Wisata Pantai di Bali

Wisata-Pantai-Bali

Daya pikat pulau Bali sebagai destinasi wisata sampai saat ini memang belum terkalahkan oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia. Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan objek wisata baru di berbagai daerah, tetap saja objek-objek wisata di Bali memiliki tempat tersendiri di hati para pelancong.

Wisata Pantai di Bali

Bali memang memiliki beragam jenis objek wisata yang tersebar di seluruh penjuru daerahnya. Salah satunya ialah jenis wisata pantai yang paling menonjol dan menjadi penyumbang terbesar bagi industri pariwisata Bali dalam hal jumlah pengunjung.

Pilihan tempat wisata pantai di Bali juga beragam. Mulai dari pantai berpasir hitam hingga pantai berpasir putih, semuanya tersedia dengan ciri khas dan daya tariknya masing-masing. Apalagi, pantai baru dan pantai-pantai yang letaknya tersembunyi di Bali juga kini mulai menyeruak kepermukaan, menambah semarak dan beragamnya pilihan pantai yang siap dikunjungi.

Wisata-Pantai-di-Bali-yang-Memukau

Namun, di sisi lain kondisi tersebut kadang memunculkan kegundahan bagi sebagian wisatawan yang ingin melancong ke Bali. Mereka gundah gulana memilih apakah akan ke pantai Kuta, Jimbaran, Tanjung Benoa, atau ke pantai Pandawa Kutuh.

Nah, untuk menjawab kegundahan tersebut, wisatabagus kali ini akan mengulas pantai-pantai mana saja di Bali yang paling indah dan sangat layak untuk dikunjungi apabila kalian sedang berada di Bali.

Penilaian ini diambil berdasarkan kacamata wisatabagus dengan mempertimbangkan berbagai kriteria yang biasanya menjadi acuan wisatawan sendiri dalam menentukan bagus atau tidaknya sebuah objek wisata pantai. Simak ulasannya berikut.

11 Wisata Pantai di Bali dengan Daya Tariknya Masing-masing

1. Pantai Nusa Dua Bali

pantai-nusa-dua-wisata-pantai-di-bali

Pantai ini berpasir putih dengan kawasan yang sangat bersih, hampir tidak akan kalian temukan satupun sampah di pantai ini. Menjelang atau memasuki sore hari, kalian akan terkagum-kagum dengan suasananya yang begitu indah berpadu dengan warna langit yang memukau.

Sebenarnya di kawasan pantai Nusa Dua Bali terdapat 3 pantai yang bisa kalian nikmati sekaligus. Pantai-pantai ini yaitu pantai Nusa Dua Bali, pantai Geger, dan pantai Water Blow.

Selain kawasannya yang asri, pantai Nusa Dua juga merupakan pantai yang cukup rekomended sebagai tempat berlibur bersama anak-anak. Ombaknya tenang sehingga cukup aman bagi anak-anak yang ingin berenang atau bermain air.

Pantai ini beralamat di kabupaten badung, Provinsi Bali, Indonesia. Detail lokasinya bisa kalian lihat pada peta lokasi pantai Nusa Dua yang kami ambil dari Google Map.

2. Pantai Kuta Bali

pantai-kuta-wisata-pantai-di-bali

Siapa sih yang tidak mengenal pantai kuta Bali. Paling tidak, kalaupun belum pernah ke sana, kalian pastinya pernah mendengar atau membaca nama pantai ini di berbagai media online ataupun elektronik. Betul kan?

Pantai kuta Bali beralamat di Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia. Pasir pantainya putih dan kawasannya juga tak kalah bersih dari pantai Nusa Dua Bali.

Pantai ini merupakan salah satu pantai tervaforit di Bali yang setiap hari selalu dipadati pelancong baik yang datang dari penjuru-penjuru tanah air ataupun mancanegara. Pantai ini bisa dikatakan sebagai ikon-nya wisata pantai di Bali.

Ciri khas dari pantai ini selain pasir pantainya yang bersih, adalah garis pantainya yang sangat panjang dengan formasi melengkung seolah mengitari kawasan pantai. Dijamin deh nantinya kalian akan sangat puas menjelajah setiap sudut yang ada di pantai ini.

Pantai ini juga sering menjadi lokasi berselancar bagi para peselancar lokal ataupun luar negeri. Airnya yang bersih dengan ombak yang tidak terlalu membahayakan, membuatnya sangat bersahabat bagi para peselancar pemula.

Di sekitaran pantai juga banyak tersedia tempat makan, penginapan, dan penjugal souvenir. Jadi kalau ke sini kalian tidak perlu repot-repot bawa bekal dari rumah.

3. Pantai Sanur

pantai-sanur-wisata-pantai-di-bali

Berbeda dengan pantai Kuta yang menjadi spot menarik bagi para peselancar, pantai Sanur lebih condong dan pasti digemar oleh kalian yang suka menyelam atau snorkeling. Hal ini disebabkan arus ombak di pantai ini sangat tenang sehingga tidak akan mampu mendorong papan selancar, namun sangat aman bagi para penyelam untuk menjelajah bawah laut.

Letak pantai Sanur berada di sebelah timur Kota Denpasar. Jaraknya dari kota tersebut sekitar 10,9 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 24 menit berkendara melewati Jl. By pass Ngurah Rai.

Untuk alamat lengkapnya, pantai yang juga terkenal dengan julukan pantai matahari terbit ini berlokasi di Jl. Danau Buyan, Sanur, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali, Indonesia.

Kegiatan menarik lainnya yang bisa kalian lakukan di pantai Sanur selain snorkeling, adalah berenang menikmati bersih dan segarnya air pantai. Suasana akan semakin menawan jika kalian mencoba berenang di pagi hari tatkala matahari akan mulai terbit.

4. Pantai Tanjung Benoa

pantai-tanjung-benoa-wisata-pantai-di-bali

Kalau pantai Sanur dan pantai Kuta pilih-pilih pengunjung (he he he), maka pantai Tanjung Benoa siap menampung wisatawan dengan berbagai ragam hobi. Di pantai inilah pusat segala aktivitas yang berhubungan dengan olah raga air bisa dilakukan.

Pantai Tanjung Benoa seperti pantai-pantai lainnya di Bali menawarkan suasana kawasan pantai yang nyaman dan indah. Kalian bisa menghabiskan waktu selama mungkin di pantai ini tanpa rasa bosan sedikitpun.

Kelebihan pantai ini dibandingkan dengan pantai lainnya di Bali adalah air lautnya yang bersih dan tenang. Meskipun pantai-pantai yang sudah diulas di atas juga sama, namun arus air di pantai ini sanggup menjadi pelampiasan berbagai macam kegiatan watersport.

Di pantai ini wisatawan bisa mencoba snorkeling, parasailing, banana boat, jetski, scuba diving, flying fish, wakeboard, sea walker, hingga waterski.

Atau jika bosan dengan permainan di atas, dari sini kalian bisa mengunjungi pulau penyu dengan perahu untuk melihat penyu raksasa yang ada di pulau penyu.
Alamat pantai tanjung benoa yaitu di Pantai Tj. Benoa, Bali, Indonesia.

5. Pantai Jimbaran

pantai-jimbaran-wisata-pantai-di-bali

Tidak hanya memiliki pantai yang ramai di siang hari, Bali juga memiliki pantai yang menjadi tempatnya para wisatawan yang gemar hang out di malam hari. Pantai ini bernama pantai Jimbaran.

Ya. Pantai ini agak unik. Bukan dari sisi lokasi atau kawasan pantainya, tapi dari sisi waktu kunjung para pelancong. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang hanya dipadati pengunjung pada siang hari, pantai Jimbaran tetap eksis dan malah dikerumuni pelancong lebih banyak di malam hari.

Di sini selain bisa menikmati suasana pantai, kalian juga bisa mencoba berbagai menu kuliner yang tersedia di restoran-restoran pinggir pantai. Jadi, selain berwisata pantai, kalian juga sekaligus berwisata kuliner.

Menu makanan yang ditawarkan di sini bermacama-macam. Namun karena lokasinya di pinggir pantai, maka menu-nya tidak jauh-jauh dari menu ala masyarakat pantai yaitu hidangan laut.

Yang menarik, selain bisa menyantap hidangan makanan di dalam resto, kalian juga bisa memilih untuk menikmatinya di pinggir pantai. Di atas kursi dan meja makan yang tertata rapi di atas pasir-pasir bersih dan lembut, ditambah pemandangan pantai di depan mata, tentu akan membuat selera makan kalian semakin bergelora.

6. Pantai Karma Kandara

Jika yang kalian inginkan adalah suasana pantai yang indah, sepi, sekaligus menjamin privasi, maka pilihan terbaiknya adalah pantai Karma Kandara.

Ya. Pantai ini memang dari segi jumlah pengunjung kalah jauh dari pantai-pantai lainnya di Bali. Namun, nilai plus selain keindahan dan kenyamanan kawasan pantainya yang tidak akan kalian temukan di pantai lain, adalah perihal privasi pengunjungnnya yang akan sangat terjaga.

Pantai ini berada tidak jauh dari kawasan pantai Pandawa. Karena itulah, kedua pantai ini memiliki kemiripan dari sisi karakteristik kawasan pantainya. Perbedaannya hanyalah dari segi jumlah pengunjung, yang mana, pantai Pandawa memiliki jumlah pengunjung harian yang jauh lebih banyak.

Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab minimnya kunjungan wisatawan ke pantai Karma Kandara adalah harga tiket masuknya yang terbilang lumayan mahal. Banyangkan saja, untuk bisa menikmati suguhan keindahan dari pantai ini, kalian harus siap membayar tiket masuk seharga Rp. 250.000/orang.

Meskipun dengan harga tersebut kalian bisa mendapatkan makanan dan minuman gratis di sebuah restoran yang ada di dalam, tetap saja harga tiket semahal itu akan menjadi pertimbangan bagi beberapa calon pengunjung.

7. Pantai Deamland

pantai-dreamland-wisata-pantai-di-bali

Agar mirip dengan pantai kuta, pantai dreamland menawarkan keindahan pesisir pantai berpasir putih dengan fasilitas wisata yang lengkap. Di kawasan sekitar pantai, dapat kalian temukan beberapa villa sebagai tempat menginap, dan juga restoran dengan menu khas masakan laut.

Pantai dreamland memiliki kontur kawasan pantai yang landai sehingga memudahkan kalian untuk melakukan aktivitas apapun. Di sekitaran pantai, kalian juga akan melihat banyak batu-batu karang berwarna putih mengelilingi kawasan pantai yang secara tidak langsung menimbulkan kesan indah bagi siapapun yang memandangnya.

Pantai dreamland Bali beralamat di Pecatu, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia.

8. Pantai Lovina

Keberadaan pantai Lovina mungkin masih jarang diketahui bahkan terdengar asing di kalangan wisatawan. Namun, hal ini bukan berarti pantai ini kurang indah atau kurang nyaman sebagai tempat berlibur.

Pantai yang berada di sisi utara pulau Bali ini menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Di sini, selain menikmati pemandangan pesisir pantainya yang cukup indah, kalian juga bisa bermain dengan puluhan hingga ratusan lumba-lumba.

Pantai Lovina memang lekat dengan makhluk laut yang terkenal cerdas tersebut. Hal ini bisa dilihat dari keberadaan patung lumba-lumba besar yang dibangun di jalur pintu masuk kawasan pantai.

Namun untuk dapat melihat langsung lumba-lumba, kalian dianjurkan untuk datang lebih pagi ketika hewan laut ini belum menjauh dari tepian pantai.

9. Pantai Menjangan

Pantai menjangan menawarkan keindahan bawah laut yang sangat memukau. Seperti pantai Sanur, pantai ini adalah tempat yang paling pas bagi kalian yang suka menyelam ke bawah laut.

Selain airnya yang bersahabat untuk aktivitas menyelam, panorama bawah laut di pantai menjangan juga menjadi magnet terkuat yang menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Di bawah, kalian bisa melihat beragam biota laut seperti ikan yang berwarna warni hingga beragam jenis terumbu karang.

10. Pantai Virgin

Pantai ini terletak di kabupaten paling timur pulau Bali, yakni Kabupaten Karangasem. Dinamai pantai virgin, karena lokasinya yang memang belum banyak diketahui orang sehingga wisatawan yang berkunjung pun bisa dibilang masih sedikit.

Namun layaknya pantai-pantai yang lain, pantai yang lagi-lagi bisa dikatakan pantai tersembunyi di Bali ini, memiliki kawasan pantai yang cukup indah. Suasana sekitar pantai juga terkesan asri dengan adanya tebing tinggi yang ditumbuhi banyak tanaman hijau di sisi kiri.

Di sini kalian bisa menikmati aktivitas wisata pantai seperti biasanya, kalian bisa berenang, bermain air, ataupun bermain pasir di bibir pantai.

11. Pantai Pandawa

pantai-pandawa-wisata-pantai-di-bali

Pantai terakhir yang termasuk pantai terindah di Bali adalah pantai Pandawa. Pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang ini, adalah salah satu pantai yang paling digilai oleh para wisatawan lokal.

Wisatawan lokal lebih mengenal pantai Pandawa dengan sebutan pantai Pandawa Kutuh, sedangkan wisatawan bule, lebih mengenalnya dengan sebutan secret beach.

Di pantai ini kalian bisa melakukan kegiatan seperti saat berada di pantai-pantai lain di Bali. Air lautnya bersih dan tenang sehingga sangat aman untuk berenang dan snorkeling.

Selain itu, di sini juga berdiri banyak warung penjual makanan dan minuman. Jika lapar, kalian bisa memesan mie goreng, nasi goreng, dan menu seafood.

Wisata pantai di pulau Bali memang terkenal akan keindahannya. Tak heran apabila kunjungan wisatan ke Indonesia di dominasi oleh mereka yang berkunjung ke Bali. Setelah mengetahui pantai-pantai mana saja yang paling indah dari sekian banyak pantai yang ada di pulau dewata, pantai manakah yang akhirnya menjadi pilihan kalian sobat traveller?