Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep, Jawa Timur

Desa, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur

5 Ulasan

Legenda penunggu pantai selatan dan keberadaan Pulau Cinta menjadi sajian utama di Pantai Ngliyep.

Pantai di Malang Selatan ini cukup populer sejak bertahun-tahun lalu.

pantai-ngliyep-malang

Ada banyak aktifitas serta pesona alam yang bisa kita nikmati di pantai ini. Selengkapnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Keindahan Pantai Ngliyep Malang

Berwisata ke Jawa Timur khususnya ke Malang belum sempurna tanpa mengunjungi Pantai Ngliyep.

Pantai ini terletak di Malang Selatan dengan sajian keindahan berupa pasir putih dan perbukitan hijau di sekelilingnya.

Pantai ini sudah dijadikan tujuan melancong warga Malang sejak tahun 1980-an.

Area pantainya cukup luas yakni sekitar 10 hektar sehingga para pengunjung bisa bermain sepuasnya di sekitaran pantai.

Nama “ngliyep” yang disandang pantai ini berasal dari istilah liyep-liyep yang bisa diartikan mengantuk.

Kata tersebut digunakan karena keindahan dan kenyamanan suasana di pantai ini konon bisa membuat orang terlena dan akhirnya tertidur.

Lebih dari itu suasana di pantai ini memang cukup mempesona. perpaduan putihnya pasir pantai dan birunya air laut menghadirkan nuansa yang sangat indah dipandang mata.

Mitos Pantai Ngliyep

Lokasinya yang berada di garis pantai selatan Jawa membuat pantai ini diselimuti mitos dan kesan angker.

Mitos tersebut semakin terkesan nyata dengan adanya dua spot berbentuk pulau kecil yang dinamai Gunung Kombang dan Pulau Cinta.

Gunung Kombang bahkan dipercaya menjadi tempat pertapaan atau petilasan Nyi Roro Kidul sebelum dinobatkan sebagai penguasa pantai selatan.

Sementara Pulau Cinta, mitosnya konon bisa memuluskan urusan asmara siapapun yang menaikinya bersama pasangan.

Mitos-mitos atau cerita angker seperti ini memang tidak perlu terlalu dipercaya.

Namun, kita memang harus tetap menjaga sopan santun dan taat aturan kemanapun kita berwisata.

Aktifitas Wisata di Pantai Ngliyep

Ada banyak aktifitas yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Ngliyep. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Susur Pantai

pantai-ngliyep-gunung-kumbang
Sumber gambar: instagram.com/rikofebrianto15

Pantai Ngliyep punya garis pantai yang cukup panjang. Kawasan pantai ini membentang seluas 10 hektar.

Untuk membuka aktifitas wisata kita di pantai ini, kita bisa menjelajah kawasan pantai dengan berjalan kaki sendirian ataupun bersama pasangan.

Aktifitas susur pantai ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan saat pagi hari dimana pengunjung biasanya masih belum terlalu ramai.

2. Berenang

Sebenarnya pantai ini memiliki ombak yang besar. Tapi kita masih bisa berenang di area yang dekat dengan bukit karang yang menjorok ke tengah pantai.

Di area ini ombak yang sampai ke tepi sudah agak tenang karena diurai oleh bukit karang tersebut.

Meski begitu, tetaplah waspada untuk menghindari hal buruk yang tidak diinginkan.

3. Menyepi di Teluk Putri

Teluk Putri terletak di sisi kiri kawasan pantai ngliyep. Teluk ini bisa dijadikan tempat yang sangat nyaman untuk menyepi.

Meski harus mendaki bukit untuk mencapai teluk ini, wisatawan tidak perlu khawatir karena perbukitan tidak terlalu tinggi dan jalan yang akan dilalui pun cukup mudah.

Teluk ini dinamai Teluk Putri karena pasirnya yang lembut dan berwarna putih.

Suasana di teluk ini sangat nyaman apalagi ketika dikunjungi saat pengunjung masih sepi.

4. Romantisme Pulau Cinta

mitos-pantai-ngliyep
Sumber gambar: instagram.com/ellavinata

Pulau Cinta Pantai Ngliyep menjadi tempat yang romantis untuk dikunjungi bersama pasangan.

Terlebih dengan adanya mitos yang melekat di pulau ini, pasangan muda mudi pastinya berlomba-lomba untuk bisa sampai di Pulau Cinta ini.

Selain itu, dari lokasi pulau ini kita juga bisa menyaksikan keindahan Pantai Ngliyep dari ketinggian.

5. Menyusuri Jejak Nyi Roro Kidul di Gunung Kombang

Tempat ini sebenarnya sebuah pulau. Bukan gunung seperti namanya.

Pulau Gunung Kombang ini bisa dicapai dari kawasan pantai dengan melewati sebuah jembatan penghubung.

Di pulau ini ada sebuah makam yang dikeramatkan warga sekitar dan sebuah petilasan yang konon merupakan tempat bertapa Nyi Roro Kidul.

Karena itulah, wisatawan dianjurkan untuk menaati peraturan dan tetap menjaga kesopanan saat datang ke pulau ini.

Selain menyimpan jejak masa lalu Nyi Roro Kidul, Pulau Gunung Kombang menjadi salah satu tempat ritual larung sesaji oleh warga sekitar.

Setiap bulan Rabiul Awal tepatnya pada peringatan Maulid, warga sekitar akan beramai-ramai datang ke pantai ini membawa aneka macam makanan untuk disebar di kawasan pantai dan dibagi-bagi kepada warga sekitar pantai.

6. Hunting Foto

Pesona keindahan Pantai Ngliyep secara alami sangat menarik sebagai tempat berfoto.

Di setiap sudutnya bisa kita temukan titik-titik atau spot cantik sebagai latar foto.

Terlebih lagi saat ini sudah ada beberapa spot foto buatan yang dibangun di kawasan Pantai Ngliyep.

Pilihan spot-nya beragam mulai dari spot berupa ayunan, panggung, bingkai kekinian, hingga perahu gantung.

7. Camping

Sama seperti kebanyakan pantai, Pantai Ngliyep juga sering dijadikan lokasi malam keakraban oleh berbagai komunitas.

Pengelola pun telah menyediakan area camping yang cukup luas di pinggiran pantai.

Untuk camping di pantai ini kita bisa bawa tenda sendiri atapun menyewa pada pengelola dengan harga sewa tenda sebesar Rp. 150.000 per malam.

Alamat Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep beralamat di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Jika Anda datang dari arah kota Malang, untuk sampai di pantai ini membutuhkan waktu berkendara sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 66 kilometer.

Rute dan Peta Lokasi

Rute ke Pantai Ngliyep dari Kota Malang bisa melalui rute Kepanjen – Pagak – Donomulyo.

Sedangkan bila mengaksesnya dari kota lain di Jawa Timur, Anda bisa menemukan rute terbaik dan tercepatnya melalui aplikasi Google Maps.

Baca juga: Pantai Clungup yang indah di Jawa Timur

Jam Buka Pantai Ngliyep

Pantai ini dibuka 24 jam setiap harinya.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Tapi untuk waktu kunjungan yang paling pas, Anda bisa datang saat pagi atau sore hari agar suasananya lebih teduh.

Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang Selatan

keindahan-pantai-ngliyep
Sumber gambar: instagram.com/yoiki_malang

Untuk memasuki pantai ini kita wajib membayar retribusi tiket masuk dan parkir.

Tiket masuknya dijual seharga Rp. 15.000 per orang baik dewasa ataupun anak-anak.

Sementara untuk retribusi parkirnya, kita harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 5000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 bagi yang menggunakan mobil.

JenisHarga
Tiket MasukRp. 15.000
ParkirRp. 5000 (motor) – Rp. 10.000 (mobil)

Baca juga: Indahnya jejeran pohon cemara di Pantai Cemara Tuban

Fasilitas Umum Pantai Ngliyep

Hingga saat ini Pantai Ngliyep sebenarnya masih dikelola oleh masyarakat sekitar.

Meski begitu, fasilitas umum yang tersedia di kawasan pantai sudah cukup memadai.

Fasilitas-fasilitas yang bisa kita manfaatkan di pantai ini diantaranya area parkir, toilet, mushola, warung makan, pesanggrahan, dan toko souvenir.

Tempat Wisata Dekat Pantai Ngliyep

Setidaknya ada dua tempat wisata yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Ngliyep. Tempat wisata tersebut ialah Pantai Pulodoro dan Pantai Balekambang.

Pantai Pulodoro hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Pantai Ngliyep. Sementara Pantai Balekambang, jaraknya dari pantai ini ialah sekitar 33 kilometer.

Baca juga: Indahnya sunset di Pantai Krakal Pacitan, Jatim

Penginapan di Pantai Ngliyep

Selain bisa bermalam di area camping, para wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di sekitar pantai juga bisa menyewa penginapan yang lebih mewah.

Pengelola pantai sudah menyiapkan hunian berupa cottage dengan biaya sewa per malam antara Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000.

Baca juga: Pantai Banyu Tibo Pacitan

Demikianlah artikel tentang daya tarik Pantai Ngliyep Malang Jawa Timur.

Pantai ini cukup recomended sebagai tujuan liburan Anda bersama keluarga disambing mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya di Jawa Timur.

Belajar Bahasa Inggris

5 Replies to Pantai Ngliyep, Jawa Timur

  1. Pasti Anda sudah bertanya – tanya bukan, bagaimana cara untuk mencapai pantai ini? Terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo Malang Jawa Timur, Anda pastinya harus tahu jalur mana yang mudah untuk dilewati.nnJika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, silakan Anda langsung mengambil rute ke arah Karang Kates atau Kepanjen. Setelah itu, ikuti jalan besar, lurus saja menuju daerah Pagak. Dari Pagak, ambil jalan ke Donomulyo, nanti Anda sudah akan menemukan papan penunjuk jalan yang mengarahkan Anda menuju ke Pantai Ngliyep. Ikuti saja!nnJika Anda memulai perjalanan dari kota lain seperti Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan maka Anda harus menuju Kota Malang terlebih dahulu. Lalu ikuti jalan seperti petunjuk yang sudah dijelaskan di atas. Pasuruan / Surabaya / Sidoarjo – Kota Malang – Karang Kates – Pagak – Donomulyo – Pantai Ngliyep.

  2. Pantai Ngliyep adalah pantai lawas di jalur selatan Malang yg jalur ke tkp sdh tak asing lagi dan terkini (Oct. 2019) setelah b’tahun2 (kira2 terakhir aku kesini 1990) banyak sekali pemandangan indah disekitar pantai … spot2 kekinian jg terpasang dititik2 bibir pantai . Pantai Ngliyep yg dulunyà dikenal dgn nuansa mistiknya kini sangat bersahaja guys …. tp tetap harus m’hormati adat2 setempat … tetap waspada dan jaga lingkungan … kebersihan alam sangat menunjang wisata

  3. Pantai ngliyep tuh tempatnya bagus dengan pemandangan alam tersendiri spot” foto yang disediakan pun cukup banyak apalagi kita bisa liat pemandangan pantainya dari atas tebing yang ada disebelahnya pantai tersebut fasilitaspun juga tersedia ada kamar mandi,mushollah,penginapan dllnBagi pengunjung yang gk mau ribet soal bawa makanan tenang aja disitu udh tersedia warung” kok jafi gk usah kawatir yang penting bawa uang😂😂nSoal tiket tenang aja murah kok karna satu kali bayar bisa menikmatì semua daerah” pantai disekitar dan paling serunya pengunjung gak terlalu rame soalnya disana tuh pantainya kayak terbagi” sama tebing gitu jadi serasa main dilahan sendiri dah kalo kayak gitu😅😅

  4. pantainya sangat indah walaupun jarak yang ditempuh dari malang kota cukup jauh sekali sekitar 2 jam lebih, pasirnya banyak karang cukup besar sehingga jika kaki berjalan di pasirnya agak sakit, tetapi pantainya sangat indah sekali. waktu itu saya datang pas sekali dengan sunset sehingga mendapat foto yang hasilnya bagus sekali, saat saya datang tidak ada petugas penjaga pantai sehingga saya tidak perlu membayar biaya masuk dan hanya membayar biaya parkir.

  5. Akses nya bagus , bukan jalanan terjal. So, aman klo mau liburan bersama keluarga

Leave a Reply