Tempat Wisata di Bogor

Ada beragam jenis tempat wisata di Bogor yang bisa Anda jadikan tujuan berlibur bersama keluarga. Di daerah yang terkenal dengan julukan kota hujan ini, Anda bisa memilih berlibur ke obyek wisata berjenis wisata alam, bahari, religi, sejarah, hingga wisata kuliner.

Lalu apa sajakah nama dari tempat-tempat wisata di kota Bogor ? Selengkapnya akan kami ulas pada artikel kali ini. Karena itu, yuk, baca terus artikel ini sampai tuntas.

Tempat Wisata di Bogor

Sejujurnya pertama kali yang terlintas di fikiran kami ketika mendapatkan ide kata kunci tempat wisata di Bogor adalah obyek wisatanya yang sudah pasti diketahui semua orang yakni obyek wisata di puncak Bogor.

Namun setelah melakukan riset data kesana kemari, kami menemukan fakta bahwasanya tempat wisata yang ada di kota Bogor ternyata tidak hanya di kawasan puncak saja.

tempat-wisata-di-bogor-terbaru

Dari hasil riset kami, sedikitnya ada sekitar 80-an obyek wisata yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di kota Bogor.

Nah dari jumlah tersebut, kami selanjutnya mencoba merangkum beberapa diantaranya saja yang memang sudah terkenal dan menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan lokal, dalam negeri dan juga mancanegara.

Nah, berikut ini 11 tempat wisata terfavorit di kota Bogor, Jawa Barat :

1. Kebun Raya Bogor

tempat-wisata-di-bogor-kebun-raya-bogor

  • Lokasi : Jalan Ir. Juanda nomor. 13 kota Bogor, Jawa Barat
  • Harga tiket masuk : Rp. 14.000 per orang
  • Jam buka tutup : 07.30 – 17.30 WIB.

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Bogor adalah kebun raya Bogor (KRB).

Terlebih bagi Anda yang memang menyukai suasana berlibur di alam terbuka dengan landscape tetumbuhan hijau, maka tempat ini adalah salah satu tujuan terbaik.

Kebun Raya Bogor dulunya merupakan kawasan perkebunan yang sengaja dibuat pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Kemudian pada masa penjajahan, tepatnya pada masa Sir Thomas Stanford Raffles menguasai pulau Jawa, kebun peninggalan Kerajaan Siliwangi itupun dipugar menjadi kian cantik.

Setelah beberapa tahun mengalami proses perbaikan, jadilah kebun buatan tersebut menjadi Kebun Raya Bogor yang kemudian diresmikan pada 18 Mei 1817 dengan nama Lands Plantetuin The Buitenzorg.

Hingga kini, Kebun Raya Bogor diperkirakan menampung sekitar 15.000 jenis pohon dan tamanan hidup yang berasal dari dalam negeri dan juga luar negeri.

Selain keindahannya bisa dinikmati dengan bebas oleh para wisatawan, tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor juga bisa dibawa pulang bibitnya jika pengujung tertarik untuk menanam tanaman serupa di rumah.

Selain dapat menikmati keindahan berbagai macam tanaman, masih banyak wahana dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di kebun Raya Bogor.

Misalnya jika Anda hobi hunting foto, di dalam juga ada spot yang cukup menarik sebagai tempat berfoto.

2. The Jungle Water Adventure

tempat-wisata-di-bogor-the-jungle-water-adventure

  • Lokasi : Perumahan Bogor Nirwana Residence
  • Harga tiket masuk : Rp. 80.000 – 100.000 per orang
  • Jam buka tutup : 10.00 – 18.00 (hari kerja) – 09.00 – 18.00 (hari libur).

Mengisi akhir pekan di lokasi taman bermain air juga merupakan salah satu ide brilian untuk menghilangkan stres.

Jika Anda menyukainya, maka datang saja ke The Jungle Water Adventure yang ada di kota Bogor.

Salah satu tempat wisata di Bogor ini berbentuk taman bermain air yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengujung dewasa maupun anak-anak.

Beberapa wahana yang dimaksud antara lain Kiddy Pool, Racer Slide, Lazy River, Leisure Pool, dan Aqua Pool Fountain Futsal.

Selain itu di tempat ini Anda juga bisa menikmati pertunjukan film 4 dimensi yang sensasinya akan sama persis seperti yang Anda rasakan jika Anda pernah menonton film 4 dimensi di bioskop-bioskop.

Di lokasi pementasan film sudah tersedia kacamata 4D, kursi goyang, dan perlengkapan lain yang dapat menunjang keseruan Anda saat menonton pertunjukan.

3. Jungleland Adventure Theme Park

tempat-wisata-di-bogor-jungleland-adventure-theme-park

  • Lokasi : Jl. Jungleland Boulevard No. 1 Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 150.000 per orang
  • Jam Buka Tutup : 10.00 – 17.00 WIB (hari kerja) – 09.00 – 18.00 WIB (hari libur)

Jika Anda kurang puas dengan wahana permainan yang ada di The Jungle Water Adventure, Anda bisa menambah liburan dengan tujuan ke Jungleland Adventure Theme Park. Di sini jumlah wahana permainan yang bisa Anda eksplore jauh lebih banyak, yakni sekitar 37 wahana permainan.

Wahana-wahan tersebut ditempatkan dalam 4 lokasi berbeda antara lain Magic Bike, Mega Drop, Hunted House, Ferrish Wheel, Rainbow Train, Mini Swinger, dan Fire Post, yang ditempatkan di area bernama zona Mysteria.

Lalu ada lagi wahana lain yang ditempatkan di lokasi yang dinamai zona Carnivalia. Wahana yang ada di zona ini antara lain Disk O, Mini Drop, Mini Swinger, dan Carousel.

Nah di zona Tropicallia yang merupakan area ketiga, tersedia beberapa wahana seperti Happy Swing, Mini Bumper Car, Water Flume, Texan Train, North Pole, dan Ship Adventure.

Kemudian di area terakhir yang bernama zona Explora, Anda bisa mencoba beberapa wahana lagi seperti Safari Dino, Octopus, dan Animal Corner.

Wah, banyak sekali bukan?

4. Istana Bogor

tempat-wisata-di-bogor-istana-bogor

  • Lokasi : Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
  • Harga tiket masuk : Gratis
  • Jam buka tutup : –

Akan sangat rugi bila Anda berlibur ke Bogor tapi tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat bersejarah yang satu ini.

Ya, istana Bogor harus Anda jadikan salah satu target lokasi kunjungan wisata Anda apabila berkesempatan melancong ke kota hujan Bogor.

Di sana, Anda bisa melihat keunikan dan kemegahan bangunan yang didirikan pada saat belanda menjajah tanah air.

Selain itu, ada juga beberapa benda bersejarah dan karya seni yang bisa Anda nikmati seperti patung, keramik, lukisan, dan lain sebagainya.

5. Situ Gede

tempat-wisata-di-bogor-situ-gede

  • Lokasi : Jl. Cilubang Malang No.37, Kota Bogor, Jawa Barat
  • Harga tiket masuk : Rp. 4000 (dewasa) – Rp. 2000 (anak-anak)
  • Jam buka tutup : –

Tempat wisata di Bogor berikutnya yang cukup menarik sebagai lokasi liburan adalah Situ Gede.

Dengan luas sekitar 6 hektar dan dilengkapi dengan wahana serta fasilitas cukup lengkap, pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini tentunya akan sangat beragam.

Di sini Anda bisa mengelilingi situ dengan menaiki perahu yang disewakan pengelola, memancing di area pemancingan, ataupun bisa memilih untuk menghabiskan waktu seharian dengan duduk santia di pinggiran situ sambil menikmati panorama alam yang tersaji dengan indahnya.

6. Taman Buah Mekarsari

tempat-wisata-di-bogor-taman-buah-mekarsari

  • Lokasi : Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
  • Harga tiket masuk : Rp. 15.000 per orang
  • Jam buka tutup : 09.00 – 16.30 WIB (hari kerja) – 08.00 – 17.00 WIB (hari libur).

Dari sekian banyak tempat wisata di kota Bogor, beberapa diantaranya berbentuk taman seperti Taman Bunga Nusantara, Taman Matahari Bogor, Taman Herbal Insani dan Taman Buah Mekarsari ini.

Nah dari semua obyek wisata berbentuk taman, Taman Buah Mekarsari bisa dikatakan sebagai tempat wisata berbentuk taman yang paling lengkap dari segi jenis wahana dan juga fasilitas.

Selain berupa taman buah yang di dalamnya terdapat 100.000 jenis pohon dan 1.470 varietas tanaman buah, di taman ini juga terdapat banyak wahana lain yang bisa Anda jelajahi.

Wahana tersebut misalnya danau yang ada di dalam taman, wahana permainan air seperti Kano, Perahu Naga, Banana Boat dan masih banyak wahana permainan air lainnya.

Selain itu, ada juga wahana permainan outbound seperti Flying Fox, Rumah Pohon, Paintball, dan Spider Web yang bisa Anda coba.

7. Little Venice

tempat-wisata-di-bogor-little-venice

  • Lokasi : Sukanagalih, Pacet, Puncak, Cipanas, Kab. Ciganjur, Jabar
  • Harga tiket masuk : Rp. 40.000 per orang
  • Jam buka tutup : 08.30  – 18.00 WIB.

Ingin merasakan sensasi liburan di kota pizza Italia? Yuk, datang saja ke Little Venice Kota Bunga Bogor. Di tempat ini, Anda benar-benar akan merasakan seperti sedang berada di kota Venezia, Italia.

Apa saja yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini?

Banyak sekali. Salah satunya adalah naik Gondala untuk berkeliling area wisata seluas 125 hektar yang dihiasi banyak bangunan megah berciri khas Eropa.

Jika ingin, Anda juga bisa datang ke tempat wisata di Bogor ini untuk mencari spot foto hingga melakukan foto prewedding.

8. Kampung Budaya Sindangbarang

tempat-wisata-di-bogor.-kampung-budaya-sindangbarang

  • Lokasi : Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor
  • Harga tiket masuk : Rp. 25.000 per orang
  • Jam buka tutup : 09.00 – 17.00 WIB.

Tempat wisata di Bogor yang satu ini berupa sebuah kampung budaya yang bernama Kampung Budaya Sindangbarang.

Anda bisa sampai di lokasi kampung ini setelah melewati perjalanan sejauh 5 kilometer dari pusat kota Bogor.

Yang bisa Anda lakukan dalam rangka berwisata di kampung ini antara lain mempelajari kesenian Sunda, melihat dan mempelajari sejarah Kerajaan Pajajaran, dan menikmati asrinya suasana perkampungan yang hening dan bebas polusi.

Kampung Sindangbarang ini adalah kampung tertua yang ada di Bogor. Keberadaannya bahkan dikatakan sudah ada sejak masa kerajaan Sunda yang berdiri pada abad ke 7 silam.

9. Wisata Alam Gunung Pancar

tempat-wisata-di-bogor-wisata-alam-gunung-pancar

  • Lokasi : Gunung Pancar, Bogor.
  • Harga tiket masuk : Rp. 5000 per orang
  • Jam buka tutup : 24 jam.

Keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata alam Gunung Pancar tak perlu diragukan lagi.

Aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan pun beragam mulai dari hunting foto selfi hingga foto prewedding, menjelajah hutan pinus, berendam di kolam air panas, dan berkemah di area camping yang sudah tersedia.

Lokasi wisata ini berada di atas puncak Gunung Pancar tepatnya di ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

Anda bisa datang ke tempat wisata ini bersama pasangan, teman ataupun keluarga.

10. Taman Sakura

tempat-wisata-di-bogor-taman-sakura

  • Lokasi : Kebun Raya Cibodas, Bogor.
  • Harga tiket masuk : Rp. 9.500 per orang
  • Jam buka tutup : 08.00 – 17.00 WIB.

Taman Bunga Sakura yang berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, Bogor ini bisa menjadi alternatif wisata yang sangat pas bagi Anda yang sudah lama mengidamkan perjalanan wisata ke Jepang.

Jika ke Jepang hanya untuk melihat Bunga Sakura, maka urungkan saja niatan tersebut karena bunga yang indah ini bisa Anda nikmati sepuasnya di Taman Bunga Sakura Kebun Raya Cibodas.

Taman Bunga Sakura yang ada di Bogor ini berisi 7 jenis Bunga Sakura yang tiap jenisnya terdiri dari ratusan pohon.

Yang menarik, di taman ini Bunga Sakura akan mekar 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Januari-Februari, dan juga pada bulan Juli-Agustus. Ini tentu berbeda dengan di Jepang karena di sana bunga-bunga sakurang hanya mekar sekali dalam setahun.

11. Marcopolo Adventure

tempat-wisata-di-bogor-marcopolo-adventure

  • Lokasi : Jln. Soleh Iskandar No. 1, Cibadak, Kota Bogor, Jawa Barat
  • Harga tiket masuk : Rp. 60.000 per orang
  • Jam buka tutup : 08.00 – 17.00 WIB.

Meski tidak selengkap The Jungle Water Adventure, obyek wisata berbentuk taman bermain air yang satu ini bisa menjadi alternatif tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Bogor.

Di taman bermain ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di wahana permainan yang sudah tersedia dengan cukup lengkap seperti wahana Flying Fox, kolam renang yang luas, Water Boom, dan Balon Air.

Dengan adanya wahana-wahan permainan tersebut, Anda dan keluarga tentunya sudah cukup terpuaskan untuk melakukan aktifitas liburan yang menyenangkan bukan?

Simak dan baca juga : Tempat wisata di Bekasi

Demikianlah ulasan mengenai beberapa lokasi wisata di Bogor yang bisa Anda kunjungi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan referensi tujuan wisata Anda bersama keluarga.

Loading...

Tempat Wisata di Subang

Wahyoeni
8 min read

Planet Waterboom Subang

Wahyoeni
4 min read

Ranca Upas

Hansar
6 min read

Kawah Putih

Hansar
4 min read

Tempat Wisata di Karawang

Wahyoeni
3 min read

Orchid Forest

Hansar
4 min read