Wisata Mistis di Banyuwangi

Simak ulasan tentang √ tempat-tempat angker di Banyuwangi, √ wisata mistis di Banyuwangi dan √ wisata angker di Banyuwangi berikut ini.

Wisata Mistis di Banyuwangi

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten dengan tingkat kemajuan paling tinggi di Jawa Timur maupun di Indonesia.

Banyuwangi memiliki segudang kesenian dan budaya asli, lokasi wisata alam, wisata pantai, wisata air terjun bahkan wisata mistis yang tidak ditemukan di tempat lain.

Dengan lokasinya yang berada paling timur pulau Jawa, Banyuwangi di kenal sebagai Sunrise of Java yaitu tempat pertama di Jawa yang melihat terbitnya matahari yang indah.

Namun dibalik keindahan dan kemajuannya yang sekarang ini, Banyuwangi memiliki sejarah mistis yang sangat kuat, salah satunya adalah tragedi 1998 yang menewaskan banyak orang yang dicurigai memiliki ilmu ghaib.

Kabupaten yang pernah dijuluki “Kota Santet” ini memiliki tempat-tempat yang berbau mistis. Tak heran jika Banyuwangi menjadi tujuan bagi orang–orang yang ingin mempelajari ilmu hitam atau bertapa.

Lalu apa saja tempat wisata mistis di Banyuwangi?

Yuk kita simak ulasan tempat-tempat mistis dan angker yang ada di Banyuwangi berikut ini.

Berikut 8 Wisata Mistis di Banyuwangi

1. Goa Istana

Goa-Istana-Wisata-Mistis-Banyuwangi

Goa yang terletak di alas Purwo ini sering dijadikan oleh orang untuk bersemedi. Bahkan sang bapak proklamator Indonesia yaitu bung Karno pernah bersemedi di goa pertapaan ini.

Karena banyaknya orang yang bersemedi di tempat ini, maka tak heran jika banyak ditemukan sesajen disini. Selain itu umat hindu juga sering mengadakan ritual di tempat ini.

Menurut cerita rakyat setempat disinilah bung Karno bertemu dengan penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

Pada jaman dahulu disinilah para raja-raja berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri di sekitar goa Istana.

Goa ini yang paling sering dikunjungi untuk bertapa ataupun mencari ilmu ghaib. Menurut pandangan dari seorang paranormal, goa ini di jaga oleh dua prajurit bertubuh besar dan banyak makhluk dari bangsa jin yang tinggal disini.

Di goa istana ini jugalah yang menjadi pusatnya dari alas Purwo. Bagaikan sebuah kerajaan, disinilah keratonnya. Tidak salah lagi kalau Goa Istana menjadi destinasi wisata mistis di Banyuwangi.

2. Rowo Bayu

Rawa-Bayu-Banyuwangi

Tempat wisata mistis di banyuwangi berikutnya adalah Rowo Bayu. Rowo Bayu atau Rawa Bayu adalah lokasi yang hening dan masih penuh misteri. Disinilah awal mula kabupaten Banyuwangi lahir, Pada 18 Desember 1771.

Ditempat inilah terjadi pertempuran antara kerajaan Blambangan dengan Belanda. Dengan kesaktian para pati-pati raja dan tekat rakyat Blambangan, perang ini dimenangkan oleh kerajaan Blambangan. Banyaknya korban yang berjatuhan membuat rawa ini menjadi hunian oleh makhluk halus.

Salah satu sosok yang menjaga rawa Bayu adalah seorang yang dinamakan nyai Resek. Wujud nyai Resek sendiri mempunyai wajah yang cantik dan bijaksana. Disekelilingnya dijaga oleh prajurit-prajurit dan perempuan-perempuan yang lain.

Tak heran jika rawa Bayu pernah memakan tumbal seorang anak yang mandi di sekitar rawa. Akhirnya daerah Rowo Bayu dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Banyuwangi.

Silahkan baca lebih detail tentang Rawa Bayu pada artikel Rawa Bayu Banyuwangi.

3. Pantai Boom

Pantai-Boom-Banyuwangi-yang-Mistis

Pantai Boom yang dulu dijadikan sebagai pelabuhan utama kota Banyuwangi ini ternyata pernah terjadi tragedi yang mengerikan yaitu tragedi INKAI.

Tragedi ini memakan banyak korban, penyebabnya adalah air laut yang tiba-tiba memunculkan gelombang besar sehingga menyeret karateka yang sedang latihan disana ke laut. Tercatat terdapat 26 karateka yang meninggal termasuk dengan sang pelatih.

Ketika ada supranatural yang menyelidiki kejadian tersebut. Mereka mendapatkan serangan dari ribuan jin yang datang dari laut hingga salah satu kru dari mereka kerasukan namun masih bisa diatasi oleh sang supranatural.

Menurutnya di tempat ini merupakan dapur dari kerajaan besar bangsa jin dan pusat dari kerajaan tersebut berada di alas Purwo. Jadi tidak salah lagi kalau pantai Boom menjadi salah satu wisata mistis di Banyuwangi.

4. Pantai Watu Dodol

Pantai-Watu-Dodol-Wisata-Angker-di-Banyuwangi

Pantai watu Dodol yang dulunya menjadi destinasi favorit Banyuwangi ini teryata memiliki sejarah yang kental akan dunia lain. Itu terbukti dari peristiwa yang pernah terjadi disini, salah satunya adalah dukun yang pernah di gantung hidup–hidup disini.

Selain itu, disini juga terdapat beberapa monument yang dipercayai memiliki hubungan dengan dunia ghaib, sebut saja patung Gandrung yang menjadi ikon dari kabupaten Banyuwangi ini.

Patung Gandrung ini jika malam akan terlihat bergerak sendiri dan menari–nari. Bagi masyarakat Banyuwangi, pantai Watu Dodol selain sebagai destinasi wisata yang indah juga dikenal sebagai tempat wisata mistis di Banyuwangi.

Ada juga batu besar yang ada di tengah jalan watu Dodol. Pada jaman pemerintahan Belanda dulu batu ini sempat akan dipindahkan agar tidak menghalangi jalan.

Namun dalam upayanya memindahkan batu ini tidak membuahkan hasil, berbagai cara telah dilakukan termasuk menariknya dengan kapal besar, Akan tetapi yang terjadi kapal tersebut malah yang tenggelam.

Batu besar ini diyakini sebagai paku bumi pulau Jawa, jika batu ini dihancurkan maka pulau jawa akan tenggelam.

Dibibir pantai watu Dodol terdapat sebuah sumur kecil yang katanya disitulah tempat lahirnya sunan Giri, sebelum ia dihanyutkan ke selat Bali. Dan air yang ada di dalam sumur tersebut dipercaya berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Selain ketiga monument diatas, di watu Dodol juga terdapat sebuah bunker peninggalan Jepang yang dulunya digunakan sebagai tempat pengintai kapal musuh.

Di dalam bunker ini sangatlah gelap dan ujung dari bunker ini ditutup dikarenakan adanya hewan buas seperti macan. Namun ada juga cerita yang mengatakan bahwa di ujung bunker ini bisa tembus sampai ke alas Purwo.

Itulah gambaran keangkeran Watu Dodol dibalik keindahan wisata pantainya yang terkenal.

5. Pabrik Saranite

Pabrik-Saranite-Banyuwangi-yang-Angker

Salah satu pabrik kapal yang sudah tidak beroprasi lagi ini sering terjadi hal-hal aneh. Itulah salah satu penyebab mengapa pabrik ini tidak beroprasi lagi.

Salah satu kejadian yang mengagetkan adalah kapal baru yang tiba-tiba berada di dermaga, padahal tidak ada yang memindahkan. Konon kapal tersebut pindah sendiri karena belum di “SELAMETI” alias belum diadakan acara syukuran.

Di pabrik ini juga terdapat sebuah cerobong asap yang katanya menjadi sangkarnya seekor naga besar. Selain dijaga oleh seekor naga di tempat ini juga dihuni oleh noni-noni Belanda yang mendiami perumahan yang berada tak jauh dari pabrik.

Pabrik ini sudah dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu tempat mistis yang bisa dijadikan tempat wisata angker di Banyuwangi.

6. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi

Rumah-Sakit-Inggris-Banyuwangi-yang-masih-Mistis-dan-Angker

Bekas rumah sakit yang berada di depan gesibu Blambangan ini memiliki sejarah yang kelam.

Tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat pembantaian oleh belanda. Di tempat ini juga terdapat pohon bringin yang besar.

Menurut warga sekitar, jika malam telah tiba terdengar suara jeritan-jeritan minta tolong dan katanya sering terjadi penampakan seorang noni Belanda yang berlalu lalang di sekitar wilayah rumah sakit ini.

Rumah Sakit Inggris ini dikenal sebagai tempat yang angker oleh masyarakat sekitarnya. Namun tempat ini kadang dijadikan destinasi wisata malam atau uji nyali anak-anak muda Banyuwangi.

7. Keraton Macan Putih

Wisata-Mistis-Banyuwangi-Keraton-Macan-Putih

Keraton yang didirikian oleh prabu Tawang Alun ini adalah tempat yang disakralkan oleh warga sekitar. Warga sekitar mempercayai bahwa ditempat inilah prabu Tawang Alun muksa atau menghilang jasadnya dan kembali kepada tuhan.

Menurut pandangan seorang supranatural, tempat ini dijaga oleh seekor macan putih dan didalam keraton ada jin yang mengaku sebagai prabu Tawang Alun. Keraton Macan Putih ini ditetapkan sebagai salah satu wisata mistis di Banyuwangi yang masih angker.

8. Alas Purwo

Wisata-Mistis-Alas-Purwo-Banyuwangi

Keangkeran Alas Purwo masih menjadi misteri bagi warga Banyuwangi. Alas Purwo memiliki luas sebesar 434 km. merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia yang menampung ribuan flora dan fauna di pulau Jawa.

Selain dikenal dengan cagar alam yang indah, alas Purwo juga dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini.

Penduduk setempat percaya bahwa ditempat ini tempat berkumpulnya jin seantero nusantara. Jadi alas Purwo oleh masyarakat di Banyuwangi dijadikan sebagai satu lokasi wisata mistis di Banyuwangi.

Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang manusia pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki Alas Purwo.

Bahkan manusia yang meninggal di tempat ini tidak bisa ditemukan jasadnya. Bagi yang bisa keluar dengan selamat dari tempat ini kemungkinan besar tidak selamat juga, karena akan mendapatkan musibah dan kecelakaan.

Simak dan baca juga : Info Wisata di Banyuwangi

Demikian ulasan tentang 8 tempat wisata mistis di Banyuwangi. Karena mitos gaib yang melegenda, banyak orang datang ke Banyuwangi untuk menimba ilmu gaib dan bertapa. Lebih dari 40 goa terdapat di alas Purwo dan hampir semuanya dihampiri orang untuk melakukan pertapaan. Bahkan bapak presiden Indonesia yang pertama mempunyai tempat pertapaan Soekarno khusus di alas Purwo ini.

Tempat Wisata di Malang

Wahyoeni
3 min read

Jatim Park 2 Batu Malang

Wahyoeni
4 min read

Selecta Malang

Edy
5 min read