Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor adalah salah satu kawasan konservasi hewan yang ada di Indonesia. Namun, kawasan konservasi ini berbeda dari kawasan sejenis lainnya sehingga kerap dijadikan destinasi wisata oleh para pelancong.

Taman Safari Bogor selain menjadi tempat tinggal beragam jenis hewan, juga telah dilengkapi dengan wahana permainan dan pertunjukan yang membuatnya memiliki ciri khas dan nilai lebih di mata para wisatawan.

Maka tak mengherankan bila saat ini Taman SAFARI Bogor menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bogor yang setiap harinya selalu dipadati pelancong baik yang berasal dari dalam negeri dan juga mancanegara.

taman-safari-bogor-indonesia
via instagram/its__dear

Nah bagi kalian yang sedang merencanakan liburan ke Taman Safari Bogor, yuk, baca dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor mengusung konsep tempat wisata bertemakan taman bermain, wisata alam, dan wisata keluarga.

Berdiri di atas lahan seluas 168 hektar, taman ini tercatat telah dihuni oleh sekitar 2.500 lebih satwa pada tahun 2017 kemarin.

Berbeda dengan lazimnya kebun binatang yang memisahkan antara satu jenis satwa dengan jenis lainnya dalam sebuah kandang, di taman ini semua satwa dibiarkan hidup bebas di alam terbuka.

Sehingga wisatawan yang datang pun dapat dengan mudahnya melakukan interaksi langsung dengan hewan-hewan yang ada tanpa terhalang pagar kandang.

Sarana berkeliling kawasan taman untuk melihat dan berinteraksi dengan hewan pun sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Jadi para wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, tetap bisa berkeliling kawasan taman dengan kendaraan khusus.

taman-safari-bogor-2019
via instagram/taman_safari

Selain dapat melihat berbagai macam jenis dan rupa hewan, para wisatawan juga dapat melakukan aktivtias wisata menarik lain di area wahan bermain yang tersedia.

Di sini, tak kurang dari 20 wahana bermain dan 9 wahana pertunjukan telah tersedia untuk memuaskan para pelancong.

Singkatnya ketika kalian sudah bosan menjelajah kawasan yang menjadi habitat para satwa, kalian bisa mengalihkan kegiatan dengan meng-eksplore wahan permainan yang ada. Di bawah akan kami ulas beberapa wahana menarik beserta aktivitas yang nantinya bisa kalian lakukan.

Lokasi Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor yang juga dikenal dengan nama Taman Safari Indonesia 1 ini beralamat di Jln. Raya Puncak No. 61, Cibeureum, Cisarua, Bogor.

Di namakan Taman Safari Indonesia 1 karena taman sejenis juga bisa kalian temukan di daerah Prigen, Jawa Timur dengan nama Taman Safari Indonesia 2. Selain itu, ada juga Taman Safari Indonesia 3 yang berlokasi di Bali, taman safari ini dinamai dengan nama Bali Safari & Marine Park (BSMP).

FYI. Ketiga taman safari ini dikelola oleh satu manajeman tunggal yaitu Taman Safari Indonesia Group.

alamat-taman-safari-bogor
via instagram/duapanda.tamansafari

Rute Ke Taman Safari Bogor

Rute ke Taman Safari Bogor sebenarnya sangat mudah untuk dilalui. Hanya saja karena taman ini berlokasi di kawasan puncak yang terkenal selalu ramai saat musim liburan, maka kalian harus pandai-pandai memilih waktu dan moda transportasi agar tidak terkurung di tengah jalan.

Salah satu rute yang bisa kalian lalui untuk sampai di lokasi Taman Safari Bogor adalah melalui rute yang mengarah dari Jakarta. Jika kalian datang dari Jakarta, maka kalian bisa mengaksesnya melalui tol Jogorawi dan dilajutkan ke arah Cisarua setelah keluar dari gerbang tol Ciawi.

Moda transportasi yang bisa kalian gunakan untuk rute ini bisa kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Setelah sampai di Cisarua yang berada di kawasan puncak, lokasi Taman Safari Bogor akan dengan mudah kalian temukan hanya dengan berpedoman pada papan penunjuk jalan yang tersedia.

Lebih praktisnya kalian bisa memanfaatkan aplikasi peta online seperti Google Maps untuk menemukan lokasi dan rute tercepat ke lokasi taman safari ini.

harga-tiket-taman-safari-bogor-2019
via instagram/swapna_ahaana_aadarsh

Baca juga tempat menarik lainnya di Bogor seperti Taman Matahari Bogor

Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor

Ada dua jenis tiket masuk yang bisa kalian pilih dan beli untuk bisa memasuki kawasan Taman Safari Bogor. kedua jenis tiket ini ialah tiket taman safari day dan tiket taman safari night.

Berikut ini rincian harganya:

Tiket Taman Safari Day

  • Pengunjung dewasa: Rp. 195.000 (weekdays) – Rp. 230.000 (weekend)
  • Balita dan anak-anak: Rp. 170.000 (weekdays) – Rp. 210.000 (weekend)
  • Turis dewasa: Rp. 400.000 (all day)
  • Turs balita dan anak-anak: Rp. 350.000 (all day)

Tiket Taman Safari Night

Harga tiket masuk Taman Safari Bogor berjenis safari night ini sama dengan harga tiket safari day baik untuk pengunjung dewasa ataupun anak-anak. Hanya saja, safari night adalah paket istimewa yang menyuguhkan pengalaman menjelajah kawasan Taman Safari Bogor pada waktu malam hari.

Selain menyediakan dua jenis tiket masuk di atas, pengelola taman safari ini juga sering mengadakan promo harga tiket masuk yang khusus diperuntukkan bagi para pemilik kartu kredit. Jadi apabila kalian memiliki kartu kredit dan ingin mendapatkan harga promo, sebaiknya cek terlebih dahulu informasi promo tiket masuk Taman Safari Bogor melalui situs resmi mereka ataupun via akun sosial media mereka.

tiket-taman-safari-bogor-2019
via instagram/_what_eye_seen_

Jam Buka Taman Safari Bogor

Jam operasinal Taman Safari Bogor untuk pengunjung yang datang siang hari dimulai dari pukul 09.00-17.00 WIB.

Lalu untuk pengunjung yang datang malam hari, taman safari ini mulai dibuka pukul 19.00-21.00 WIB.

Fasilitas Taman Safari Bogor

Fasilitas yang tersedia di Taman Safari Bogor tentunya sudah cukup memadai. Di sini sudah ada area parkir yang cukup luas, tempat duduk, toilet, pusat informasi, mushola, hingga tempat makan bagi kalian yang tiba-tiba keroncongan.

Tersedia juga jalur untuk menjelajah ke semua area taman yang tertata dan terawat dengan baik.

Penginapan di Sekitar Taman Safari Bogor

Untuk pengunjung yang ingin menginap, pengelola Taman Safari Bogor juga telah menyediakan beberapa jenis penginapan yang bisa dipilih sesuai selera dan kondisi keuangan.

Beberapa penginapan yang tersedia di sini antara lain Safari Lodge, Taman Safari Caravan, Bungalow, Villa Hijau, dan Rumah Pohon Taman Safari.

hotel-taman-safari-bogor
via instagram/aryoswastika

Wahana Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Untuk mengisi waktu liburan kalian di Taman Safari Bogor, ada beberapa wahana menarik dan juga aktivitas seru yang bisa kalian lakukan. Berikut ini diantaranya:

Melihat dan Berinteraksi Langsung Dengan Beragam Satwa

Ini adalah aktivitas utama dan yang paling seru serta menegangkan yang bisa kalian lakukan. Di Taman Safar Bogor kalian bisa menjelajah ke setiap area yang dihuni beragam jenis satwa seperti Harimau, Beruang, Singa, dan binatang lainnya.

Tidak perlu khawatir ketika berjumpa dengan binatang buas seperti Harimau di taman safari ini. Kuncinya jika kalian tidak melakukan hal-hal atau tindakan yang dilarang pengelola, maka kalian akan tetap aman.

Selain itu masih banyak binatang lain yang lebih aman dan bersahabat untuk diajak berinteraksi. Misalnya kalian bisa memberi makan sambil berfoto bersama para gajah yang ada di sini.

Baby Zoo

Anak harimau atau anak singa mungkin lebih masuk akal dan masih aman untuk diajak berinteraksi. Kalau kalian menyukainya, maka kalian bisa menemukan anak-anak binatang buas tersebut di area Baby Zoo ini.

taman-safari-bogor-promo
via instagram/hanamy_chan

Di sini selain ada anak singa, anak harimau, dan anak macan, ada juga beberapa kanguru, harimau putih, lemur, dan beberapa spesies burung langka.

Kalian bisa berinteraksi ataupun melakukan sesi foto bersama anak-anak binatang tersebut dengan membayar biaya sebesar Rp. 20.000.

Bermain di Wahana Permainan

Di sini kalian bisa mengisi waktu dengan bermain Mini Kora-kora, Spinning Boart, hingga Jet Coaster. Untuk masuk dan bermain di area ini, kalian harus membayar tiket wahana sebesar Rp. 10.000.

Istana Panda

Wahana ini adalah yang terbaru di Taman Safari Bogor. Di dalam ada dua ekor panda yang didatangkan dari tiongkok yang menjadi pemeran utamanya.

Wahana ini diresmikan dan mulai dibuka pada bulan November 2017 kemarin.

taman-safari-bogor-panda
via instagram/duapanda.tamansafari

Safari Water Park

Ingin merasakan pengalaman berenang langsung bersama buaya? Kalau iya, kalian bisa mengunjugi spot safari water park ini.

Di sini tersedia sebuah kolam besar lengkap dengan segala pernak perniknya, dan juga sebuah kolam yang berisi buaya.

Tapi tenang, kolam buaya dan kolam renang yang diperuntukkan bagi pengunjung sudah dipisahkan dengan sekat tipis transparan yang akan melindungi kalian dari serangan buaya.

Meski begitu, karena sekatnya transparan, sensasi berenang dengan buaya tetap bisa kalian rasakan.

Selain wahana-wahana di atas, masih ada beberapa wahana permainan lain yang bisa kalian coba. Di sini masih ada aneka pertunjukan yang bisa kalian saksikan seperti atraksi lumba-lumba, sirkus, gajah, harimau, hingga singa laut.

Belum lagi wahana rumah pohon taman safari dan juga paket safari night yang akan sangat menarik dan menantang untuk dinikmati dan dijelajahi.

taman-safari-bogor-di-jawa-barat
via instagram/yuanindya

Wisata Dekat Taman Safari Bogor

Ada beberapa tempat wisata lain yang bisa kalian kunjungi untuk meneruskan petualangan liburan kalian di kota Bogor setelah berkunjung ke Taman Safari Bogor.

Beberapa yang menarik dan lokasinya dekat dengan taman safari ini antara lain air terjun dan curug Cilember, Kebun Raya Cibodas, De Ranch, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Devoyage Bogor, Wisata Alam Villa Khayangan, dan Curug Panjang.

Tips Wisata Ke Taman Safari Bogor

Demi memperlancar dan memaksimalkan liburan kalian di Taman Safari Bogor, berikut ini beberapa tips wisata yang bisa kalian ikuti:

  • Jangan lewatkan untuk melakukan check up kesehatan sebelum berlibur. Jika memang tidak fit, jangan paksakan untuk liburan. Kesehatan kalian jauh lebih penting dan liburan bisa dilakukan lain waktu.
  • Siapkan segala perlengkapan dan kebutuhan liburan paling tidak sehari sebelum hari keberangkatan agar kalian tidak tergesa-gesa.
  • Sebelum berangkat sebaiknya cek dulu jadwal pertunjukan di Taman Safari Bogor agar kalian dapat memilih wahana dan pertunjukan apa yang nantinya akan kalian sambangi. Ini cukup penting agar kalian bisa memperkirakan kebutuhan dana liburan yang akan dibawa. Infromasi pertunjukan bisa kalian liat di situs resmi Taman Safar Bogor ini.
  • Datang lebih awal adalah ide yang tepat agar kalian bisa istirahat dulu di lokasi wisata sebelum menjelajah ke wahana wisata yang ada. Selain itu, dengan berangkat lebih pagi juga akan menghindarkan kalian dari kemungkinan macet di tengah perjalanan.
  • Informasinya beberapa penginapan yang ada di Taman Safari Bogor sering menyediakan voucher gratis. Jadi tidak ada salahnya kalau kalian cek terlebih dahulu sebelum berangkat.
  • Sediakan payung atau jas hujan karena kota Bogor adalah kota hujan yang jika turun hujan curahnya cukup tinggi.
  • Untuk mengurangi biaya liburan yang harus kalian keluarkan, sebaiknya bawa saja perbekalan seperti nasi dan snack dari rumah. Adalah rahasia umum bahwa harga makanan akan jauh lebih mahal jika membeli di dalam kawasan wisata.
  • Selalu Ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola tempat wisata agar liburan kalian aman dan lancar.
jadwal-taman-safari-bogor
via instagram/taman_safari

Baca juga tempat wisata kren lain di Bogor seperti Telaga Warna

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Taman Safari Bogor Indonesia. Melihat lengkapnya fasilitas dan wahana yang tersedia, tidak heran jika kawasan konservasi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bogor. Tempat ini mirip dengan Taman Nasional Baluran yang juga menjadi salah satu lokasi wisata favorit di Banyuwangi.

Loading...

Curug Ciherang

Hansar
5 min read

Grafika Cikole

Hansar
5 min read

Chinatown Bandung

Hansar
5 min read

Farmhouse Lembang

Hansar
4 min read

Gunung Pancar

Hansar
5 min read

The Lodge Maribaya

Hansar
5 min read