Wisata Pantai di Lombok

 

Tidak terhitung berapa jumlah objek wisata pantai di Lombok yang bisa kalian jelajahi. Pulau yang terkenal dengan masyarakatnya yang taat dan bersahaja ini memang memiliki keindahan pesisir yang menakjubkan.

Pulau ini memang kecil, luasnya hanya sekitar 4.725 km². Coba badingkan dengan pulau Jawa yang luasnya mencapai 128.297 km². Namun untuk urusan pariwisata, Lombok tentunya tidak kalah dan masih bisa bersaing dengan pulau Jawa ataupun pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Wisata Pantai di Lombok

Dari sekian banyak tempat wisata pantai di Lombok, ada beberapa pantai yang menjadi ikon sekaligus objek wisata favorit di Lombok yang setiap harinya selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Yang datang bahkan bukan hanya wisatawan lokal ataupun wisatawan dari daerah lainnya di Indonesia saja, melainkan banyak yang merupakan pelancong luar negeri. Para turis itu sengaja datang jauh-jauh hanya untuk melihat dan menikmati liburan di pulau Lombok yang aduhai.

Baiklah. Kami rasa cukup pembuka untuk artikel ini. Selanjutnya, yuk ketahui pantai-pantai mana saja di Lombok yang menjadi favorit wisatawan dan wajib untuk kalian kunjungi di musim liburan nanti.

Wisata Pantai Terfavorit di Lombok

1. Gili Trawangan

wisata-pantai-di-lombok-gili-trawangan

Kalian mungkin sudah sering mendengar atau membaca informasi mengenai objek wisata pantai Gili Trawangan. Pantai ini memang terkenal. Ia adalah salah satu objek wisata favorit di Lombok yang sering pula dikunjungi oleh kalangan artis dalam negeri.

Gili Trawangan menawarkan areal pesisir pantai yang eksotis dan sangat nyaman untuk dijadikan peraduan bagi siapa saja yang mendamba kedamaian. Agak jauh dari kawasan perkotaan, membuat Gili Trawangan menjadi tempat yang asri, bersih dan sunyi dari segala kebisingan kota.

Selain itu, ada beragam aktivitas wisata yang bisa kalian lakukan di tempat ini. Kalian bisa berenang, snorkeling, ataupun menikmati hangatnya mentari di waktu pagi dengan berjemur.

Fasilitasnya pun lengkap. Di sini sudah tersedia hotel dan penginapan bagi kalian yang ingin menginap, diskotik, cafe, restoran, hingga tempat ibadah untuk berbagai agama.

2. Pantai Kuta

wisata-pantai-di-lombok-pantai-kuta

Bukan pantai Kuta di Bali ya. Kalau kalian belum tau, Lombok juga punya pantai indah yang bernama pantai Kuta. Dinamai seperti itu karena lokasinya yang berada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Jangan salah, pantai ini juga tak kalah indahnya dari pantai kuta Bali. Pasir pantainya putih kecoklatan, areal pesisirnya juga adem, sangat nyaman untuk lokasi santai bersama keluarga ataupun pasangan bagi kamu yang masih muda.

Kemudian yang semakin membuat pantai ini menarik dan akhirnya menjadi magnet bagi para wisatawan adalah keberadaan bukit Mandalika yang terletak di sisi sebelah barat.

Dari bukit ini, kalian bisa melihat keseluruhan landscape pantai Kuta dengan pemandangan terumbu karangnya yang terlihat jelas. Di pantai ini kalian memang bisa melihat dengan sangat jelas terumbu karang yang ada. Ini karena air laut di pantai Kuta sangat jernih dan bersih.

Jangan ditanya mengenai fasilitas wisata di pantai Kuta. Sebagai salah satu objek wisata pantai favorit. Di sini tentu sudah tersedia fasilitas lengkap untuk memberi kemudahan serta kenyamanan bagi para pelancong.

3. Pantai Senggigi

wisata-pantai-di-lombok-pantai-senggigi

Pantai ini bisa dikatakan tidak terlalu jauh dari pusat kota Mataram yang menjadi Ibukota pulau Lombok. Meski demikian, pantai ini tetap nyaman untuk dikunjungi karena suasana di sekitar kawasannya juga masih asri dan bersih.

Yang menarik di pantai senggigi adalah keberadaan dua situs budaya yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Kedua situs budaya tersebut yaitu Batu Layar dan Batu Bolong.

Kalau sempat mengunjungi pantai Senggigi, maka kamu bisa berkunjung ke salah satu atau kedua situs budaya untuk belajar kebudayaan orang Lombok ataupun sekedar hunting foto.

Di Batu Bolong misalnya, kamu bisa memotret objek pura atau menjadikannya sebagai background foto. Puranya terlihat unik karena dibangun di atas bongkahan terumbu karang. Sedangkan di Batu Layar, kamu bisa berziarah ke makam seorang ulama Lombok tempo dulu yang berjasa dalam penyebaran agama islam di pulau Lombok.

4. Pantai Nipah

wisata-pantai-di-lombok-pantai-nipah

Tidak jauh dari pantai Sengigi, sekira 20 menit berkendara, kalian bisa menemukan pantai Nipah yang juga merupakan salah satu objek wisata pantai terfavorit di Lombok. Seperti pantai Kuta, nama pantai ini juga diambil dari nama daerah tempatnya berada yakni di Dusun Nipah, Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara.

Selain keindahan dari perpaduan air lautnya yang hijau dengan jejeran pohon kelapa di pinggirnya, pantai Nipah menjadi begitu digemari para pelancong karena beragamnya kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini.

Di sini kalian bisa menghabiskan waktu dengan berenang, berkeliling kawasan pantai dengan perahu, bermain kano, hingga snorkeling.

Oh ya, perjalanan kalian dari pantai Senggigi atau tempat lainnya ke pantai Nipah tidak akan mengalami kendala apapun. Jalannya sangat mudah untuk dilalui karena sudah dilapisi hotmik. Selain itu, letak pantainya juga mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan.

5. Pantai Pink

wisata-pantai-di-lombok-pantai-pink

Sesuai dengan namanya, pantai Pink memiliki pasir pantai yang warnanya terlihat agak kemerahan. Dari jauh, warna merah pasir pantai ini akan berubah dan tampak seperti berwarna pink. Inilah cikal bakal yang membuat namanya diubah dari yang semula bernama pantai Tangsi menjadi pantai Pink.

Apa yang ada di pantai ini?

Selain keunikan warna pasirnya, pantai Pink juga akan terlihat rupawan berkat adanya tebing-tebing tinggi yang terlihat mengitari sekitar kawasannya. Kemudian untuk yang boby berenang, airnya juga sangat bersih, arusnya juga tenang sehingga sangat aman bagi anak-anak lebih-lebih orang dewasa.

Pantai ini berlokasi di Desa Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

6. Pantai Selong Belanak

wisata-pantai-di-lombok-pantai-selong-belanak

Meski belum mendapatkan kunjungan wisatawan sebanyak pantai-pantai favorit sebelumnya. Pantai Selong Belanak diyakini akan segera menapaki masa kejayaannya pada 2019 ini.

Belum banyaknya wisatawan yang berkunjung, murni disebakan karena masih minimnya promosi yang dilakukan pengelola sehingga kabar tentang pantai yang sangat indah ini tidak tersebar secara luas.

Jika diamati, pantai yang terletak di Desa Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah ini memiliki ciri khas tersendiri pada garis pantainya yang berbentuk bulan sabit. Selain itu, alam sekitarnya juga masih sangat alami sehingga sangat pas dijadikan sebagai tempat melepas segala keluh kesah rutininas dunia kerja.

Kegiatan yang paling menarik di pantai ini ialah menyaksikan sunset di sore hari sambil menikmati terpaan semilir angin pantai yang sepoi-sepoi. Jika lapar, rumah makan yang berjejeran si sekitar kawasan pantai siap mengenyangkan perut kalian dengan hidangan khas ala masyarakat pesisir.

7. Pantai Tanjung Aan

wisata-pantai-di-lombok-tanjung-aan

Pantai ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari kawasan pantai Kuta, Lombok Tengah. Berpasir putih, dengan garis pantai yang pendek dan muka laut yang langsung mengarah ke Samudera Hindia.

Aktivitas wisata yang bisa kalian lakukan di pantai Tanjung Aan ini antara lain berenang, naik perahu, snorkeling, dan berselancar pada sore hari tatkala ombaknya sangat mendukung untuk kegiatan itu.

8. Pantai Tanjung Bloam

wisata-pantai-di-lombok-pantai-tanjung-bloam

Jika kalian penasaran dan ingin melihat secara langsung bagaimana penyu-penyu hidup dan dilestarikan keberadaanya, maka kalian bisa berlibur ke pantai Tanjung Bloam. Karena selain dikenal sebagai objek wisata, pantai Tanjung Bloam juga telah lama menjadi pusat konservasi bagi hewan laut berbentuk unik tersebut.

Lokasi pantai Tanjung Bloam berada di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Jerowaru, Lombok Timur. Selain melihat kehidupan penyu, pantai ini juga menawarkan pesona berupa air laut yang biru, tebing-tebing karang yang kokoh, serta pasir pantai yang berwarna putih.

Namun untuk kegiatan yang bersentuhan langsung dengan bibir pantai, kalian sepertinya harus ekstra hati-hati karena ombak di pantai ini sangatlah besar.

9. Pantai Gili Meno

wisata-pantai-di-lombok-gili -meno

Jika kalian pernah mendengar istilah private beach namun belum faham apa artinya, maka cobalah untuk datang ke pantai Gili Meno. Pantai ini benar-benar menawarkan apa yang dimaksud sebagai private beach dengan segala kelebihannya.

Selain air lautnya yang bisa dikatakan super jernih, di pinggir pantai juga telah disediakan sejumlah gazebo sebagai tempat duduk atau melindungi diri dari paparan sinar matahari.

Sementara aktivitas paling menarik yang bisa kalian lakukan di sini yaitu diving atau snorkeling untuk melihat langsung seperti apa kehidupan bawah laut di pantai ini. Untuk kegiatan tersebut, kalian bisa memilih spot terbaiknya di meno wall atau di turtle point.

10. Pantai Goa Landak

wisata-pantai-di-lombok-goa-landak

Salah satu pantai di Lombok Barat ini meskipun belum setenar pantai Nipah atau pantai Senggigi, termasuk ke dalam deretan pantai-pantai di Lombok yang wajib kalian kunjungi.

Di sini, selain bersantai menikmati suasana pesisir pantai yang masih alami, kalian juga bisa berkujung ke sebuah lorong sempit yang terletak tidak jauh dari bibir pantai untuk berfoto di depan atau di dalam lorong yang ternyata menjadi asal muasal penamaan pantai ini dengan nama Goa Landak.

Kemudian, di pantai ini juga terdapat spot unik lain yang bernama bukit Ombak. Dinamai begitu karena bentuk bukit ini memang menyerupai gulungan ombak yang hendak menghantam pinggiran pantai.

Selain strategis sebagai tempat menikmati keseluruhan bentangan pantai Goa Landak, spot bukit Ombak juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk berfoto oleh para wisatawan.

Pantai Goa Landak beralamat di Desa Mandar, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Lokasinya memang agak dalam dan akses jalannya pun cukup sulit. Kontur jalanannya terjal dan belum diaspal.

11. Pantai Elak-Elak

wisata-pantai-di-lombok-pantai-elak-elak

Pantai berikutnya yang suasananya sama dengan pantai Goa Landak yang alami dan minim pengunjung adalah pantai Elak-Elak yang berada di Sekotong, Lombok Barat. Pantai ini dinamai pantai Elak-Elak karena bentuknya berupa tanjung yang menjorok ke dalam. Mirip dengan bentuk Elak yang dalam Bahasa Indonesia berarti lidah.

Untuk sampai di pantai Elak-Elak dari pusat Kota Mataram. Kalian harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam berkendara. Namun berbeda dengan akses jalan ke pantai Goa Landak, jalanan ke pantai Elak-Elak sudah diaspal sehingga kalian tidak akan kesulitan untuk sampai di lokasi.

Simak dan Baca juga : Wisata di Banyuwangi

Pantai-pantai di Lombok memang terkenal dengan keindahan dan kealamian kawasannya. Ditambah masyarakatnya yang selalu hangat menyambut siapapun yang datang, membuat para pelancong pasti betah berlama-lama dan akhirnya ingin datang dan datang lagi ke Lombok.

Loading...

Pantai Senggigi Lombok

Hansar
4 min read

Pantai Nipah Lombok

Hansar
4 min read

Pantai Kuta Lombok

Hansar
4 min read

Gili Trawangan

Hansar
5 min read