Keunikan Padang Sumatera Barat

Keunikan Padang Sumatera Barat

6 Ulasan

Simak ulasan tentang √ kota Padang, √ kuliner khas Padang, √ wisata di Padang dan √ keunikan Padang Sumatera Barat pada artikel berikut.


Kota Padang Sumatera Barat

Siapa yang tak pernah mendengar Kota Padang?

Kota Padang adalah salah satu kota terbesar yang ada di Sumatera. Padang adalah ibu kota dari propinsi Sumatera Barat yang terkenal dengan kuliner, budaya, wisata dan religi-nya.

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal kota Padang dari kuliner-nya yang sangat maknyus seperti Rendang yang menjadi makanan khas Indonesia yang terkenal.

Tapi dibalik kuliner-nya yang sangat lezat itu, kota dengan legenda “Malin Kundang” dan “Siti Nurbaya” ini memiliki keunikan yang berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia.

Apa saja keunikan dari Padang?

Padang memiliki banyak keunikan yang mungkin belum Anda ketahui. Keunikan Padang ini sudah menjadi khas dari Padang Sumatera Barat yang juga menjadi icon kota Padang.

Pada kesempatan kali ini wisatabagus akan mengulas tentang beberapa keunikan dari Padang Sumatera Barat yang mungkin tidak Anda temukan di kota-kota lain. Mari kita simak ulasannya berikut.

Berikut 7 Keunikan dari Padang Sumatera Barat

1. Memiliki Gaya Arsitektur yang Khas

Rumah-Gadang-sebagai-Keunikan-Padang-Sumatera-Barat

Rumah gadang merupakan rumah adat minangkabau yang merupakan rumah tradisional. Rumah gadang memiliki arsitektur khas yang terletak pada bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau.

Karena keunikannya ini, gaya arsitektur rumah gadang menjadi inspirasi bangunan di berbagai dunia. Salah satunya adalah The House of The Five Sense yang berada di Belanda.

Rumah The House of The Five Sense ini tercatat di Guinness Book of Records karena atap jeraminya yang luas.

Sampai saat ini gaya rumah Gadang masih mudah ditemui di wilayah Padang dan sekitarnya. Masyarakat Padang masih melestarikan gaya arsitektur rumah gadang yang memiliki corak dan seni khas seperti tanduk kerbau.

2. Memiliki Tempat Wisata yang Keren

Lembah-Anai-Padang-Sumatera-Barat

Terletak di pantai barat pulau Sumatera dan berada di dataran tinggi membuat Padang memiliki tempat wisata yang cukup komplit. Mulai dari pantai, air terjun, lembah, danau dan juga wisata religi.

Beberapa diantaranya salah satu wisata yang sudah mendunia seperti pemandangan di danau Singkarak. Danau ini terkenal karena adanya lomba sepeda internasional yang melewati danau Singkarak.

Dan untuk wisata alam lainnya yang keren adalah Lembah Anai, Pulau Sikuai, dan Pulau Pagang. Pokoknya Padang menjadi salah satu daerah wisata Indonesia yang mempunyai banyak tempat untuk dijadikan kunjungan wisata.

3. Memiliki Angkutan Umum Paling Nyentrik di Dunia

Angkutan-Umum-Keren-dan-Unik-di-Padang

Salah satu keunikan dari Padang Sumatera Barat adalah banyaknya angkot yang sangat keren. Angkot di Padang sangat unik dan cetar membahana.

Ketika berlibur ke kota Padang Anda jangan kaget melihat angkutan umum yang keren-keren. Hampir semua angkutan umum di kota Padang telah di modifikasi sedemikian rupa agar bisa menarik pelanggan sebanyak- banyaknya.

Jika angkutan umumnya tidak dihias maka orang tidak mau menumpanginya. Bahkan jika ada siswa yang naik angkutan umum yang tidak dihias maka dia dicap tidak gaul oleh teman-temannya.

Angkutan umum di kota Padang dihias seperti mobil modifikasi yang ada di TV, maupun majalah. Modifikasi-nya pun macam-macam, mulai dari yang menggunakan stiker unik, full musik dengan sound dimana – mana, hingga kerangka-nya yang dirubah.

Berbagai informasi yang didapat, biaya modifikasi mobil angkutan tersebut sangatlah mahal. Tapi itulah uniknya Padang.

Dengan angkutan yang penuh warna-warni dan modifikasi tersebut menjadi ciri khas angkutan kota Padang yang juga menjadi keunikan bagi wisata Indonesia ketika berkunjung ke Padang.

4. Anak Padang Sayang Mama

Orang-Padang-Sayang-Mama

Anak-anak di padang sejak dari kecil mereka diceritakan legenda Malin Kundang yang durhaka kepada orang tuanya. Cerita Malin Kundang ini bahkan sudah sangat terkenal hingga di seluruh pelosok Nusantara.

Sebelum tidur mereka diceritakan dongeng tersebut agar kelak ketika mereka sukses mereka tidak melupakan ibunya yang telah melahirkan dan membesarkan-nya. Alhasil anak-anak di Padang sayang sekali pada mama-nya karena takut nantinya dikutuk menjadi batu.

Di Padang anak sangat sayang sama mama-nya itu sudah suatu kewajiban. Karena di kota Padang tingkat keislaman-nya sangat tinggi sekali.

Adat istiadat yang terhubung dengan keislaman juga sangat tinggi, jadi banyak kebaikan yang diajarkan ke anak-anak Padang. Ini merupakan salah satu keunikan dari Padang Sumatera Barat.

5. Memiliki Jam yang Mesinnya Cuma Ada Dua di Dunia

Jam-Gadang-Keunikan-Padang-Sumatera-Barat

Singgah ke Padang tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke jam gadang yang merupakan icon dari Sumatera Barat.

Tahukah Anda jika mesin yang digunakan untuk menggerakkan jam ini hanya ada dua di dunia yaitu di Jam Gadang, Padang dan di Big Ben di Inggris.

Dan yang cukup unik adalah penulisan angka empat pada jam Gadang. Jika biasanya angka 4 dalam romawi di tulis IV maka di jam ini ditulis IIII.

Jadi jam gadang ini menjadi ciri khas kota Padang yang secara tidak langsung menjadi ciri khas Indonesia karena keberadaan Jam tersebut yang hanya ada 2 di Dunia.

6. Kaum Muda-Mudinya Sering Menjadi Perantau

Muda-Mudi-Padang-yang-Merantau

Bagaikan air yang mengalir dan tidak menetap di suatu kubangan, yaa itulah yang dialami oleh muda-mudi Padang. Mereka dituntut untuk merantau sejauh mungkin agar bisa sukses seperti air yang mengalir terus bukan air yang menetap di kubangan hingga menjadi keruh.

Sebelum merantau, muda-mudi harus memiliki dua bekal yaitu bekal memasak dan goyang-goyang kaki (menjahit). Memasak adalah keahlian yang turun temurun diwariskan di keluarga minang.

Jadi jangan heran jika di daerah Anda terdapat perantau dari Padang yang mahir memasak dan akhirnya membuka warung makan, khususnya warung makan Padang.

Makanya rumah makan Padang hampir terdapat di seluruh pelosok Nusantara, bahkan sampai manacanegara.

7. Tidak Ada Restoran Padang

Rumah-Makan-Padang

Meskipun terkenal dengan kuliner-nya dan hampir di semua kota di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Namun di Padang tidak terdapat restoran Padang.

Di sepanjang jalan Anda tidak akan menemukan warung atau restoran bernama restoran padang atau rumah makan Padang. Yang Anda temukan adalah rumah makan sederhana dan lain-lain yang menyajikan masakan khas Padang tentunya.

Padahal kalau Anda jalan-jalan ke kota-kota selain Padang, mudah sekali menemukan rumah makan Padang yang memiliki khas khusus.

Khas rumah makan Padang dengan depan rumah makan terbuat dari kaca dan masakannya ditaruh di atas piring-piring yang disusun danΒ  tampak dari luar. Hal ini akan menggugah selera bagi yang lewat di depannya.

Baca juga : Tempat Wisata di Padang

Demikian informasi tentang 7 keunikan Padang Sumatera Barat yang benar-benar terjadi di Padang Sumatera Barat. Yang paling unik versi wisatabagus adalah tidak adanya rumah makan Padang. Semua hanya menyebut rumah makan saja kalau di Padang. Padahal hampir seluruh pelosok di Indonesia ada yang namanya rumah makan Padang ini.

6 Ulasan untuk Keunikan Padang Sumatera Barat, Sumatera

  1. Kota Padang di Sumatera Barat memang memiliki banyak keunikan. Yang paling unik ketika berkunjung di Padang adalah melihat banyak angkutan umum yang serba warna-warni dan full musik. Sangat berbeda dengan angkutan-angkutan umum di kota-kota lainnya di Indonesia. Sangat unik dan menjadi ciri khas kota Padang.

  2. Danau Singkarak. Danau yang dimiliki oleh 2 kabupaten. Tanah Datar dan kab Solok. Kondisi Danau bersih. Airnya bening menghijau.. . Ingin berenang? Hati hati saja! Sebaiknya gunakan pelampung. Untuk safety saja.. A

  3. Danau yang sangat indah, cocok dikunjungi keluarga besar

  4. Hanya leawat dari bukittinggi ke solok dan sebaliknya ke batusangkar menawarkan pemandangan danau airnya biru seperti laut dan jika angin kencang terdapat gelombang ssperti di pantai

  5. Bagus dan sejuk, sayang ga ada warung buat makan sambil menikmati pemandangan danau

  6. Danau Singkarak danau yg terbesar diantara lima danau yg ada di Sumatera Barat. Letaknyadi tepi jln lintas Sumaterah dari Solok ke Bukit Tinggi, pemangannya indah

Tinggalkan Balasan