.

Salah satu bentuk objek wisata yang saat ini sedang naik daun dan mulai banyak dibangun di daerah-daerah nusantara adalah tempat wisata taman bunga.

Beberapa yang terkenal saat ini seperti Taman Bunga Selecta di kota Batu, Taman Bunga Malino di Makassar, Taman Bunga Amarilis Jogja, dan Coban Talun di Batu, adalah contoh taman bunga yang sudah tenar dan menjadi destinasi favorit meskipun belum lama dibangun.

Namun tahukah kalian bahwa wisata taman bunga bukanlah barang baru di ranah pariwisata tanah air. Puluhan tahun silam, di Indonesia ternyata sudah ada satu taman bunga yang dibuat sebagai kawasan agrowisata yang bernama Taman Bunga Nusantara.

Taman ini sampai sekarang masih beroperasi dan terus dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

rute-taman-bunga-nusantara
via instagram/azaleazzlia

Nah, kali ini kami dari team konten wisatabagus akan mengulas mengenai Taman Bunga Nusantara ini. Apa saja yang ada di sana, di mana alamatnya, dan apa yang bisa kalian lakukan di sana dalam rangka perjalanan wisata, akan coba kami paparkan secara detil pada ulasan di bawah ini.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Di dalamnya terdapat beberapa taman bunga yang dikelompokkan dan dinamai dengan nama daerah di Indonesia dan juga nama beberapa negara di Eropa dan Asia.

Lokasinya yang dekat dengan Gunung Gede Pangrango, membuat udara di sekitar kawasan taman ini terasa sangat sejuk dan segar. Sangat cocok sebagai tempat melepas penat setelah menjalani rutinitas hidup sehari-hari.

Taman ini dibangun di atas lahan seluas total 35 hektar yang dibagi lagi menjadi 23 hektar khusus untuk bunga dan pohon berbunga, taman bermain anak atau alam imajinasi seluas 7 hektar, saung 3 hektar, dan sebuah gedung pertemuan serta restoran.

Pembangunan Taman Bunga Nusantara ini dulunya diprakarasi oleh Ibu Dani Bustanil Arifin. Saat itu sekitar tahun 1992, ia menjabat sebagai Ketua Yayasan Bunga Nusantara dan membangun taman ini sebagai kawasan agrowisata.

Lalu tiga tahun setelahnya yakni pada tahun 1995, Taman Bunga Nusantara kemudian secara resmi dibuka untuk umum dan langsung di resmikan oleh Bapak Soeharto selaku Presiden Republik Indonesia saat itu.

paket-wisata-taman-bunga-nusantara
via instagram/daramustika8

Taman Bunga Nusantara sangat pas untuk dijadikan tujuan refreshing dikala fikiran sedang semrawut menanggung beban hidup sehari-hari ataupun beban pekerjaan kantor.

Seperti di Taman Herbal Insani, udara di dalam kawasan taman ini juga sangat segar. Di tambah aneka warna-warni bunga yang ada, secara langsung akan memberikan rasa nyaman dan tenang bagi siapapun yang berada di salamnya.

Setelah keluar dari taman bunga ini, fikiran kalian pun akan terasa damai dan semangat hidup akan normal kembali.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara beralamat di Jl. Mariwati No.KM, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254. Jaraknya dari pusat kota Kabupaten Cianjur adalah sekitar 121, 8 kilometer dan bisa ditempuh selama 4,5 jam berkendara.

Untuk rute Taman Bunga Nusantara sendiri, kalian bisa menggunakan rute keberangkatan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa mengaksesnya melalui jalan tol Jogorawi dan keluar tol di ujung Ciawi. Dari sini kemudian silahkan lanjutkan perjalanan dengan tujuan ke arah puncak Bogor.

Setelah melewati puncak, pas setelah turunan Ciloto, kalian akan mendapati sebuah papan petujuk berukuran besar yang akan mengarahkan kalian ke lokasi Taman Bunga Nusantara. Ikuti saja petunjuk tersebut hingga nanti kalian sampai di lokasi taman.

taman-jepang-di-taman-bunga-nusantara
via instagram/palembangbanyakgaya

Lalu jika kalian ke Taman Bunga Nusantara menggunakan angkutan umum, kalian bisa menaiki bus dengan jalur operasi Bogor – Cianjur. Di perjalanan, minta turun di pertigaan Hanjawar.

Nah setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum jurusan Cipanas – Loji, kemudian turun di pasar GSP. Dari pasar ini, naik lagi angkutan umum dengan jalur operasi Cipanas – Mariwati. Setelah sampai di jalan Mariwati, kalian bisa bertanya pada masyarakat sekitar lokasi pas dari Taman Bunga Nusantara.

Atau kalau tidak mau ribet, gunakan saja rute Taman Bunga Nusantara yang ditunjukkan pada aplikasi Google Maps.

Spot Menarik di Taman Bunga Nusantara

Kawasan Taman Bunga Nusantara terbagai menjadi beberapa bagian taman dengan tema dan isi berbeda-beda. Berikut ini taman-taman yang ada di sana dan spot menarik yang bisa kalian eksplore.

Taman Labirin

Di area ini kalian akan menemukan taman bunga yang didesain sedemikian rupa sehingga membentuk labirin. Di sini kalian bisa berjalan ke dalam taman labirin sambil menikmati suasana, ataupun bermain petak umpet bersama teman kalian.

Tapi hati-hati, taman labirin ini cukup luas dan bisa saja kalian tersesat di dalamnya. Untuk berjaga-jaga, kalian bisa membeli peta taman labirin ini dengan harga Rp. 2.000.

taman-labirin-di-taman-bunga-nusantara
via instagram/hellojabar

Taman Perancis

Sesuai namanya taman ini berisi berbagai macam bunga dan pepohonan khas Perancis. Di tengah taman ada spot air mancur yang semakin menambah kesan indah di dalam taman ini. lalu di beberapa titik juga telah disediakan bangku-bangku malas jika kalian ingin beristirahat sambil mengambil beberapa foto di taman ini.

Taman Amerika

Di taman Amerika ini kalian akan menemukan banyak lahan dengan rerumputan hijau yang tumbuh di atasnya. Ada juga beberapa miniatur hewan seperti Jerapah, yang uniknya dibuat dengan rangkaian bunga-bunga. Di sini kalian bisa duduk santai, ataupun berfoto dengan latar belakang taman Amerika yang indah.

Taman Bali

Taman ini sengaja didesain agar pengunjung dapat merasakan suasana seperti sedang berada di Bali. Di dalam ada beberapa tanaman atau bunga khas Bali, dan juga pura yang persis sama seperti yang ada di Bali. di sini kalian bisa bersantai atau juga bisa mengambil foto-foto diri ber-background bunga serta pura.

Taman Jepang

Bunga-bunga khas Jepang juga bisa kalian temukan di Taman Bunga Nusantara. Lokasinya berada di sebuah taman yang dinamai taman Jepang. Di pintu masuk taman, kalian akan disambut dengan gapura atau gerbang yang identik dengan negeri tirai bambu itu. Lalu di dalam, rimbunan bunga sakura yang indah menjadi suguhan utama yang akan memanjakan mata kalian.

Rumah Kaca

Di sini ditanam bunga-bunga dari negara Eropa dengan pengaturan kelembapan dan suhu tertentu agar bisa menyesuaikan diri dengan cuaca Indonesia. Ada banyak sekali jenis dan macam bunga di sini yang bisa kalian lihat dan juga pelajari.

Untuk memasuki spot rumah kaca ini, kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 2000.

alamat-taman-bunga-nusantara
via instagram/amma_amull

Menara Pandang

Jika kalin ingin melihat landscape Taman Bunga Nusantara dari atas ketinggian, kalian bisa naik ke spot Menara Pandang. Dari sini kalian dengan leluasa bisa menyaksikan betapa indahnya taman bunga nusantara yang dipenuhi oleh bunga-bunga berbagai rupa.

Dulunya menara pandang ini dilengkapi lift untuk memudahkan pengunjung naik ke atasnya, namun entah mengapa, saat ini lift sudah tidak berfungsi sehingga kalian harus rela menguras tenaga untuk bisa naik ke atas menggunakan tangga.

Air Mancur Musikal

Ini bukan air mancur biasa, sebab pancuran airnya akan mengikuti irama dari musik yang sedang dimainkan oleh pengelola. Itulah mengapa air mancur ini dinamai air mancur musikal, meski sekilas sama dengan air mancur biasa, namun cipratan airnya yang senada dengan irama musik, membuatnya terlihat dan terasa berbeda.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara 2019

Untuk memasuki taman yang megah dan indah ini kalian tidak perlu takut akan mengeluarkan biaya mahal. Sebab, harga tiket Taman Bunga Nusantara hanya dijual dengan harga Rp. 40.000 saja. Dengan biaya yang bisa dikatakan murah tersebut, kalian bisa menikmati pemandangan indah yang ada di dalam taman bunga sampai puas.

Namun perlu diperhatikan bahwa tiket masuk ini tidak berlaku untuk wahana atau spot yang ada di dalam. Artinya jika kalian ingin masuk ke bagian taman ataupun spot-spot seperti rumah kaca dan yang lainnya, kemungkinan besar kalian akan dimintai atau diwajibkan untuk membeli tiket masuk lagi.

taman-bunga-nusantara-cianjur
via instagram/didik.teguh13

Selain liburan mandiri, kalian juga bisa mengikuti paket wisata Taman Bunga Nusantara. Informasinya bisa kalian cari di internet atau bisa berkunjung ke situs resmi taman bunga ini di tamanbunga-nusantara.com

Fasilitas Taman Bungan Nusantara

Selain memiliki spot-spot menarik, Taman Bunga Nusantara juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Beberapa diantaranya adalah:

Dotto Train

Fasilitas Dotta Train disediakan bagi pengunjung yang malas mengelilingi taman dengan berjalan kaki. Jika kalian ingin mencoba keliling taman dengan Dotta Train, kalian harus membayar tiket sebesar Rp. 50.000. Namun, Dotta Train di Taman Bunga Nusantara ini hanya beroperasi saat libur nasional dan weekend.

Mobil Wara-Wiri

Ini juga fasilitas untuk berkeliling taman tanpa berjalan kaki. Bedanya dengan Dotta Train adalah di saat berkeliling taman, kalian akan mendengar atau akan diiringi dengan suara rekaman yang memberi informasi tentang segala hal mengenai Taman Bunga Nusantara.

Poliklinik

Ada juga poliklinik atau ruang P3K yang terletak di dalam gedung taman bunga. Jadi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat berada di dalam taman, kalian bisa langsung meminta pertolongan dan pengobatan di poliklinik ini.

taman-bali-taman-bunga-nusantara
via instagram/indra.callister

Cafe Marigold

Sebuah fasilitas untuk membeli makanan dan minuman jika sewaktu-waktu kalian merasa lapar saat sedang berada di dalam taman bunga.

Bursa Bunga

Bagi kalian yang ingin membawa dan menanam bunga di rumah seperti yang ada di Taman Bunga Nusantara, kalian bisa membeli berbagai macam bunga di fasilitas bursa bunga ini.

Selain kelima fasilitas di atas, tentunya masih ada beberapa fasilitas lain di Taman Bunga Nusantara. Fasilitas umum seperti area parkir, toilet, gazebo, hingga tempat ibadah juga tersedia di dalam dengan kondisi bersih dan terawat dengan baik.

peraturan-taman-bunga-nusantara
via instagram/destianafitri_28

Baca juga tempat wisata menarik lainnya di Jawa Barat seperti Taman Limo

Sangat sayang rasanya apabila kalian sedang berada di Jawa Barat atau lebih khususnya berada di Kabupaten Cianjur tapi tidak meluangkan waktu ke taman bunga ni. Sebab kapan lagi kalian bisa menikmati suasana indah dan hawa sejuk beserta ribuan bunga di dalam kawasan yang sangat luas seperti di taman ini. selain spot dan fasilitasnya yang lengkap, bukankah harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara juga sangat murah? Jadi tunggu apalagi, ayuk liburan ke Taman Bunga Nusantara.