Tempat Wisata di Bandung Selatan

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Jawa Barat berada di  lembah yang dikelilingi dengan area perbukitan. Di sini memiliki hawa yang sejuk, sehingga banyak tempat wisata di bandung yang berupa wisata alam terutama di Bandung wilayah bagian selatan.

Tempat Wisata di Bandung Selatan

Banyak pemandangan alam yang indah membuat beberapa tempat wisata di Bandung selatan ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung kesana.

Setiap hari libur kota Bandung akan menjadi detinasi wisata bagi orang-orang dari Jakarta dan sekitarnya. Apalagi sekarang dengan adanya jalan tol Cipularang membuat perjalanan ke Bandung jadi lancar dan cepat.

Tempat wisata di bandung selatan

Bagi Anda yang akan berlibur ke Bandung khususnya ingin menikmati kuliner Bandung atau pemandangan alamnya bisa pergi ke wilayah Bandung selatan. Di Bandung selatan cenderung ke arah perbukitan sehingga banyak wisata alam disana. Berikut ini akan kami rangkum beberapa tempat wisata alam di Bandung selatan yang menarik untuk kunjungi.

Berikut tempat wisata di Bandung Selatan yang sedang naik daun

1. Tempat Wisata Kawah Putih

Daya tarik utama dari tempat wisata Kawah Putih ini adalah adanya danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kondisi ini membuat tanahnya bercampur dengan belerang berwarna putih.

Dengan hasil campuran itu membuat warna air danau terlihat tampak putih kehijauan. Panorama ini yang menjadi salah satu favorit wisatawan untuk mengunjungi Kawah Putih. Begitu juga dengan pemandangan alam di sekitar dana yang masih alami dan sejuk.

Lokasi : Jalan Raya Soreang, Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

2. Tempat Wisata Situ Patenggang

Situ Patenggang menjadi daya tarik wisatawan karena mempunyai keindahan wisata alam yang indah berupa hamparan perairan danau yang luas dan berhawa sejuk. Disini juga terdapat sebuah “Batu Cinta” yang konon merupakan tempat bertemunya Kian Santang dan Dewi Rengganis yang melatar belakangi sejarah Situ Patenggang.

Tak hanya itu ada juga Pulau Asmara yang mempunyai mitos dapat melanggengkan hubungan asmara bagi yang datang kesana. Sangat menarik untuk didatnagi bersama pasangan Anda.

Lokasi : Terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

3. Tempat Wisata Kawah Rengganis

Tempat Wisata Kawah Rengganis menawarkan pemandangan alam yang indah. Di Tempat Wisata Kawah Rengganis para wisatawan bisa menikmati eksotisme sebuah kawah yang terbentuk dari proses alam meletusnya gunung Sunda purba, jutaan tahun yang lalu.

Di lokasi ini yang menarik salah satunya yaitu adanya air panas di danau yang bisa dimanfaatkan untuk berendam. Air panas di lokasi ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi : Jalan Rancabali, Patengan, Kabupaten Bandung.

4. Tempat Wisata Perkebunan Teh Rancabali

Tempat Wisata Perkebunan Teh Rancabali adalah wisata perkebunan teh Rancabali. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang hijau dengan hawa sejuk.

Apabila Anda akan berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa pakaian hangat atau jaket. Hal ini dikarenakan perkebunan teh Rancabali berlokasi di atas ketinggian 1.629 meter di atas permukaan air, yang membuat udara di kawasan ini sangat dingin.

Lokasi : Perlintasan jalan dari Kawah Putih ke Situ Patenggang.

5. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu

Tempat wisata pemandian air panas Cimanggu bisa menjadi alternatif Anda untuk mencari tempat pemandian air panas di sekitar Bandung.

Di tempat wisata ini terdapat beberapa kolam pemandian air panas yang dapat Anda nikmati. Di lokasi ini sudah terdapat tempat penginapan yang bisa Anda tempati untuk berekreasi bersama teman atau keluarga.

Lokasi : Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, KM 13, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

6. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini mempunyai 2 kolam renang yang bisa dinikmati para wisatawan. Ada kolam umum dan ada kolam khusus untuk Anda yang menginginkan suasana lebih tenang dan nyaman.

Di tempat wisata juga ada berbagai macam fasilitas pendukung lainnya seperti flying fox, ATV Ride, penyewaan sepeda dan lain-lain. Sehingga membuat liburan akamu menjadi lebih menarik dan menyenagkan .

Lokasi : Jl. Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

7. Tempat Wisata Kampung Cai

Tempat Wisata Kampung Cai merupakan merupakan salah satu tempat wisata pemandian air panas. Didaerah tersebuat terletak di daerah pegunungan yang membuat udah disekitar dingin sehingga sangat cocok. Anda bisa berendam air panas untuk menghilangkan lelah dan penat selama berlibur ke sini. Sehingga membuat liburan menjadi menyenangkan .

Lokasi : Kampung Cai, Jalan Raya Ciwidey, Patengan, Rancabali.

8. Tempat Wisata Barusen Hills

Tempat wisata Barusen Hills menjadi salah satu tempat wisata instagramable di wilayah Bandung Selatan. Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan alam khas pegunungan yang hijau dan sangat indah.

Berbagai macam fasilitas menarik bisa ditemui disini, seperti kolam renang, wisata petualangan, tempat bermain anak serta Villa Barusen Hills.

Lokasi : Kampung Barusen, kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

9. Tempat Wisata Bukit Jamur

Tempat wisata bukit Jamur merupakan sebuah areal perbukitan setengah lingkaran yang menyerupai semacam taman. Di tempat ini banyak ditanami sejenis pohon cemara kerdil yang menyerupai tanaman jamur payung.

Lokasi ini cocok sebagai tempat istirahat sejenak pada saat Anda sedang menikmati perjalanan di Bandung Selatan dan singgah ke lokasi tersebut.

Lokasi : Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

10. Tempat Wisata Ranca Upas

Upas Smart Camp Adventure adalah tempat wisata kekinian yang lagi hits. Anda bisa melakukan aktivitas camping, jambore serta menikmati panorama pemandangan ditemani hawa sejuk pegunungan. Lokasi ini juga menjadi salah satu kawasan konservasi hewan rusa yang menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi : Jalan raya Ciwidey Patenggan KM 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

11. Tempat Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Bagi Anda yang suka dengan wisata alam, wajib banget mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan. Di tempat ini terdapat sebuah mata air yang sangat bersih dan alami. Lokasinya dikelilingi suasana pedesaan yang sejuk dan asri.

Anda bisa berenang bahkan selfie di dalam air yang sangat jernih. Dengan begitu Anda kan merasa segar dan fresh setelah mandi atau berenang di mata air tersebut.

Lokasi : Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Bandung.

12. Tempat Wisata Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau kecil berair jernih yang dikelilingi oleh kawasan bukit bebatuan. Di lokasi ini Anda bisa berenang, foto-foto, berkemah atau sekadar santai bersama.

Pemandangannya sangat indah dan alami dengan suasana alam yang sangat memukau. Hal ini akan membuat siapa saja terpesona pada saat bekunjung ke sini.

Simak dan baca juga : Cafe Murah di Bandung

Itulah ulasan artikel yang dapat kami sajikan mengenai tempat wisata di Bandung selatan yang lagi naik daun dan instragamable. Bagi Anda yang memunyai wakti sengggang atau pikirang lagi suntuk bisa liburan ke tempat wisata diats. Sebab liburan selain menyenangkan ternyata penting banget dan bermanfaat buat kesehatan.