Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta menjadi salah satu obyek wisata edukasi paling ramai di Jogja. Khususnya pada saat musim libur sekolah.

Seperti namanya, tempat wisata ini tak hanya mampu menghadirkan keceriaan bagi anak-anak tapi juga tambahan ilmu pengetahuan.

Bagi para orang tua yang bingung hendak membawa si kecil rekreasi kemana saat libur sekolah, Taman Pintar Jogja adalah tujuan yang pas.

taman-pintar-jogja

via instagram.com/puiseparadise

Nah untuk menambah pengetahuan Ayah Bunda tentang obyek wisata ini, berikut ulasan lengkapnya dari tim konten wisatabagus.com.

Taman Pintar Yogyakarta

Sudah bukan rahasia lagi kalau daerah istimewa Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata favorit bagi para pelancong tanah air ataupun mancanegara.

Jargon kota kenangan yang disematkan pada kota ini adalah bukti bagaimana Jogja selalu menyisakan kenangan dan kesan tersendiri bagi siapun yang pernah mengunjunginya.

Kota Jogja juga lekat dengan julukan kota ilmu. Julukan ini lahir karena memang ada banyak sekali sekolah hingga perguruan tinggi ternama di Yogyakarta.

Untuk urusan ilmu pengetahuan, Jogja bahkan tidak hanya menyediakan sekolah ataupun universitas berkualitas saja.

Semangat membangun generasi muda yang kaya ilmu pengetahuan bahkan diwujudkan dengan membangun beberapa tempat wisata bernuansa edukasi salah satunya Taman Pintar Yogyakarta.

Taman Pintar jogJa atau yang juga sering disebut TPY ini sebenarnya dibangun dengan menyatukan konsep wisata hiburan dan dedukasi.

Dengan konsep tersebut, tempat wisata ini diharapkan mampu menjadi pusat belajar yang menyenangkan khususnya bagi anak-anak dan remaja.

Untuk mendukung tujuan tersebut Taman Pintar Jogja sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana belajar yang dikonsep dengan sangat menarik.

Dengan cara itu, suasana belajar menjadi tidak membosankan karena diselingi dengan hiburan yang juga sarat akan nilai-nilai edukasi.

Sejarah Taman Pintar Jogja

sejarah-taman-pintar-yogyakarta
via instagram.com/retnowatidwie

Pembangunan awal taman pintar dimulai setelah mendapat persetujuan dari Walikota Jogja saat dijabat oleh Bapak Herry Zudianto, SE.

Saat itu tepatnya pada tahun 2004, kawasan yang semula merupakan pusat perbelanjaan yang tidak jauh dari Malioboro ini dibongkar dan direlokasi ke tempat lain.

Setelah masa relokasi yang memakan waktu sekitar 2 tahun, pada tahun 2006 akhirnya pembangunan tahap awal taman pintar mulai dilakukan.

Tahap awal difokuskan untuk membangun sarana playground serta dua gedung PAUD yaitu PAUD barat dan PAUD timur.

Pembangunan kedua sarana tersebut selesai pada Mei 2006 dan dilanjutkan lagi dengan pembangunan tahap kedua yang fokus untuk menyediakan dua gedung yang sekarang dikenal dengan nama gedung oval dan gedung kotak.

Kemudian tidak lama setelah itu, penambahan lantai pada gedung kotak dan pembangunan gedung memorabilia serta tapak presiden pun dimulai.

Setelah pembangunan tahap tiga selesai, pada bulan Desember 2008 taman rekreasi inipun dibuka secara umum dan diresmikan langsung oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang kala itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Taman Pintar Yogyakarta sebenarnya sudah melalui dua kali peresmian selain peresmian terakhir. Peresmian pertama dan kedua dilakuakan setelah pembangunan tiap tahap selesai.

Dan untuk peresmian kedua, taman wisata ini diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Wahana Taman Pintar Yogyakarta

Perlu diketahui bahwa Taman Pintar Jogja dibangun di atas lahan seluas 12.000 meter persegi.

Di dalamnya terdapat 5 gedung utama dengan koleksi 3.500 lebih alat peraga bertema edukasi.

Setiap gedung juga memiliki zona sendiri-sendiri agar memudahkan pengunjung dalam memilih hal apa yang ingin dipelajari.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini wahana atau sarana wisata di Taman Pintar Yogyakarta:

Baca juga: Wisata edukasi dan hiburan Sindu Kusuma Edupark

Gedung Kotak

gedung-kotak-taman-pintar-jogja
via instagram.com/linpradana

Gedung ini berisi 16 zona diantaranya zona SNI, microsoft, dino adventure, sumber daya air, telekomunikasi, melek gizi, sains, tepi TV, Indonesiaku, galeri pustaka, olahraga, hand of cience, dan yang lainnya.

Yang cukup menarik sehingga banyak diminati wisatawan di zona ini, ialah zona tepi TV di mana di zona ini pengunjung bisa belajar dan merasakan langsung bagaimana rasanya menjadi seorang presenter TV.

Adegan saat menjadi presenter di zona tepi TV ini pun direkam dan tersimpan dalam bentuk DVD yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung.

Selain zona tepi TV ada lagi zona dino adventure yang selalu ramai oleh pengunjung.

Zona ini berisi replika beberapa Dinosaurus dan hewan purba lainnya.

Yang membuat zona ini cukup menarik dan terkesan nyata adalah ruangannya yang didesain sangat mirip dengan habitat asli dari hewan-hewan purba tersebut.

Gedung Oval

gedung-oval-taman-pintar
via instagram.com/november_rohmi

Dinamai gedung oval karena bentuk atau desain bangunan gedung ini memang berbentuk oval.

Di gedung ini ada 10 zona yaitu zona kehidupan prasejarah, aquarium air tawar, cuaca iklim dan gempa, dome area, tata surya, terowongan ilusi, nuklir, generator pedal, generator van de graaf, dan zona telekomunikasi.

Melihat dari zona-zona yang ada serta informasi dari pengelola Taman Pintar Jogja, gedung ini disediakan sebagai sarana belajar pengunjung yang punya minat terhadap sains khususnya yang berkaitan dengan astronomi, geologi, biologi, dan fisika.

Di gedung ini anak-anak bisa memperagakan langsung materi fisika yang mereka dapatkan disekolah melalui alat-alat peraga seperti generator pedal, faktor van de graff, serta terowongan ilusi.

Lalu untuk memperdalam ilmu biologi, para pengunjung bisa mengamati ataupun mencoba alat peraga yang terdapat pada zona aquarium air tawar dan zona kehidupan purba.

Baca juga: Kids Fun Parcs

Gedung PAUD

gambar-taman-pintar-jogja
via instagram.com/lanaarnananta

Untuk anak-anak yg berusia antara 2 hingga 7 tahun, di Taman Pintar Jogja ada wahana gedung PAUD sebagai tempat yang pas untuk mereka belajar tentang sains.

Ada 2 gedung PAUD yang tersedia yaitu gedung barat dan gedung timur.

Meski tidak ada penamaan berbeda kecuali letaknya, PAUD barat dan PAUD timur punya sarana belajar dengan tema berbeda.

Bagi yang ingin menambah pengetahuan tentang budaya, sains dan teknologi, mencoba prakrik berbagai profesi, dan membaca buku, maka di PAUD barat lah tempatnya.

Sedangkan bagi anak-anak yg ingin memperdalam pengetahuan tentang flora dan fauna, bermain dan belajar di ruang petualangan, melihat pertunjukan, hingga mencoba komputer kidz dan puzzle, maka silahkan menuju gedung PAUD timur.

Gedung Memorabilia

gedung-memorabilia-tpy
via instagram.com/frdlrow

Gedung ini memiliki 3 wahana yang akan menambah pengetahuan anak-anak mengenai sejarah 2 kesultanan jogja yaitu Pura Pakualam dan Keraton Ngayogyakarta.

Selain itu, di gedung ini anak-anak juga akan bertambah wawasannya perihal tokoh-tokoh pendidikan salah satunya Ki Hajar Dewantara serta siapa saja tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Wahana-wahana yang ada di gedung ini yaitu kepustakaan presiden, zona tokoh pendidikan, dan zona sejarah kesultanan Keraton Jogja.

Baca juga: Nikmati indahnya malam di  Bukit Bintang Jogja

Gedung Planetarium

gedung-planetarium-taman-pintar-jogja
via instagram.com/mayysari

Mirip seperti Planetarium Jakarta, di gedung planetarium Taman Pintar Jogja ini anak-anak bisa belajar mengenai segala hal yang berbau perbintangan.

Di dalamnya anak-anak akan diputarkan pertunjukan suasana langit Jogja saat malam hari dan juga menampilkan beberapa benda angkasa.

Selain itu akan diputarkan pula sebuah film yang mengisahkan tentang sejarah perjalanan manusia ke bulan.

Semuanya dipertontonkan dengan sangat interaktif menggunakan proyektor digital serta kubah berbentuk setengah lingkaran.

Selain wahana-wahana di atas, di Taman Pintar Jogja sebenarnya masih banyak wahana lain yang sangat penting untuk di-eksplore.

Zona budaya adalah salah satunya yang bisa menjadi tempat untuk menambah khazanah pengetahuan kita tentang budaya Indonesia.

Kemudian ada juga zona kampung kerajinan yang akan menambah pengetahuan sekaligus minat anak-anak pada kesenian.

Lalu ada juga teater audiovisual yang bisa menjadi tempat menimba ilmu sains lewat pemutaran film-film bertema sains.

Alamat

alamat-taman-pintar-yogyakarta
via instagram.com/healthylife_ayda

Tidak perlu khawatir mengenai lokasi Taman Pintar Jogja. Siapapun pasti dengan mudah bisa menemukannya karena letaknya yang berada di tempat yang strategis yakni di tengah kota Jogja. Di kawasan 0 kilometer Jogja. Dekat dengan kawasan Malioboro.

Taman pintar beralamat lengkap di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Jogja, DI Yogyakarta.

Untuk sampai di taman rekreasi ini dari pusat Kota Jogja, kita hanya perlu jalan santai melewati Jalan Raya Jogja menuju Jalan Pangurakan hingga sampai di lokasi.

Jarak Taman Pintar Jogja dari pusat kota pun sangat dekat yaitu hanya sekitar 500 meter saja.

Sementara yang akan mengaksesnya dari arah lain, rute ke taman pintar akan dengan mudah bisa ditemukan melalui aplikasi Google Maps.

Namun sebaiknya berpatokan saja pada rute yang dari pust Kota Jogja di atas.

Jam Buka

Kecuali hari Senin, Taman Pintar Jogja dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

HariJam Operasional
Selasa-Minggu09.00 – 16.00 WIB

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Pintar Jogja sangatlah terjangkau. Untuk anak-anak harga tiketnya Rp. 10.000, dan untuk remaja atau dewasa harganya Rp. 18.000.

TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000 (anak-anak) – Rp. 18.000 (remaja/dewasa)

Namun tiket tersebut hanya untuk memasuki gerbang taman pintar saja. Sedangkan untuk menikmati wahananya, kita harus membayar tiket lagi dengan harga bervariasi.

Berikut ini harga tiket untuk beberapa wahana di Taman Pintar Yogyakarta:

Jenis WahanaHarga Tiket
PlanetariumRp. 15.000
Gedung PAUDRp. 3000
Wahana BahariRp. 15.000
Teater 3DRp. 15.000 – Rp. 20.000
Program KreativitasRp. 5000 – Rp. 30.000

Fasilitas Umum

jam-buka-taman-pintar-jogja
via instagram.com/itsmecharllie

Fasilitas untuk memudahkan pengunjung di Taman Pintar Jogja sudah cukup memadai.

Di tempat ini akan kita temukan fasilitas berupa area parkir, mushola, toilet, food court, lift khusus difabel, ruang kesehatan, pusat perbelanjaan, information center, ruang audiovisual kapasitas 40 orang, dan ruang meeting atau kegiatan sekolah.

Wisata Dekat Taman Pintar

Lokasinya yang berada di pusat kota membuat taman rekreasi ini dikelilingi oleh tempat-tempat wisata lain di Jogja.

Beberapa tempat wisata yang dekat dari Taman Pintar Jogja antara lain Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, dan kawasan Malioboro.

Aturan Untuk Rombongan Sekolah

Ada beberapa aturan yang diterapkan pengelola Taman Pintar Jogja bagi pengunjung yang datang berombongan misalnya rombongan sekolah.

Aturan-aturan tersebut antara lain:

  1. Kunjungan rombongan sekolah akan mendapatkan potongan harga tiket baik tiket masuk ataupun wahana. Namun, aturan ini tidak berlaku pada hari minggu dan hari libur nasional. Dengan demikian jika rombongan sekolah datang pada hari-hari tersbut, maka harga tiket yang dibayarkan mengikuti harga tiket normal.
  2. Jumlah rombongan yang diterima minimal 20 orang. Jadi pastikan tidak kurang dari jumlah tersebut.
  3. Rombongan sekolah juga harus membawa dan menunjukkan surat pemberitahuan atau surat rekomendasi sekolah ke pihak pengelola obyek wisata.
wisata-yogyakarta
via instagram.com/safaratourtravel

Baca juga: Tempat Wisata di Jogja

Demikianlah ulasan mengenai obyek wisata Taman Pintar Jogja. Wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh anak-anak dan remaja sebagai tempat mencari hiburan dan ilmu pengetahuan.

Loading...

Pantai Ngobaran

Hansar
6 min read

Taman Pelangi Jogja

Hansar
5 min read

Kids Fun Jogja

Hansar
4 min read

Air Terjun Sri Gethuk

Hansar
6 min read

The Lost World Castle

Hansar
5 min read