Tempat Wisata di Jogja

Tempat Wisata di Jogja – Yogjakarta nama kota yang sudah pasti dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar dan kota gudeg ini memiliki berbagai keunikan.

Tempat Wisata di Jogja

Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Jogja ini sebagai salah satu daerah istimewa di Indonesia. Karena wilayahnya yang masih dipimpin oleh seorang raja sekaligus sebagai Gubernur.

Banyak kampus atau perguruan tinggi di Jogja yang menjadi tempat tujuan anak muda Indonesia untuk belajar salah satunya Universitas Gadjah Mada. Selain itu masih banyak terdapat tempat-tempat kuno atau peninggalan-peninggal jaman kerajaan dulu.

Tempat wisata di Jogja

Salah satunya keraton Jogja yang menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang selalu ramai pengunjung.  Pengunjung yang datang dari dalam maupun luar negeri yang menghabiskan masa-masa liburannya.

Hampir semua tempat wisata di Jogja sangat digemari oleh wisatawan sebab semuanya menawarkan keunikan yang berbeda-beda. Apabila Anda merencakanan ingin berlibur ke Jogja, banyak wisata di Jogja yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata Anda.

Tempat Wisata di Jogja yang Sedang Hits

1. Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Air-Terjun-Sri-Gethuk-Wisat-di-Jogja

Air terjun Sri Gethuk adalah Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang saat ini paling hits di kalangan anak muda Jogja. Tempat ini menyajikan panorama yang menakjubkan.

Derasnya air terjun yang turun dari atas membuat suasana di sekitarnya menjadi sangat alami, indah dan menyegarkan. Apalagi, di sekitar air terjun terdapat pemancingan, area persawahan dan jalan-jalan setapak yang menambah asri tempat ini

Tiket Masuk Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk

  • Rp. 7.000 per-orang

Lokasi : Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

2. Tempat Wisata Alun-Alun Kidul

Alun-Alun-Kidul-Jogja

Pada jaman dulu Alun-Alun Kidul merupakan bagian dari Keraton Jogja yang digunakan sebagai pusat kumpul-kumpul bagi warga Jogja. Tetapi, sekarang fungsi Alun-Alun Kidul atau Alkid ini sudah berubah total. Sekarang, apalagi kalau malam hari, Alkid menjadi pusat wisata malam di Jogja.

Adanya kereta odong-odong dengan lampu warna-warni sudah menjadi ciri khas Alkid sekarang ini. Tak hanya naik odong-odong, di Alkid kamu juga bisa wisata kuliner dengan mencoba aneka jajanan khas Jogja.

Di lokasi wisata Sri Gethuk ini juga akan merasakan sensasi masangin alias mencoba melewati dua pohon beringin di Alkid dengan mata tertutup. Dulu kalau berhasil apapun permintaan yang kamu minta bisa terkabul lho.

Lokasi : Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

Keraton-Yogyakarta-Wisata-di-Jogja

Jogja bernama lengkap Daerah Istimewa Yogyakarta. Keistimewaan Jogja didapatkan sebab di sini masih ada sistem kerajaan yaitu Kesultanan Yogyakarta.

Nah, istana raja Jogja atau istana Sri Sultan HB X dikenal dengan nama Keraton Yogyakarta. Tak hanya untuk kantor Sultan dan juga tempat tinggal Sultan, Keraton Yogyakarta terbuka untuk wisatawan.

Di keraton Yogyakarta, ada aneka koleksi peninggalan raja-raja Jogja terdahulu, termasuk museum khusus untuk mengenang Sri Sultan HB IX. Lokasinya berada di keraton Jogja Rotowijayan, dekat dengan Alun-Alun Utara.

Apabila Anda datang di hari Minggu, biasanya juga ada pertunjukan tari-tarian di salah satu pendopo Keraton. Untuk Keraton juga dekat dengan tempat wisata kuliner di Jogja seperti makan gudeg kahas Jogja yaitu daerah Plengkung Wijilan.

Lokasi : Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Tempat Wisata Jogja Bay Pirates Adventure

Destinasi-Wisata-Jogja-Bay-Adventure

Apabila Anda piknik ke Jogja dengan keluarga, Anda bisa mengunjungi wisata air di Jogja yaitu Tempat wisata Jogja “Bay Pirates Adventure Waterpark”. Waterpark terbesar dan termegah di Jogja ini berlokasi di dekat Stadion Maguwoharjo Sleman.

Di dalamnya, terdapat 19 wahana permainan air yang semuanya seru dan menantang. Semua wahananya, seperti kolam ombak buatan, Volcano Coaster, Timo Timo Rider dan wahana lainnya yang tidak kalah menarik.

Lokasi wisata ini sangat cocok baik untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa.

Tiket Wisata Jogja Bay Pirates Adventure

  • Rp. 60.000 per-orang

Lokasi : Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Wisata-di-Jogja-Pantai-Parangtritis

Jogja tidak hanya popular dengan wisata budaya dan juga kuliner. Jogja juga dipenuhi oleh pantai-pantai indah di sepanjang pesisir Bantul dan Wonosari. Salah satu tempat wisata di Jogja adalah pantai yang paling legendaris di Jogja tentu saja yaitu pantai Parangtritis.

Tempat wisata pantai Parangtritis yang identik dengan Nyai Roro Kidul ini memang indah dan mempesona. Terutama di saat matahari terbenam alias sunset.

Di pantai Parangtritis ini,Anda bisa melakukan banyak hal termasuk naik ATV, jalan-jalan naik kuda, jalan-jalan menyusuri pantai dengan andong ataupun main air pantai.

Tiket masuk di Pantai Parangtritis

  • Rp. 5.000 per-orang

Lokasi : Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan

Wisata-di-Hutan-Pinus-Mangunan-Jogja

Daerah Mangunan, Imogiri, popular mempunyai beberapa tempat wisata terindah di Jogja, salah satunya merupakan tempat wisata Hutan Pinus.

Tempat ini menjadi tempat wisata yang konon paling digemari oleh anak-anak muda untuk melakukan selfie sebab tempatnya yang instagramable.

Hutan seluas 500 hektar ini mempunyai suasana sejuk dan syahdu, pepohonannya masih tersusun alami sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini juga sering digunakan sebagai spot untuk melakukan pemotretan pre-wedding.

Walaupun namanya hutan Pinus, tak hanya pohon pinus saja yang ada di tempat ini, tapi juga ada pohon kayu putih, pohon akasia, pohon mahoni.

Lokasi : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Tempat Wisata Taman Tebing Breksi

Wisata-Tebing-Breksi-Jogja

Tebing Breksi merupakan salah satu dari tempat wisata terpopuler di Jogja saat ini. Walaupun tempat wisata ini terbilang baru, yang dibuka untuk umum pada 30 Mei 2015.

Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam layaknya Grand Canyon di Amerika ini selalu dikunjungi oleh ribuan orang, apalagi di saat weekend.

Tebing Breksi sangat menarik dan unik untuk para wisatawan sebab pahatan di tebingnya yang unik dan juga pemandangan dari puncak bukit yang benar-benar indah.

Apalagi ketika malam hari. Apabila Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, tiket masuknya gratis lho. Datang aja langsung di tebing Breksi.

Lokasi : Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Tempat Wisata Pantai Depok

Wisata-Pantai-Depok-Jogja

Selain pantai Parangtritis, Jogja juga punya pantai yang tak kalah menarik lainnya. Salah satunya adalah tempat wisata pantai Depok.

Pantai yang berlokasi hanya sekitar 1,5 km dari pantai Parangtritis ini popular dengan kuliner seafood dan tempat pelelangan ikannya.

Pengunjung pantai Depok bisa membeli ikan atau seafood sesuai selera yang dipilih dan nanti minta dimasakkan di warung-warung lesehan sepanjang pantai. Tempat wisata pantai Depok juga mempunyai berbagai macam fasilitas sewa ATV, penginapan, dan gubug-gubug di pinggir pantai.

Lokasi : Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Tempat Wisata Goa Pindul

Wisata-Goa-Pindul-Jogja

Salah satu tempat wisata yang sangat hits di Jogja adalah Goa Pindul. Buat Anda yang menyukai petualangan yang menantang di alam terbuka, goa Pindul merupakan tempat wisata yang tepat buatmu.

Tempat wisata goa Pindul menyajikan pemandangan gua yang menarik dengan stalaktit yang sungguh enak dipandang mata.

Di tempat wisata ini, wisatawan bisa menyusuri sungai bawah tanah dengan ban. Sebab uniknya goa Pindul, tak heran apabila tempat wisata ini selalu padat pengunjung, apalagi di musim liburan.

Lokasi : Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Tempat Wisata De Mata Trick Eye Adventure

Wisata-di-De-Mata-Trick-Eye-Adventure

Apabila Anda ingin berwisata di tempat yang bisa menambah koleksi foto kerenmu, kamu harus datang ke De Mata Trick Eye Museum.

Lokasi : XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum unik yang terletak di XT Square Jogja ini mempunyai koleksi lebih dari 120 lukisan-lukisan 3D di dindingnya dan bisa digunakan untuk tempat foto-foto.

Hasilnya sangat keren-keren dan instagramable banget. Museum tiga dimensi ini menyediakan banyak fasilitas seperti Wi-Fi, kantin, dan lain-lainnya. Bisa langsung upload ke IG atau FB kamu deh setelah foto dengan Wi-Fi gratisannya.

Baca Juga : Tempat Wisata Romantis di Jogja

Demikian ulasan tentang tempat wisata di Jogja yang selalu ramai pengunjung. Bahkan ketika weekend, lokasi wisata Yogyakarta ini akan benar-benar dipadati wisatawan dari dalam atau luar negeri.

Loading...

Pantai Drini

Hansar
4 min read

Pantai Sadranan

Hansar
4 min read

Jogja Bay Waterpark

Hansar
4 min read

Goa Pindul

Hansar
4 min read

Tebing Breksi

Hansar
5 min read

Sindu Kusuma Edupark

Hansar
4 min read