Taman Matahari Bogor

taman-matahari-bogor

Taman Matahari Bogor adalah salah satu taman bermain atau taman rekreasi keluarga di Bogor, Jawa Barat. Mengusung konsep taman rekreasi dan edukasi, taman ini sangat direkomendasikan untuk kalian datangi apabila kalian menginginkan tempat wisata yang tidak hanya bisa dijadikan tempat bermain, tapi juga tempat belajar menimba ilmu pengetahuan.

Seperti apakah taman Matahari Bogor dan apa saja hal menarik yang bisa kalian lakukan saat berlibur di sana? Yuk, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

taman-matahari-bogor-puncak
via instagram/hallosil28

Taman Matahari Bogor

Taman Matahari Bogor berada di kawasan wisata puncak Bogor yang terkenal dengan keindahan panorama alam dan kesejukan udaranya. Hal ini menjadi daya tarik pertama yang bisa kalian rasakan langsung saat menjejakkan kaki pertama kali di kawasan wisata Taman Matahari Bogor.

Taman ini sekarang memiliki luas sekitar 40 hektar dari yang sebelumnya hanya 16, 5 hektar. Di dalamnya tersedia 4 jenis wahana utama yang masing-masing berisi berbagai macam wahana permainan dan edukasi untuk memuaskan para pengunjung.

4 jenis wahana wisata utama yang ada di Taman Matahari Bogor ialah wahana petualangan, wahana wisata air, wahana permainan, dan wahana edukasi.

Keempat wahana ini, di dalamnya kemudian diisi wahana permainan dan edukasi sesuai tema masing-masing.

Misalnya untuk wahana wisata air, di dalamnya ada wahana atau zona sepeda air, perahu naga, perahu kayak, mini boat, paddle boat, bumper boat, children rowing boat, dan refleksi terapi ikan.

Kemudian untuk wahana petualangan, kalian akan mendapati wahana motor ATV, flying fox, kereta safari, padamoto, wara-wiri, dan green car.

taman-matahari-bogor-tiket-masuk
via instagram/hallosil28

Selanjutnya di wahana bermain anak, jika kalian datang berasama ponakan, adik, atau bahkan anak kalian sendiri, ada beberapa permainan seru yang bisa mereka dan kalian mainkan bersama, diantaranya seperti citra play land, mini gokart, dinopark, dan trampolin park.

Yang terakhir di dalam wahana edukasi, wahana wisata yang akan kalian temukan antara lain berupa wahana argo sayur dan sawah, zona fun games, serta wahana peternakan hewan.

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Dari sekian banyak wahana bermain dan belajar yang ada di Taman Matahari Bogor, ada beberapa wahana yang menurut kami sangat menarik dan jangan sampai kalian lewatkan apabila berkunjung ke Taman Matahari Bogor.

Berikut wahana yang dimaksud dan aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan:

Matahari Waterpark

Di wahana waterpark ini kalian bisa mencoba berbagai macam atraksi seperti twin race slide, kid’s pool, tot’s pool, wave pool, dan spiral slide. Permainan atau atraksi ini tentunya sangat asik dan seru untuk dimainkan, apalagi untuk pengunjung anak-anak.

taman-matahari-bogor-paket-agro-sawah
via instagram/yesaya_laulaka1407

Karena itu apabila kalian datang ke Taman Matahari Bogor bersama anak-anak, maka jangan sampai lewatkan wahana permainan air matahari waterpark ini.

Waterball

Wahana bermain air berikutnya yang tidak hanya seru tapi juga unik adalah wahana waterball ini. termasuk unik karena meskipun wahananya berada di air, tapi kalian tidak akan terlalu basah terkena air saat memainkannya.

Wahana waterball ini berbentuk bola superbesar yang cukup untuk menampung 3 orang sekaligus. Cara memainkannya ialah kalian akan masuk ke dalam bola, kemudian menggelindingkan bola tersebut di atas air dengan cara berjalan di dalam bola.

Arung Jeram

Wahana ini khusus bagai kalian yang menyukai tantangan dan suka dengan permainan yang menguji adrenalin.

Arung jeram di Taman Matahari Bogor akan membawa kalian menyusuri jalur sungai Ciliwung sejauh 4 kilometer dengan medan yang cukup menegangkan dan tentunya dapat memacu adrenalin kalian.

Untuk dapat mengikuti atau bermain arung jeram di Taman Matahari Bogor kalian harus membayar biaya penyewaan peralatan sebesar Rp. 25.000.

lokasi-taman-matahari-bogor
via instagram/herlas_r06

Dengan biaya tersebut selain mendapatkan peralatan arung jeram lengkap, kalian juga akan mendapatkan pendampingan oleh para professional olahraga arung jeram untuk membimbing dan menjaga keselamatan kalian.

Flying Fox

Wahana ini juga termasuk jenis wahana uji adrenalin. Jika kalian ingin uji nyali seberapa kuat kalian di atas ketinggian tanpa muntah atau pusing, maka cobalah wahana flying fox ini.

Dino Park

Penasaran seperti apa bentuk rupa si hewan purba dinosaurus?

Untuk menemukan jawabannya kalian bisa memasuki zona dino park di Taman Matahari Bogor. Di sini telah disediakan berbagai macam bentuk dan rupa hewan-hewan purba zaman dahulu yang bisa kalian amati dan pelajari.

Rumah Hantu

Meski terdengar menyeramkan, namun wahana rumah hantu ternyata banyak juga penggemarnya.

Nah bagi kalian yang mungkin ingin mencoba bagaimana rasanya digodain sama kuntilanak atau hantu, maka masuklah ke wahana rumah hantu ini.

rute-taman-matahari-bogor
via instagram/zaawly11_

Ada banyak hal menegangkan dan menakutkan yang nantinya akan kalian temukan di dalam wahana rumah hantu, yang pastinya sangat seru dan akan memberi pengalaman tak terlupakan.

Meski begitu kalian harus hati-hati. Apalagi bagi kalian yang mengidap penyakit epilepsi, asma, ataupun jantungan, sebaiknya tidak usah memaksakan diri mencoba wahana ini untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Citra Playground

Di wahana ini ada berbagai macam objek permainan yang bisa kalian coba hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 10.000 per objek. Ada zona alibaba, gajah terbang, boat, kereta, hingga pol bus yang sangat menggoda dan seru untuk dimainkan.

Wall Climbing dan Motor ATV

Wahana uji nyali yang ada di Taman Matahari Bogor tidak hanya arung jeram ataupun flying fox. Namun, di taman ini juga ada wall climbing dan wahana motor ATV yang dapat dijadikan tempat pacu adrenalin yang mengasikkan.

Di wahana wall climbing kalian akan mencoba menaklukkan tantangan di atas ketinggian yang imbasnya akan membuat adrenalin kalian terasa diaduk-aduk.

Lalu dengan menaiki motor ATV, kalian akan mencoba menaklukkan track yang dibuat agak sulit dilalui untuk memberi tantangan bagi para pengujung.

via instagram/carisendirisi27

Track ATV ini biasanya akan dibuat menjadi agak basah dan berlumpur sehingga perlu kehati-hatian dan keberanian untuk bisa melewatinya.

Taman Satwa

Di sinilah tempatnya jika kalian ingin menimba ilmu mengenai jenis-jenis fauna. Area ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang beberapa jenis fauna yang mungkin belum pernah mereka lihat di rumah.

Taman satwa ini dibuat komplit dan persis seperti kebun binatang asli. Jadi pastinya akan sangat menarik dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu di dalam taman ini.

Agro Sawah

Tidak kalah menarik dari wahana taman satwa dan tentunya juga menyimpan banyak ilmu yang patut digali, ada wahana agro sawah Taman Matahari Bogor yang jangan sampai kalian lewatkan.

Di dalamnya kalian akan belajar bagaimana cara bertani yang benar, serta cara menanam beragam tanaman pertanian seperti sayur mayur dan tanaman lainnya.

fasilitas-taman-matahari-bogor
via instagram/herlas_r06

Lokasi Taman Matahari Bogor

Lokasi Taman Matahari Bogor berada di kawasan wisata puncak Bogor, Jawa Barat. Alamat lengkapnya yaitu di Jln. Raya Puncak, KM. 77, No. 132, Cilember, Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di kawasan Taman Matahari Bogor dari pusat Kota Bogor, diperlukan waktu sekitar 50 menit berkendara dengan jarak tempuh sekira 20,5 kilometer.

Lalu mengenai rute. Rute ke Taman Matahari Bogor yang bisa kalian lewati tentunya ada beberapa pilihan, menyesuaikan dengan dari mana arah kedatangan kalian.

Misalnya jika datang dari arah Bandung, maka bisa melalui gerbong tol Pasteur, kemudian dilanjutkan ke tol Purbaleunyi. Nah setelah sampai di Padalarang, maka kalian hanya tinggal melanjutkan perjalanan melewati daerah Cipatat untuk selanjutnya sampai di lokasi wisata Taman Matahari.

Selain dari arah Bandung, kalian juga bisa mengakses lokasi taman ini dari arah Jalan Mayjend Sutoyo. Rutenya ialah dari tol Jagorawi, kemudian berlanjut dan keluar nanti di tol Gadok Puncak. Nah setelah keluar tol Gadok Puncak, silahkan arahkan tujuan ke Jalan Raya Cisarua dan kalian akan menemukan lokasi Taman Matahari di ruas jalan ini.

taman-matahari-bogor-2019
via instagram/npw_waty

Apabila merasa kesulitan mengikuti rute di atas, kalian bisa memanfaatkan fitur atau aplikasi Google Maps Android atau IOS untuk mendapatkan peta lokasi dan rute lengkap ke Taman Matahari Bogor.

Harga tiket masuk Taman Matahari Bogor

Harga tiket masuk Taman Matahari Bogor bisa dibilang cukup murah. Apalagi dengan hanya membayar tiket masuk sekali saja, kalian sudah bisa menikmati semua wahana yang ada di dalam taman ini.

Berikut harga tiket masuk ke Taman Matahari Bogor tahun 2018 yang masih berlaku hingga 2019 ini.

  • Wisatawan Lokal/Domestik: Rp. 50.000/orang (Sening-Jum’at) – Rp. 60.000/orang (Sabtu-Minggu, dan Libur Nasional)
  • Wisatawan Mancanegara: Rp. 150.000/orang (Senin-Minggu)

Jam Buka Tutup/Operasional Taman Matahari Bogor (h2)

Taman rekreasi dan edukasi ini selalu dibuka setiap hari baik pada hari libur ataupun hari biasa. Jam operasional Taman Matahari Bogor dimulai dari pukul 08.00-16.00 di hari Senin-Jum’at, serta dari pukul 08.00-17.00 di hari Sabtu-Minggu, dan juga di hari libur nasional.

Fasilitas Taman Matahari Bogor

Selain fasilitas berupa wahana permainan seperti yang telah ditulis di atas, di Taman Matahari Bogor juga tersedia beberapa fasilitas umum yang wajib ada di setiap tempat wisata. Fasilitas umum ini antara lain area parkir, kamar mandi, tempat ibadah, gazebo, toilet, tong sampah, lapak penjual makanan, pusat oleh-oleh, hingga ATM.

Ada juga fasilitas untuk menggelar event atau acara misalnya acara pernikanan seperti aula atau gedung pertemuan, serta ada juga area yang cukup luas berupa lapangan.

harga-tiket-masuk-taman-matahari-bogor
via instagram/khesya_putri_19

Penginapan Taman Matahari Bogor

Tidak perlu khawatir jika kalian ingin menginap di tempat wisata Taman Matahari Bogor. Sebab, di sekitar kawasan wisata ini sudah berdiri beberapa villa atau hotel yang bisa kalian sewa dengan pilihan fasilitas dan harga yang beragam.

Beberapa penginapan di sekitar Taman Matahari ini yang bisa kalian pilih antara lain Villa Merah, Rumah Manado, dan Villa Bambu.

Sedangkan untuk keperluan acara atau event, kalian bisa menyewa penginapan berupa saung seperti saung Bambu Kuning, Agro 2, dan saung Jogjogan. Harga sewanya tidak mahal. Kalian bisa menginap di saung-saung ini hanya dengan bisaya sewa sekitar Rp. 350.000 hingga Rp. 750.000 saja.

Wisata Dekat Taman Matahari Bogor

Usai berlibur di Taman Matahari Bogor dan ingin melanjutkan liburan ke tempat wisata lainnya? Tenang saja, masih ada beberapa tempat wisata menarik di Bogor yang bisa kalian kunjungi, yang letaknya tidak jauh dari Taman Matahari ini.

Beberapa yang kami rekomendasikan yakni Air Terjun Cilember, De Ranch, Devoyage Bogor, Curug Panjang, Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Jungleland Adventure Theme Park, dan Curug Cilember. Tempat-tempat wisata ini terletak hanya beberapa kilometer saja dar Taman Matahari sehingga akan mudah untuk kalian jangkau.

peta-taman-matahari-bogor
via instagram/carisendirisi27

Tips Wisata Ke Taman Matahari Bogor

Berikut ini beberapa tips yang cukup berguna agar liburan kalian ke Taman Matahari Bogor lebih nayaman, seru, dan menyenangkan.

  • Pastikan untuk melakukan cek kesehatan sebelum liburan. Jika kondisi badan memang sedang tidak fit, maka jangan paksakan untuk berlibur.
  • Lakukan semua persiapan baik menyiapkan pakaian dan peralatan lain yang sekiranya akan kalian butuhkan di tempat wisata, sehari atau paling lambat pada malam hari keberangkatan. Tujuannya agar kalian tidak tergesa-gesa menyiapkannya saat hari keberangkatan besok.
  • Usahakan untuk berangkat lebih pagi agar kalian tidak lama antre di tempat pembelian tiket. Apalagi jika datang saat weekend atau hari libur lainnya, telat sedikit saja akan membuat waktu kalian terbuang sangat lama di loket tiket karena menunggu pengunjung lainnya.
  • Selain pakaian, jangan lupa juga untuk membawa peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, serta handuk.
  • Jika ingin sedikit berhemat, maka sebaiknya bawalah bekal dari rumah. Kalian bisa membawah 2 atau 3 bungkus nasi, dan juga beberapa snack. Harga nasi bungkus dan snack di luar tempat wisata tentu jauh lebih murah bukan?
  • Jangan sampai mengabaikan perhatian terhadap anak-anak apabila kalian datang ke tempat wisata Taman Matahari ini bersama anak-anak. Jagalah dan selalu awasi setiap pergerakan mereka untuk memastikan mereka tetap dalam kondisi aman dan nyaman.
  • Harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah. Kita juga tidak tau sampai kapan pengelola Taman Matahari terus menyatukan biaya tiket wahana dengan tiket masuk utama ke tempat wisata ini. Bisa saja nanti ada biaya tiket yang harus dibayar untuk paket agro sawah dan wahana lainnya. Nah untuk mengansisipasi, maka bawalah budget liburan atau dana yang lebih dari anggaran awal sebagai cadangan.
taman-matahari-bogor-cisarua
via instagram/hendriiksyw

Baca juga tempat wisata menarik lainnya di Bogor seperti Telaga Warna

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Taman Matahari Bogor Puncak. Ternyata, tempat wisata ini memang tidak hanya menyediakan wahana untuk bermain saja, tapi juga wahana untuk menambah ilmu pengentahuan yang sangat berguna dan penting untuk kita pelajari. Jadi, tidak ada kata rugi telah menghabiskan waktu libur kalian di Taman Matahari Bogor.

Situ Patenggang

Edy
5 min read

Curug Ciherang

Edy
5 min read

Chinatown Bandung

Edy
5 min read