Pantai Senggigi Lombok

Meski di Lombok saat ini mulai bermunculan objek-objek wisata baru dengan berbagai daya tarik dan konsep kekinian ala anak zaman now-nya, pantai Senggigi tetap tak bergeming dan selalu mampu mencuri hati para wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Sebagai salah satu objek wisata tertua yang sudah melegenda di seantero gumi Sasak, pantai Senggigi rupanya sudah kadung melekat di hati para pelancong laksana melekatnya kenangan cinta pertama. Sehingga meskipun tempat-tempat wisata lain mulai bermunculan dan menghembuskan godaan, pantai Senggigi tak pernah kehilangan penggemar dan juga pengunjung setianya.

perahu-nelayan-pantai-senggigi

Menjadi hal yang menarik untuk mencari tau kenapa pantai Senggigi selalu kebagian tamu pelesiran yang tidak sedikit tiap weekend dan libur panjang. Apa sesungguhnya yang menjadi magnet di pantai ini sehingga pesonanya tak pernah pudar ditelan zaman?

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok termasuk salah satu tempat wisata tertua yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat, letaknya berada di Kabupaten Lombok Barat sebelah utara. Sejak pertama kali muncul, pantai ini langsung booming dan merupakan salah satu tempat wisata andalan di Nusa Tenggara Barat.

Pantai Sengigi NTB menawarkan keindahan berupa suasana kawasan pantai yang enak dipandang mata dan nyaman ditinggali badan. Memasuki kawasannya pertama kali, kalian akan di sambut hamparan pasir bersih bergradasi warna hitam ke putih ciri khas pantai Senggigi.

Banyak pelancong yang mengatakan bahwa keindahan panorama alam yang dimiliki pantai Senggigi tidak kalah bahkan hampir mirip dengan pantai Kuta yang ada di pulau Bali. Air lautnya yang jernih serta gelombang ombaknya yang tenang, membuatnya menjadi tempat yang aman untuk berbagai aktivitas wisata. Hal yang sama juga bisa kalian temukan di pantai Kuta Lombok yang ada di Desa Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

jogging-track-pantai-senggigi

Kemudian lebih dalam menyusuri kawasan pantai, kalian akan menyadari bahwa pantai Senggigi memiliki garis pantai yang sangat panjang. Ternyata, pantai ini memang terdiri dari jejeran pantai teluk lain yang masing-masing memiliki daya tarik dan karakternya sendiri-sendiri.

Namun dari semua pantai yang menjadi bagian pantai Senggigi,  yang paling terkenal adalah pantai Makam Batu Layar dan pantai Pura Batu Bolong. Karena merupakan tempat sakral,  kedua tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung setiap hari, setelah atau sebelum mengunjungi pantai Senggigi.

Pantai Batu Layar yang letaknya paling selatan adalah objek wisata religi yang selalu dikunjungi tatkala hari-hari besar Islam. Misalnya pada saat lebaran topat, lokasi pantai ini akan dipadati oleh ratusan pengunjung yang datang untuk berziarah sekaligus berwisata di Makam Batu Layar.

Di sekitar lokasi pantai ini memang terdapat makam seorang ulama Lombok zaman dahulu yang konon menjadi orang yang cukup berjasa dalam menyebarkan agama Islam di pulau seribu masjid.

Lalu ada juga pantai Pura Batu Bolong yang menjadi bagian dari pantai Senggigi. Dinamai begitu karena di pantai ini ada pura tua yang di bangun di atas batu karang besar yang memiliki lubang (bolong) di sisi bawahnya. Pantai ini juga merupakan tempat sakral dimana umat Hindu kadang datang untuk melakukan ritual-ritual ibadah di pura tua tersebut.

sunrise-pantai-senggigi

Setelah atau sebelum ke pantai Sengigi, tidak ada salahnya apabila kalian juga mampir ke kedua tempat tersebut di atas. Kalian bisa berziarah dulu di Makam Batu Layar, dan juga berburu foto di pantai Pura Batu Bolong.

Lokasi Pantai Senggigi

Telah ditulis sebelumnya di atas bahwa pantai Senggigi terletak di posisi sebelah utara Kabupaten Lombok Barat. Kawasannya masih termasuk ke dalam wilayah Administratif Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang beribukota di Mataram.

Mengenai alamatnya, pantai terfavorit di Lombok yang menjadi buruan wisatawan lokal dan mancanegara ini beralamat lengkap di Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akses ke Pantai Senggigi

Mengenai akses ke pantai Sengigi, jika kalian datang dari pusat kota Mataram yang berjarak sekitar 19 kilometer dari pantai ini, maka diperlukan waktu sekitar 30 sampai 50 menit berkendara untuk sampai.

Lama perjalanan tentunya bergantung situasi di perjalanan nantinya, tapi umumnya karena kondisi jalanan yang sudah bagus, waktu tempuh dari kota Mataram ke Senggigi memang tidak lebih dari 1 jam.

Kemudian bagi kalian yang datang dari luar kota, cara mengakses pantai Senggigi sangatlah mudah. Dengan asumsi bahwa kalian ke Lombok menggunakan pesawat terbang dan landing di Bandara Internasional Lombok, maka kalian cukup menumpang taxi bandara untuk mengantar kalian ke pantai Senggigi atau ke penginapan yang telah kalian pesan sebelumnya.

Waktu tempuh yang diperlukan apabila kalian memilih langsung ke pantai Sengigi dari Bandara Internasional Lombok adalah sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan berkendara dengan jarak tempuh sekitar 50,8 kilometer.

sunset-pantai-senggigi

Tidak perlu khawatir, meskipun terhitung lama, namun jalanan yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan pantai Senggigi sudah sangat bagus. Selain permukaan jalan yang sudah di-hotmik semuanya, lebar jalan pun sudah diperluas sehingga kalian atau supir kalian akan lebih leluasa selama perjalanan.

Selain itu, tetumbuhan dan pepohonan hijau di pinggir jalan juga akan membuat perjalanan kalian tidak membosankan dan terasa lama, kalian pastinya akan sangat menikmati perjalanan seru dari BIL ke pantai Senggigi.

Oh ya, saat perjalanan ke pantai Senggigi kalian juga akan sering berpapasan atau beriringan dengan cidomo, kendaraan tradisional masyarakat Sasak. Objek ini tentu akan menjadi hiburan yang menyenangkan dan unik sebelum kalian sampai di pantai Senggigi.

Jangan lupa pula untuk mampir di pantai Ampenan atau pantai Kebon Roek yang lokasinya berada sebelum pantai Pura Batu Bolong. Kalian bisa membeli beberapa kebutuhan kalian dulu di pasar ini sebelum melajutkan ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Untuk memasuki kawasan wisata pantai Senggigi tidak dibutuhkan biaya yang terlalu mahal. Kalian hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 15.000 saja. Harga ini berlaku setiap hari baik hari kerja ataupun hari libur.

Setelah melewati pintu masuk pastikan kalian memarkir kendaraan di area parkir yang telah disediakan. Cukup membayar beberapa ribu rupiah saja untuk keamaanan kendaraan kalian selama berlibur di pantai Senggigi.

Fasilitas dan Wahana Wisata di Pantai Senggigi

Sebagai tempat wisata yang sudah terkenal dan melegenda, pantai Senggigi tentunya didukung dengan keberadaan fasilitas dan wahana yang lengkap.

Selain area parkir, tempat ibadah, toilet, dan kios-kios pedagang, di sekitar pantai ini juga sudah tersedia restoran, resort, hotel/penginapan, pusat hiburan, pusat souvenir, hingga toko yang khusus menjual kebutuhan para wisatawan.

landscape-pantai-senggigi

Aktivitas Seru di Pantai Senggigi

Tentunya banyak sekali aktivitas yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu liburan di pantai Sengigi. Beberapa di antaranya ialah berenang, snorkeling, surfing, bermain kano, bermain kakak, berselancar, jogging, mancing, sunset-an, dan kuliner-an.

Berenang

Kegiatan ini menjadi hal yang lazim tatkala kita mengunjungi sebuah pantai, begitu juga saat berkunjung ke pantai Senggigi. Di sini, kalian bisa berenang sepuasnya menikmati segar dan bersihnya air laut.

Snorkeling

Kegiatan yang saat ini banyak digemari oleh para wisatawan. Ya, di pantai ini kalian juga bisa snorkeling menejelajah keindahan bawah laut pantai Senggigi. Bagi kalian yang tidak punya peralatan ataupun belum pernah sekali pun mencoba snorkeling, kalian bisa menyewa peralatan sekaligus dipandu oleh instruktur snorkeling berpengalaman di pantai ini.

Surfing

Arus gelombang yang tidak begitu besar bahkan terbilang tenang di pantai Senggigi sangat memungkinakan untuk surfing. Kalian bisa surfing berkeliling laut sambil menikmati keindahan panorama sekitar kawasan pantai Senggigi yang sangat eye catching.

matahari-tenggelam-pantai-senggigi

Berselancar

Kalau kalian menyukai olahraga air yang satu ini, di pantai Senggigi kalian juga bisa melakukannya. Meskipun sebelumnya ditulis bahwa ombak pantai Senggigi tidaklah besar, namun di beberapa titiks gelombang ombak yang akan kalian temukan juga sanggup mendorong papan selancar. Nah kalian bisa memilih berselancar di titik-titik tersebut.

Sunset-an

Pesona sunset di pantai Senggigi yang begitu indah di sore hari adalah salah satu alasan banyaknya pelancong yang datang ke pantai ini. Lokasinya yang menghadap ke arah barat daya, memungkinkan kalian bisa menyaksikan proses matahari tenggelam dengan sangat sempurna.

Kulineran

Pantai Senggigi juga asik untuk dijadikan lokasi berburu kuliner. Di sekitar kawasan pantai, kalian bisa menemukan banyak penjual makanan dan minuman dengan berbagai pilihan menu yang tersedia. Di sini kalian tak hanya bisa mencoba menu-menu khas masakan lokal saja, tapi juga menu-menu khas Eropa banyak dijual di sekitar kawasan pantai ini.

Simak dan baca juga : Wisata Pantai Nipah Lombok

Pantai Senggigi Lombok memang objek wisata yang sudah sepuh jika diukur dari usianya. Namun jangan salah, pantai ini tetap menarik dan tetap relevan sebagai lokasi berlibur baik untuk genarasi zaman old maupun generasi zaman now. Pantai ini dengan semua daya tariknya akan selalu mempesona dan menjadi legenda, tak peduli di zaman apapun ia berada.

Loading...

Pantai Nipah Lombok

Hansar
4 min read

Pantai Kuta Lombok

Hansar
4 min read

Gili Trawangan

Hansar
5 min read

Wisata Pantai di Lombok

Hansar
5 min read