Taman Limo

Sebagai kota industri dengan penduduk super padat membuat kota Bekasi terstigma sebagai kota yang penuh polusi, macet, dan bising, mirip stigma orang-orang terhadap kota Jakarta.

Namun tahukah kalian, di kota Bekasi yang dipenuhi bangunan pabrik ini ternyata ada juga tempat wisata yang cukup kren dan bisa dibilang lolos kriteria sebagai spot instagenic bagi kaula muda. Tempat ini bernama Taman Limo, kalian pasti pernah mendengar cerita tentang taman ini bukan?

Tempat wisata baru di Bekasi ini berada di tengah perkotaan, tepatnya di desa Jatiwangi, Cikarang Barat. Jika kalian adalah warga Bekasi atau dari luar kota namun sedang berada di Bekasi, maka tempat liburan ini bisa jadi alternatif tujuan melancong daripada harus jauh-jauh liburan ke luar kota.

taman-limo-jatiwangi

Di dalam Taman Limo akan kalian temukan banyak spot menarik dan kren untuk bersantai, berfoto, ataupun mengisi waktu dengan bermain. Dan jika perut terasa lapar, aneka menu kuliner khas Sunda dan Betawi siap disantap dan menjadi pengisi kekosongan perut. Sangat menarik pokoknya dan kalian harus datang ke sini.

Taman Limo

Berbeda dengan taman Herbal Insani Depok yang terkenal dengan konsep taman rekreasi plus taman herbalnya, Taman Limo mengusung konsep full taman bermain. Jika pun menganggap kuliner yang dijual di dalam merupakan point yang terlihat menonjol, maka tidak apa-apa juga kalau menyebut taman ini dikonsep sebagai taman rekreasi plus taman kuliner. Sah-sah saja bukan? Ini hanya sebatas sudut pandang masing-masing.

Kawasan wisata Taman Limo didominasi oleh tanaman hijau dan kolam-kolam kecil sebagai sarana bermain pengunjung. Selain itu, di banyak titik juga akan kalian temukan jembatan yang terbuat dari bambu yang sering dijadikan spot berfoto oleh pengunjung.

Hasil foto dengan background jembatan bambu ternyata lumayan unik apabila angel-nya diambil dari atas dengan posisi yang pas, kalian bisa mencobanya langsung agar tau persis bagaimana hasilnya.

wahana-selfie-taman-limo

Taman Limo ini awalnya dibangun atas inisiatif Kepala Desa Jatiwangi yang ingin memanfaatkan lahan kosong yang ada di desa nya. Di desa ini dulunya memang ada sebuah lahan kosong dengan ukuran yang cukup luas, bekas galian bahan dasar pembuatan genteng bangunan.

Setelah beberapa lama kawasan tak lagi digali dan bekas galiannya dibiarkan tergenang air hujan, galian-galian itu membentuk danau-danau buatan yang ternyata kelihatan cukup indah. Potensi ini kembudian terbaca oleh sang kepala desa yang akhirnya bermusyawarah dengan tokoh-tokoh di desa nya untuk membangun tempat wisata Taman limo.

Taman Limo memang dibangun hanya dari sumbangan atau swadaya masyarakat desa Jatiwangi dan sekitarnya, pengelola yang dalam hal ini pemerintah Desa Jatiwangi bersama warga desa, tidak sedikitpun dibantu oleh pemerintah dalam pembangunan Taman Limo.

Karena itu, semua hasil dari penjualan tiket, penyewaan wahana atau fasilitas yang ada di dalam area Taman Limo, semata-mata diberikan kepada warga yang ikut mengelola dan sebagiannya diarahkan menjadi dana pemasukan desa.

Pemerintah desa dan warga desa Jatiwangi tentunya layak di apresiasi dan dicontoh oleh desa lain yang mungkin memiliki potensi wisata. Karena dengan adanya ide-ide seperti ini, ekonomi dan tarap hidup masyarakat setidaknya bisa sedikit meningkat.

jembatan-bambu-taman-limo

Kembali ke dalam kawasan wisata Taman Limo, di sana selain sejuknya panorama alam dan beberapa kolam bermain serta jembatan-jembatan bambu, ada juga beberapa saung apung di tengah danau.

Saung apung ini dijadikan tempat untuk menjual aneka kuliner khas Sunda dan betawi seperti pecak ikan, sayur asem, sate kikil, asinan, es kelapa, jus buah, dan yang lainnya. Kalian bisa mencoba naik ke saung yang mengapung tersebut untuk menyantap makanan ataupun minuman sambil menikmati suasana sekitar dari tengah danau.

Setelah itu masih ada beberapa wahana bermain yang bisa kalian coba di Taman Limo, kalian bisa memilih wahan gratis atau berbayar. Untuk wahana gratisan, kalian bisa bermain prosotan, gangsing, dan ayunan.

Sedang untuk wahana berbayar, kalian bisa mencoba becak mini, odong-odong, komedi putar, sepeda air, mandi bola, dan bermain dengan ikan sambil memberi mereka pakan. Semua permainan ini pastinya sangat seru dan akan memberi kenangan liburan tersendiri bagi kalian.

Alamat Taman Limo

Taman Limo beralamat lengkap di Jalan Cikedokan, Cibarengkok, Jatiwangi, Cikarang Barat, Jawa Barat. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena terletak tidak jauh dari kantor desa Jatiwangi, dan juga dekat dari pusat industri MM2100 Cikarang.

spot-selfie-taman-limo

Sementara itu mengenai rute yang bisa kalian lalui untuk sampai ke lokasi ada dua pilihan. Kalian bisa memilih rute menuju taman limo dari kantor desa, atau juga memilih rute dari kawasan industri MM2100.

Jika dari kantor desa, kalian hanya perlu menyusuri jalan raya Setu – Serang dan selanjutnya bertanya saja kepada warga rute yang tepat, dipastikan mereka akan memberi petunjuk rute bahkan bisa saja mereka sendiri yang mengantar kalian sampai Taman Limo.

Rute dari kantor desa ataupun rute dari kawasan industri MM2100 sebenarnya cukup mudah, apalagi jika kalian punya smartphone yang sudah terinstall Google maps. Kalian tinggal manfaatin saja aplikasi itu untuk memandu kalian menuju Taman Limo.

Harga Tiket Masuk Taman Limo 2019

Kabar yang sangat menyenangkan tentunya taman rekreasi seindah dan sekece ini tidak memungut biaya pembelian tiket bagi para pengunjungnya. Ya, Taman Limo memang bisa dimasuki tanpa membayar tiket masuk. Taman ini gratis bagi siapa saja selama itu untuk tujuan rekreasi.

area-kuliner-taman-limo

Kalian hanya perlu membayar biaya parkir apabila kalian datang membawa kendaraan pribadi, biaya parkir di sini sebesar Rp. 3000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5000 untuk mobil. Selain itu di dalam kawasan taman juga ada beberapa wahana yang berbayar yang namanya telah kami tuliskan sebelumnya, jadi siapkan saja beberapa puluh ribu jika kalian berniat mencoba wahana berbayar tersebut.

Objek Wisat di Dekat Taman Limo

Banyak tersedia objek wisata lain di sekitar kawasan Taman Limo. Jika kalian masih punya banyak waktu liburan dan ingin melanjutkan petualangan setelah mengunjungi Taman Limo, maka kalian bisa menuju beberapa objek wisata di bawah ini:

Saung Ranggon

Saung Ranggon ini berada di kawasan Cikarang Selatan. Di sini kalian bisa menikmati kuliner khas Sunda dan Betawi sambil menikmati pemandangan alam dari atas saung.

Taman Sehati

Ada juga taman lain yang bisa kalian kunjungi setelah Taman Limo, taman ini ialah Taman Sehati yang berada di Cikarang Timur. Jaraknya dari Taman Limo kurang lebih 18 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 40 menit berkendara.

Puri Nirwana Waterpark

Objek wisata pemandian air yang juga bisa kalian datangi setelah ke Taman Limo. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh tak lebih dari 35 menit.

spot-jembatan-bambu-taman-limo

Penginapan di Dekat Taman Limo

Mau menginap? Tenang saja, di sekitar Taman Limo juga banyak tersedia penginapan berkelas dan bisa dipilih sesuai budget yang kalian miliki. Untuk kalian yang membawa bekal dana pas-pasan, maka bisa bermalam di Hotel Celecton Blue Cikarang. Hotel ini bisa ditinggali hanya dengan biaya sebesar Rp. 270.000 per malam.

Lalu bagi kalian yang punya dana menengah dan ingin fasilitas yang lebih bagus dan lengkap, bisa memilih menginap di Hotel Cifest Cikarang. Hotel ini bisa kalian sewa mulai dari Rp. 320.000 per malam.

Yang terakhir, khusus bagi kalian yang memiliki dana liburan dalam jumlah banyak, kalian bisa memilih Hotel Ayola Lippo Cikarang sebagai tempat menginap. Hotel ini tentunya memiliki fasilitas dan pelayanan yang istimewa. Harga sewa per malam untuk bermalam di hotel ini mulai dari Rp. 483.000.

wahana-kolam-ikan-taman-limo

Kota Bekasi yang selama ini dikenal sebagai kota super sibuk dan panas ternyata memiliki tempat wisata yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Taman Limo Jatiwangi ini sangat layak untuk kalian kunjungi saat berada di Bekasi. Udah tempat nya indah, wahana bermain nya banyak, tiket masuk nya pun gratis. Siapa yang tidak tertarik dan penasaran bukan? Ayuk segera siapkan liburan kalian ke Taman Limo.