Tempat Wisata di Malang

Kota Malang terkenal dengan sebutan kota Pelajar bagi warga jawa Timur. Kota Malang menjadi kota terbesar kedua setelah Surabaya. Kota Malang dikelilingi oleh pegunungan dengan keindahan alam yang begitu indah dan menawan. Karena lokasinya yang berada di jawa Timur bagian selatan maka bertemu dengan pantai selatan. Dengan kondisi ini banayak tempat wisata di Malang yang berupa pantai.

Kawasan sekitar Malang yang mempunyai potensi pariwisata menarik sangatlah banyak seperti kota Batu di Kabupaten Malang sebelah timur. Wilayah selatan dan utara disebut-sebut sebagai wilayah metropolitan Malang yang menyimpan sejuta destinasi wisata di Malang. Destinasi wisata itu adalah wisata belanja, wisata religi, wisata alam, kuliner, wisata sejarah, edukasi hingga permainan untuk anak dan keluarga.

Tempat Wisata di Malang

Anda juga bisa kunjungi beberapa tempat wisata di Malang yang murah bersama keluarga atau rekan kerja saat liburan tiba. Apabila bingung harus mengunjungi objek mana saja, berikut rekomendasi lokasi wisata di Malang yang lagi naik daun.

Berikut Ulasan Tempat Wisata di Malang yang Sedang Naik Daun

1. Tempat Wisata Museum Angkut

Museum Angkut merupakan tempat wisata yang menyimpan berbagai macam mobil antik dan klasik. Mungkin Anda beranggapan bahwa liburan ke museum akan membosankan dan harus mempelajari sejarah. Tapi yang menarik dari tempat wisata museum angkut ini Anda akan memahami edukasi sejarah dan perkembangan transportasi dunia.

Anda yang hobi berfoto, ada banyak spot menarik dan unik yang akan membuat kualitas foto Anda semakin menarik. Transportasi yang disimpan di museum mulai dari delman, mobil, sepeda ontel, sepeda listrik hingga mobil balap F1.

Harga tiket masuk di museum Angkut Malang

  • Rp. 70.000 per-orang pada hari Senin – Kamis.
  • Rp. 90.000 per-orang pada hari Kamis – Minggu.

Lokasi : Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

2. Tempat Wisata Jatim Park 1

Jatim Park merupakan sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata Jatim Park ini berlokasi di sekitar 20 km barat Kota Malang dan sekarang menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Tempat Wisata ini mempunyai 36 wahana, di antaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok dan Mpu Gandring), spinning coaster dan drop zone.

Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian di antaranya yaitu Volcano dan Galeri Nusantara yang juga berlokasi tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi. Tempat wisata satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Di Jatim park banyak wahana mulai dari waterpark, agropark, edukasi dan masih banyak wahana lainnya yang akan membuat Anda dan keluarga terhibur. Ada banyak permainan seru dan menantang seperti spinning coaster, wall climbing, flying tornado.

Harga tiket masuk di jatim Park 1

  • Rp. 60.000 per-orang pada hari Senin – Kamis.
  • Rp. 80.000 per-orang pada hari Jumat – Minggu.

Lokasi : Jalan Kartika no 2 Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur.

3. Tempat Wisata Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) merupakan sebuah lokawisata yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini hanya beroperasi pada malam hari. Pada tempat ini mengkombinasikan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga dan hiburan di dalamnya. Terdapat sebuah arena penampilan multimedia dengan panjang layar 50 meter yang diklaim sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, saat malam hari Anda bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu malam yang romantis. Selain romantis, Anda bisa mendapatkan spot foto yang menarik dan tentunya lebih spectacular. Di lokasi ini terdapat berbagai macam permainan untuk anak-anak hingga dewasa.

Tiket masuk Tempat Wisata Batu Night Spectacular

  • Rp. 20.000 per-orang pada hari Senin – Kamis.
  • Rp. 30.000 per-orang pada hari Jumat – Minggu.

Lokasi : Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

4. Tempat Wisata Hawai Water park

Ingin berwisata air seru di Hawai? Janganlah jauh-jauh pergi ke Hawai. Di Jawa Timur lokasi wisata mirip di Hawai yaitu tempat wisata Hawai Water Park. Water Park ini menyediakan berbagai macam wahana air mulai dari Rainbow Fall, Ekolu slide, Hawai Water House.

Tiket masuk Tempat Wisata Hawai Water park

  • Rp. 75.000 per-orang pada hari Senin – Jumat.
  • Rp. 100.000 per-orang pada hari Sabtu – Minggu.

Lokasi : Jl. Grahan Kencana Raya, Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

5. Tempat Wisata Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau Sempu yang ditumbuhi pepohonan tropis ini adalah cagar alam yang dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di bawah KLHK RI.

Pulau Sempu ini sering dijadikan sebagai tempat camping para pengunjung yang sengaja ingin bermalam dengan suasana sejuk dan pemkampungan air danau bersih. Suasana ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berkemah di pinggir pantai. Walaupun di lokasi yang terpencil tetapi ternyata tempat ini sudah dikenal banyak para wisatawan baik lokal maupun asing.

Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

6. Tempat Wisata Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang Malang menjadi salah satu tanah lotnya Malang yang menyimpan pemkampungan dengan tanah lot seperti di Bali. Pantai Balekambang mempunyai ombak yang sangat mendukung untuk para peselancar. Di tempat ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pulau kecil bernama pulau Ismoyo dengan pesisir pantai.

Pantai Balekambang dulunya masih tertutup oleh pepohonan lebat dan hutan sehingga jarang sekali ada orang atau bahkan masyarakat setempat yang masuk kesana. Terdapat sebuah Pura yang khas di pulau Ismoyo dan menjadi ikon dari Pantai Balekambang. Karena itulah pantai Balekambang disebut tanah lotnya Malang karena adanya Pura yang mirip di tanah lot Bali. Lokasi ini menjadi daya tarik tersendiri menjadi wisata Malang yang lagi dikembanagkan oleh pemerintah kota Malang.

Harga tiket Tempat Wisata Pantai Balekambang

  • Rp. 75.000 per-orang

Lokasi : Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca juga : Tempat Wisata Alam Lumajang

Demikian informasi tempat wisata di Malang yang sedang naik daun. Silahkan singgah ke lokasi wisata di atas jika Anda berkunjung ke Malang.

Jatim Park 2 Batu Malang

Wahyoeni
4 min read

Tempat Wisata di Banyuwangi

Wahyoeni
12 min read