Tempat Wisata di Tangerang

Sebagai kota yang termasuk padat dan lekat dengan julukan kota industri membuat banyak orang menyangka bahwa kota Tangerang tidak memiliki tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.

Anggapan tersebut memang wajar karena kota Tangerang yang merupakan salah satu kota di provinsi Banten, Jawa Barat ini lebih dominan oleh bangunan-bangunan pabrik dan pusat-pusat perbelanjaan.

Bahkan, di kota yang hanya sejarak beberapa kilometer dari kota Jakarta ini berdiri tak kurang dari 1000-an pabrik. Maka sangat pantas kalau orang-orang di luar kota Tangerang akan membayangkan bahwa di kota ini hanya ada bangunan pabrik bertingkat-tingkat di segala penjuru.

tempat-wisata-di-tangerang-banten

 

Namun tunggu dulu. Meskipun sebagian besar wilayahnya dipenuhi oleh pabrik dan pusat perbelanjaan, sebenarnya di kota Tangerang juga terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Seperti kota-kota lainnya di Indonesia, tempat wisata di Tangerang juga banyak ragam jenisnya mulai dari tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, hingga wisata budaya.

Kalau Anda belum pernah ke Tangerang dan ingin mengetahui tempat-tempat wisata favorit yang ada di Tangerang, maka beberapa diantaranya akan Anda temukan di artikel ini. Karena itu, yuk baca terus sampai tuntas.

Tempat Wisata di Tangerang

Sebenarnya beberapa tempat wisata di Tangerang sudah pernah kami ulas pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai tempat wisata di Banten.

Namun seperti tema utamanya, kami hanya membahas tempat-tempat wisata di provinsi Banten secara umum pada artikel tersebut.

Nah, kalau yang Anda cari adalah informasi mengenai tempat wisata di Tangerang secara khusus, maka di artikel inilah akan Anda temukan informasi lengkapnya.

Baiklah agar tidak melebar, yuk langsung saja kita lihat objek-objek wisata apa saja yang ada di kota Tangerang, Banten, Jawa Barat ini.

1. Telaga Biru Cisoka

tempat-wisata-di-tangerang-telaga-biru-cisoka

  • Alamat : Jln. Cigaru Cisoka, Cisoka, Tangerang
  • Harga tiket masuk : Gratis

Tempat wisata yang saat ini sedang booming di kalangan anak muda yang suka selfie ataupun berfoto dengan latar air danau yang kebiruan.

Telaga Biru Cisoka sangat layak untuk kunjungan santai anta bersama pasangan ataupun keluarga.

Danau ini dulunya merupakan tempat galian tambang yang kemudian berubah dan beralih fungsi menjadi tempat rekreasi yang instagrambale.

Yang perlu diperhatikan, di sekitar tempat wisata ini nampaknya masih belum begitu banyak fasilitas umum termasuk warung penjual makanan sehingga apabila datang ke sini Anda sebaiknya menyiapkan bekal dari rumah.

2. Tebing Koja

tempat-wisata-di-tangerang-tebing-koja

  • Alamat : Cireudeu, Solear, Tangerang
  • Harga tiket masuk : Rp. 3000 per orang

Tebing Koja, ingat ya, bukan Tebing Breksi yang ada di Jogja.

Tempat wisata di Tangerang ini adalah salah satu yang menurut kami paling instagramable atau instagenik untuk kamu para milenials yang hobi berfoto.

Selain nuansa alamnya yang unik dengan barisan tebing beragam rupa, suasana alam di sekitar tempat ini juga masih sangat alami sehingga akan sangat nyaman sebagai tempat melepas penat.

Tebing Koja ini basanya akan ramai dikunjungi para wisatawan yang berasal dari Tangerang dan Jakarta saat weekend.

Kalau kamu sempat datang ke sini, jangan sampai lupa untuk membekali diri dengan kamera terbaik.

Mengenai fasilitas wisata di Tebing Koja meskipun sangat minim, namun sudah cukup untuk mendukung aktifitas wisata kamu.

Jika datang berdua bersama pasangan, sembari berfoto ria cobalah juga untuk menikmati indahnya suasana dengan menaiki sampan kayu yang telah disediakan pengelola atau masyarakat sekitar.

Hanya dengan biaya beberapa ribu saja, kamu sudah bisa menikmati segarnya alam dan tenangnya air di balik tebing-tebing nan eksotis.

3. Scientia Square Park

tempat-wisata-di-tangerang-scientia-square-park

  • Alamat : Jalan Scientia Boulevard Serpong, Tangerang, Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk : Gratis

Setelah menyambangi dua tempat wisata yang lekat dengan aktifitas photography dan sepertinya lebih relevan untuk anak muda, kini saatnya melihat objek wisata yang cocok untuk Anda yang ingin mengisi waktu libur bersama keluarga.

Ya, bagi Anda yang sudah berkeluarga dan ingin membawa serta semua keluarga untuk menikmati hari libur, maka Anda bisa berkunjung ke Scientia Square Park di kota Tangerang.

Tempat wisata berkonsep taman terbuka ini menawarkan banyak sekali aktifitas wisata untuk Anda dan keluarga.

Di tempat ini, Anda bisa melakukan aktifitas wisata seperti jogging, wall climbing, yoga, hingga menikmati lezatnya hidangan ikan koi.

Kemudian untuk si kecil, di sini mereka bisa menikmati keceriaan dengan bermain kupu-kupu yang tersedia di area khusus bernama the metamorphosis of butterfly.

Tempat wisata berbentuk taman bermain ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

4. Museum Benteng Heritage

tempat-wisata-di-tangerang-museum-benteng-heritage

  • Alamat : Jalan Cilame Nomor 20, Pasar Lama, Tangerang.
  • Harga tiker masuk : Rp. 10.000 per orang (Pelajar) – Rp. 20.000 (Umum)

Selain tempat wisata berjenis wisata alam dan taman bermain, di Tangerang juga ada tempat wisata berjenis wisata sejarah.

Jika Anda menyukai perjalanan wisata bertema sejarah, maka salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi di Tangerang adalah Museum Benteng Heritage ini.

Benteng ini berupa sebuah gedung berarsitektur tionghoa yang konon pembangunannya dilakukan pada abad ke-17.

Mengenai aktifitas wisata yang bisa dilakukan, di museum ini Anda bisa melihat langsung dan mempelajari sejarah pendaratan armada cheng ho di tanah air.

Selain itu ada juga berbagai macam jenis dan model kamera kuno yang tersimpan di sebuah galeri di dalam museum ini. Bagi Anda yang menyukai photography, Anda bisa melihat dan mempelajari sejarah atau bentuk-bentuk kamera zaman dulu.

5. Pulau Situ Gintung

tempat-wisata-di-tangerang-pulau-situ-gintung

  • Alamat : Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan
  • Harga tiket masuk : Rp. 10.000 per orang – Rp. 20.000 per orang (Menginap)

Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan acara gathering atau sekedar menikmati waktu libur di tempat yang sejuk dan segar, maka Anda bisa mengarahkan tujuan ke objek wisata Pulau Situ Gintung Tangerang.

Bekonsep taman bermain air, tempat wisata ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang siap memanjakan waktu liburan Anda. Di sini Anda bisa berenang, berkemah, reuni, hingga melakukan kegiatan outbound lainnya.

Selain itu di tempat ini juga dibuka pelatihan bagi Anda yang ingin belajar membuat keramik. Jadi selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga menjadi lokasi kegiatan edukasi.

6. Situ Cihuni

tempat-wisata-di-tangerang-situ-cihuni

  • Alamat : Cihuni, Pagedangan, Tangerang, Banten.
  • Harga tiket masuk : Rp. 20.000 per orang

Objek wisata alam yang benar-benar alami juga bisa Anda temukan di Tengarang, namanya adalah objek wisata Situ Cihuni.

Situ ini menawarkan pemandangan alam yang alami dan indah dalam bentuk hamparan rumput dan pepohonan hijau yang mengelilingi situ.

Selain asik sebagai tempat singgah, rute ke Situ Cihuni ini juga menjadi salah satu rute favorit bagi para penyuka sepeda dengan jalur naga sebagai rute populernya.

Bagi Anda yang suka gowes, maka Anda bisa mencoba jalur naga ini sebelum menikmati liburan di kawasan Situ Cihuni.

7. Taman Kota 2 BSD

tempat-wisata-di-tangerang-taman-kota-2-bsd

  • Alamat : Jalan Letnan Sutopo, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
  • Harga tiket masuk : Rp. 20.000 per orang

Meski dinamai taman kota, suasana di dalam taman ini akan membuat Anda lupa bahwa Anda sedang berada di tengah kota.

Taman ini berbentuk taman terbuka dengan luas sekitar 7,2 hektar yang di dalamnya berisi ribuan pepohonan rindang. Dijamin, setelah masuk ke taman ini, semua penat dan kesuntukan Anda akan sirna dan fresh kembali.

Bukan hanya pepohonan atau bunga-bungaan saja yang akan Anda temukan di taman ini. Bagi Anda yang ingin beraktifitas, Anda juga bisa melakukan jogging di jogging track yang tersedia.

Selain itu ada juga bangku dan gazebo sebagai tempat bersantai. Kemudian untuk Anda yang ingin berfoto, Anda bisa mencoba spot favorit bernama jembatan merah cinta di dalam Taman Kota 2 BSD ini.

8. Situ Bulakan

tempat-wisata-di-tangerang-situ-bulakan

  • Alamat : Jalan Mutiara Pluit Utama, Periuk, Tangerang
  • Harga tiket masuk : Gratis

Selain Situ Cihuni, di Tangerang juga ada Situ Bulakan yang bisa dijadikan destinasi wisata Anda di akhir pekan.

Dibandingkan dengan Situ Cihuni, di Situ Bulakan ini aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan lebih beragam karena dukungan fasilitas dan wahana yang lebih lengkap.

Di sini setelah menikmati suasana situ yang asri, Anda selanjutnya bisa berkeliling situ dengan menaiki perahu motor. Selain itu, Anda juga bisa memancing ikan di fastilitas pemancingan yang telah disediakan pengelola.

Fasilitas lain seperti warung-warung penjual makanan juga ramai di sekitar Situ Bulakan. Jadi untuk urusan isi perut, Anda tidak perlu khawatir bahkan Anda bisa sekaligus berwisata kuliner di situ ini.

Yang terakhir dan yang menjadi daya tarik terbesar untuk para wisatawan mengujungi Situ Bulakan ini adalah lokasinya yang cukup strategis sehingga memungkinkan untuk menyaksikan keindahan detik-detik matahari terbenam di sore hari.

9. Taman Buaya Tanjung Pasir

tempat-wisata-di-tangerang-taman-buaya-tanjung-pasir

  • Alamat : Jalan Raya Tanjung Pasir
  • Harga tiket masuk : Rp. 8000 per orang (Dewasa) – Rp. 4000 per orang (Anak-anak)

Meski terdengar agak menyeramkan, melihat langsung kehidupan buaya bagi sebagian orang adalah hal yang mengasikkan.

Buktinya, setiap hari ada saja pengujung atau wisatawan yang datang ke penangkaran buaya yang ada di Taman Buaya Tanjung Pasir, Tangerang ini.

Jika Anda penasaran dan juga ingin melihat langsung kehidupan buaya-buaya tersebut, Anda bisa mendatangi Taman Buaya Tanjung Pasir di akhir pekan nanti.

Tenang saja, buaya-buaya di tempat ini sudah dikrangkeng di dalam kandang yang aman. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan diserang.

Setelah puas menyaksikan bagaimana kehidupan binatang buas tersebut, Anda kemudian bisa membeli oleh-oleh berupa cinderamata khas Taman Buaya Tanjung Pasir di luar penangkarang.

10. Alun-alun Tangerang

tempat-wisata-di-tangerang-alun-alun-tangerang

  • Alamat : Jalan Ahmad Yani Nomor 15, Sukarasa, Tangerang
  • Harga tiket masuk : Gratis

Liburan akhir pekan juga bisa diisi dengan kegiatan yang dapat meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh, misalnya berolahraga sambil berbaur dengan banyak orang di alun-alun kota Tangerang.

Selain kerap dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga, tempat ini juga akrab sebagai tujuan wisata masyarakat lokal bersama keluarga mereka.

Ada beragam fasilitas yang tersedia di alun-alun ini, diantaranya adalah fasilitas olahraga, fasilitas bersantai, hingga fasilitas wisata.

Di sini Anda bisa bermain sepakbola, jogging, ataupun berlatih karate bersama atlet-atlet nasional.

11. Pasar Lama

tempat-wisata-di-tangerang-pasar-lama

  • Alamat : Jalan Kisamaun, Sukasari, Tangerang
  • Harga tiket masuk : Gratis

Berkunjung ke Tangerang akan terasa lebih lengkap setelah Anda mendatangi Pasar Lama, Tangerang ini.

Di pasar inilah Anda bisa membeli berbagai macam souvenir khas kota Tangerang sebagai oleh-oleh liburan Anda untuk keluarga.

Selain souvenir, di pasar tradisional ini Anda bisa mencoba beragam jenis santapan kuliner khas Tangerang seperti bubur kepiting, es podeng, es bun tin, hingga makanan khas India yaitu roti cane.

Baca juga tempat wisata di Jawa Barat lainnya seperti : Tempat Wisata di Subang

Demikianlah ulasan mengenai tempat-tempat wisata di Tangerang Banten yang bisa Anda kunjungi baik sendirian, bersama pasangan, ataupun bersama keluarga. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Anda bisa memilih Situ Bulakan, Situ Cihuni, ataupun Tebing Koja. Begitu juga bagi Anda yang lebih menyukai wisata sejarah ataupun wisata kuliner, di Tangerang ada Museum Benteng Heritage dan juga Pasar Lama yang menarik untuk dikunjungi.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read