Tempat Wisata di Tulungagung

Tempat Wisata di Tulungagung, Jawa Timur

Tulungagung, Jawa Timur

3 Ulasan

Berlibur ke Tulungagung merupakan salah satu opsi menarik yang patut anda coba. Di kabupaten yang berbatasan dengan Samudra Hindia yang berada di di sebelah selatan pulau jawa ini, banyak lokasi-lokasi wisata yang bisa dijadikan tempat liburan.

Tempat wisata di Tulungagung yang indah dengan berbagai macam wisata pantai yang memukau. Pantai yang ada di Tulungagung memiliki panorama alam yang menawan dan tidak kalah dari pantai lainnya.

Deburan ombak besar, karang dan pasir putih khas pantai Samudra Hindia terdapat di area Tulungagung ini. Selain pantai, wisata sejarah, edukasi, dan air terjun juga tersedia di kawasan satu ini.

Peta Kabupaten Tulungagung

Secara akses, kabupaten Tulungagung tergolong mudah disambangi. Pasalnya lokasinya berbatasan dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur. Mulai dari sebelah utara yang berbatasan dengan kabupaten Kediri, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Blitar dan bagian barat berbatasan dengan kabupaten Trenggalek.

Selain dataran rendah, kawasan Tulungagung juga memiliki kawasan dataran tinggi karena masih berada di area lereng Gunung Wilis. Nah, bagi yang penasaran apa saja tempat wisata yang ada di kabupaten penghasil marmer ini, berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Tulungagung

1. Pantai Popoh

Pantai Popoh Tulungagung

Pantai yang beralamat di Jalan Raya Pantai Prigi, Watumulio, Tulungagung ini berada di kawasan teluk sehingga ombaknya tidak terlalu besar. Pemandangan alam yang eksotis menjadi ciri khas pantai cantik ini.

Area tebing terjal dengan panorama alam memukau merupakan hal yang bisa anda jumpai di pantai cantik ini. Anda bisa berkeliling teluk dengan perahu khusus.

2. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Pantai dengan batuan karang yang menghiasi area sekitarnya ini memiliki laguna-laguna yang memukau. Laguna yang terbentuk menyerupai kolam ini merupakan daya tarik tersendiri dari pantai cantik ini. Anda bisa berenang di air yang masuk ke laguna ini.

Panorama alam memukau dengan suasana asri makin membuat pantai cantik ini kian menjadi lpkasi wisata yang wajib untuk disambangi. Area tebing dan deburan ombak besar makin menambah pesona pemandangan alamnya.

3. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur Tulungagung

Pantai berpasir putih ini berlokasi di Desa Jengglungharjo, Tulungagung. Hamparan pasir putihnya sangat luas dengan panorama ombak pantainya yang besar. pantainya masih sangat bersih dengan kawasan pepohonan hijau yang memukau.

Di pantai cantik ini kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Selain itu bersantai sembari bermain air di tepiannya juga menjadi aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di pantai cantik ini.

4. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing Tulungagung

Selain pantainya, Tulungagung juga memiliki sebuah agrowisata yang lokasinya di Dusun Cluwok, Desa Bono, Boyolangu, Tulungagung. Agrowisata yang membudidayakan buah belimbing ini menyediakan aneka jenis belimbing.

Jenis Bangkok Merah merupakan andalan buah dari agrowisata ini. Area hijau, udara yang sejuk, hingga sejumlah fasilitas pengunjung yang memadai bisa Anda lihat disekitar kawasan yang bisa menghasilkan 2 ton belimbing setiap harinya.

5. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean Tulungagung

Lokasinya di area lereng Gunung Wilis. Pemandangan alam seperti hijaunya pepohonan, udara yang sejuk, hingga gemercik air yang jernih menjadi ciri khas air terjun setinggi 100 meter ini.

Untuk sampai ke kawasan air terjun, Anda memang mesti menempuh perjalanan cukup menantang. Namun penat terbayar lunas ketika sampai di kawasan wisata satu ini. Secara administratif, destinasi wisata alam ini berada di Desa Geger, Sendang, Tulungagung.

Baca juga : Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

Demikian beberapa pilihan tempat wisata di Tulungagung yang menjadi destinasi wisata menarik dan patut untuk dikunjungi. Jika Anda sedang berlibur atau singgah di Tulungagung jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang sudah dijabarkan diatas. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Belajar Bahasa Inggris

3 Ulasan untuk Tempat Wisata di Tulungagung, Jawa Timur

  1. Pemandangan di pantai Kedung Tumpnag sangat bagus, sangat memanjakan mata. Tempat ini lebih seperti teluk yang banyak sekali dengan laguna” indah. Akses menuju pantai kedung tumpang sudah cukup bagus, dengan kondisi jalan yang naik turun dan sedikit jalan yang berlubang”. Anda akan menemukan jalan yang sudah diberi beton ketika sudah mendekati pantai ini, kurang lebih 2 km an jalan berbeton. Sudah dicoba dengan menggunakan mobil daihatsu sigra dan alhamdulillah masih kuat dengan full load. Sebenarnya jika anda mencari jalur yang benar dan enak sebaiknya jangan terlalu memperhatikan google maps anda. Karena kemarin pengalaman berangkat dari Pare menuju pantai ini cukup dibingungkan oleh google maps dan alhasil dilewatkan dengan jalan yang kurang bagus. Sebenarnya cukup mudah untuk menuju pantai ini, ikuti saja rambu” jalan yang mengarah ke Pantai Popoh, anda akan menemukan rambu jalan yang akan menuju pantai ini.nnUntuk tiket masuk dan parkir cukup murah, dengan total biaya hanya 10rb saja. Bila telah mencapai parkiran mobil, anda sebenarnya sedang berada di pinggir tebing pantai, dan dibawah anda adalah pantai yang kalian cari, Pantai Kedung Tumpang. Untuk menikmati pantai ini, anda diharuskan menuruni tebing. Ada 2 jalur yang disediakan, jalur yang menuju kedung gede (jalur kanan) dan jalur yang menuju kedung tumpang (jalur kiri). Untuk akses turun, sebaiknya pilih jalur kanan. Walaupun kedua jalur ini kondisinya kurang bersahabat (masih jalan setapak, curam, cukup licin bila sedang hujan, dan hanya disediakan tali tampar sebagai pegangan), tapi jalur kanan masih cukup enak untuk dipilih sebagai akses turun, karena masih ada beberapa anak tangga yang sudah di cor dan sisanya anak tangga yang terbuat secara alami. Setelah turun sekitar 1 km, mata anda akan dimanjakan dengan laguna yang indah. Untuk akses naik kembali ke parkiran mobil, saya sarankan melewati jalur kiri, karena walaupun pada awal jalur terlihat cukup terjal, tapi setelahnya cukup nyaman untuk didaki dan landai. Saya tidak merekomendasikan pantai ini untuk lansia, karena jalur untuk menuruni tebing cukup bikin pegel. Dan sangat disarankan menggunakan sepatu untuk menghindari terpeleset ketika menaiki atau menuruni tebing ini. Saya kurang tahu laguna ini bisa dipakai untuk berenang atau tidak, tapi sepertinya bisa. Namun perlu berhati-hati untuk berenang disini, karena saya melihat ada beberapa bulu babi di lokasi ini

  2. Pantai Kedung Tumpang tidak ada pasirnya tapi kecantikan karangnya siap bertanding dengan pantai2 lainnya. Akses jalan nya udah mulus bgt sampai parkiran lo ya. Untuk turun ke karangnya harus siap berjuang dan menyiapkan tenang ekstra, disana kita dikasih 2 pilihan jalur yg pertama dari arah warung2 medan lumayan mudah tapi agak jauh sedangkan satu nya menuruni tangga cumak setengah setelah itu melewati tanah yg menurun bgt disana cumak dikasih bantuan tali untuk turun/ naik tapi lebih cepat nyampek nya. Disana kita diperbolehkan renang kalau yg bisa renang lo ya, juga ada penjaga nya kok dibawah jadi bisa tanya2 apa yg boleh dilakukan dibawah. HTM nya cumak bayar parkir aja 5000 kok. Murah meriah kan. Selamat berkunjung

  3. Pemandangan di pantai Kedung tumpang bagus bgtttt, ombaknya lumayaan. Oiya jalan menuju ke kedung nya lumayan menantang jadi siapin tenaga yaaah!! Kalo ga weekend yg jualan cuma diluar aja jadi bawa bekal ya cukup melekahkan tp terbayar dengan indahnya pemandangan. Saran dari aku sih kalo kesni pagi bgt aja biar ombaknya ga besar2 bangettt.

Leave a Reply