Tips Memilih Koper yang Bagus Saat Travelling

Saat ini travelling sudah menjadi kebutuhan bagi para anak muda sekarang. Tidak heran apabila banyak sekali jenis, ukuran koper sampai model-model modis yang ditawarkan sebagai salah satu perlengkapan untuk healing.

Dapat dikatakan koper adalah investasi bagi Anda yang senang jalan-jalan atau memiliki hobi traveling. Selain untuk membawa barang, menata pakaian, koper juga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.

Bahkan merk koper yang bagus hadir dengan beragam fitur menarik juga keren sepert dalam pengepakan, perlindungan dan lainnya. Perlu diingat sebuah koper yang berkualitas dikarenakan dapat bertahan seumur hidup.

Menurut ceklist.id berikut ini adalah tips dalam memilih koper yang bagus serta awet saat melakukan travelling.

Tips Memilih Koper Saat Travelling

6 Tips Memilih Koper yang Bagus Saat Travelling

Berikut tips dalam memilih koper saat akan melakukan perjalanan wisata yang perlu Anda perhatikan:

1. Menetapkan Anggaran

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menentukan anggaran yang diinginkan berapa. Soalnya koper terbaik merupakan koper yang dibeli tergantung dari anggaran yang Anda tetapkan.

Sama halnya dengan barang, koper pun mempunyai kisaran harga yang cukup luas dengan beragam fitur-fitur pilihan mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta.

Dengan Anda menetapkan anggaran sebelum membeli koper, maka hal ini sangat membantu agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan.

2. Mengetahui Jenis Koper yang Dibutuhkan

Setelah Anda sudah menetapkan anggaran, selanjutnya wajib mengetahui jenis koper yang dibutuhkan. Apakah Anda akan berpergian jangka pendek atau perjalanan yang jangka waktunya panjang?

Nah, ada dua tipe koper yang bisa Anda pilih, yaitu softcase atau hardcase.

Apabila Anda akan berpergian dengan jangka panjang, maka pilihlah yang jenis hardcase. Karena tipe ini sanggup membawa banyak barang juga koper ini dilengkapi dengan permukaannya yang keras sehingga tahan terhadap benturan juga benda-benda tajam. Jadi, Anda akan lebih aman dalam berpergian.

Namun, jika Anda hanya berpegian jangka waktunya pendek atau sebentar pakailah jenis koper softcase. Soalnya mudah untuk dimasukkan juga dikeluarkan dari bagasi.

Bahan dari koper softcase ini biasanya dibuat dari bahan nilon, supaya tidak mudah sobek atau terkoyak. Koper jenis ini juga terbilang ringan, sehingga Anda tak perlu effort lebih untuk membawanya. Nah, manakah koper terbaik yang menjadi pilihan Anda?

3. Memilih Ukuran Koper yang Sesuai

Ukuran adalah factor terpenting dalam memilih suatu koper. Pasalnya saat hendak ingin memilih koper bagus, wajib sesuaikan dengan batas dari bagasi pada penerbangan Anda.

Biasanya maskapai penerbangan berbeda-beda untuk persyaratan serta ukuran dari koper yang boleh dibawa. Pastikkan Anda tak salah pilih dalam membeli koper juga tidak melebihi batas agar terhindar dari biaya tambahan bagasi.

Penting juga untuk Anda mempertimbangkan berat bagasi yang akan didapatkan. Dimana semakin ringan koper, maka semakin banyak barang yang dapat dikemas atau dimasukkan.

Lalu, tidak lupa juga untuk memeriksa pegangan koper dan sesuaikan juga pada tinggi badan Anda.

4. Pilih Sistem Penguncian Koper yang sesuai dengan Anda

Beragam system penguncian yang dimiliki oleh koper bagus dana wet, seperti Transportation Security Administration (TSA) dan resleting.

Apabila Anda senang yang mudah namun system pengunciannya tidak terlalu ribet, maka pilihlah resleting dengan dikombinasikan oleh sandi.

Selain resleting juga, Anda bisa mencari koper bagus dengan sistem penguncian TSA, dimana tingkat keamanannya dapat dikatakan lebih baik dari resleting serta praktis.

Umumnya koper dengan sistem penguncian TSA ini banyak sekali dipilih oleh para travelling untuk membuat barang-barang penting tetap aman, selain itu juga supaya petugas-petugas bandara tidak bisa lagi memeriksa koper sembarangan dengan cara dibuka paksa.

5. Jumlah Roda

Tips membeli koper bagus kelima yang sering kali diabaikan padahal termasuk yang paling penting yaitu jumlah roda pada koper.

Banyak sekali orang yang tak memahami fungsi sebenarnya dari jumlah roda pada setiap koper bagus. Pada hakikatnya, jumlah roda ini sangat berfungsi dalam mobilisasi serta kemudahan saat dibawa kemana-mana.

Contohnya pada koper yang memiliki roda 2, dimana koper ini memang tahan lama serta pas untuk permukaan yang kurang halus. Hanya saja koper dengan roda dua ini sangat memberatkan lengan, alhasil lengan jadi terasa cepat capek.

Sementara dengan koper yang memiliki roda 4 lebih praktis serta memudahkan Anda dalam mendorong maupun ditarik juga tidak memberatkan lengan, sehingga lengan tidak mudah terasa capek.

6. Tahan Air

Tips yang terakhir dan paling penting dalam memilih koper yang bagus adalah tahan air. Pasalnya jika koper tidak tahan air akan menyebabkan lembab juga jamuran serta barang-barang yang dibawa apabila saat hujan akan jadi basah, bau dan lengket.

Oleh karena itu pastikkan memilih koper yang tahan air agar menjaga barang-barang tetap kering dan aman apabila hujan turun.

Nah, itu tadi tips-tips memilih koper bagus yang bisa Anda coba. Perlu diingat kembali bahwa koper merupakan investasi, jadi jangan sampai terlena dengan harganya muran yang kemudian membuat Anda kewalahan nantinya.