Watu Gunung

Watu Gunung, Jawa Tengah

Desa Soka, Lerep, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah

5 Ulasan

Watu Gunung – Bagi Anda yang sudah mengenal kota Ungaran atau kota di kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini, tentu akan tahu banyak perihal kota tersebut, termasuk objek wisatanya. Banyak lokasi yang menjadi destinasi wisata di Ungaran.

Ungaran sebagai salah satu kota di kabupaten Semarang yang berada di kawasan pegunungan, menjadikan di sekitar kota ini terdapat banyak wisata alam yang asri nan sejuk.

Nah, jika Anda asli orang Ungaran atau kabupaten Semarang, pasti Anda mengenal gunung Ungaran. Di Gunung Ungaran ini begitu banyak wisata alam dengan pemandangan memukau.

Watu Gunung Ungaran

Watu-Gunung-Ungaran

Salah satu wisata di lereng gunung Ungaran adalah wisata Watu Gunung Ungaran. Watu Gunung merupakan wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan unik. Walaupun wisata Watu Gunung adalah wisata buatan, namun pemandangan alamnya sangat indah dan natural.

Disediakan berbagai jenis kolam renang dengan berbagai kedalaman untuk memanjakan pengunjungnya. Tempat wisata ini biasanya juga disebut dengan nama “Kolam Renang Lerep”, karena lokasinya berada di desa Lerep, Ungaran.

Pada pembahasan kali ini, wisatabagus akan mengulas tentang wisata watu gunung, tiket masuk ke lokasi wisata watu gunung, wahana yang ada di watu gunung dan rute ke tempat wisata watu gunung Ungaran tersebut.

Obyek Wisata Watu Gunung Ungaran

1. Danau Buatan

Danau-Watu-Gunung-Ungaran
Sumber : Asliindonesia.net

Di Watu Gunung Ungaran Anda akan disuguhi wisata unggulan mereka, yaitu danau buatan. Walaupun danau disini merupakan buatan manusia, namun keindahan yang ditawarkannya luar biasa.

Danau tersebut dikelilingi pohon-pohon asri menjadikan danau ini sangat indah. Selain itu, danau ini juga merupakan habitat dari ikan-ikan hias yang sengaja disebar di danau. Tentu akan menambah keindahan danau buatannya dengan banyaknya ikan di tempat ini.

2. Sungai Buatan dan Kolam Renang

Selain danau buatan, di Watu Gunung Ungaran Anda juga bisa menemukan sungai buatan dengan keindahan batu-batuan dan airnya yang mengalir begitu jernih. Anda juga bisa menghabiskan waktu di kolam renang wisata ini.

Airnya yang begitu jernih dan segar bisa membuatmu untuk betah mandi di sini. Air di kolam renang wisata ini berasal dari mata air pegunungan asli sehingga tidak akan menyebabkan kulitmu terkena iritasi akibat obat penjernih air.

3. Rumah Adat Jawa Tengah

Joglo-Watu-Gunung-Ungaran
Sumber : Asliindonesia.net

Setelah puas mandi di kolam renang atau bermain air di danau, sungai buatan, Anda bisa menghabiskan waktumu di rumah adat Jawa Tengah atau rumah Joglo.

Rumah adat tradisional ini begitu indah dilengkapi dengan alat musik khas jawa yaitu gamelan. Jika Anda ingin berfoto disini, maka sangat tepat dengan segala keindahan latar belakang foto dengan budaya tradisional dan rumah joglo sebagai latar belakang photo Anda.

Simak dan baca juga : Wisata Malam Semarang

4. Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan

Selain bermain air dan menghabiskan waktu di rumah Joglo, Anda juga bisa menghabiskan waktumu di Watu Gunung Ungaran dengan memancing di danau buatan.

Anda bisa membawa perlengkapan pancing sendiri atau menyewa perlengkapan mancing yang tersedia di lokasi wisata ini. Selain memancing Anda bisa bermain perahu di area danau.

Naik-Perahu-di-Watu-Gunung-Ungaran
Sumber : garasisemarang.com

Anda juga bisa menikmati waktu dengan sekedar bersantai di pendopo atau gazebo yang berada di sekitaran wisata ini. Selain itu Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Jawa Tengah di restoran yang berada di dalam area wisata.

Baca juga: Ketep Pass

5. Mempunyai Hawa yang Sejuk

Di lokasi wisata Watu Gunung Ungaran ini Anda akan merasakan suasana pegunungan yang masih alami dengan hawa udara yang masih sejuk.

Dengan mata air asli dari gunung Ungaran akan membuat Anda betah berenang atau bermain dengan guyuran air gunung yang dialirkan ke beberapa kolam renang.

6. Terdapat Tukang Photo di Tempat Lokasi

Bagi Anda yang berlibur ke lokasi wisata watu gunung Ungaran ini, Anda bisa berphoto-photo menggunakan kamera handphone Anda. Namun jika menginginkan hasil yang lebih bagus, di lokasi wisata ini juga disediakan tukang photo yang siap mengambil moment Anda dan keluarga yang sedang berlibur ke sini.

Harga 1 photo 5R juga relative murah sekitar Rp 5000 rupiah, atau yang ukuran 10R sekitar Rp 15.000 rupiah. Jadi moment Anda akan dapat diabadikan ketika Anda berlibur ke tempat wisata watu gunung Ungaran ini.

Baca juga: Wisata The Heritage Palace Solo Kartasura

Tiket Masuk ke Lokasi Wisata watu Gunung Ungaran

Karena semakin ramainya pengunjung dari waktu ke waktu, membuat biaya tiket masuk ke wisata air ini semakin meningkat juga. Dari awal pembukaan yang hanya dikenai biaya masuk sebesar Rp 5000 rupiah saja perorang. Namun sekarang sudah naik untuk biaya masuknya.

Biaya masuk ke watu Gunung sekarang menjadi Rp 25.000 per-orang.

Hal ini dikarenakan semakin ditambahnya kolam dan wahana yang ada di lokasi wisata watu gunung Ungaran ini. Biaya masuk ini belum termasuk biaya parkir yang harus dikeluarkan.

Biaya parkir dikelola oleh karang taruna setempat bukan dari pengelola tempat wisata Watu Gunung. Biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 2000 rupiah dan biaya parkir mobil sekitar Rp 10000 rupiah.

Lokasi Wisata Watu Gunung Ungaran

Lokasi wisata Watu Gunung terletak di desa Sokasari, Kelurahan Lerep, kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang.

Lokasi tepatnya berada di depan sekolah Dasar Negeri Lerep I Ungaran yang tepatnya berada di kebun pala. Memang dulunya tempat ini adalah kebun pala peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Akhirnya beberapa area kebun pala ini dirombak menjadi tempat wisata air buatan yang sangat alami dengan pemandangan yang indah dan cocok buat berwisata bersama keluarga.

Lokasi wisata air watu Gunung ditempuh dari alun-alun lama kota Ungaran menuju ke desa Sokasari dengan melalui jalan Srikandi.

Dari alun-alun lama Ungaran bisa ditempuh menggunakan mobil atau angkutan umum yang tersedia atau bisa juga menggunakan ojek pangkalan yang ada di sekitar alun-alun lama Ungaran.

Dengan biaya Rp 5000 rupiah, Anda sudah sampai ke lokasi wisata air ini. Jarak dari alun-alun kota Ungaran ke lokasi wisata Watu Gunung sekitar 2 km yang bisa ditempuh selama kurang lebih 5 menitan.

Peta Lokasi Watu Gunung dari Alun-Alun Kota Ungaran

Demikian informasi tentang tempat wisata Watu Gunung, obyek wisata yang ada di Watu Gunung, biaya tiket masuk ke Watu Gunung dan Rute ke lokasi wisata Watu Gunung.  Tempat wisata ini menjadi tempat wisata air favorit bagi warga Ungaran Semarang dan sekitarnya.

Baca juga : Wisata Bandungan Semarang

Jika Anda berwisata ke Watu Gunung Ungaran Semarang, maka dijamin Anda akan mendapatkan ketenangan dan liburan yang luar biasa. Dengan bermain air di danau, sungai, atau kolam yang ada, tentu akan bisa menenangkan hati dan pikiran Anda.

Belajar Bahasa Inggris

5 Replies to Watu Gunung, Jawa Tengah

  1. Haloo Salam hangat. Tempat ini adalah tempat wisata kolam renang. Kolam yg ada disini sebagian besar untuk anak-anak. Air yg digunakan di sini menggunakan air alami yg berasal dari pegunungan yang bersih dan segar. Terdapat taman-taman yang bagus untuk berfoto. Hanya saja saat saya berkunjung ke sana tempat ini sebagian sedang direnovasi, jadi agak terganggu melihat pemandangan disekitar, tapi tidak apa-apa itu merupakan pengembangan disana.

    Untuk restoran disana cukup lengkap. Mohon maaf saya lupa untuk foto menunya heheh. Disini tidak boleh bawa makanan dari luar yaa guys, kan udah ada resto nya. Satu lagi, karena tempat ini dipegunungan, jalan ditempat ini banyak yg naik dan turun tajam seperti naik gunung, bagi kakek nenek yg sudah sepuh harus didampingi terus yaa. Selain itu perhatikan selalu langkahnya karena agak licin jalan disana. Yupss…selamat liburan. nUntuk foto kolam di Watu Gunung ini bisa lihat di review lainnya yaa… Terima kasih.

  2. Nice place.. suasananya alam banget .. puass hirup udara segernyaanrecommend kesini kalo pas ga peak season karna bakalan ruamee .. tapi kalo terlalu sepi juga ga enak haha gimana sii.. ya yang kondusif lah yaanKemaren pas selesai renang ada uler masuk kolam nya bikin hebooh, hihi kepengen ikutan renang juga diaa, tapi tenang mereka udah siap pawang kok dan ular pohon ga berbisa, masih aman .. nOverall good, cuma lagi ada renovasi jd agak kotornSemoga selalu di rawatnKarna baca review2 sebelumnya kurang di makanannya, sedangkan di larang bawa makanan.. semoga bisaa jadi perhatian pihak management nUntuk piring stereofom nya memang ga recommend banget, semoga kedepan bisa di ganti.

  3. Kolam renang dengan konsep alami berpadu dengan sentuhan modern terutama dasar kolamnya,dari sumber mata air alami ada beberapa kolam renang dangkal yang hanya cocok untuk anak2.Fasilitas lainya ada gasebo,danau kecil,mushola,kamar bilas&toilet.Tiket masuk Rp20K hari biasa dan Rp25K akhir pekan atau hari libur.Lokasinya mudah di jangkau dekat dengan alun2 kota Ungaran(Semarang) dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

  4. Great place to recharge your mind💫 a full bliss of greeneries!nnTempatnya luas, htm cuma 25k. Kebanyakan yang dateng keluarga atau rombongan. Memang tempat yang pas untuk liburan akhir pekan. Ada beberapa kolam renang, dengan ketinggian bervariasi. Tempatnya sejuk, cocok untuk escape singkat dari keramaian kota. Untuk menu makanan, harga dan rasa standar tempat wisata. Tapi saya suka singkong gorengnya. Sebelum pulang bisa keliling dulu, liat-liat pendopo dan rumah dengan aksen kayu tradisional. Oh iya, ada beberapa kolam ikan juga di sini. Untuk para orang tua, hati-hati kalau membawa anak-anak.

  5. Suka aja sama lingkungannya yang alami, seger di mata dan di hati 😁 cocok buat keluarga atau datang bareng gandengannya, sama anggota arisannya juga oke.nBuat farmer nih, di sana ada beberapa jenis hewan dan tanaman hias. Kalo aku paling suka anggreknya.

Leave a Reply