Mengetahui Manfaat dan Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Membicarakan tentang kendaraan pribadi pastinya sudah tak asing lagi. Namun, ketika membahas tentang asuransi kendaraan,  kemungkinan masih terdengar asing bagi sebagian orang. 

Padahal kenyataannya,  asuransi kendaraan pribadi ini sangatlah penting. Berikut ini adalah penjelasannya.

Asuransi Kendaraan Itu Penting!

Saat ini, memiliki kendaraan pribadi tentu bukanlah hal yang baru.  Karena hampir semua orang sudah memilikinya. Entah itu sepeda motor maupun mobil.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa jumlah pengguna kendaraan pribadi kian meningkat. Hal ini bisa dibuktikan dengan kemacetan lalu lintas dan juga daftar perpanjangan kendaraan pribadi yang kian meningkat. Tentunya hal ini memiliki nilai plus dan minusnya.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Nilai plusnya adalah di mana semakin banyak orang yang meningkat perekonomiannya.  Sehingga selain  bisa memenuhi kebutuhan utama maka bisa memenuhi kebutuhan lainnya seperti memberi kendaraan pribadi.

Namun, ada pula poin minusnya yaitu di mana angka kemacetan juga semakin tinggi. Kemacetan  lalu lintas ini memang bukan hal yang baru di Indonesia karena hampir di kota-kota besar yang ada di seluruh Nusantara memang mengalami hal yang serupa.

Kemacetan lalu lintas selain membuat segala aktivitas menjadi terhambat karena tidak bisa tepat waktu, namun juga bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan lalu lintas ini bisa terjadi akibat banyak para pengendara baik itu sepeda motor maupun mobil yang saling melaju dengan kecepatan tinggi karena mengejar waktu.

Namun, akibat arus lalu lintas yang padat membuat sebagian pengendara kehilangan kendali karena harus mengerem secara mendadak. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Di mana akibat dari kecelakaan lalu lintas ini tak hanya mengancam keselamatan jiwa pengendara namun juga terjadinya kerusakan parah pada kendaraan itu sendiri.

Di sinilah  peran asuransi kendaraan,  di mana asuransi kendaraan dapat mengcover biaya kerusakan yang terjadi pada kendaraan pribadi anda akibat dari kecelakaan maupun musibah yang dialami. 

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan

Perlindungan atau proteksi yang diberikan oleh pihak asuransi kendaraan sendiri cukup beragam. Mulai dari proteksi secara menyeluruh maupun proteksi yang hanya mengcover dari kerusakan yang ada saja.

Kedua, jenis asuransi kendaraan yang telah disebutkan di atas tentunya terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk proteksi sebagian kerusakan tentunya memiliki premi atau cicilan yang jauh lebih kecil.

Namun, untuk segi keuntungan yang didapatkan tentu tidak sebesar proteksi menyeluruh karena yang dicover asuransi hanyalah total kerusakannya saja.

Sedangkan untuk proteksi menyeluruh (All Risk) maka pihak asuransi akan mengover semuanya.  Sehingga semua kerugian yang anda alami akibat kecelakaan atau musibah lainnya akan ditanggung oleh pihak asuransi tersebut.

Namun, tentunya untuk kisaran cicilan preminya juga jauh lebih besar. Sehingga Anda harus bisa memiliki perkiraan biaya tahunan asuransi mobil All Risk sejak awal.

Yang perlu digaris bawahi adalah, ketika mengikuti asuransi kendaraan, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat/

Manfaat itu seperti mendapatkan rasa aman karena ketika terjadi sesuatu hal yang tak terduga yang menyebabkan Anda kehilangan atau mengalami kerusakan kendaraan.

Maka Anda tak perlu pusing lagi memikirkan biayanya. Sebab, semuanya akan ditanggung dan ditangani oleh pihak asuransi.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Setelah melihat apa yang telah disampaikan diatas,  maka tentunya anda harus mulai menyadari akan pentingnya asuransi kendaraan tersebut.  Dan, PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya memilih asuransi kendaraan yang terbaik.

Berikut ini adalah tips memilih asuransi mobil terbaik Adira syariah:

1. Ketahui Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tips  pertama dalam memilih asuransi kendaraan yaitu usahakan untuk mengetahui tentang kredibilitas dari perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Jangan  terburu-buru menyimpulkan bahwa perusahaan asuransi tersebut sudah yang terbaik.

Sangat  disarankan untuk memilih beberapa asuransi perusahaan kemudian melakukan perbandingan untuk menentukan manakah yang paling baik.

2. Utamakan Kualitas Premi

Kebanyakan orang mungkin akan berpatokan pada total premi atau kisaran biaya cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Dan, biasanya orang akan cenderung memilih total premi yang lebih kecil.

Sebenarnya  semua tergantung pada pilihan masing-masing hanya saja perlu diketahui bahwa semakin mahal cicilan preminya maka secara otomatis semakin lengkap dan luas proteksi yang diberikan oleh perusahaan asuransi terhadap kliennya.

Sehingga, jangan menjadikan total premi sebagai patokan utama namun lebih mengutamakan kualitas premi dan jenis layanan yang diberikan itu sendiri.

3. Pilih yang Pelayanannya Lengkap

Biasanya, setiap perusahaan asuransi memiliki jenis layanan yang berbeda. Namun, ada baiknya Anda memilih layanan asuransi yang terlengkap karena nantinya akan berkaitan dengan jenis layanan yang akan Anda nikmati.

4. Pastikan Bengkel Rekanan Luas dan Berkualitas

Tips  terakhir dalam memilih perusahaan asuransi yaitu pastikan bahwa asuransi kendaraan yang Anda pilih memiliki bengkel rekanan yang tak hanya luas namun juga berkualitas.

Hal ini sangatlah penting karena semakin banyak bengkel rekanan yang dimiliki maka tentunya akan semakin mempermudah klien untuk memilih bengkel terdekat yang bisa dikunjungi.

Selain itu, kualitas bengkel juga perlu diperhatikan karena jika sebuah perusahaan asuransi menggunakan bengkel yang sudah memiliki standar  yang berkualitas maka tentunya dari segi perawatan maupun kualitas suku cadang yang disediakan tentunya sudah tak perlu dilakukan lagi.

Itulah  tadi beberapa tips mengenai pentingnya asuransi kendaraan dan tips bagaimana memilih asuransi kendaraan yang tepat.

Salah satu perusahaan asuransi kendaraan yang disarankan adalah Adira Syariah yang memang sudah dikenal berpengalaman dan terpercaya serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Semoga bermanfaat!