Taman Herbal Insani

Kebutuhan akan adanya tempat-tempat wisata yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata yang hanya mengandalkan unsur keindahan sebagai daya tariknya, belakangan ini nampaknya telah tercium dan direspon oleh beberapa pengelola tempat wisata.

Hal ini bisa dilihat dari mulai menjamurnya tempat-tempat wisata baru ataupun yang telah lama, yang berupaya memberi nilai plus selain unsur keindahan kepada para pengunjungnya. Nilai plus ini bisa berupa unsur edukasi, atapun unsur kesehatan.

Nah, salah satu contoh tempat wisata yang menyelipkan unsur lain selain keindahan sebagai magnet untuk menarik minat wisatawan, adalah tempat wisata Taman Herbal Insani Depok.

wahana-kolam-renang-taman-herbal-insani

Selain kawasannya yang indah dan sangat cocok sebagai tempat melancong, Taman Herbal Insani juga merupakan tempat yang kaya akan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu tentang tanaman herbal. Di sana, kalian bisa berlibur sambil belajar bagaimana tanaman-tanaman herbal itu ditanam, diolah, bahkan bisa membeli obat tradisional yang berbahan dasar tanaman herbal.

Jadi selain mendapatkan ketenangan dan kesegaran fikiran, berlibur ke Taman Herbal Insani juga akan memberikan tambahan ilmu pengetahuan baru kepada kalian.

Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani bisa menjadi alternatif destinasi liburan keluarga yang sangat menyenangkan. Tempat wisata ini telah terkenal dan memang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan dari daerah Jakarta dan Depok.

Meski lokasinya berada di daerah terpencil di ujung kota Depok, namun taman herbal ini selalu mendapat tamu wisata dalam jumlah yang tidak sedikit setiap harinya.

pendopo-taman-herbal-insani

Pembangunan taman herbal ini petama kali diinisasi oleh pemiliknya sendiri yaitu Bapak Ir. Mahendra. Sang pemilik yang merupakan penyuka tanaman herbal, memang telah lama berangan-angan untuk membangun sebuah tempat yang di dalamnya orang bisa berlibur, sekaligus bisa mengenal dan belajar lebih banyak tentang tanaman herbal.

Dibangunlah akhirnya Taman Herbal Insani dengan konsep taman herbal plus taman rekreasi yang ramah lingkungan. Dan sejak diperkenalkan sebagai lokasi publik, taman herbal ini langsung menyita perhatian masyarakat yang kemudian berduyun-duyun mendatanginya setiap hari baik weekdays dan weekend.

Seiring waktu ketenaran taman herbal insani pun seperti tak terbendung. Saat ini, bukan hanya warga lokal dari kota Depok atau Jakarta saja yang datang berkunjung ke sana, namun, wisatawan dari luar Depok bahkan luar Jawa Barat juga sering berkunjung ke taman herbal ini.

Apalagi saat ini Taman Herbal Insani tidak membatasi tamu yang berkunjung harus perorangan atau hanya satu keluarga saja. Pihak pengelola taman ini sudah siap dan mulai menerima kunjungan wisatawan yang mengikuti paket tour dari berbagai penyedia jasa travel.

saung-taman-herbal-insani

Bahkan tidak jarang taman ini juga dikunjungi oleh anak-anak sekolahan yang datang bersama guru-guru mereka. Para anak sekolahan tersebut datang selain untuk bermain, juga untuk mempelajari aneka macam tanaman obat yang ada di taman ini.

Menyadari antusiasme masyarakat yang kian meningkat terhadap keberadaan Taman Herbal Insani sebagai destinasi wisata, pihak pengelola juga terus berupaya memberi kenyamanan dan kemudahan kepada pengunjung dan calon pengunjung dengan terus menambah wahana ataupun sarana prasarana yang dibutuhkan di taman ini.

Selain membangun pendopo untuk keperluan acara-acara tertentu dan tempat berkumpul wisatawan yang biasanya merupakan peserta paket tour, beberapa saung juga telah dibangun sebagai tempat singgah para pelancong sebelum turun menikmati dan meng-eksplore semua yang ada di taman ini.

Kemudian bagi calon pengunjung yang ingin melakukan reservasi dan memesan tempat di pendopo aman Herbal Insani, saat ini reserpasi bisa dilakukan dari mana saja. Pengelola juga telah membuka pendaftaran via online melalui situs resmi mereka di wisataherbal.com.

bermain-rakit-taman-herbal-insani

Harga Tiket Taman Herbal Insani

Kabar baiknya meskipun taman ini telah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dan selalu padat pengunjung, pengelola Taman Herbal Insani tidak mematok harga tiket masuk yang mencekik.

Untuk memasukinya kalian hanya perlu membeli atau membayar harga tiket masuk Taman Herbal Insani 2019 senilai Rp. 20.000 saja.

Dengan harga tiket yang siapa saja pasti setuju kalau disebut murah tersebut, kalian sudah mendapatkan akses untuk melihat dan mempelajari semua koleksi tanaman herbal yang ada. ditambah lagi, kalian juga akan mendapat akses gratis untuk menikmati beberapa wahana permainan seperti kolam renang, wahana getek, kolam ikan, kandang kelinci, dan kandang burung.

Lokasi Taman Herbal Insani

Taman herbal terletak di sebuah perkampungan terpencil di kota Depok. Alamat lengkapnya yaitu di Jl. Kp. Kandang No.26, Duren Seribu, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

Mengenai rute atau cara untuk menuju lokasi Taman Herbal Insani, kalian bisa memulai perjalanan dari arah Wates menyusuri Jalan Abdul Wahab sampai Jalan Raya Muchtar, carilah terlebih dahulu lokasi kantor kecamatan Sawangan sebagai patokan awal.

Nah setelah menemukan kantor camat Sawangan, kalian cari lagi lokasi alfamart yang ada di daerah Pengasinan, lokasinya setelah kantor Camat Sawangan. Dari sini, kalian selanjutnya ambil kiri dan lurus sampai menemukan Gang Wadas.

spot-foto-taman-herbal-insani

Keluar dari Gang Wadas, kalian tinggal lurus saja di Jalan Duren Seribu yang akan mengantar kalian sampai di sebuah lapangan bernama Lapangan Pusaka. Di sekitar lapangan itulah nanti kalian akan menemukan papan penunjuk atau banner lokasi Taman Herbal Insani. Jarak lokasi Taman Herbal dari Lapangan Pusaka adalah sekitar 150 meter.

Kalau kalian masih bingung dengan rute menuju taman Herbal Insani di atas, maka alternatif panduan lainnya untuk sampai di lokasi adalah dengan menggunakan Google Maps. Kalau aplikasinya sudah terinstall di smartphone kalian, maka silahkan ketik saja alamat atau nama taman herbal ini di kolom pencarian rute Google Maps.

Peta lokasi taman herbal ini vai Google Maps bisa kalian lihat di sini: Taman Herbal Insani via Google Maps

Wahana dan Fasilitas Taman Herbal Insani

Sebagai tempat wisata yang mulai digemari banyak wisatawan, fasilitas dan wahana adalah dua faktor penting yang selalu menjadi perhatian pihak pengelola Taman Herbal Insani. Selain wahana utama berupa spot untuk melihat dan belajar berbagai macam tanaman herbal, di taman ini juga tersedia beberapa wahana bermain anak dan dewasa.

Tempat bermain pertama yang bisa dan sering menjadi lokasi yang kelihatannya cukup nyaman bagi anak-anak adalah di area playground anak. Selain tempatnya bersih, hamparannya juga ditumbuhi rumput-rumput hijau yang terawat dengan baik sehingga aman sebagai tempat bermain anak-anak.

Kemudian ada kolam renang yang selalu dipenuhi wisatawan baik tua, muda, hingga anak-anak. Kolam renang di sana terbagi menjadi dua kategori usia yaitu kolam renang anak dan kolam renang dewasa. di kolam renang anak, tersedia pancuran-pancuran kecil berupa shower yang menambah keseruan bermain anak-anak.

playground-anak-taman-herbal-insani

Lalu ada kolam ikan yang juga sering dikerubungi oleh para penyuka ikan. Di sini ada berbagai jenis ikan yang hidup sehat dan kelihatannya dirawat sangat baik oleh pengelola. Namun kalian tidak boleh sembarangan untuk menangkap ikan di kolam ini, harus ada izin dulu dari pihak pengelola taman herbal insani. Berbeda kalau kalian datang melalui jasa travel, maka akses untuk mancing ikan di kolam ini katanya sudah masuk dalam daftar aktivitas wisata selama tour.

Selanjutnya ada kandang burung dan kandang kelinci yang juga sepertinya cukup seru untuk dinikmati. Bagi kalian yang menyukai burung, di sini ada puluhan jenis burung dengan berbagai bentuk dan juga warna. Namun sama seperti di kolam ikan, di kandang burung juga kalian hanya diperbolehkan untuk melihat-lihat saja, tanpa menyentuh apalagi membawa pulang burung tersebut.

Sementara di kandang kelinci ada beberapa ekor kelinci imut dan lucu yang biasanya disukai oleh anak-anak. Kalian dan anak-anak bisa berinteraksi dengan kawanan kelinci sambil sesekali memberi makan kepada mereka.

kolam-renang-anak-taman-herbal-insani

Di kawasan taman herbal insani juga ada sebuah danau yang sering dijadikan lokasi bermain para wisatawan yang mengikuti paket tour. Mereka biasanya akan mengikuti lomba dayung rakit yang diadakan oleh penyedia paket tour.

Semua wahana di atas bebas kalian akses tanpa pungutan biaya apapun. Hanya saja jangan sampai melakukan hal-hal diluar batas aturan yang bisa menyebabkan kerusakan pada wahana-wahana yang ada.

Oh ya, selain wahana gratisan di atas, di taman herbal insani juga tersedia satu wahana premium yang nampaknya juga disukai banyak orang, wahana ini ialah wahana panahan.

Di wahana ini tersedia peralatan panahan lengkap dengan objek yang nanti akan kalian bidik denang busur panah. Biaya untuk mecoba olahraga panahan ini adalah sebesar Rp. 5000 lima kali tembakan panah, jadi kalau kalian menembak seratus kali, maka biayanya menjadi Rp. 100.000.

Kalau kalian ingin berhemat dan ingin mempelajari dengan serius olahraga panahan, pengelola wahana ini juga mengadakan program latihan khusus panahan. Cukup membayar biaya sebesar Rp. 150.000 perbulan, kalian akan dilatih oleh instruktur panahan professional.

Berlanjut ke wahana inti Taman Herbal Insani yakni spot tanaman herbal, kalian akan mendapati bermacam-macam koleksi tanaman herbal yang sudah diberi label dengan informasi jenis dan manfaatnya.

Selain itu, kalian juga bisa langsung belajar bagaimana cara menanam dan merawat tanaman-tanaman herbal sesuai dengan yang dilakukan di Taman Herbal Insani.

wahana-rakit-taman-herbal-insani

Kemudian kalian juga bisa belajar mengenai cara mengolah beberapa tanaman herbal untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Kalau kalian ingin mencoba langsung di rumah, kalian juga bisa membeli tanaman obat di taman ini.

Selain wahana, fasilitas di Taman Herbal Insani sekarang juga sudah semakin lengkap. Di sekitar area taman telah tersedia mushola, pusat informasi, toilet, dan juga lahan parkir. Ada juga spot untuk menikmati kuliner khas depok jika kalian kebetulan lapar saat berkunjung ke sini.

Jam Buka Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani dibuka untuk kunjungan wisatawan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Kalau mau berkunjung, disarankan agar datang lebih pagi agar kebagian tempat di saung ataupun pendopo taman. Karena kalau kesiangan, pendopo dan saung-saung di taman ini biasanya sudah dipenuhi oleh wisatawan yang datang lebih dulu.

Simak dan Baca juga wisata di Jawa Barat lainnya seperti Devoyage Bogor.

Taman Herbal Insani Depok merupakan tempat rekreasi yang sangat recomended bagi kalian yang menyukai suasana tempat wisata yang masih alami dengan udara sejuk dan menyegarkan. Selain itu, berlibur ke taman ini juga dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi kalian mengenai tanaman herbal.

Loading...

Gunung Tangkuban Parahu

Wahyoeni
4 min read

Tempat Wisata di Cikarang

Wahyoeni
3 min read

Desa Wisata Sari Bunihayu

Wahyoeni
3 min read

Taman Safari Bogor

Hansar
6 min read

Taman Matahari Bogor

Hansar
7 min read