Taman Nasional Bali Barat

Berbicara keindahan alam di negeri kita memang tidak akan ada habisnya. Bahkan di setiap daerah memiliki tempat wisata alamnya masing-masing yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Mulai dari lautan Indonesia yang menyimpan cantiknya terumbu karang dan berbagai spesies ikan hingga daratannya yang terdapat deretan pantai hingga hutan dan taman nan indah.

Namun, kali ini kita akan coba membahas tentang salah satu taman yang terletak di Bali, yaitu Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Taman Nasional yang satu ini dikenal masyarakat sebagai lokasi pelestarian alam paling lengkap dan luas di Pulau Bali.

Wisata Taman Nasional Bali Barat

Terdapat beberapa tempat wisata alam yang berbeda di dalam taman nasional ini. Misalnya saja, kamu dapat bermain ombak di pantai dan juga snorkeling.

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam bawah laut ini dengan menggunakan kamera underwater yang dapat kamu gunakan saat menyelam.

Selain pantai yang cantik, kamu juga dapat melihat satwa di alam liar, mengunjungi pura yang bersejarah, dan masih banyak lagi.

Tentunya TNBB ini merupakan tempat rekreasi yang cocok dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Berikut kami hadirkan informasi seputar Taman Nasional Bali Barat.

Lokasi Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat ini terletak di bagian paling barat Pulau Bali, lebih tepatnya lokasi taman ini mencakup seluruh wilayah Semenanjung Prapat Agung.

Oleh karena taman ini sangat luas, sebagian besar area berada di Kota Gilimanuk dan beberapa kota yang berdekatan.

Luas total Taman Nasional Bali Barat ini bahkan sekitar 19.000 hektar yang termasuk sekitar 15.000 daratan dan 3.000 hektar perairan.

Habitat yang terdapat di taman ini juga sangat bervariasi, seperti hutan hujan, hutan dataran rendah dan tinggi, serta bentangan pantai yang luas.

Taman ini dapat kamu akses dari ibu kota Bali, yaitu Denpasar dengan jalur darat sepanjang 130km yang memakan waktu kurang lebih 3-4 jam.

Akan tetapi, jika berangkat dari Pulau Jawa tepatnya dari Banyuwangi, maka kamu hanya perlu menyeberang menggunakan kapal cepat selama 30 menit dan dilanjutkan dengan perjalanan darat yang tidak jauh.

Tempat Wisata di Taman Nasional Bali Barat

Simak beberapa tempat wisata yang terdapat di Taman Nasional Bali Barat berikut ini:

1. Pantai Karang Sewu

Pantai-pantai yang menarik tidak hanya terletak di bagian selatan Bali saja, seperti pantai Kuta dan Pandawa. Akan tetapi, di bagian barat juga terdapat pantai yang menawarkan pesona alam yang memukau, yaitu Pantai Karang Sewu.

Pantai ini dikenal dengan pemandangan ketika matahari terbit yang menakjubkan. Tentunya kamu harus datang di waktu pagi untuk menyaksikan pemandangan ini.

Pantai ini juga berbeda dari pantai pada umumnya, di sini kamu tidak akan menjumpai hamparan pasir pantai melainkan padang rumput yang luas.

Tidak hanya padang rumput yang luas, di pantai ini juga terdapat banyak pepohonan yang semakin membuat lingkungan sekitar menjadi rindang dan sejuk.

Untuk itu, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini, seperti piknik, acara keluarga, hingga bermain bersama anak-anak.

2. Pulau Menjangan

Objek wisata Pulau Menjangan ini merupakan sebuah pulau yang memiliki keindahan alam bawah laut yang memanjakan mata.

Oleh karena itu, surga tersembunyi ini juga menjadi destinasi favorit bagi pecinta snorkeling. Selain itu, daya tarik lainnya adalah pantainya yang memiliki pasir putih kekuningan dan juga air lautnya yang biru.

Untuk mencapai Pulau Menjangan ini, kamu harus menyeberang terlebih dahulu dari tempat penyeberangan TNBB selama kurang lebih 35 menit menggunakan kapal motor. Selama di perjalanan pun mata kamu juga akan dimanjakan dengan luasnya lautan di sekitar Pulau Bali.

3. Sumber Air Panas

Kawasan Taman Nasional Bali Barat ini memang menyimpan banyak sekali objek wisata alam. Selain hutan dan pantai, sumber air panas di TNBB ini juga bisa kamu jadikan salah satu destinasi untuk berwisata.

Sumber air panas sangat cocok dikunjungi setelah kamu mengelilingi kawasan taman nasional ini. Hal ini dikarenakan air panasnya yang dapat membuat badan kamu menjadi relaks dan menenangkan pikiran.

4. Teluk Brumbun

Teluk Brumbun yang terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat ini semakin menambah pesona Pulau Dewata. Kamu akan dengan mudah menemukan burung Jalak Bali yang statusnya mulai langka.

Burung Jalak Bali memang terancam punah akibat sering diburu karena harga jualnya yang mahal. Untuk itu, salah satu cara untuk mempertahankan spesies burung yang satu ini adalah dibuatnya penangkaran di Teluk Brumbun, TNBB.

Menarik bukan berwisata ke Taman Nasional Bali Barat ini? Tidak hanya 4 titik wisata alam di atas yang terdapat di TNBB, kamu juga dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai tempat wisata satu ini. Selamat berlibur!