Waterbom PIK

Waterbom PIK, Jakarta

, Jakarta

5 Ulasan

Waterbom PIK adalah salah satu obyek wisata di Jakarta. Mengusung tema urban cool dalam bentuk taman bermain air, tempat ini sangat cocok sebagai lokasi berkumpul keluarga.

Waterbom yang merupakan cabang dari Waterbom Bali ini diklaim merupakan satu-satunya thempark dengan fasilitas bertaraf internasional.

Bahkan, fasilitas yang tersedia di tempat ini dikatakan pula sebagai yang terbaik di asia.

Namun benarkah klaim tersebut ? nah untuk membuktikannya, mari simak ulasan lengkap tentang Waterbom PIK berikut ini.

Waterbom PIK

waterbom-pik-jakarta

Tempat wisata ini mulai dibuka pada tahun 2007.  Satu naungan dengan Waterbom Bali yang dikelola oleh PT. Bali Ocean Magic.

Jadi bagi yang pernah ke Waterbom Bali, mungkin sudah punya gambaran tentang bentuk Waterbom PIK ini.

Waterbom PIK atau banyak juga yang menyebutnya dengan nama Waterbom Pantai Indah Kapuk menawarkan wahana air yang dilengkapi dengan aneka macam wahana permainan.

Di sana kita bisa berenang, bermain perosotan, seluncuran, hingga merasakan sensasi terombang-ambing di kolam arus.

Waterbom PIK juga menawarkan kenyamanan berwisata di kawasan hijau yang cukup sejuk. Di sekelilingnya terdapat berbagai macam pepohonan rindang yang menambah asri suasana.

Jadi meskipun bertema urban, namun tempat ini tetap cool sehingga sangat nyaman untuk lokasi santai keluarga.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai apa saja yang ada di Waterbom PIK Jakarta, di bawah ini telah kami siapkan ulasan khusus tentang masing-masing wahana yang ada.

Wahana dan Aktifitas di Waterbom PIK Jakarta

Berikut beberapa wahana permainan yang tersedia di tempat wisata ini :

Speed Slide

Wahana ini berupa seluncuran yang cukup tinggi dengan panjang lintasan sekitar 113 meter. Lintasannya turun naik dengan track lurus sehingga menimbulkan kecepatan super tinggi mencapai 70 kilometer per jam. Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan dan menguji adrenalin.

Aquatube

aquatube-waterbom-pik
instagram.com/waterbompik

Aquatube juga merupakan wahana seluncuran. Namun tidak seperti Speed Slide, Aquatube lintasannya dibuat memutar dengan panjang sekitar 118 meter dan bermuara di sebuah kolam.

Wahana Aquatube di Waterbom PIK ini terdiri dari 3 macam yaitu aquatube T1, T2, dan T3. Aquatube T1 slide atau lintasannya tertutup. Sedangkan T2, slide-nya dibuat agak terbuka dan T3 yang lintasannya dibuat benar-benar terbuka mirip dengan lintasan Speed Slide.

Namun Aquatube ini tidak bisa dinaiki oleh sembarang orang. Demi alasan keamanan, pengujung yang akan diberi izin untuk menaikinya adalah pengujung yang memiliki berat badan maksimal 182 kilogram dan minimal tinggi badannya adalah 140 centimeter.

The Hairpin

the-hairpin-waterbom-pik
instagram.com/waterbompik

Jika di-translate ke bahasa Indonesia, Hairpin artinya jepit rambut atau tusuk konde. Dinamakan demikian karena wahana ini memang menyerupai tusuk konde di mana lintasannya dibuat memutar melingkari sebuah poros lalu berlanjut ke muara kolam air dengan track bergelombang.

Wahana ini memiliki panjang lintasan sekitar 117 meter dan pengujung yang menaikinya akan melintas menggunakan ban besar yang disebut tube dengan kapasitas 4 orang.

Untuk mencoba wahana ini pengujung setidaknya memiliki tinggi badan minimal 107 centimeter dengan total berat badan per tube adalah maksimal 409 kilogram.

Dark Hole

Wahana ini agak mirip dengan wahana Speed Slide. Yang membedakannya adalah panjang lintasan serta tingginya dan sebelum melewati track lurus, pengunjung akan lebih dulu melewati 2 tikungan berbentuk terowongan.

Wahana ini juga tidak sembarangan bisa dinaiki pengunjung. Yang dibolehkan hanya yang memiliki tinggi badan minimal 122 centimeter dan maksimal berat badan 135 kilogram.

Twizter

twizter-waterbom-pik
instagram.com/waterbompik

Seluncuran sepanjang 90 meter yang berbentuk cawan raksasa dengan dua terowongan. Sebelum sampai di muara, di wahana ini Anda akan dibawa berputar-putar dulu mengelilingi dinding cawan.

Wahana Twitzer ini hanya bisa dinaiki oleh pengunjung yang bertinggi badang minimal 140 centimeter.

The Whizzard

Di seluncuran ini kita bisa mencoba beradu kecepatan bersama teman ataupun pasangan. Bentuknya berupa dua seluncuran bergelombang yang akan membawa pengunjung melintasi terowongan sebelum sampai di muara.

Panjang lintasan wahana ini sekitar 117 meter dan yang dibolehkan menaikinya hanyalah pengujung bertinggi badan maksimal 107 meter dengan maksimal berat badan 135 kilogram.

Selain menyediakan wahana permainan gratis seperti keenam wahana di atas, Waterbom PIK juga punya wahana permainan berbayar. Wahana berbayar ini antara lain River Cruiser, Water Blaster, dan wahana Kayak.

Wahana Lainnya

Jika masih belum puas dengan wahana-wahana di atas, waterbom PIK juga masih punya wahana lain.

Wahana yang dimaksud antara lain water blazter yang menawarkan keseruan bermain balon air, kayak yang menawarkan sensasi mengarungi area wild river, dan river cruiser yang cara memainkannya mirip dengan kayak.

Untuk memainkan ketiga wahana di atas kita akan dikenai biaya tambahan lagi.

Baca juga : Snowbay Waterpark

Lokasi Waterbom PIK

Alamat lengkap Waterbom PIKJalan Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp: (082)55966666. Fax: +622155966688.
Peta LokasiKlik Disini

Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Jakarta yakni hanya sejarak 15,3 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 47 menit berkendara melalui Jalan Gajah Mada.

Rute ke Waterbom Jakarta

rute-ke-waterbom-pik
instagram.com/waterbompik

Menuju Waterbom PIK bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Rute ke tempat ini apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa melewati jalan tol dalam kota atau yang disebut juga tol lingkar dalam.

Secara rinci rute menggunakan kendaraan pribadi adalah dari posisi awal silahkan arahkan tujuan ke Simpang Susun Pluit. Dari sini, lanjutkan perjalanan melewati tol bandara ke Simpang Susun Penjaringan.

Nah dari Simpang Susun Penjaringan, silahkan lanjutkan lagi ke arah Marina Indah dan sampailah Anda di lokasi Waterbom PIK.

Kemudian bagi pengunjung yang menggunakan angkutan umum bisa menggunakan Bus Trans Jakarta dengan tujuan awal ke Halte Stasiun Kota.

Dari halte ini kita selanjutnya bisa langsung ke lokasi wisata dengan naik ATPB yang bertrayek ke Pantai Indah Kapuk.

Sementara bagi wisatawan yang datang dari luar kota, transportasi ke waterbom Jakarta bisa menggunakan kereta api, bus, kendaraan pribadi, pesawat, ataupun kapal laut.

Misalnya bagi yang menggunakan kereta api, silahkan menuju stasiun terdekat dari waterbom PIK yakni stasiun Jakarta Kota.

Lalu untuk mengakses lokasi waterbom ini dari titik perhentian terakhir, Anda bisa berpatokan pada peta lokasi waterbom PIK.

Berikut ini daftar bandara, stasiun, hingga terminal bus terdekat dari waterbom Jakarta:

  • Bandara Sukarno-Hatta
  • Pelabuhan Kaliadem
  • Stasiun Kereta Api Jakarta Kota
  • Terimal Bus Kalideres

Jam Buka Watrbom PIK

Obyek wisata ini dibuka setiap hari dari senin hingga minggu bahkan tetap buka di hari-hari libur nasional.

Jam operasionalnya dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam di hari libur, dan pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam di hari kerja.

HariJam Operasional
Hari Kerja10.00 – 21.00 WIB
Hari Libur08.00 – 21.00 WIB

Baca juga : Ocean Dream Samudra

Harga Tiket Masuk Waterbom PIK

tiket-masuk-waterbom-pik
instagram.com/waterbompik

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini memang cukup mahal. Namun sebenarnya sudah sebanding dengan wahana dan fasilitas yang ada di lokasi.

Untuk anak-anak umur 2 hingga 12 tahun dibebankan tiket masuk seharga Rp. 130.000 di hari kerja dan Rp. 230.000 di hari libur.

Sedangkan untuk orang dewasa, harga tiketnya tentu lebih mahal yakni sebesar Rp. 190.000 di hari kerja dan Rp. 290.000 di hari libur.

Harga tiket tersebut bahkan belum termasuk biaya sewa beberapa wahana berbayar, loker, dan retribusi parkir.

Jenis Tiket/Hari KunjunganHarga Tiket
Hari KerjaRp. 130.000 (anak-anak) – Rp. 190.000 (dewasa)
Hari LiburRp. 230.000 (anak-anak) – Rp. 290.000 (dewasa)
ParkirRp. 10.000 (motor) – Rp. 15.000 (mobil) – Rp. 40.000 (bus)
LokerRp. 25.000/orang – Rp. 50.000/keluarga
HandukRp. 20.000/orang
GazeboRp. 100.000 (hari kerja) – Rp. 200.000 (hari libur)
Baju RenangRp. 30.000 (pria) – Rp. 40.000 (wanita) – Rp. 75.000 (model islami)

Pembayaran di dalam lokasi wisata menggunakan sistem digital berupa splash band. Bentuknya seperti gelang yang didalamnya tertanam chip dengan deposit minilam Rp. 100.000.

Promo Waterbom PIK

Yang menarik Waterbom PIK sering mengadakan promo untuk memikat pengujung. Promo ini bisa digunakan untuk memperoleh potongan harga tiket masuk ataupun mendapatkan beberapa fasilitas gratis.

Potongan harga tiket dari promo ini terkadang bisa mencapai 60 persen. Ini tentu sangat lumayan untuk menghemat biaya.

Sering juga promo yang diadakan berupa pemberian makanan gratis seperti KFC yang diberikan saat pengunjung membeli tiket.

Informasi promo Waterbom PIK bisa Anda lihat via situsnya di sini: waterbom-jakarta.com ataupun di akun-akun media sosial mereka seperti di Instagram, Facebook, atau di Twitter.

Fasilitas Umum Waterbom PIK

Fasilitas umum yang ada di Waterbom PIK juga sudah cukup lengkap. Selain fasilitas berbayar, fasilitas umum gratis yang ada di sana antara lain toilet, mushola, dan kamar mandi.

Oh ya, saat memasuki lokasi kadang ada beberapa fotografer yang akan langsung memotret pengujung.

Kemudian foto tersebut nantinya ditawarkan kepada pengunjung tatkala akan pulang dengan tebusan Rp. 200.000 per file foto.

Yang perlu diingat bahwa foto tersebut tidak wajib diambil. Anda bisa menolak apabila memang tidak membutuhkannya.

promo-waterbom-pik
instagram.com/waterbompik

Peraturan Bagi Pengunjung Waterbom PIK

Tempat wisata ini dikelola oleh manajemen yang professional. Karena itu di sini ada beberapa peraturan yang harus ditaati pengunung.

  1. Anak-anak usia dibawah 12 tahun tidak diizinkan masuk kecuali bersama orang tua atau pendamping.
  2. Tidak boleh membawa benda tajam dan hewan peliharaan.
  3. Tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.
  4. Diharuskan memakai baju renang saat bermain di wahana air.
  5. Dilarang menggunakan kacamata dan perhiasan saat bermain wahana air.
  6. Dilarang merokok di semua area Waterbom PIK.
  7. Dilarang berjualan di dalam lokasi wisata.

Selain itu, untuk keamanan barang bawaan sebaiknya Anda menyimpannya di fasilitas loker yang tersedia di lokasi wisata.

Baca juga: Oceanpark BSD

Obyek Wisata Dekat Waterbom PIK

Bagi wisatawan yang mungkin ingin melanjutkan rekreasi di Jakarta, di sekitar waterbom ini ada beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Obyek-obyek wisata yang dimaksud diantaranya Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Taman Pedongkelan, Hutan Kota Penjaringan, dan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA).

Wisata Alama Mangrove cukup menarik bagi yang suka dengan sensasi alam yang hijau. Selain hutan bakau, di sana juga ada berbagai jenis satwa liar yang bisa diamati kehidupannya.

Video Waterbom PIK

Baca juga : Tempat Wisata di Jakarta

Ternyata Waterbom PIK Jakarta memang punya wahana dan fasilitas yang super lengkap. Anda pasti sudah tidak sabar ingin liburan ke sana kan ? agar liburan makin seru, jangan lupa ajak teman atau keluarga ya.

5 Ulasan untuk Waterbom PIK, Jakarta

  1. Kolam renang wahana terpaporit. Tiket lumayan mahal, biasa nya ada promo bank tertentu, diskon atau buy 1 get 1. Area permainan yg ada: water blatzer, river cruiser dan kayak. Kids pool ada, lengkap dg tong air dan seluncur untuk anak2. Pool biasa jg ada, biasa nya ada yg bermain volly air juga. Utk wahana dewasa nya ada: twitzer (faves), the whizzard, hairpin, dark hole dan speed slide. Utk menikmti Gazebo ada biaya tambahan dan terbatas jumlah nya. Sayang nya kolam ombak kurang maksimal alias ombak nya kecil bgt di banding kolam ombak di tempat lain. Snack korner kurang bervariasi tp lumayan lah. Oh iya penggunaan ban di area ini gratis alias sdh termasuk harga tiket masuk.

  2. Pertama kali ke tempat ini, puas dgn beberapa jenis seluncuran yg ada. Tempatnya cukup bersih & cocok untuk anak2 hingga dewasa. Harga tiket cukup mahal bila tidak ada promo (saat kesana ada promo).nYg cukup disayangkan sbg warga kota lain yg saat itu sedang liburan di Jakarta, saat mau pulang baru tau ada fotografer yg bs bantu foto2 saat di air & bs dicetak, karena di pintu keluar baru terlihat ada counter yg memajang slideshow foto2 untuk dicetak / di save. Jd saat kemarin kesana tidak ada momen bermain di air yg diabadikan karena tidak memungkinkan bawa HP ke area (ditinggal di loker). nnJadi untuk yg berencana dan pertama kali ke waterboom PIK, bisa tanya di loket masuk bila ingin ada foto2 bermain di air yg mau diabadikan untuk kenang2an. nDan jgn lupa isi saldo yg cukup di kartu untuk beli makanan & minuman di dalam supaya tidak jauh2 jalan untuk isi saldo lg di counter. Saldo di kartunya bs direfund kembali saat keluar.

  3. Suka berenang disini.kami datang di weekday dan dapat promo student deal yang jatuhnya murah banget karena 1 kartu pelajar bs untuk 4 orang dan dapet gazebo lagi.sering2 aja liat websitenya,sering banyak promo kok.nTapi bener2 ga boleh bawa makanan masuk ya.tas bener2 digeledah,jadi ga usah coba2 nyembunyiin deh.kecuali utk makanan dan minuman bayi.tapi petugasnya sopan2 kok,menyuruh menyimpan makanan di mobil saja dan kita bisa keluar masuk untuk makan kalau mau.nMakanan didalam yah gitu deh,mahal.tapi karena udh dpt tiket murah,jd maklum aja.tapi masih bs dpt nasi dengan ayam crispy 30rban kok di philly cheese kalau ga salah waktu itu.itu udh makanan paling murah kayaknya.nSaran saya sih,branch kenyang2 aja dirumah,trus masuknya jam 12 sampe sore gt,jd ga perlu makan siang didalam kalau mau hemat.kalau sekedar Snack sih, harganya mirip2 diluar kok.nAsal kita pakai baju licin,seperti Jersey dll,kita dibolehkan naik semua wahana kok.kalau kaos malah kadang2 disuruh lepas.nOverall,disini sangat menyenangkan.

  4. Bersih, harga standard. Hari ini hari pertama saya kesana tas udah dicek di depan kebetulan di tas bawa bekel, emang niatnya ga mau ngumpetin karna kita gatau kalo gaboleh bawa makanan. Terus pas udah di loker penjaga kurang informatif, seharusnya kasih tau itu deposit 100rb dan pemberian gelang buat apa, walaupun disitu ada tulisan/spanduk keterangannya tapi blum ckup jelas, seharusnya dijelaskan. Dan pada saat mau makan saya nanya petugas loker boleh makan disini ga? Dia bilang boleh, yasudah saya makan taunya disamperin security katanya gaboleh. Saya mana tau tas udah dicek kok. Lebih teliti lagi aja sih pengecekan barangnya… Harga tiket masuk lumayan murah kalo pake promo.

  5. ada macam2 area bermain anak2 dan perosotannya utk anak (di bwh 1m) dan yg dewasa (extreme zone), ada wild river (suasananya mirip di sungai, dikelilingi pohon kelapa dan bambu2, cetek kok cuma 1m aja) di area ini bisa pake ban pelampung (ada yg single ada yg bisa berdua), ada pelampung berbentuk pakaian jg dan ini free tinggal ambil aja di samping wild river. nada banana boat utk dinaiki bbrpa org (bayar lg 40rb).nnada jg yg berbentuk kolam renang biasa, ccok utk yg mau belajar renang karna airnya jg jernih. .cetek jg cuma 1m.nnutk budgetnya cukup per org bawa 100-200rb, utk tiket masuknya 120rb di weekend, utk sewa loker kecil 25rb, loker besar 50rb (mending yg ini sih bs nampung tas gede 2 org), utk deposit gelang 100rb (ini utk beli makanan karna ga boleh bawa makanan dari luar, dan btw makanannya kurang sih rasanya, syg bgt 😔 tp hrganya >50)nnbut its not bad buat yg melepas kejenuhan, pgn berenang, tmpat nya bersih, utk ruangan ganti dan mandinya jg luas, jd nyaman 😊😊

Leave a Reply