Tempat Wisata di Tulungagung

Berlibur ke Tulungagung merupakan salah satu opsi menarik yang patut anda coba. Di kabupaten yang berbatasan dengan Samudra Hindia yang berada di di sebelah selatan pulau jawa ini, banyak lokasi-lokasi wisata yang bisa dijadikan tempat liburan. Tempat wisata di Tulungagung yang indah dengan berbagai macam wisata pantai yang memukau. Pantai yang ada di Tulungagung memiliki panorama alam yang menawan dan tidak kalah dari pantai lainnya. Deburan ombak besar, karang dan pasir putih khas pantai Samudra Hindia terdapat di area Tulungagung ini. Selain pantai, wisata sejarah, edukasi, dan air terjun juga tersedia di kawasan satu ini.

Peta Kabupaten Tulungagung

Secara akses, kabupaten Tulungagung tergolong mudah disambangi. Pasalnya lokasinya berbatasan dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur. Mulai dari sebelah utara yang berbatasan dengan kabupaten Kediri, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Blitar dan bagian barat berbatasan dengan kabupaten Trenggalek. Selain dataran rendah, kawasan Tulungagung juga memiliki kawasan dataran tinggi karena masih berada di area lereng Gunung Wilis. Nah, bagi yang penasaran apa saja tempat wisata yang ada di kabupaten penghasil marmer ini, berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Tulungagung

1. Pantai Popoh

Pantai Popoh Tulungagung

Pantai yang beralamat di Jalan Raya Pantai Prigi, Watumulio, Tulungagung ini berada di kawasan teluk sehingga ombaknya tidak terlalu besar. Pemandangan alam yang eksotis menjadi ciri khas pantai cantik ini. Area tebing terjal dengan panorama alam memukau merupakan hal yang bisa anda jumpai di pantai cantik ini. Anda bisa berkeliling teluk dengan perahu khusus.

2. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Pantai dengan batuan karang yang menghiasi area sekitarnya ini memiliki laguna-laguna yang memukau. Laguna yang terbentuk menyerupai kolam ini merupakan daya tarik tersendiri dari pantai cantik ini. Anda bisa berenang di air yang masuk ke laguna ini. Panorama alam memukau dengan suasana asri makin membuat pantai cantik ini kian menjadi lpkasi wisata yang wajib untuk disambangi. Area tebing dan deburan ombak besar makin menambah pesona pemandangan alamnya.

3. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur Tulungagung

Pantai berpasir putih ini berlokasi di Desa Jengglungharjo, Tulungagung. Hamparan pasir putihnya sangat luas dengan panorama ombak pantainya yang besar. pantainya masih sangat bersih dengan kawasan pepohonan hijau yang memukau. Di pantai cantik ini kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Selain itu bersantai sembari bermain air di tepiannya juga menjadi aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di pantai cantik ini.

4. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing Tulungagung

Selain pantainya, Tulungagung juga memiliki sebuah agrowisata yang lokasinya di Dusun Cluwok, Desa Bono, Boyolangu, Tulungagung. Agrowisata yang membudidayakan buah belimbing ini menyediakan aneka jenis belimbing. Jenis Bangkok Merah merupakan andalan buah dari agrowisata ini. Area hijau, udara yang sejuk, hingga sejumlah fasilitas pengunjung yang memadai bisa Anda lihat disekitar kawasan yang bisa menghasilkan 2 ton belimbing setiap harinya.

5. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean Tulungagung

Lokasinya di area lereng Gunung Wilis. Pemandangan alam seperti hijaunya pepohonan, udara yang sejuk, hingga gemercik air yang jernih menjadi ciri khas air terjun setinggi 100 meter ini. Untuk sampai ke kawasan air terjun, anda memang mesti menempuh perjalanan cukup menantang. Namun penat terbayar lunas ketika sampai di kawasan wisata satu ini. Secara administratif, destinasi wisata alam ini berada di Desa Geger, Sendang, Tulungagung.

Baca juga : Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

Demikian beberapa pilihan tempat wisata di Tulungagung yang menjadi destinasi wisata menarik dan patut untuk dikunjungi. Jika Anda sedang berlibur atau singgah di Tulungagung jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang sudah dijabarkan diatas. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.