Telaga Sarangan

Sudahkah kalian berwisata ke Magetan, Jawa Timur?

Jika belum, kami punya rekomendasi tempat wisata untuk kalian jika nanti berlibur ke kabupaten kecil itu. Tempat wisata ini selain merupakan icon wisata di Magetan, juga cukup indah dan suasana alamnya sangat nyaman, tempat ini adalah Telaga Sarangan Magetan.

Ya. Telaga Sarangan adalah salah satu tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Jawa Timur. Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Karena selain memiliki unsur keindahan, sejarah, dan mitos, tempat ini juga termasuk tempat wisata murah yang ada di Jawa Timur.

Penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai tempat wisata Telaga Sarangan? Yuk, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

telaga-sarangan-magetan
via instagram/telagasarangan

Telaga Sarangan

Telaga sarangan adalah salah satu objek wisata alam pegunungan yang terletak di lereng gunung Lawu. Lokasinya berjarak sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Karena berada di ketinggian, maka tidak bisa tidak suhu udara di kawasan Telaga Sarangan menjadi sangat sejuk, cocok bagi kalian yang seumur-umur hidup berselimut cuaca panas dan bising perkotaan seperti di Jakarta dan sekitarnya.

Telaga sarangan atau sering disebut juga Telaga Pasir memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman dasar mencapai 28 meter.

Hal pertama yang akan kalian rasakan saat menjejakkan kaki di lokasinya, adalah perasaan nyaman dan tenang. Air telaga yang jernih ditambah background perbukitan menghijau, membuat siapapun akan terpana dan pasti kerasan untuk tinggal berlama-lama di lokasi Telaga Sarangan.

telaga-sarangan-magetan-2019
via instagram/telagasarangan

Sejarah dan Mitos Telaga Sarangan

Beredar cerita di kalangan masyarakat sekitar bahwa Telaga Sarangan bukanlah Telaga Sembarangan. Ada banyak misteri Telaga Sarangan, sejarah, dan mitos yang menandai serta mengiringi eksistensinya.

Konon, hingga kini keberadannya terus mendapat penjagaan dari sepasang naga gaib yang berdiam di sekitar kawasan telaga. Ada pula yang mengatakan bahwa pulau kecil yang ada di telaga ini juga dihuni dan dijaga oleh sosok sakti yang memiliki tunggangan harimau putih.

Menurut sebagian warga sekitar, keberadaan Telaga Sarangan bermula dari kisah kehidupan sepasang naga yang sekarang dipercaya menjadi penunggunya. Konon kedua naga tersebut adalah jelmaan sepasang suami istri yang dulu tinggal di sekitar kawasan Telaga Sarangan.

Sepasang suami istri tersebut ialah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Keduanya mendadak menjelma menjadi dua naga besar usai memakan sebutir telur yang mereka dapatkan setelah melakukan semedi di tengah hutan untuk memohon kemudahan hidup kepada yang maha kuasa.

misteri-telaga-sarangan
via instagram/telagasarangan

Setelah melakukan pertapaan beberapa hari, permohonan merekapun dikisahkan diterima oleh yang maha kuasa namun dengan satu sarat yakni mencari sebutir telur di tengah hutan dan memakannya.

Pencarian telur pun dilakukan oleh kedua suami istri ini. Setelah menemukan telur yang dimaksud, mereka lantas pulang ke tempat tinggal mereka dan mulai memasak dan membagi telur tersebut untuk dimakan bersama.

Keesokan harinya tatkala bekerja di ladang, tiba-tiba saja Kyai Pasir dan Nyai Pasir merasakan sesuatu yang aneh pada tubuh mereka, tubuh mereka terasa sangat gatal hingga tanpa sadar mereka pun mulai menggaruk-garuk tubuh mereka sendiri dengan sangat keras hingga terluka.

Berbarengan dengan itu, sekonyong-konyong tubuh mereka pun berubah menjadi naga besar, merekapun meronta menggeliat di atas tanah berpasir hingga menimbulkan cekungan besar yang darinya memancar mata air yang sangat deras.

Kedua naga tersebut tak hentinya berguling-guling sampai akhirnya cekungan terus membesar dan airnya hampir saja menenggelamkan Gunung Lawu. Cekungan inilah yang menurut kepercayaan sebagian masyarakat menjadi asal muasal Telaga Sarangan.

Simak dan baca juga : Pantai Klayar Pacitan

telaga-sarangan-2019
via instagram/telagasarangan

Lokasi Telaga Sarangan

Jika bertanya Telaga Sarangan dimana, maka lokasi telaga ini tidak jauh dari kota Magetan, jaraknya hanya sekitar 20,9 kilometer dan bisa ditempuh dari pusat kota hanya dalam waktu kurang lebih 40 menit berkendara.

Sedangkan dari pusat kota provinsi Jawa Timur yang di sana juga banyak ditemukan tempat wisata alam seperti tempat wisata alam di lumajang, jaraknya kurang lebih 27,7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

Mengenai alamat lengkapnya, alamat Telaga Sarangan berada di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Rute ke Telaga Sarangan

Untuk mengakses tempat wisata ini, kalian bisa melewati beberapa rute seperti di bawah ini:

Rute Tawangmangu

Dari Tawangmangu kalian tinggal mencari angkutan umum jurusan Tawangmangu – Sarangan. Perjalanan yang kalian tempuh dari Tawangmangu ke Sarangan sangatlah dekat, hanya sekitar 5 kilometer saja.

Rute Surabaya

Bagi yang datang dari arah Surabaya bisa melewati rute Surabaya – Madiun – Magetan. Setibanya di terminal Magetan, kalian tinggal mencari angkutan umum yang beroperasi langsung ke Sarangan.

sejarah-telaga-sarangan
via instagram/telagasarangan

Rute Jakarta, Jogja, dan Jawa Tengah

Untuk yang datang dari arah Jakarta, Jogja dan Jawa Tengah, rute yang bisa kalian tempuh ada dua pilihan bergantung moda transportasi yang kalian gunakan.

Apabila menggunakan kereta api, setelah turun di terminal Solo Balapan, lanjutkan perjalanan ke arah Tirtonadi dengan taksi ataupun becak. Dari tirtonadi, teruskan kembali perjalanan menuju Tawangmangu dengan menumpang bis. Nah terakhir setelah sampai di Tawangmangu, kalian bisa mengakses Telaga Sarangan dengan mencari dan menaiki angkutan umum dengan jurusan Sarangan.

Kemudian bagi yang menggunakan bis dari arah Jakarta, Jogja dan Jawa Tengah, secara umum rutenya sama dengan di atas. Kalian hanya perlu menumpang bis yang mengarah ke Solo, lalu nanti turunnya langsung di terminal Tirtondi. Selanjunya rutenya sama persis seperti ketika menggunakan kereta api.

Sebagai catatan yang perlu kalian perhatikan bahwa kondisi jalan yang mengarah ke Telaga Sarangan meskipun sudah bagus namun jalurnya menanjak dan berkelok-kelok. Jadi harap selalu konsentrasi selama perjalanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Peta Telaga Sarangan dari Alun-Alun Magetan

 

mitos-telaga-sarangan
via instagram/telagasarangan

Harga tiket Telaga Sarangan

Harga tiket masuk Telaga Sarangan Magetan 2019 terbilang masih sangat terjangkau. pengelola tempat wisata di Magetan ini mematok harga tiket sebagai berikut:

  • Tiket dewasa: Rp. 7.500 per orang
  • Tiket anak-anak: Rp. 5000 per orang
  • Parkir sepeda motor: Rp. 2.500
  • Parkir mobil: Rp. 5000
  • Parkir bis: Rp. 10.000

Catatan: Harga tiket di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pengelola.

Fasilitas Telaga Sarangan

Fasilitas wisata di Telaga Sarangan tentunya sudah tersedia cukup lengkap. Ada banyak sekali fasilitas dan wahana yang bisa kalian nikmati tatkala berkunjung kesini.

Selain fasilitas umum seperti area parkir, toilet, kamar mandi, tempat ibadah, dll., tersedia juga spot untuk berfoto, penyewaan kuda, penyewaan speed boat, hingga penjual sayuran dan restoran untuk mencoba berbagai menu kuliner khas Jawa Timur.

Penginapan di Telaga Sarangan

Untuk penginapan pun juga demikian. Jika kalian ingin menginap di sekitar lokasi Telaga Sarangan, maka kalian tinggal mencari dan menyewa hotel atau homestay yang tersebar di daerah Sarangan. Fasilitas dan harga sewa hote di sini tentunya beragam, bisa kalian sesuaikan dengan keinginan dan juga persediaan dana yang kalian miliki.

hotel-di-telaga-sarangan
via instagram/telagasarangan

Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Telaga Sarangan?

Ada banyak sekali tentunya yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan Jatim. Selain bersantai menikmati suguhan panorama alam lereng gunung Lawu yang asri dan berhawa sejuk, kalian juga bisa meng-eksplore objek telaga dengan berkeliling ke tengahnya menggunakan speed boat. Speed boat bisa kalian sewa di sini dengan harga kurang lebih Rp. 50.000 sekali putar.

Lalu jika kalian suka berkuda, di sini juga tersedia tempat penyewaan kuda. Kalian bisa bersantai menunggang kuda untuk menyusuri setiap titik yang ada di sekitar kawasan Telaga Sarangan.

Sementara bagi yang doyan selfie atau bergaya di depan kamera, di sini juga ada beberap spot foto instagenic yang bisa dicoba.

Terakhir bagi yang gemar berburu kuliner, di restoran-restoran yang tersebar di sekitar telaga sudah siap berbagai menu kuliner untuk mengenyangkan perut kalian. Tinggal siapkan saja isi dompet yang lumayan agar kalian lebih puas.

fasilitas-telaga-sarangan
via instagram/telagasarangan

Baca juga tempat-tempat menarik di Jawa Timur lainnya seperti Wisata di Jatim Park 2 Malang.

Itulah sedikit deskripsi ataupun review tentang Telaga Sarangan.

Kesimpulannya adalah, ternyata keseruan berlibur tidak hanya bisa didapatkan di tempat-tempat yang megah dan super mahal. Buktinya hanya dengan berkunjung ke Telaga Sarangan Magetan, kita sudah bisa merasakan keseruan dan kesenangan yang tak tergambarkan. Selain tempatnya indah dan nyaman, biayanya juga cukup ramah di kantong. Selanjutnya, kapan nih kalian berlibur ke Telaga Sarangan?

Tempat Wisata di Malang

Wahyoeni
3 min read

Jatim Park 2 Batu Malang

Wahyoeni
4 min read

Selecta Malang

Edy
5 min read