Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

5 Ulasan

Mengisi waktu libur ke alam bebas yang berisi aneka macam flora dan fauna adalah ide yang perlu dipertimbangkan.

Alasannya karena liburan ke obyek wisata alam sangat ampuh untuk menghilangkan stres akibat tekanan hidup dan menumpuknya beban kerja.

Nah, kalau Anda sedang berada di Banyuwangi atau Situbondo, obyek wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Baluran yang terkenal akan kekayaan flora dan fauna nya.

taman-nasional-baluran-banyuwangi

Di sana, Anda bisa berbaur dengan alam sekaligus berinteraksi dengan berbagai macam hewan serta tetumbuhan. Seperti apa Taman Nasional Baluran ini ? yuk, cari tau informasi lengkapnya pada artikel berikut ini.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau dikenal juga dengan Taman Nasional Situbondo atau banyak juga yang menyebutnya sebagai Taman Nasional Banyuwangi adalah sebuah kawasan hutan lindung.

Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman dan pepohonan serta hewan-hewan yang dilindungi.

Taman ini memiliki luas kawasan sekitar 25.000 hektar yang terbagi menjadi beberapa area dengan ciri khas berbeda-beda.

Di taman nasional ini Anda bisa melihat kehidupan berbagai macam satwa seperti banteng, rusa, kerbau, ayam hutan hingga kera berekor panjang.

Di Taman Nasional Baluran juga terdapat sebuah kawasan savana seluas 10.000 hektar dengan pemandangan yang sangat eksotis sehingga mendapat julukan little africa in java.

taman-nasional-baluran-situbondo

Taman Nasional Baluran selain cocok sebagai tempat wisata juga akan memberikan Anda pengetahuan mengenai aneka macam flora dan fauna.

Bahkan selama di perjalanan dari pintu masuk menuju kawasan savana bekol, Anda kadang akan berjumpa dengan berbagai macam hewan.

hewan-hewan ini bebas berkeliaran sehingga sering mengagetkan pengunjung karena tiba-tiba melintas di tengah jalan.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Untuk benar-benar dapat menikmati sajian keindahan Taman Nasional Baluran, Anda harus berkeliling atau paling tidak harus berkunjung ke beberapa area yang terkenal memiliki daya tarik wisata.

Beberapa area yang dimaksud antara lain :

1. Goa Jepang

taman-nasional-baluran-goa-jepang

Area pertama yang bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Baluran adalah area goa Jepang.

Goa ini terletak di sekitar pintu masuk Taman Nasional Baluran sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai tujuan pertama sebelum masuk menjelajahi taman nasional.

Goa jepang ini dulunya dijadikan sebagai tempat menyimpan amunisi dan tempat bertahan para penjajah Jepang sewaktu menjajah Indonesia. Luasnya sekitar 12 meter dan sampai saat ini masih dirawat dengan cukup baik oleh pengelola Taman Nasional Baluran.

2. Hutan Musim dan Hutan Abadi

Kedua hutan ini akan Anda lewati sebelum sampai ke taman savana bekol. Meskipun tidak seindah suasana yang bisa Anda temui di taman savana bekol, namun para wisatawan kerap mampir sejenak di kedua hutan ini untuk mengambil beberapa foto.

taman-nasional-baluran-melindungi-hewan

Keunikan hutan musim adalah hutan ini akan menampilkan suasana sesuai musim saat ini. Misalnya Anda datang pada saat musim kemarau, maka Anda akan mendapati suasana hutan yang kering kerontang dengan pohon-pohonnya yang kering tanpa sehelai daun pun.

Namun jika Anda datang pada musim hujan, maka suasana akan sangat hijau karena pepohonannya mulai berdaun dan berbunga.

Kemudian di hutan abadi, Anda akan mendapati suasana teduh dan sejuk layaknya seperti hutan-hutan lain.

Hutan abadi ini tidak terpengaruh musim sehingga kapan pun Anda datang suasananya akan tetap teduh dan sejuk dengan berbagai macam flora dan fauna yang menghiasainya.

Mampirlah beberapa saat di kedua hutan ini dan siapkan kamera Anda.

3. Savana Bekol

taman-nasional-baluran-savana-bekol

Setelah menyusuri perjalanan sekitar 8 kilometer melewati hutan musim dan hutan abadi, Anda akan sampai di wahana utama Taman Nasional Baluran yaitu taman savana bekol.

Taman savana ini sangat indah dengan hamparan rerumputan hijau serta view pegunungan sebagai background-nya.

Selain dapat berfoto sepuasnya di sekitaran taman savana, di sini Anda juga akan mendapati atau bertemu dengan berbagai macam satwa liar seperti kawanan banteng, burung merak, rusa, kera, ayam hutan dan masih banyak yang lainnya.

4. Pantai Bama

taman-nasional-baluran-pantai-bama

Berlibur ke Taman Nasional Baluran tidak hanya bisa mengunjungi padang savana bekol nya yang indah.

Tapi, di ujung kawasan taman nasional ini ada sebuah pantai yang cukup indah dan nyaman sebagai peraduan untuk melepaskan segala penat setelah bekerja berhari-hari.

Pantai ini bernama Pantai Bama. Kawasannya bersih, rindang dan dihiasi pasir putih serta karang yang berpadu menampilkan panorama alam pantai yang sulit digambarkan.

Selain bersantai ataupun berenang, di Pantai Bama ini Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati aneka biota laut yang mendiami area pesisir Pantai Bama.

Baca juga: Bali Bird Park

5. Pantai Kajang

taman-nasional-baluran-pantai-kajang

Salah satu daya tarik Taman Nasional Baluran Banyuwangi adalah keberadaan Pantai Kajang. Pantai ini terkenal dengan kekayaan alam laut berupa ikan-ikan segar yang bisa diburu dengan sangat mudah.

Untuk memancing di Pantai Kajang, pengunjung harus melapor dulu pada petugas jaga taman nasional agar bisa ditemani ke Pantai Kajang.

Alamat Taman Nasional Baluran

Alamat Taman Nasional Baluran Banyuwangi terletak di Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo dan Banyuwangi, Jawa timur.

Areanya masuk ke dalam dua kabupaten sekaligus yaitu kabupaten Banyuwangi dan Situbondo sehingga sering di sebut sebagai Taman Nasional Banyuwangi dan Taman Nasional Situbondo.

Jam Buka Taman Nasional Baluran

jam-buka-taman-nasional-baluran

Jam buka Taman Nasional Baluran pada hari kerja dan hari libur dimulai dari pukul 07.30 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB.

Namun demi kemanan Anda, usahakan pulang dari kawasan taman nasional tidak lebih dari jam 4 sore karena selain dikhawatirkan terjebak gelap, kondisi jalan di taman nasional ini juga kurang bagus.

HariJam Operasional
Senin – Minggu07.30 – 16.00 WIB

Kemudian bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Pantai Bama atau Pantai Kajang, disarankan pula untuk menyudahi segala aktiftias dan segera pulang pada pukul 3 sore untuk mengantisipasi hal-hal seperti di atas.

Baca juga: Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

taman-nasional-baluran-little-africa-in-java

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran sangat terjangkau untuk wisatawan lokal.

Hari KunjunganHarga Tiket
Senin – Jum’atRp15.000 (wisatawan lokal) – Rp150.000 (wisatawan asing)
Sabtu – MingguRp17.000 (wisatawan lokal) – Rp225.000 (wisatawan asing)

Wisatawan lokal hanya perlu membayar biaya masuk Taman Nasional Baluran sebesar Rp15.000 saja pada hari kerja dan Rp17.000 di hari libur.

Nah untuk wisatawan asing, tiket masuk kawasan taman nasional ini cukup mahal yaitu dibandrol dengan harga sebesar Rp150.000 pada hari kerja dan Rp225.000 di hari libur.

Baca juga : Alas Purwo Banyuwangi

Fasilitas Taman Nasional Baluran

Fasilitas umum yang tersedia di Taman Nasional Baluran bisa dikatakan sudah cukup memadai.

Di spot-spot wisata misalnya savana bekol, sudah terdapat fasilitas mushola, penginapan hingga warung makan.

Yang menjadi kekuarangan tempat ini hanyalah ketiadaan lampu penerangan dan kondisi jalan di dalam kawasan taman yang sepertinya masih kurang mendapat perhatian.

Selain fasilitas di atas, di Taman Nasional Baluran juga ada fasilitas perkemahan. Namun Anda tidak diizinkan untuk bermalam di perkemahan karena kawasannya yang dihuni berbagai hewan liar yang kadang dapat membahayakan.

Nah kalau Anda mau menginap, di kawasan taman nasional sudah tersedia beberapa penginapan dengan harga sewa berkisar antara 100 ribu hingga 300 ribu saja per malamnya.

hewan-khas-taman-nasional-baluran

Baca juga : Tempat Wisata di Banyuwangi

Taman Nasional Baluran Banyuwangi bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda saat berada di Situbondo atau di Banyuwangi. Apalagi bagi Anda yang hobi berpetualang di alam bebas, maka jangan sampai lewatkan untuk datang dan mengeksplore keindahan flora dan fauna Taman Nasional Baluran.

5 Ulasan untuk Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

  1. Salah satu taman nasional paling terkenal di Jawa Timur. Yang punya julukan “Africa In Java” karena pemandangan savana & pepohonan yg luas dibarengi dengan megahnya gunung Baluran layak nya gunung Kilimanjaro di Tanzania…🏜️nTerutama jika anda berkunjung ke sini pada musim kemarau, suasana tambah terasa seperti Afrika yaitu pepohonan & savana yg mulai menguning & suhu udara yg lumayan panas…☀️🔥nTempat ini memiliki satwa liar ataupun langka seperti banteng, rusa, monyet, burung dll.

  2. Taman Nasional Baluran terletak diantara 2 kabupaten yakni Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwnagi. Dari pusat kota Banyuwnagi di tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Akses ke lokasi juga sangat memadai. Di tempat ini kita sangat di manjakan dengan pesona hutan tropis di sepanjang perjalanan menuju padang savana bekol dan pantai bama. Tiket masuk juga sangat terjangkau bagi semua kalangan. Jarak dari pintu masuk Taman Baluran ke padang savan bekol sekitar 15 KM dan 20 KM ke pantai bamannSesampainya di padang savanna bekol kita seperti berada di afrika dengan padang savanna yang begitu luas dan di percantik dengan view gunung-gung yang berjajar rapi. Taman Nasional Baluran juga di juluki sebagai “Little Africa in Java”. Taman Nasional Baluran juga termasuk objek wisata unggulan dengan luas kawasana kuarang lebih 25.000 hektar bukan hanya menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata namun juga sebagai kawasan yang menanmpung berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alamnnBanyak spot foto yang Instagramable di Taman Nasional Baluran ini, seperti savan bekol, pantai bama, dan kawasan mangrove. Namun bagi wisatawan tetap harus berhati-hati sebab kawan ini termasuk alam bebas. Sehingga bisa bertemu kawanan hewan-hewan liar sperti banteng, ular, maupun monyet-monyet yang sedikit nakal. Fasilitas di kawasan ini juga sangat memadai sebab sudah terdapat mushola, kantin, toilet dll

  3. A must visit place in Banyuwangi! nBerstatus sebagai Taman Nasional, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi seperti tidak boleh masuk ke area savana, dilarang memberi makan, dan menjaga kebersihan.nSaya berkunjung bersama istri dan anak umur 3 th, really enjoyed it!nTiketnya sangat terjangkau, kalau tidak salah sekitar 10-15 ribu rupiah per orang, ditambah ada biaya per mobil sekitar 10 ribu rupiah (maaf saya tidak ingat pastinya). Waktu itu kami bertiga membawa 1 mobil dikenai biaya total 45 ribunJam berkunjung paling baik adalah pagi hari, dimana cuaca belum terlalu panas.nDalam taman nasional ini, ada beberapa spot yang bisa berhenti untuk foto, jika beruntung bisa melihat kerbau dan rusa. nMonyet bertebaran di lokasi ini, hati hati dengan barang bawaannRute savananya hanya 1 jalur bolak balik, sejauh kurang lebih 15 km, dengan ujung destinasi berupa pantai kecil.nBanyak penjual makanan dan minuman, jadi tidak perlu khawatir lapar dan haus.nToilet umum tersedia di beberapa titik lokasi.nTerdapat jalur trekking bagi pengunjung yang mau berjalan kaki, tapi ingat rutenya sangat jauh ya.nOverall sangat memuaskan dan menghibur, suasana berbeda dari keseharian

  4. Saya suka pemandangan dan satwanya yang berkeliaran. Mulai dari jalan raya Situbondo-Banyuwangi yang membelah alas Baluran, area evergreen dan jalan ke Bama, kawanan monyet selalu terlihat ke kita. Selain itu saya sempat melihat sekawanan rusa dan mungkin seekor kerbau liar di area savana. Beberapa hewan sejenis ayam liar berkeliaran juga di area evergreen.nnDi Bekol jangan sampai terlewat selfie di tempat yang disediakan baik latar belakang gunung Baluran maupun kumpulan tulang kepala kerbau. Disana ada penginapan, warung dan dua menara pandang. Jika bensin habis disana pun tersedia. Petugas disana ramah dan oke.

  5. Ini adalah taman nasional yang paling mudah untuk diakses. Pintu masuknya berada persis di jalan raya utama Surabaya-Denpasar, tepatnya di kawasan hutan perbatasan Situbondo dan Banyuwangi. Dari sini tinggal menempuh jalan datar sejauh 12 km untuk masuk ke dalam kawasan taman nasional. Jika tidak membawa kendaraan sendiri bisa naik ojek atau sewa motor di desa terdekat atau di pintu masuk taman nasional. Ada dua destinasi utama yang bisa dikunjungi yakni sabana Bekol dan pantai Bama. nnSabana Bekol adalah padang rumput tempat kehidupan liar berada. Di sini bisa melihat hewan-hewan liar berlarian. Kalau lagi beruntung bisa melihat sekawanan Ajag (sejenis anjing hutan) berburu rusa atau kerbau hutan. Ada juga merak yang banyak berkeliaran dengan bebasnya. Sabana Bekol membuat taman nasional Baluran dijuluki sebagai ‘The little Africa in Java’.nnDi ujung jalan yang membelah taman nasional Baluran adalah pantai Bama. Pantai kecil dengan ombak yang tenang. Di sini bisa snorkeling dan menyusuri hutan mangrove. Hati-hati membawa barang karena banyak monyet berkeliaran. nnTaman nasional Baluran bisa dijelajah hanya dalam satu hari namun jika ingin menyaksikan kehidupan malam di sabana Bekol yang lebih liar. Bisa juga menginap di dalam kawasan taman nasional. Di pantai Bama dan sekitar sabana Bekol ada penginapan yang bisa disewa dengan fasilitas seadanya. Kalau malam listriknya pun dimatikan.

Leave a Reply