Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Bogor, bukan Telaga Warna Dieng, adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di kota Bogor dengan pesonanya yang tak pernah hilang tertelan zaman.

Meski saat ini bermunculan banyak objek wisata baru dengan berbagai macam konsep kekiniannya, telaga Warna puncak tetap memiliki tempat dihati para pelancong.

Telaga Warna yang terletak di dataran tinggi puncak Bogor ini menyuguhkan pesona berupa perpaduan keindahan alam puncak dan keindahan telaga yang airnya bisa berubah warna disaat-saat tertentu.

Berlibur di tempat ini, merupakan keputusan yang tepat untuk sejenak melupakan rutinitas hidup sehari-hari.

sejarah-telaga-warna
via instagram/tiara.lestari

Nah, bagi kalian yang akan mengadakan perjalanan wisata ke telaga Warna, berikut beberapa informasi penting tentang telaga ini yang harus kalian ketahui.

Sekilas Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Bogor telah lama diresmikan sebagai kawasan cagar alam hutan gunung Mega Mendung dan hutan gunung Hambalang. Menurut informasi, peresmiannya bahkan sudah dilakukan sejak tahun 1972 silam.

Terletak di dataran tinggi puncak Bogor, membuat hawa di kawasan telaga Warna begitu terasa sejuk dan menenangkan. Kalian tentunya akan betah berada berjam-jam di sekitar telaga ini tanpa merasa bosan sedikitpun.

Selain itu, kawasannya yang luas dengan beragam flora dan fauna juga akan semakin menambah variasi aktivitas liburan yang bisa kalian lakukan. Tidak hanya bisa bersantai menikmati ketenangan suasana sekitar telaga, kalian juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa fauna jinak seperti kera, lutung, dan fauna lainnya yang dilindungi negara.

Namun sebenarnya daya tarik terbesar dari telaga Warna ini yang membuat banyak wisatawan penasaran hingga rela datang jauh-jauh dari luar kota bahkan luar negeri adalah fenomena airnya yang bisa berubah warna.

telaga-warna-puncak-2018
via instagram/ciicipan

Diwaktu-waktu tertentu, biasanya ketika cuaca sedang cerah dan cahaya mentari tidak terhalang sehingga dengan mudahnya menembus dasar telaga, warna air di telaga ini akan berubah menjadi bermacam-macam gradasi warna yang mempesona dipandang mata.

Yang tak banyak diketahui wisatawan, gradasi warna yang tercipta di air telaga Warna ini ternyata berasa dari pepohonan di sekitar telaga dan beragam bebatuan yang ada di dalam telaga.

Sejarah Telaga Warna

Kisah sejarah yang dipercaya sebagai awal kemunculan telaga Warna tidak hanya menjadi bumbu pemanis yang membuat pendengar atau pembaca kisahnya manggut-manggut, tapi juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Meski tidak semua orang mempercayainya, namun kisah ini terus melegenda dan kemungkinan tidak akan hilang begitu saja.

Konon jauh sebelum terbentuknya telaga Warna ini, dahulu kala di sekitar kawasan telaga warna hiduplah seorang raja bernama Prabu Surnalaya dan istrinya Ratu Purbamana.

misteri-telaga-warna
via instagram/travellerindokece

Telah lama menjalani kehidupan berumah tangga, keduanya tetap tak kunjung mendapatkan anak sebagai penerus mereka.

Di tengah kegundahan hati dan rasa inginnya memiliki momongan, sang raja akhirnya memilih untuk bertapa ke tangah hutan dengan bekal seadanya, bersujud memohon kepada yang maha kuasa agar dikaruniai seorang anak.

Setelah bertapa beberapa waktu lamanya, konon do’a dan permintaan sang raja pun akhirnya dikabulkan.

Hamillah akhirnya sang permaisuri beberapa bulan setelah pertapaan yang dilakukan sang raja. Genap 9 bulan 9 hari, sang permaisuri pun melahirkan seorang putri yang kelak menjadi gadis cantik jelita.

Namun setelah menginjak masa kegadisannya, nampaklah perangai sang putri yang bertolak belakang dengan kecantikan paras yang dimiliknya. Ia menjadi anak yang kerap melawan dan tidak patuh terhadap apa yang diperintahkan kedua orang tuanya.

tiket-masuk-telaga-warna-puncak-2018
via instagram/anukmau

Hingga puncaknya, terjadilah peristiwa yang dipercaya menjadi awal munculnya telaga warna. Sedih karena hadiah yang diberikan kepada sang putri tidak diterima dengan semestinya, Ratu Purbamanah pun tak kuasa menahan cucuran air mata dan terus menangis sejadi-jadinya hingga air matanya tumpah ruah menenggelamkan seluruh kerajaan yang sekarang menjadi telaga warna.

Baca juga tempat menarik lainnya di Bogor seperti Devoyage Bogor

Lokasi Telaga Warna

Lokasi telaga Warna beralamat lengkap di Jalan Raya Puncak – Cianjur, Kecamatan Cisarua, Tugu Utara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di lokasinya dari pusat kota Bogor, kalian hanya perlu menempuh perjalanan selama 16 menit berkendara dengan jarak lebih kurang 5 kilometer.

Kemudian mengenai rute ke lokasi telaga Warna, kalian bisa menempuh rute yang mengarah dari tol Ciawi menuju Puncak, melewati perkebunan teh hingga sampai di masjid Ta’awwun. Lalu dari masjid ini kira-kira sekitar 2 kilometer, kalian akan menemukan papan petunjuk yang akan mengarahkan kalian untuk sampai ke lokasi telaga Warna.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna

Untuk memasuki kawasan telaga Warna kalian tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Harga tiket masuk telaga Warna dijual dengan nominal Rp. 5000 saja saat weekday, dan Rp. 7.500 saat weekend.

Namun untuk wasatawan asing, harga tiketnya agak mahal yaitu sebesar Rp. 100.000 di hari biasa, dan Rp. 150.000 di hari libur.

gambar-telaga-warna
via instagram/dewirahmasariii

Fasilitas Telaga Warna

Saat ini fasilitas di telaga Warna sudah cukup memadai. Di sana bisa kalian temukan fasilitas berupa area parkir, mushola, toilet, pos jaga, rumah makan, menara pandang, ruang meeting, shelter dan walking track, serta area outbound yang berisi wahana flying fox dan wahana outbound lainnya.

Penginapan di Telaga Warna

Untuk kebutuhan pengunjung yang ingin menginap, di area tepian telaga sudah disediakan beberapa pondok penginapan dengan biaya sewa permalam sebesar Rp. 100.000.

Kemudian bagi yang ingin hunian yang lebih berkelas, maka bisa mencari dan memilih hotel dekat telaga warna yang ada di pinggir jalan Cisarua seperti Hotel Cibulan, Villa Bukit Indah, Hotel Grafika Mas, dan Puncak Pass Resort. Harga sewa hotel-hotel ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 450.000 saja.

via instagram/desimawaddah.96

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Banyak aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan di telaga Warna ini. seperti yang telah ditulis di awal artikel, selain bisa bersantai menikmati ketenangan suasana sekitar telaga warna, kalian juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling telaga, berinteraksi dengan beberapa fauna jinak, menikmati aneka macam flora, bermain di area aoutbound, hingga berburu kuliner serta hunting foto.

Wisata Dekat Telaga Warna

Tidak jauh dari lokasi telaga Warna, masih ada beberapa tempat wisata dekat telaga Warna yang bisa kalian kunjungi. Beberapa diantarnya yang menarik adalah Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Air Terjun Cibeureum, Bukit Gantole, dan Curug Ciherang.

Yang paling menarik adalah tempat wisata Taman Bunga Nusantara dimana kalian bisa menikmati taman bunga super luas dan megah dengan ribuan jenis bunga yang tumbuh di dalamnya.

mitos-telaga-warna
via instagram/selviagstn4

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Barat seperti Situ Patenggang

Telaga Warna Puncak Bogor adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh kalian lewati apabila nantinya sempat berlibur ke kota Hujan, Bogor. Tempat wisata ini sangat recomended untu dikunjungi, apalagi bagi kalian yang menyukai tempat wisata dengan panorama alam yang sejuk dan masih alami.