Umbul Ponggok Klaten

Simak ulasan tentang √ sejarah, √ harga tiket masuk, √ fasilitas dan biaya sewa peralatan di tempat wisata Umbul Ponggok Klaten berikut.

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata air di Jawa Tengah, tepatnya di kota Klaten. Tempat wisata ini terkenal dengan wahana bawah airnya yang begitu unik dan berbeda dari tempat-tempat wisata air lainnya yang ada di Jawa Tengah bahkan di Indonesia.

Jika Anda sedang mencari tempat liburan yang aman dan nyaman untuk liburan bersama keluarga, maka Umbul Ponggok adalah salah satu rekomendasi terbaik yang menarik untuk dikunjungi.

Meski hanya sebuah kota kecil, dari sisi pariwisata, kota Klaten tidak kalah dari kota-kota lainnya yang ada di Jawa Tengah seperti Semarang ataupun Magelang.

Kota dengan luas wilayah sekitar 655,56 km2 ini menyimpan puluhan tempat wisata baik yang berupa wisata alam, budaya, sejarah, edukasi hingga taman bermain.

Anda mungkin pernah mendengar nama tempat-tempat wisata seperti Candi Sewu, Kebun Kamboja, Candi Prambanan, Mata Air Cokrotulung, Kali Pusur, Umbul Jolotundo, dan Umbul Kapilaler.

Tempat-tempat wisata yang menarik diats semuanya berada di kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

gambar-umbul-ponggok

Selain tempat atau objek wisata yang kami tuliskan di atas, di kota Klaten masih ada puluhan tempat wisata lain yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Tempat wisata yang paling menarik dan menjadi salah satu primadona adalah Umbul Ponggok, sebuah objek wisata air yang mengusung konsep wisata keluarga dan underwater photography.

Umbul ponggok atau yang sering juga disebut dengan Umbul Ponggok Klaten menawarkan sensasi liburan yang benar-benar unik.

Selain menikmati suasana kawasannya yang terkesan masih alami, keberadaan wahana wisata berupa properti-properti yang jarang atau bahkan belum ada di tempat wisata lainnya.

Wahana-wahana ini juga menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu libur di tempat ini.

Bayangkan bagaimana serunya berenang bersama ikan-ikan air tawar, atau duduk santai di pinggir kolam sambil menikmati roti dan secangkir teh, atau juga berfoto di bawah air dengan menunggang motor-motor keren. Semuanya bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok Klaten.

Sejarah Umbul Ponggok

Sebelum membahas lebih dalam mengenai daya tarik Umbul Ponggok, tidak ada salahnya untuk lebih dulu mengupas tentang sejarah singkat keberadaan objek wisata ini.

Jauh sebelum dipermak hingga menjadi salah satu objek wisata favorit di Klaten seperti sekarang ini, ternyata dulunya tempat ini juga menjadi objek vital bagi keberlangsungan industri pabrik gula milik para kompeni ketika menduduki Indonesia.

Ya. Umbul ponggok bagi warga yang mendiami area sekitarnya adalah tempat bersejarah. Di tempat inilah dulunya para petinggi pabrik membangun rumah dan tinggal bersama keluarganya.

sejarah-umbul-ponggok

Umbul ponggok sendiri kala itu menjadi sumber air utama yang mengairi perkebunan tebu sekaligus menjadi sumber utama untuk memenuhi kebutuhan air pabrik gula yang konon jumlahnya tidak kurang dari 5 pabrik.

Namun setelah krisis yang terjadi pada tahun 1930 dan maraknya tuntutan merdeka dari para warga, pabrik-pabrik gula itupun kemudian ditutup dan Umbul Ponggok beralih fungsi sebagai pemasok air bagi area perkebunan dan pertanian milik warga.

Daya Tarik Umbul Ponggok

Kebutuhan akan tempat wisata yang nyaman dan relevan bagi semua jenjang usia mulai dari anak-anak hingga dewasa seolah terpenuhi dengan hadirnya objek wisata Umbul Ponggok.

Selain menyediakan wahana wisata khusus dewasa, di tempat ini juga tersedia wahana wisata yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Jadi jika Anda datang bersama semua keluarga termasuk anak-anak, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga telah disiapkan area khusus yang nyaman dan aman sebagai tempat bermain anak.

Lalu untuk kaum milenial yang ingin selalu tampil eksis di media sosial dengan foto-foto unik, area bawah air yang dilengkapi dengan berbagai macam properi menjadi spot yang sangat menarik untuk di-explore.

Karenanya bagi kamu yang ingin tampil beda ketika teman-teman mu stalking profile facebook ataupun instagram-mu, maka saat berkunjung ke Umbul Ponggok jangan sampai lupa membawa kamera terbaik mu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Umbul Ponggok

Untuk menikmati liburan seru di Umbul Ponggok Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 15.000 per orang.

Jika Anda datang hanya untuk melakukan snorkeling, Anda bisa membeli tiket paket seharga Rp. 30.000 rupiah yang di dalamnya sudah termasuk biaya tiket masuk, snorkeling dan pelampung.

Daftar Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok 2019

TiketHarga
Tiket Masuk UmumRp 15.0000 per orang
Tiket Masuk PaketanRp 30.000 per orang

Namun seperti yang telah dituliskan di atas, untuk bisa menikmati semua wahana dan fasilitas yang ada, pengunjung harus bersedia membayar biaya sewa untuk setiap fasilitas yang akan digunakan.

Jadi biaya pembelian tiket masuk hanya berlaku untuk mandi ataupun berenang di kolam alami, area permainan anak, dan kolam anak.

Simak dan baca juga : Tempat Wisata di Boyolali

Aktifitas Wisata di Umbul Ponggok

Dengan keberadaan wahana wisata yang terbilang cukup lengkap, aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok sangatlah beragam.

aktivitas-wisata-umbul-ponggok

Bagi Anda yang malas berenang, maka Anda bisa menikmati hari libur dengan duduk-duduk di pinggir kolam sambil menyantap camilan dan teh ataupun kopi hangat.

Lalu bagi Anda yang gemar berpetualang di kedalaman air, Umbul Ponggok juga merupakan salah satu tempat yang sangat asik dan menantang.

Di sini Anda bisa snorkeling atau diving untuk menikmati suguhan keindahan bawah airnya yang dihiasi oleh beragam jenis ikan.

Dan kalaupun Anda belum bisa snorkeling namun ingin mencobanya, pengelola juga sudah menyiapkan tim khusus yang siap melatih Anda untuk aktifitas tersebut.

Untuk mengikuti bimbingan snorkeling dan diving, Anda hanya perlu membayar jasa sebesar Rp. 250.000.

Dengan biaya tersebut, Anda akan dibimbing untuk mahir snorkeling, lengkap dengan perlengkapan yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, sepatu katak, baju renang, dan googles.

Bukan hanya itu saja, salah satu aktifitas atau hal unik yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi foto prewedding di dalam air.

Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan foto prewedding yang unik dan berbeda dari yang lainnya hanya dengan membayar biaya sebesar Rp. 3000.000.

Biaya ini sudah termasuk fasilitas sehari penuh selama pemotretan. Rinciannya adalah untuk sewa spot pemotretan, biaya make up, crew foto, kostum, dan dokumentasi dalam bentuk cetak langsung dan juga video.

Selain aktifitas di atas, masih banyak aktifitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok. Untuk kamu yang gemar berfoto, kamu bisa menjelajah atau mencoba semua spot foto yang ada di tempat ini.

Untuk spot berfoto kamu bisa memilih area sekitar kolam ataupun spot foto di bawah air. Di dalam air yang jernih, pengelola sudah menyediakan berbagai macam properi unik untuk menunjang kebutuhan fose foto mu.

Kamu bisa memilih berfoto di spot berproperi sepeda motor, sepeda kayuh, becak, laptop, taman, tv, dan jet sky.

Simak dan baca juga : Tempat Wisata di Semarang

Fasilitas Umum

Pengelolaan fasilitas yang tidak terpusat pada pengelola utama membuat biaya berlibur di Umbul Ponggok terkesan agak mahal. Selain mushola, semua fasilitas yang ada di tempat ini hanya bisa dipakai setelah membayar biaya sewa.

Masing-masing fasilitas seperti loker, ban, parkir, ruang bilas, properi-properi, kamera, masker, hingga pelampung memiliki pengelola tersendiri. Hanya tiket masuklah yang di-handle oleh pengelola utama.

Jadi selain membayar tiket masuk, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk membayar fasilitas yang ada jika Anda ingin menggunakannya.

Namun percayalah, sistem ini diterapkan semata-mata untuk memberi ruang kepada masyarakat sekitar untuk ikut serta menjaga kelestarian Umbul Ponggok sekaligus mendapatkan manfaat dari keberadaanya.

Dengan keituksertaan masyarakat, Umbul Ponggok akan tetap terjaga keberlangsungannya dan masyarakat pun diharapkan akan semakin sejahtera perekonomiannya.

fasilitas-umbul-ponggok

Sebagai tambahan informasi, berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Umbul Ponggok beserta biaya sewanya:

FasilitasBiaya Sewa
Loker BarangRp 3.000
Masker atau SnorkelRp 13.000
PelampungRp 7.000
Spot PreweddingRp 300.000
Kamera Underwater 60 MenitRp 60.000
BanRp 5.000
Foto Grup Underwater 7 Orang Per JamRp 100.000
Properti FotoRp 30.000 – Rp. 150.000
ParkirRp 2.000 (roda 2) – Rp 4.000 (roda 4)
Ruang BilasRp 1.000

Alamat dan Rute Menuju Umbul Ponggok

Umbul ponggok beralamat lengkap di Jalan Raya Ponggok-Delanggu, Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kodepos 57474.

Untuk mengaksesnya dari pusat kota Klaten, dibutuhkan waktu berkendara sekitar 33 menit melewati jalan Ngaran-Sajen, dengan jarak tempuh sekitar 20,5 kilometer.

Kemudian untuk rute menuju objek wisata Umbul Ponggok tentunya bergantung dari arah kedatangan Anda.

Akses jalan yang menghubungkan kota atau daerah lainnya ke lokasi objek wisata ini sudah teraspal dengan baik. Sehingga sangat aman untuk pengujung yang datang menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Di bawah ini adalah contoh rute ke Umbul Ponggok yang bisa dilewati bagi Anda yang datang dari arah Jogja dan Solo.

Untuk daerah lainnya, rutenya bisa dengan mudah Anda temukan dengan bantuan aplikasi google maps.

alamat-umbul-ponggok

Rute ke Umbul Ponggok Dari Arah Jogja

Pengujung yang berasal dari Jogja bisa bisa memulai perjalanan ke Umbul Ponggok melewati jalan raya Jogja-solo.

Setelah sampai di persimpangan jalan yang ada di depan RSUD Suradji Tirtonegoro, ambil jalan lurus yang mengarah ke GOR Gelarsena Klaten.

Nah sesampainya di GOR Gelarsena, lanjutkan perjalanan ke arah kiri menuju Polanharjo. Terus lurus hingga sampai di persimpangan yang berdekatan dengan markas koramil.

Setelah sampai atau melihat markas koramil, lanjut lurus lagi hingga Anda menemukan objek wisata Umbul Ponggok.

Rute ke Umbul Ponggok Dari Arah Solo

Pengunjung dari Solo bisa memulai perjalanan ke Umbul Ponggok melewati jalan raya utama Solo-Jogja.

Arahkan tujuan ke terminal penggung Klaten yang letaknya di persimpangan jalan menuju desa ponggok.

Dari sini, ambil arah kanan dan lurus terus hingga sampai di markas koramil. Dari markas koramil, atau lebih tepatnya dari pertigaan dekat markas koramil, silahkan ambil arah kanan lagi dan ikuti jalan hingga sampai di lokasi Umbul Ponggok.

tiket-masuk-umbul-ponggok

Simak dan baca juga : Tempat wisata di Magelang

Ada banyak hal seru dan unik yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengisi waktu libur di Umbul Ponggok Klaten. Karenanya jika Anda sedang berada di Klaten atau kota lainnya di Jawa Tengah, maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata paling favorit di Jawa Tengah ini.

Loading...

Guci Tegal

Hansar
5 min read

Tempat Wisata di Boyolali

Wahyoeni
4 min read

Eling Bening

Hansar
4 min read

Ayana Gedong Songo

Hansar
4 min read

Watu Gunung

Wahyoeni
3 min read

Pantai Menganti Kebumen

Hansar
4 min read