Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614, Indonesia

16 Ulasan

Ayanaz Gedong Songo menghadirkan konsep wisata yang berbeda dari lainnya. Tempat wisata di Semarang ini menyuguhkan banyak spot foto instagenic di alam terbuka yang pastinya disukai oleh para penyuka swafoto.

Tempat wisata ini juga bisa menjadi alternatif liburan keluarga. Kawasannya yang teduh dan sejuk karena berada di dataran tinggi, dipastikan akan sangat disukai oleh anak-anak.

Bagi Anda yang sedang berada di Semarang dan sedang mencari tempat liburan akhir pekan yang memiliki banyak spot foto, maka Ayanaz Gedongsongo ini cukup layak dikunjungi.

ayana-gedong-songo-semarang

Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo atau Ayanaz Gedongsongo adalah salah satu tempat wisata keluarga yang terletak di Bandungan, Semarang.

Diresmikan dan dibuka pada tanggal 11 Juni 2019, obyek wisata yang berada di dalam komplek Candi Gedong Songo ini langsung melejit dan menjadi salah satu tempat wisata favorit muda mudi Semarang yang gemar berswafoto.

Meski memang dikonsep sebagai tempat berfoto di mana di dalamnya dipenuhi spotspot foto instagenic, namun Ayana Gedong Songo juga sah-sah saja untuk dijadikan lokasi bersantai.

Hal ini dikarenakan kawasannya cukup sejuk dan teduh sebagaimana ciri khas tempat-tempat wisata yang ada di dataran tinggi.

Karenanya meskipun lebih menguntungkan bagi para pelancong yang memang datang dengan tujuan untuk berfoto, namun Ayanaz Gedongsongo juga cukup menarik untuk rombongan keluarga yang ingin menikmati hari libur ditempat yang bersih, asri, indah, dan nyaman.

Wahana dan Spot Foto di Ayana Gedong Songo

Pengujung yang datang ke Ayana Gedong Songo akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto yang juga bisa digunakan sebagai tempat bersantai.

Berikut ini beberapa wahana dan spot foto paling instagenic di Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Semarang :

1. Spot Bantal-bantal

ayana-gedong-songo-bandungan
instagram.com/ayanagedongsongo

Spot ini cukup romantis sebagai tempat berfoto bersama pasangan.

Berbentuk sangkar burung yang cukup besar, spot ini dihiasi karpet hijau dan beberapa bantal bergambar tokoh-tokoh kartun lucu seperti Tinky Winky hingga Donal Bebek.

2. Spot Sofa Tengah Kolam

Sambil menikmati merdunya gemericik air di tengah kolam, Anda bisa bersantai dan mengambil beberapa foto di spot ini.

Spot sopa tengah kolam ini berbentuk sebuah tempat duduk dari sofa yang diletakkan di tengah kolam terbuka, dengan view kawasan hijau dan pegunungan sebagai background-nya.

Spot yang satu ini sangat populer dan jangan sampai dilewatkan saat Anda berkunjung ke Ayana Gedong Songo.

3. Spot Bubble Tent atau Tenda Gelembung

tiket-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Seperti namanya, spot ini berbentuk tenda bundar yang dibuat dari gelembung besar dengan beberapa boneka lucu sebagai hiasannya.

Area di dalam tenda gelembung ini cukup luas sehingga Anda bisa berfoto di dalamnya bersama teman ataupun keluarga.

4. Spot Balon Udara

Spot balon udara ini juga merupakan salah satu spot favorit yang selalu ramai digunakan oleh para pengujung untuk berfoto.

Meskipun hanya berupa replika balon udara dalam arti tidak bisa diterbangkan, namun spot ini bisa membuat Anda terlihat seolah-olah sedang terbang menggunakan balon udara.

Untuk mendapatkan gambar yang bisa membuat Anda seolah-olah terlihat sedang terbang, Anda bisa mengatur pose dan juga angel foto sampai benar-benar menghasilkan gambar yang Anda inginkan.

Baca juga: Lawang Sewu Semarang

5. Spot Hammock

ayanaz-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Meskipun tidak terlalu mewah, namun foto yang dihasilkan dari spot hammock ini pastinya akan terlihat sangat unik.

Pasalnya hammock di spot ini ditempatkan di tengah kolam kecil dengan dua tiang, di mana pemandangan perbukitan hijau yang asri akan menjadi background yang semakin menambah kesan indah pada foto Anda.

Spot ini selain banyak digunakan sebagai tempat berfoto, juga cukup digemari para pengujung sebagai tempat bersantai.

6. Lukisan Instagenic

Spot foto yang tak kalah menarik untuk di-eksplore di Ayanaz Gedongsongo Semarang adalah spot lukisan instagenic ini.

Spot ini berupa area terbuka yang dihiasi banyak lukisan bertema tropis di mana pengunjung bisa berfoto di depan lukisan-lukisan tersebut.

Baca juga: Wisata foto Taman Bungan Celosia

7. Spot Kursi Santai

Selain spot hammock, spot foto yang diletakkan di atas kolam kecil dengan pemandangan hijau sebagai background-nya adalah spot kursi santai ini.

Bentuknya yang unik dengan dudukan berwarna hijau terlihat sangat menggoda untuk segera dicoba. Foto Anda di spot ini juga pastinya tidak kalah unik dari spot hammock.

Selain spotspot di atas, di Ayanaz Gedongsongo masih ada banyak spot foto yang cukup menarik dan jangan sampai dilewatkan.

spotspot di atas hanyalah beberapa diantaranya yang paling populer sehingga paling banyak menyedot perhatian pengunjung.

Baca juga : Obyek wisata Eling Bening Semarang

Lokasi Ayana Gedong Songo

lokasi-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Lokasi wisata foto di Semarang ini terletak di dalam komplek Candi Gedong Songo.

Alamat lengkap Ayana Gedong Songo berada di Kranjan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk mengaksesnya dari pusat kota Semarang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 37 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih.

Transportasi ke Ayana Gedong Songo

Untuk menuju lokasi wisata Ayanaz Gedongsongo Anda bisa menggunakan alat transportasi milik pribadi ataupun angkutan umum.

Sebagai contoh kalau Anda berangkat dari Semarang naik bus, maka Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tawang.

Naiklah Bus Trans Semarang di koridor 2 dengan jurusan Ungaran dan turunlah di halte bus Pasar Ungaran.

Dari Pasar Ungaran, naik bus lagi dengan jurusan Bawen dan turunlah di SPBU Lemah Abang.

Nah dari sini, Anda bisa menggunakan angkot hijau jurusan Bandungan kemudian dilanjutkan naik ojek ke lokasi Ayana Gedong Songo.

Baca juga: Saloka Park Semarang

Jam Operasional

Obyek wisata ini dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Hari Jam Operasional
Setiap Hari 07.00 – 17.00 WIB

Untuk menghindari kepadatan pengunjung, Anda bisa mengatur waktu kedatangan yaitu pada jam 9 pagi sampai pukul 11 siang.

Baca juga : Umbul Sidomukti Semarang

Harga Tiket Masuk Ayana Gedong Songo

harga-tiket-masuk-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda terlebih dahulu harus membeli tiket masuk Candi Gedong songo seharga Rp10.000 per orang.

Setelah itu, Anda harus membeli tiket Ayana Gedong Songo lagi dengan rincian sebagai berikut :

Baca juga: Berburu aneka spot foto instagrambale di Hutan Pinus Kragilan Magelang

Hari Kunjungan Harga Tiket
Hari Kerja Rp20.000 (dewasa) – Rp10.000 (anak-anak)
Weekend dan Libur Nasional Rp25.000

Selain tiket masuk, berfoto di beberapa spot premium juga dikenakan biaya atau tiket wahana.

Namun jangan khawatir karena sewa spot foto di tempat ini tidak terlalu mahal yang kisarannya hanya Rp5000 hingga Rp10.000 saja.

Hotel Dekat Ayana Gedong Songo

Tidak mungkiri bahwa obyek wisata foto di Semarang yang satu ini tidak hanya dikunjungi oleh para pelancong yang berasal dari kecamatan Bandungan ataupun daerah lainnya di kota Semarang saja.

Namun, pengunjung yang datang juga banyak yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi.

Nah bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin menginap tidak jauh dari lokasi Ayana Gedong Songo atau Candi Gedong Song, maka Anda bisa memilih beberapa hotel terdekat berikut ini :

  • Hotel Bromo Indah
  • Hotel Tri Kusuma
  • Hotel Azaya
  • Wisma Theresia Bandungan
  • Amanda Hills Hotel

Hotel atau penginapan di atas menyediakan fasilitas yang cukup memadai dengan harwa sewa per malamnya berkisar antara Rp90.000 hingga Rp300.000.

hotel-dekat-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Baca juga : Tempat Wisata di Semarang

Ayanaz Gedong Songo Semarang sangat cocok bagi Anda yang sedang liburan di Candi Gedong Songo dan ingin mengabadikan momen liburan Anda di tempat yang indah nan instagenic.

Selain itu, tempat wisata ini juga sangat pas untuk menikmati waktu istirahat setelah menjelajah komplek Candi Gedong Songo.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

16 Ulasan untuk Ayanaz Gedong Songo, Jawa Tengah

  1. Ayanaz GedongsongonBerada di area Candi Gedongsongo. Jadi kalau mau masuk kesini, kita bayar 2x HTM, yang pertama HTM Candi Gedongsongo Rp.8.000 (kalau turis Rp.75.000, jauh bgt ya bedanya 😂) dan HTM Ayanaz Rp.25.000.nnDi tiket masuk Ayanaz dapet voucher Rp.5.000 untuk beli minuman ringan (kopi dan teh) atau makanan ringan (mie atau kentang goreng) di kounter dekat pintu keluar. Kirain Ayanaz ini cafe, taunya full cuma tempat duduk2 dan selfi aja. Dateng pagi2, biar masih sepi 😁nnAbis foto2 di Ayanaz, bisa explore kawasan sekitar Candi, total ada 4 bangunan candi dan kolam air panas, yang lokasinya menanjak. Kalau capek, ada fasilitas menunggang kuda, tapi ga tau ya berapa bayarnya.

  2. Bagus tp melelahkan untuk mencapai candi yg no 9 sdh gak kuat jln jd cuma no 1234 aja itupun dgn susah payah jln kaki nanjak terus (asik juga) org yg jualan suvenir disekitarx ramah2 dan mau diajak senda gurau sopan dan mau mengalah

  3. sejuk tapi klo kesini pas musim hujan saya sarankan bawa payung…soalnya cuacanya cepat berganti….bentar panas,bentar hujan

  4. Tempat rekreasi keluarga dialam sejuk lereng Gunung Ungaran…tempat indah dengan suasana pegunungan dan candi-candi peninggalan agama Hindu….

  5. Good place, tempatnya adem. Masuk 8rb ke candisongo, tambah 25rb ke ayanaz, dapet voucher 5rb untuk minuman anget

  6. Tempat rekreasi yang sangat bagus dengan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk di pagi hari jika ingin berkunjung ke tempat ini di pagi hari.nkita disuguhkan dengan pemandangan gunung yang ditumbuhi banyak pohon hijau yang sangat menyejukkan hati dan pikiran,kita lupakan sejenak masalah yang ada di kantor dengan pekerjaan yang sangat menguras pikiran.kita juga disediakan beberapa spot foto yang sangat instagramable untuk kita bagi ke teman2 dan sodara2 kita yang mana pasti akan ingin mengunjungi tempat ini.nnyesel kalo nggak berkunjung ke tempat yang indah ini…

  7. Bukan lagi, bagusnya kebangetan, mau foto spotnya banyak jadi ga usah ragu kalau liburan list dari sekarang, Ayana gedongsongo

  8. Tempat yang cocok untuk melihat pemandangan alam. Sejuk banget tempatnya karena lokasinya dilereng gunung ungaran. Kalau mau kesini harus masuk dan beli tiket dulu di candi gedongsongo sekitar 10k/orang lalu jalan masuk agak nanjak tapi kalo udah sampe capeknya bakal kebayar sama tempat ini. Masuk ke ayana ini bayar lagi sekitar 20-25k/orang. Terjangkau karena dengan membayar segitu bisa foto disemua spot gratis kecuali kalau kalian mau pake fotografernya harus bayar lagi. Spot foto disini unik2 dan tempatnya nyaman banget walaaupun siang hari ga kerasa panas.

  9. Sumpah ini Bagus banget guys pemandangannya Indah banyak spot foto keren abiss

  10. Datang kesini saat pandemik covid19. Tak banyak wahana yang bisa dikunjungi karena datang kesini pun sudah tengah hari. Harusnya pagi subuh berangkat touring dari Magelang Borobudurnya. Kesempatan selanjutnya jikalau covid sudah benar² meninggalkan Indonesia. Akan ada rencana menginap disini agar lebih puas menikmati semua wahana dan alam sekitarnya. Dan Semoga wanitaku pun dapat mengikutinya. Ayoo… usir segeraa covid19 agar hidup lagi nyawa destinasi wisata di negeri ini

  11. Satu kawasan dengan candi gedong songo jadi bayar tiket masuk kawasan candi dulu kalo mau masuk wahana ayana bayar tiket lagi.

  12. Gedong Songo memang berbenah, puluhan tahun yang lalu masih minimalis dan lihat sekarang ini bikin pangling. Semuanya dibuat lebih nyaman dan menarik. Apalagi ditambah wahana potret able yang menjual banget yaitu Ayanaz. Meskipun tidak begitu luas dan hanya memanfaatkan sebagian tebing dari kawasan Gedong Songo tetapi jadi punya nilai plus.. . Jalan setapak yang sudah bagus dengan cor semen. Pedagang juga tertata rapi.. . Untuk Ayanaz sendiri mungkin yang perlu diperhatikan adalah maintenance properti foto²nya. Yang jadi icon balon udaranya, sudah ada beberapa ” tembelan “. Mungkin bisa lebih diperhatikan.. . Dan sayang sekali, banyak pengunjung yg tidak tertib untuk membuat sampah, jadi merusak keindahan kawasan wisatanya.. . Overall… Ayanaz keren.. 😍😍

  13. Buat yg nggak pengen foto foto banget, menurut saya dengan harga tiket masuk ayanaz dewasa 20rb, anak anak 15rb, dan sebelum nya bayar tiket masuk gedong songo nya 10rb untuk dewasa (diatas 5 thn). Jadi total htm dewasa 30rb, anak 15rb. tempat ini GAK WORTH SAMA SEKALI. Spot foto juga banyak yg rusak, buble rusak, balon balon udara juga ga ada, yg seperti rangka rangka besi, seperti bird nest juga ga ada. Duduk di cafe nya, dikerubungin lalat. Tempe mendoan harga 20.000, yg dateng lebih mirip keripik. Teh anget 15.000, dapetnya teh adem. Pop mie 15.000, diseduh nya dengan air hangat, sehingga mie nya masih keras.. Foto terlampir.

  14. Mungkin ini bisa dibilang spot foto terbaik kalo pas lagi liburan ke Bandungan, Semarang. View2nya bagus banget dan bnyk photographer yg siap membantu mengabadikan foto2 yg kita ambil dgn harga yg terjangkau banget.

  15. Dengan tiket masuk 24 ribu dewasa dapat voucher minum seharga 5 ribu berharap lebih banyak spot foto lebih banyak dari ini. Meski gak begitu banyak namun spot fotony cantik cantik. Ada banyak jasa foto file.

  16. Tempat rekreasi di dalam area candi gedung songo.. jadi beli tiketnya dobel.. tiket masuk gedong songo dan tiket masuk lagi untuk ke ayanaz.. dan di dalam ayanaz sendiri ada satu spot yang juga bayar lagi walaupun di tempat beli tiket ada tulisan sudah include semua spot.. yaitu spot balon yang di dalamnya ada kamar.. tapi ya lumayan worth it lah.. semua spot nya bagus kekinian.. kalo dateng ke sini sama anak anak abege pada suka.. orang tua juga pada suka sih.. spotnya sering ganti ganti.. jadi kadang pas kita lihat photo2.. ternyata udah gak ada ganti yang lainnya

Tinggalkan Balasan