Tempat Wisata di Semarang

Kota Semarang sudah menjadi salah satu kota yang paling sering dikunjungi para wisatawan. Para pengunjung ke Semarang sedang dalam keperluan bisnis ataupun sekadar jalan-jalan. Untuk kunjungan wisatawan yang tinggi ke Semarang harus didukung dengan aneka tempat wisata yang variatif.

Tempat Wisata di Semarang

Pemerintah Semarang sedang mengembangkan pariwisata sebagai daya tarik pengunjung untuk datang ke Semarang. Salah satu yang sedang di rombak habis-habisan adalah wilayah kota tua di Semarang. Lokasi ini dijadikan sebagai icon tempat wisata di Semarang.

Semarang adalah ibukota Jawa Tengah yang sedang giat membangun. Di Semarang para pengunjung dapat menemukan tempat wisata alam yang indah, tempat wisata bersejarah, ataupun tempat wisata yang penuh kreatifitas. Banyak lokasi wisata yang tepat untuk berburu foto narsis alias selfie sebagai penghias akun sosial media Anda.

Tempat wisata di Semarang

Tempat wisata menarik apa saja yang bisa dijumpai di Semarang?

Pada kesempatan ini akan diulas tentang lokasi-lokasi wisata di Semarang yang layak dijadikan destinasi wisata Anda ketika Anda berkunjung ke Semarang. Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Semarang yang Sedang Naik Daun

1. Tempat Wisata Kota Lama Semarang

Wisata kota lama Semarang

Tempat wisata kota lama Semarang ini memang sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Apalagi, kalau Kamu adalah seorang yang gemar berburu foto.Untuk deretan bangunan tua bergaya Eropa klasik, kerap menjadi buruan para fotografer.

Di kawasan Kota Lama Semarang, Kamu akan menjumpai keberadaan tempat-tempat yang kerap diramaikan oleh pengunjung. Tempat wisata gereja Blenduk dengan atap berbentuk kubah menjadi pilihan favorit pertama.

Keadaannya pun kian asyik dengan adanya Taman Srigunting yang berlokasi di depan gereja. Ada juga Kafe Spiegel yang menawarkan tempat kuliner unik dan menarik dengan suasana bangunan klasik dan elegan. Tak hanya Spiegel, deretan kafe lain yang juga menawarkan suasana ala zaman kolonial juga cukup banyak. Di antaranya yaitu Tekodeko, Kafe Nuris, ataupun Retro Café.

2. Tempat Wisata Lawang Sewu

Tempat wisata Lawang Sewu Semarang

Tempat wisata lawang Sewu merupakan gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). Tempat Wisata Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) dikenal sebagai perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja. Tempat Wisata Lawang Sewu bisa menjadi persinggahan menarik berikutnya di Kota Semarang.

Gedung yang dibangun pada tahun 1904 ini mempunyai bentuk yang sangat unik dan menarik dengan ciri khas mempunyai banyak pintu dan jendela. Sebab jumlahnya yang banyak, masyarakat setempat pun menyebut bangunan ini sebagai Lawang Sewu, yang artinya seribu pintu.

Walaupun, sejatinya jumlah pintu pada gedung tiga lantai ini tidak mencapai angka 1.000 dan hanya mempunyai 429 pintu.

Berbagai macam kisah mistis menyelimuti tempat wisata di Semarang ini.pada zaman dulu, terdapat beberapa lokasi angker yang bisa dijumpai di dalam gedung. Di antaranya merupakan pada area sumur tua, pintu utama, penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok, serta ruang penyiksaan tawanan.

Berbagai macam penampakan pun kabarnya sering terjadi di tempat wisata ini. Walau begitu lokasi ini tetap ramai di datangi oleh para pengunjung karena keunikan bangunannya.

3. Tempat Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Museum kereta api ambarawa

Para wisatawan juga berkesempatan untuk merasakan pengalaman unik dengan cara menaiki lokomotif tua saat berkunjung ke Semarang dengan cara berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Bahkan, para wisatawan bisa memilih, naik kereta uap atau kereta yang menggunakan mesin diesel.

Tersedia dua rute kereta wisata yang bisa dipilih, yaitu Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Untuk rute Ambarawa-Bedono hanya menyajikan perjalanan dengan kereta uap.

Tempat wisata di Semarang ini dulunya merupakan lokasi Stasiun Ambarawa, yang dibangun pada tanggal 21 Mei 1873 oleh Raja Willem I dari Belkamu. Stasiun tersebut ditutup pada tahun 1976 dan secara resmi mulai berubah fungsi menjadi museum.

Di museum palagan Ambarawa, wisatawan bisa melihat sebanyak 21 lokomotif yang mempunyai peran penting dalam masa perjuangan kemerdekaan, terutama sebagai sarana transportasi para tentara.

Tempat wisata museum Kereta Api Ambarawa yang berlokasi di Kabupaten Semarang ini juga menjadi satu di antara tiga tempat yang menyimpan lokomitif uap bergerigi buatan Hannoversche Maschinenbau AG. Kabarnya, hanya ada tiga kereta uap model seperti ini yang masih tersisa. Dua kereta lainnya tersimpan di Swiss dan India.

4. Tempat Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam poo kong Semarang

Salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk kegiatan tersebut merupakan Klenteng Sam Poo Kong yang merupakan tempat beribadah etnis Tionghoa di Semarang. Tempat wisata di Semarang ini dibangun di lokasi kedatangan laksamana dari Tiongkok yang populet yaitu Laksamana Cheng Ho pada tahun 1400-an.

Klenteng yang berlokasi di kawasan Simongan, Semarang ini mempunyai desain arsitektur khas Tiongkok. Untuk warna merah pun menjadi warna dominan pada bangunan kelenteng. Untuk kompleks kelenteng yang juga disebut dengan nama Klenteng Gunung Batu ini mempunyai luas mencapai 3,2 hektare.

Di dalamnya terdapat lima bangunan, yaitu Tho Tee Kong, Kyai Juru Mudi, Sam Poo Kong, Kyai Jangkat, serta Kyai Cundrik Bumi.

5. Tempat Wisata Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo Bandungan

Tempat wisata Candi Gedong Songo yang berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang bisa menjadi persinggahan berikutnya. Berlokasi di lereng Gunung Ungaran.

Tempat wisata di Semarang ini tidak hanya menjadi tempat wisata bersejarah tetapi juga dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemkamungan memukau. Sebagai bonus, Kamu juga akan menjumpai kolam pemandian air panas alami di kompleks candi ini.

Untuk mengetahui wisata Bandungan yang sedang naik daun lainnya, selahkan kunjungi tempat wisata Bandungan.

Tempat Wisata Candi Gedong Songo ini terdiri dari sembilan bangunan candi. Uniknya, candi ini dulu sempat disebut dengan nama Candi Gedong Pitu, sebab itu hanya ditemukan sebanyak tujuh candi.

Tempat Wisata Candi Gedong Songo Baru ditemukan kembali pada rentang 1908-1911, serta dua candi di area yang sama sehingga namanya pun berubah menjadi Candi Gedong Songo. Tempat Wisata Candi-candi tersebut diketahui merupakan peninggalan dari Wangsa Syailendra yang berkuasa pada abad ke-9 Masehi.

6. Tempat Wisata Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa

Tempat Wisata Benteng Pendem Ambarawa ini dibangun oleh Belkamu pada tahun 1834. Selagi berlokasi di wilayah Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Walaupun telah berusia lebih dari 1 abad, bangunan benteng ini masih berdiri kokoh. Para wisatawan yang datang ke tempat wisata di Semarang ini kerap menjadikannya sebagai tempat foto yang menarik dan unik.

Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan kalau berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini. Benteng Pendem Ambarawa berlokasi di wilayah Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa, sehingga para pengunjung diharuskan untuk meminta izin terlebih dulu.

Tak terlalu sulit, buktinya tempat wisata ini selalu ramai dengan wisatawan. Maka dari itu, kamu bisa melakukan pengambilan gambar film Soekarno yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dilakukan di tempat wisata di Semarang yang satu ini.

7. Tempat Wisata Eling Bening Ambarawa

Wisata Eling Bening Ambarawa

Di tempat wisata Eling Bening Ambarawa ini, Kamu tidak hanya bisa menyaksikan pemkamungan indah. Tersedia juga beberapa fasilitas pendukung seperti fasilitas outbond, kolam renang, kafe, restoran, area berkemah, hingga ruang pertemuan. Tak heran kalau Eling Bening sering menjadi pilihan untuk berbagai macam aktivitas, baik liburan keluarga atau liburan bersama rekan kantor.

Kawasan wisata Eling Bening ini memang mempunyai pemkamungan mengagumkan. Di tempat wisata di Semarang ini, Kamu bisa menyaksikan suguhan pemkamungan deretan delapan gunung. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat melihat keindahan Rawa Pening, area persawahan, serta perkebunan kopi di sekitarnya.

Pemandangan juga akan semakin menakjubkan kalau Kamu datang ke tempat ini pada sore hari, ditemani suasana matahari terbenam.

Baca juga :Wisata Watu Gunung Ungaran

Demikian ulasan tentang beberapa lokasi wisata di Semarang yang bisa Anda jadikan destinasi wisata. Jangan lewatkan untuk mampir ke beberapa wisata kuliner di Semarang yang terkenal jika Anda mau mencicipi masakan disana. Semarang juga terkenal dengan wisata malamnya yang semakin asyik sebagai lokasi nongkrong di waktu malam hari.

Loading...

Pantai Menganti Kebumen

Hansar
4 min read

Tempat Wisata di Solo

Wahyoeni
3 min read

Candi Gedong Songo

Hansar
4 min read

The Village Purwokerto

Hansar
3 min read

Cimory Semarang

Hansar
3 min read

Umbul Ponggok Klaten

Hansar
5 min read