Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata pantai yang ada di kota Pacitan, Jawa Timur. Meski dulunya mungkin masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya, namun setelah masive-nya trend berbagi foto di tempat-tempat wisata di media sosial, sekarang Pantai Klayar sudah semakin terkenal dan mulai dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Apalagi setelah pengelolaannya di-handle oleh pemerintah daerah, pantai ini semakin berbenah dan digadang-gadang akan menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur.

Nah, bagi kalian yang sudah mengagendakan liburan ke pantai ini, simak dulu ulasan lengkap wisatabagus mengenai Pantai Klayar Pacitan berikut ini.

pantai-klayar-pacitan
via instagram/pantaiklayarpacitan

Pantai Klayar yang Semakin Menggoda

Membahas kota Pacitan dari segi kepemilikannya terhadap tempat-tempat wisata sementara mungkin hanya akan mengerucut pada dua objek wisatanya miliknya yang memang dari dulu sudah terkenal yaitu goa Gong dan goa Tabuhan.

Saking terkenalnya goa-goa tersebut, keduanya bahkan sampai dikatakan—konon—sebagai goa terindah yang ada di Asia. Jika kalian belum pernah berkunjung ke salah satu atau keduanya, maka sebaiknya siapkan waktu luang untuk mengunjunginya agar dapat langsung membuktikan betapa cantik kedua goa tersebut.

Namun di sisi lain, kota Pacitan yang wilayahnya langsung berhadap-hadapan dengan samudera hindia membuat daerah pesisirnya memiliki bentangan pantai yang indah dan eksotis. Dalam hal ini, salah satu pantai yang laik dijadikan permisalan adalah Pantai Klayar.

Ditambah lagi dengan lokasinya yang terletak di garis pantai selatan, membuat pantai ini akhirnya mewarisi pesona pantai selatan dengan ciri khas pasir pantai yang putih dan lembut, serta gelombang ombak yang menantang.

pantai-klayar-pacitan-2018
via instagram/pantaiklayarpacitan

Tapi bukan itu saja tentunya yang membuat Pantai Klayar menjadi terkenal setelah foto-fotonya tersebar luas di jejaring sosial, ada unsur lain selain pasir butih ataupun ombak besar yang membuatnya lebih menggoda.

Yang paling utama, dan perlahan menjadi ikon Pantai Klayar adalah karang besar yang tingginya hampir setara dengan pohon kelapa yang terletak di sisi timur pantai. Karang ini sering menjadi objek buruan para wisatawan yang datang untuk sekedar bersantai di atasnya sambil menyaksikan bentangan laut Pantai Klayar yang megah, atau juga sebagai lokasi berfoto yang instagenic.

Karang ini walapun tinggi, sudah dilengkapi dengan sebuah tangga agar para pengunjung dapat dengan mudah naik ke atasnya.

Kemudian ada juga bebatuan besar yang dinamai patung sphinx yang ada di satu sisi pantainya. Dinamakan patung sphinx karena memang batu (tebing batu) ini persis seperti patung sphinx yang ada di Mesir sana. Konon, pada waktu-waktu tertentu dari arah batu ini keluar suara menyerupai suara gamelan yang kadang bisa terdengar sampai pemukiman penduduk.

Daya tarik lainnya yang menghiasi Pantai Klayar adalah fenomena yang dinamakan seruling samudera. Fenomena ini pada waktu-waktu tertentu seperti saat air laut mulai pasang, akan menyemburkan air yang bisa mencapai ketinggian sampai 15 meter dari balik tebing.

pantai-klayar-jawa-timur
via instagram/pantaiklayarpacitan

Semburan tersebut tercipta karena adanya lubang kecil yang terdapat di sisi bawah tebing, yang saat dihantam ombak besar akan dimasuki air laut yang kemudian akan diteruskan atau disemburkan ke atas, yang kadang juga tak jarang diiringi oleh terdengarnya suara keras yang mirip dengan suara seruling. Inilah yang menjadi dasar atas penemaan fenomena ini dengan nama seruling samudera.

Asal Muasal Nama Pantai Klayar

Kata klayar yang dipakai sebagai nama untuk Pantai Klayar bermula dari adanya kisah masa lampau yang terjadi di pantai ini. Menurut beberapa referensi, setidaknya ada dua sebab yang membuat kata klayar akhirnya dipilih sebagai namanya.

Yang pertama adalah di pantai ini dahulu (menurut cerita dari masyarakat sekitar) ada sebuah perahu yang terdampar di pinggir pantai setelah berjuang menghadapi ganasnya gelombang di tengah lautan.

Kata klayar sebenarnya diambil dari istilah “glayar” (dalam bahasa Jawa) yang merujuk pada kondisi perahu yang terombang-ambing saat dihantam gelombang air laut sebelum akhirnya terdampar di pantai. Jadi dulu pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai “Glayar”, yang sekarang berubah menjadi Pantai Klayar.

harga-tiket-masuk-pantai-klayar
via instagram/pantaiklayarpacitan

Yang kedua adalah kata klayar merupakan singkatan dari istilah “klayar-kluyur” (dalam bahasa Jawa) yang artinya jalan-jalan. Jadi pantai ini memang sudah sering dijadikan sebagai tempat jalan-jalan oleh para penduduk yang bermukim di sekitaran pantai. Kemudian Lama kelamaan, dengan sendirinya masyarakat pun menggunakan istilah klayar ini sebagai nama Pantai Klayar.

Lokasi Pantai Klayar

Pantai Klayar tidak berada di Lamongan, lokasi Pantai Klayar berada di Desa kalak, Kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jika diakses dari pusat Kota Pacitan, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 50 menit berkendara dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer.

Perlu diperhatikan dan menjadi warning bahwa jalanan ke Pantai Klayar ini kondisinya kurang baik. Selain ukurannya sempit, kontur jalannya juga turun naik dan berkelok-kelok. Bisa dikatakan jalur yang akan dilewati cukup ekstrim. Karna itu, harap periksa dengan baik kesehatan kendaraan, dan juga usahakan selalu fokus saat berkendara agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu mengenai rute ke Pantai Klayar, kalian bisa berpedoman pada peta lokasi Pantai Klayar dari Google Maps berikut ini. Rute diatur dari pusat kota Pacitan ke Pantai Klayar.

Peta Lokasi Pantai Klayar

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

tiket-masuk-pantai-klayar-pacitan
via instagram/pantaiklayarpacitan

Harga tiket masuk Pantai Klayar masih sangat terjangkau, tiketnya dijual dengan harga Rp. 5000 per orang pada hari Senin sampai Jum’at. Sementara di hari libur (Sabtu-Minggu), harga tiketnya sedikit lebih mahal yakni seharga Rp. 10.000 per orang.

Ada juga tiket atau retribusi parkir bagi pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkirnya sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Klayar

Fasilitas Pantai Klayar kini sudah mulai dilengkapi, jika dulunya hanya area parkir yang tersedia, saat ini fasilitas umum seperti gazebo, mushola, tempat istirahat selain gazebo, warung penjual makanan, serta wahana bermain sudah bisa kalian temukan.

Selain itu penginapan juga sudah mulai mudah untuk ditemukan di sekitaran pantai. Jadi bagi kalian yang berencana untuk menginap, tidak perlu khawatir dan bingung lagi mencari penginapan.

penginapan-di-pantai-klayar-pacitan
via instagram/pantaiklayarpacitan

Harga sewa penginapan di Pantai Klayar Pacitan juga relatif cukup murah. Kalian bisa menginap di hotel berfasilitas lengkap dengan harga sewa mulai dari Rp. 350.000 saja permalamnya.

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata Telaga Sarangan

Jika tidak kuat membayar harga sewa hotel, kalian bisa memilih untuk menginap di penginapan berupa homestay yang ada dan juga disewakan oleh warga sekitar pantai. Harga sewa homestay tentunya akan jauh lebih murah.

Aktivitas Wisata di Pantai Klayar

Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk menikmati waktu libur di Pantai Klayar Jawa Timur. selain jalan-jalan di pinggir pantai yang indah dengan pasir lembutnya ini, kalian juga bisa hunting foto di atas bukit karang atau di sekitar patung sphinx.

Di pinggir pantai juga terdapat beberapa warung penjual kuliner khas Pacitan dan Jawa Timur, jadi kalian juga bisa berwisata kuliner di pantai ini. Kemudian saat hari mulai sore, kalian bisa menikmati indah dan mempesonanya fenomena sunset juga bisa kalian lihat dengan sangat jelas dari area pantai.

bahaya-pantai-klayar-pacitan
via instagram/pantaiklayarpacitan

Oh ya, harap hati-hati jika kalian ingin menikmati keindahan Pantai Klayar dengan berjalan-jalan di pinggir pantai, ombak besar Pantai Klayar bisa berubah menjadi mara bahaya apabila kalian terlalu dekat dengan mukai pantai. Intinya ukur agar jarak kalian dari muka pantai tidak terlalu dekat.

Wisata Dekat Pantai Klayar

Jika kalian ingin berlibur ke tempat wisata lainnya setelah liburan di Pantai Klayar Pacitan, ada beberapa tempat wisata dekat Pantai Klayar yang bisa kalian kunjungi. Beberapa diantarnya adalah Pantai Watu Karung, Goa Gong, Pantai Banyu Tibo, Pantai Srau, Pantai Buyutan, Pantai Kasep, dan Pantai Baron Wetan.

gambar-pantai-klayar
via instagram/pantaiklayarpacitan

Masih belum puas? Simak dan baca daftar tempat wisata Jawa Timur lainnya: Tempat Wisata Alam di Lumajang

Demikian ulasan mengenai Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. jika kalian sedang berada di Jawa Timur, jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai yang indah dan eksotis ini ya.

Tempat Wisata di Malang

Wahyoeni
3 min read

Jatim Park 2 Batu Malang

Wahyoeni
4 min read

Selecta Malang

Edy
5 min read