The Village Purwokerto

The Village Purwokerto, Jawa Tengah

Dusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

5 Ulasan

The Village Purwokerto adalah salah satu tempat wisata baru yang ada di Jawa Tengah, tepatnya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Mengusung konsep wisata edukasi yang dipadukan dengan desain kawasan yang sangat modern, tempat ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi Anda yang sedang mencari lokasi terbaik untuk berswafoto.

Nah apa saja wahana menarik di The Village Purwokerto serta apa saja aktifitas yang bisa Anda lakukan di sana? Yuk, simak uraian selengkapnya di bawah ini.

the-village-purwokerto-2019

The Village Purwokerto

Geliat industri pariwisata di Jawa Tengah khususnya di Purwokerto terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Di samping meremajakan obyek-obyek wisata yang ada, pemerintah juga mulai membangun tempat-tempat wisata baru untuk menambah pilihan destinasi wisata yang bisa dituju para wisatawan yang datang ke Purwokerto.

Beberapa obyek wisata yang tergolong masih baru di Purwokerto antara lain Lokawisata Baturraden, Gua Sarabadak, Curug Gede, Curug Belot, telaga sunyi Baturraden, mata air panas Kalibacin, dan tentunya obyek wisata yang kita bahas kali ini yaitu The Village Purwokerto.

Bagi yang belum mengetahui, obyek wisata ini sendiri mulai diresmikan dan dibuka untuk kunjungan wisata pada tahun 2018 oleh gubernur jawa tengah saat ini, yaitu Bapak Ganjar Pranowo.

the-village-purwokerto-banyumas-regency-central-java

The village Purwokerto menyajikan suasana berlibur di tengah kawasan wisata yang asri dengan bangunan-bangunan bergaya khas eropa sebagai daya tarik utamanya.

Selain itu di tengah kawasan wisata seluas 2,8 hektar ini, Anda juga akan mendapati berbagai macam wahana wisata taman untuk spot berfoto, area playground anak, danau buatan, food court, taman tematik, dan masih banyak yang lainnya.

Alamat The Village Purwokerto

alamat-the-village-purwokerto

The village Purwokerto beralamat lengkap di Jln. Raya Baturaden KM.07 Rempoah Dusun I, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk sampai di kawasan wisata ini dari pusat kabupaten Purwokerto, Anda setidaknya akan menempuh perjalanan sejarak kurang lebih 6,8 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 15 menit berkendara melewati jalan raya Baturaden.

Rute ke The Village Purwokerto

Sementara ini kami belum bisa menginformasikan mengenai rute-rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi obyek wisata The Village Purwokerto.

Namun, rutenya sebenarnya bisa Anda cari dengan sangat mudah melalui aplikasi google map di IOS ataupun Android.

Jam Operasional

fasilitas-the-village-purwokerto

Anda bisa datang ke tempat wisata ini setiap hari baik di hari kerja ataupun hari libur. Untuk jam buka atau jam operasionalnya, The Village Purwokerto ini di buka mulai dari pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB setiap harinya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk The Village Purwokerto terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan waktu kunjungan. Daftar harga tiketnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini :

Waktu KunjunganHarga Tiker Masuk
Siang
Senin-Jum’atRp. 20.000
Sabtu-MingguRp. 25.000
Malam
Weekday (18.00-21.00 WIB)Rp. 10.000
Weekend (18.00-21.00 WIB)Rp. 15.000

Untuk hari libur nasional harga tiket masuk ke lokasi wisata ini sama dengan harga tiket pada hari sabtu dan minggu.

Kemudian untuk tiket wahana jika Anda ingin mencoba wahana wisata yang ada di dalam, harga tiketnya berkisar antara Rp. 7000 hingga Rp. 10.000.

Fasilitas dan Wahana

wahana-the-village-purwokerto

Untuk fasilitas yang tersedia di lokasi wisata The Village Purwokerto tidak perlu diragukan lagi. Fasilitas umum seperti toilet, area parkir, tempat ibadah, dan yang lainnya sudah tersedia di tempat ini.

Begitu juga dengan wahana wisata yang disediakan pengelola. Seperti yang telah dipaparkan sedikit di atas, di kawasan wisata ini sudah tersedia berbagai macam wahana menarik yang siap dinikmati pengujung.

Nah sebagai referensi wahana apa saja yang bisa Anda eksplore saat berkunjung ke obyek wisata The Village Purwokerto, berikut ini kami ulas beberapa wahana favorit yang biasanya diserbu pengujung.

Baca juga : Wisata Guci Tegal

Wahana Menarik di The Village Purwokerto

1. Taman Tematik

the-village-purwokerto-taman-tematik

Taman tematik ini berupa area yang berisi bangunan-bangunan menarik dengan gaya khas eropa yang begitu kental. Banyak yang menyebutnya sebagai replikasi kota venesia yang ada di Italia sana.

Selain keunikan bangunannya, di sini juga dilengkapi dengan taman dan danau buatan yang akan semakin menambah indah dan asri suasana.

Untuk mengelilingi kawasan ini, selain berjalan kaki pengujung juga sering menaiki wahana paddle boat menyusuri danau buatan yang mengelilingi sepanjang area taman tematik.

2. Taman Untuk Spot Foto

the-village-purwokerto-spot-foto

Selain taman tematik, area lainnya yang selalu dikunjungi wisatawan yang datang ke The Village Purwokerto adalah taman yang biasa digunakan sebagai lokasi berfoto ini.

Taman ini diisi oleh berbagai macam bunga dan pepohonan hijau yang begitu indah dipandang mata.

Selain itu, di sini juga sudah disediakan sebuah replika kapal bajak laut sebagai spot yang sangat unik untuk berswafoto.

3. Kubah Burung

the-village-purwokerto-kubah-burung

Pernahkah Anda melihat burung-burung yang dikurung di dalam sangkar yang sangat besar sehingga memungkinkan mereka untuk bisa terbang kesana-kemari dengan puasnya tanpa merasa terkurung?

Jika belum, maka di tempat wisata inilah Anda akan melihatnya.

Ya, di lokasi wisata ini ada sebauh wahana yang dinamakan wahana bird dome atau kubah burung yang berisi berbagai jenis dan rupa burung.

Selain melihatnya, Anda juga bisa masuk ke dalam kubah untuk memberi makan burung-burung tersebut dengan membayar karcis seharga Rp. 10.000.

4. Mobil Antik

Wahana mobil antik ini tidak hanya bisa dilihat atau dijadikan spot berfoto tapi juga bisa dijadikan sebagai alat trnsportasi khusus untuk berkeliling kawasan wisata The Village Purwokerto.

Selain mobil anti, ada juga kereta mini yang bisa dinaiki dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 10.000.

5. Gembok Cinta

gembok-cinta-the-village-purwokerto

Wahana ini berupa sebuah jembatan yang membentang di atas kanal yang ada di The Village Purwokerto.

Selain menarik sebagai tempat berfoto, jembatan ini juga kerap dijadikan sebagai tempat bersantai para pengujung bersama teman atau pasangan mereka.

Wahana gembok cinta di kawasan wisata The Village Purwokerto ini bahkan sering disebut sebagai area lovelock ala korea selatan.

6. Playground Anak

the-village-purwokerto-playground

Tidak hanya menyediakan wahana untuk orang dewasa saja, pengelola obyek wisata The Village Purwokerto juga menyediakan area playgrund sebagai tempat bermain anak.

Area ini berisi berbagai macam wahana permainan anak yang akan membuat putra putri Anda merasa betah dan selalu ceria.

Selain itu, ada juga area yang berisi berbagai macam hewan jinak seperti kambing, sapi, domba, dan kelinci. Di area ini, Anda atau anak-anak diizinkan untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut.

7. Food Court

the-village-purwokerto-food-court

Berlibur ke sebuah lokasi wisata tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba berbagai macam kuliner khas daerah tempat obyek wisata tersebut berada.

Misalnya jika berkunjung ke tempat wisata di Boyolali yang juga merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah, Anda pastinya ingin juga mencoba bagaimana rasa atau jenis-jenis kuliner yang ada di sana bukan?

Nah di The Village Purwokerto 2019 ini, Anda juga bisa mencoba berbagai menu kuliner khas Purwokerto yang dijual di area food court-nya.

Selain makanan khas Purwokerto, di area food court ini juga dijual berbagai menu kuliner khas eropa jika Anda ingin mencobanya. Selain itu, di sini juga ada area khusus bernama coffee shop, gelato point, queen bakery, dan pusat souvenir.

the-village-purwokerto-malam-hari

Baca Juga : Cimory Semarang

Berlibur ke obyek wisata baru dan modern seperti The Village Purwokerto ini akan memberi suasana yang berbeda. Karenanya jika Anda sudah bosan mengujungi tempat-tempat wisata itu-itu saja, maka sesekali ajaklah teman, pasangan ataupun keluarga Anda untuk berwisata ke The Village Purwokerto.

Belajar Bahasa Inggris

5 Ulasan untuk The Village Purwokerto, Jawa Tengah

  1. Tiket masuk malem tgl 16des s.d 05 jan 2020 10rb, tiket siangnya 23rbnDidalem dapet free minum sesuai yg tersedia.. td dpt milo panas df ukuran cup.kecil. ya lumayan buat dingin2 jd ada penghangat nya 🙂 :))nDi dalam tersedia kapal pinisi buat area selfi, swafoto. Ada kolam ikan dg area yg lumayan luas.. dg jembatan dan bangunan2 modern ada tempat duduk di pinggir kolam recomend buat yg suka nongki cantik.. ada bebek hidup jg loh.. nKarena malem dan cuaca gerimis ga sempet keliling full area.. hanya bentar aja.. keluar lg.. parkir motor kena charge 3rb .. gatau flat atau engga.. sistemnya pakai karcis macam di emol2.. ^^nnSekian 🙂

  2. The Village Purwokerto, wisata yang indah bertemakan bangunan eropa klasik. Berlokasi di Dusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151 sekitar 15 menit dari alun alun kota Purwokerto kurang lebih 6.9 KM dari pusat kota.nUdara nya sejuk sekali karena menanjak.nParkir nya luas, dan terjangkau.nTiket masuk nya perorang 33.000. DILARANG MEMBAWA MAKANAN dari LUAR. sebelum masuk gate, tas kita akan diperiksa oleh petugas. Apabila diketahui membawa makanan atau sekedar snack maka harus dittitipkan, dikasih no, dan baru bisa diambil setelah keluar. Dari tiket, kita akan mendapatkan minuman ber cup mini gratis, caranya menukar karcis di gedung FOOD COURT, ada 2 pilihan minuman yaitu rasa jeruk atau milo. Gelas nya sangat mini hehehnDidalam Food Court tersedia berbagai makanan baik westrn ataupun jepang, dan terutama makanan lokal dari rawon sampai mendoan. Harganya sangat bersahabat. Cara pesan nya adalah dengan mendatangi menu yg mau kita pilih, lalu akan mendapatkan 2 nota, 1 nota untuk membayar di kasir center yg ada ditengah gedung dan 1 nota dikembalikan kembali ke tempat kita memesan, dari sana kita akan mendapatkan no meja, kita hanya tinggal membawa no tersebut dan letakkan dimeja, setelah itu pedagang akan membunyikan bel untuk memanggil waitress dan kemudian mengantarkannya kepada kita. Heheh lumayan unik.nDisana banyak tempat foto yang bagus, ada penyewaan baju bertema eropa gitu, seharga 20.000 untuk digunakan berfoto disekitar The Village.nToiletnya bersih dan terawat, lingkungan nya pun bersih tidak ada sampah.

  3. Yang paling menyenangkan bagi saya n anak2 yaitu naik perahu sambil ngasih makan ikan, ikannya ngikutin kita muter2, jan anak saya (n saya) senang sekali lho 😅

  4. Gak nyangka ada tempat wisata bagus dan instagramable di Purwokerto. Pertama kalo datang kesini dan rasanya excited banget, tapi sayangnya kami kesini salah bulan alias waktu musim hujan sedang deras-derasnya 😅. Jadi sesampainya di lokasi hujan deras, sehingga kami harus menunggu redanya.nnKami akan membagi tempat ini dalam 3 area. Yaitu depan, tengah, dan belakang.nnArea depan ada lobby/pintu masuk. Kesan pertama ketika memasuki lobby adalah keindahan detail bangunan. Selanjutnya, kami di sambut dengan ramah oleh petugas tiketing. Masuk ke tempat wisata ini lumayan terjangkau. Untuk weekday (senin-jumat) 10.000,- sedangkan weekend (sabtu,minggu dan hari libur) 20.000,- jam operasionalnya buka sekitar pukul 09.30-21.00. Bagunan depan ini terdiri atas wc yang sangat-sangat bagus desain nya, bersih, wangi, kinclong, serta ada cafe di lantai 1 dan 2.nnSetelah membayar tiket, kami di beri semacam card barcode untuk masuk ke area taman. Tepat didepan area tiketing, mata kami langsung dimanjakan oleh danau buatan dengan bangunan jembatan kayu diatasnya. Menariknya banyak angsa yang menari dan berenang indah di danau itu.nnBerjalan ke sisi kiri, ada duplikat kapal layar besar dan wahana flying fox untuk anak-anak. Menyusuri area kiri taman ada cafe kekinian lengkap menjual minuman ala anak milenial. Berjalan lurus, akan menemukan wahana sepeda terbang yang lagi-lagi lebih di khususkan untuk anak-anak yang beratnya tidak lebih dari 60kg.nnMengitari danau, kita akan menemukan area bermain air, rumah kelinci, dome bird (kandang burung berbentuk kubah), taman ilusi, dan food court besar. Bagian ini termasuk area paling belakang dari The Village Purwokerto. Lurus ke arah depan, kami menemukan sebuah mini pet zoo.nnBerjalan lagi menuju sisi kanan area taman ada arena bermain khusus balita, ada toko yang menjajakan oleh-oleh dan yang paling di sukai ada gelato corner, hehehe. Dan tak terada sudah sampailah kami di pintu keluar.nnDari sekian banyak wahana, yang aman di coba orang dewasa hanya sepeda kayuh saja. Selebihnya hanya untuk anak-anak dan remaja dengan berat badan masuk kategori keamanan. Tempat ini memang lebih cocok untuk anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan. Untuk dewasa, kita berburu spot-spot foto saja ya. Karena tempat ini memang sangat cantik untuk di abadikan♥️.nnOh iya, untuk menikmati wahana, kita perlu menyiapkan paling tidak sekitar 15.000,- untuk sekali main.

  5. Rapi dan sangat terawat, yang kurang adalah kesadaran pengunjung disini untuk buang sampah pada tempatnya, tempatnya bagus waktu malam cuma tidak ada are foodcourt yg buka, jadi kalo kesini malam usahakan sudah kenyang, waktu terbaik kesini adalah jam 16-19, thanks for keep a clean environmet ya

Leave a Reply