Setu Babakan

Setu Babakan, Jakarta

Srengseng Sawah, Kota Jakarta Selatan, Jakarta

5 Ulasan

Setu Babakan adalah perkampungan budaya yang terletak di Jakarta Selatan. Jika Anda ingin berlibur sambil belajar lebih dalam tentang sejarah suku Betawi, maka Setu Babakan Jagakarsa adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Wisata Setu Babakan menawarkan keindahan alam dan keunikan adat istiadat suku Betawi. Selain bermain di area permainan, di Setu Babakan Anda juga bisa melihat pertunjukan seni tari, pencak silat, hingga rumah adat khas Betawi.

setu-babakan-jagakarsa

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai obyek wisata budaya Setu Babakan, mari simak ulasan kami berikut ini.

Sejarah Setu Babakan

Setu Babakan mulai dibangun sekitar 19 tahun silam, tepatnya di tahun 2000.

Setelah proses pembangunan yang memakan waktu kurang lebih satu tahun, Setu Babakan kemudian diresmikan sebagai perkampungan budaya sekaligus tempat wisata pada tahun 2001 oleh gubernur Jakarta yang saat itu dijabat oleh Pak Sutiyoso.

Setu Babakan selanjutnya secara perlahan mulai mendapatkan feedback positif terutama oleh warga Jakarta yang tiap hari libur selalu memadati kawasan Setu Babakan untuk bersantai bersama keluarga.

Hingga kini, ketenaran Setu Babakan sebagai salah satu obyek wisata favorit di Jakarta terus berlanjut dibuktikan dengan ribuan wisatawan yang datang setiap akhir pekan ataupun hari-hari libur nasional.

Sebagai tempat rekreasi, Setu Babakan menghadirkan konsep wisata alam berpadu dengan wisata budaya khususnya budaya Betawi.

setu-babakan-jakarta
Sumber gambar: instagram.com/s.cahaya_betawi

Di sini para wisatawan bisa melihat dan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan adat budaya Betawi mulai dari rumah adat hingga kulinernya.

Selain itu, daya tarik Setu Babakan juga makin bertambah dengan adanya obyek wisata air Danau Babakan yang menyediakan berbagai wahana wisata yang pastinya akan disukai oleh setiap pengunjung.

Setu Babakan saat ini telah resmi menjadi cagar budaya untuk mengembangkan dan melestarikan budaya Betawi.

Peresmiannya sebagai cagar budaya telah disahkan pada tahun 2004 dengan Pemprov DKI dan Dinas Pariwisata Jakarta sebagai pengelolanya.

Wahana dan Kegiatan di Setu Babakan Jagakarsa

Meskipun merupakan sebuah kampung budaya, namun kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Setu Babakan tentunya banyak sekali. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Setu Babakan Zona A

setu-babakan-bekasi
Sumber gambar: instagram.com/sarmidibin

Ragam adat budaya Betawi yang dikembangkan dan dilestarkan di Setu Babakan dibagi ke dalam 3 zona yaitu zona A, zona B dan zona C.

Nah di zona A ini, Anda akan menemukan berbagai rumah adat Betawi seperti gudang, joglo, bapang dan kebaya.

Selain itu, di zona A ini juga terdapat sebuah museum sejarah dan gedung teater serta gedung modern bergaya Betawi.

Dan, di zona ini juga sering digelar pertunjukan lenong Betawi oleh para warga yang tergabung dalam sanggar budaya.

2. Setu Babakan Zona B

setu-babakan-2020
Sumber gambar: instagram.com/dachri_megantara

Berbeda dengan zona A, Setu Babakan zona B ini khusus dijadikan sebagai tempat pengembangan kuliner khas Betawi.

Dengan luas kawasan sekitar 3.700 meter persegi, di tempat ini telah berdiri kurang lebih 250 stand pedagang yang menjual berbagai macam menu kuliner Betawi.

Menu kiliner yang bisa Anda cicipi di tempat ini antara lain kerak telor, laksa, soto Betawi, ketoprak, bir pletok, gulali Betawi dan makanan khas Betawi lainnya.

3. Setu Babakan Zona C

sejarah-setu-babakan
Sumber gambar: instagram.com/tentangkita_99

Di zona inilah Anda bisa melihat dan mengamati bagaimana orang-orang Betawi menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

Zona ini berbentuk replika perkampungan Betawi dengan 16 rumah adat Betawi yang dibangun di dalamnya.

Selain itu, area ini juga dilengkapi dengan empang dan persawahan sehingga nampak seperti perkampungan Betawi asli.

4. Menyaksikan Pertunjukan Seni Budaya Betawi

Masyarakat Betawi yang mendiami Setu Babakan sangat teguh dalam menjaga dan menjalankan kebudayaan mereka.

Hal ini dibuktikan dengan pertunjukan aneka macam kesenian Betawi yang rutin diadakan di Setu Babakan setiap hari Minggu.

Pada acara pentas seni tersebut, Anda bisa menyaksikan atraksi seni tari, ondel-ondel, lenong, pencak silat, gambang kromong dan kesenian khas Betawi lainnya.

Berikut jadwal acara budaya yang rutin diselenggarakan di kampung Betawi Setu Babakan:

JadwalKegiatan/Acara
Mingguan (Sabtu dan Minggu)Pertunjukan kesenian Betawi
TahunanPagelaran kesenian bernuansa Islami dan Pekan Desember
KondisionalAcara hiburan, pertemuan, pengembangan atau pembinaan yang dilakukan oleh warga atau pemerintah

5. Muesum Budaya Betawi

Di museum ini Anda bisa melihat berbagai keunikan budaya Betawi dalam bentuk benda-benda antik diantaranya lukisan orang-orang ternama Betawi, sepeda ontel, alat musik klasik hingga bir pletok.

Selain itu, museum ini juga berisi beragam bentuk pakaian khas Betawi salah satunya yang paling menarik adalah pakaian pengantin yang desainnya memadukan ciri khas Betawi dengan negara lain seperti Arab dan China.

Baca juga: Peninggalan sejarah suku Betawi jaman dulu di Museum Fatahillah, Jakarta

6. Wisata Danau Setu Babakan

danau-setu-babakan
Sumber gambar: instagram.com/majalahbetawi

Sebagai pelengkap kunjungan wisata Anda ke Setu Babakan Anda bisa mengakhiri liburan dengan bermain air di danau babakan.

Danau ini cukup luas dan telah dilengkapi dengan beberapa wahana air seperti perahu naga dan juga perahu kayuh.

Dengan wahana tersebut, Anda bisa mengelilingi danau sambil menikmati kesejukan udara dan keindahan panorama alam Setu Babakan.

7. Mancing Ikan

Selain sebagai tempat bersantai, Danau Babakan juga kerap dijadikan sebagai tempat memancing ikan.

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa membawa peralatan pancing dari rumah untuk menikmati keseruan memancing di danau ini.

Danau babakan diisi berbagai jenis ikan diantaranya ikan mujaer, ikan nila dan ikan mas.

Lokasi Setu Babakan

AlamatJalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Peta LokasiKlik Disini

Jarak yang harus ditempuh apabila menuju Setu Babakan dari pusat kota Jakarta adalah sekitar 25 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekitar 50 menit berkendara.

Rute menuju Setu Babakan

Untuk mengakses alamat Setu Babakan Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun busway dengan tujuan kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa.

Atau jika Anda mengaksesnya dari Blok M, cara termudah untuk sampai di lokasinya adalah dengan naik kopaja trayek Jagakarsa kemudian turun langsung tepat di pintu si pitung Setu Babakan yang merupakan pintu masuk utama.

Sementara untuk wisatawan luar kota bisa menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Universitas Pancasila.

Kemudian dari stasiun tersebut, silahkan naik Mikrolet dengan kode M 20A ke arah Cipedak. Dari Stasiun Universitas Pancasila Anda akan menempuh perjalanan sejauh 1 kilometer untuk sampai di Setu Babakan.

Jam Buka Setu Babakan

Jam buka Setu Babakan pada hari Senin sampai Minggu dimulai dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

HariJam Buka
Setiap Hari06.00 – 18.00 WIB

Waktu kunjungan terbaik adalah pada hari Minggu karena sering diadakan beragam pertunjukan kesenian Betawi yang sangat menghibur.

Baca juga : Snowbay Waterpark Jakarta

Tiket Masuk Setu Babakan

tiket-masuk-setu-babakan
Sumber gambar: instagram.com/shendymettalkecil

Harga tiket masuk Setu Babakan 2019 sampai hari ini masih gratis. Anda hanya perlu menyiapkan biaya retribusi parkir dan biaya sewa wahana jika ingin menikmati keseruan di Danau Babakan.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Motor dan MobilRp2000 dan Rp5000
Sewa WahanaRp10.000 – Rp20.000

Fasilitas Setu Babakan

Fasilitas umum di Setu Babakan tentunya tidak perlu diragukan lagi. Di sana sudah tersedia berbagai faslitas untuk memberi kenyamanan bagi para wisatawan.

Fasilitas tersebut diantaranya area parkir, mushola, panggung pertunjukan, area bermain anak, toko souvenir hingga penginapan.

Penginapan yang ada berbentuk wisma-wisma semi modern yang juga kental dengan gaya Betawi dengan harga sewa per malam hanya beberapa ratus ribu saja.

Obyek Wisata Dekat Setu Babakan

setu-babakan-hari-ini
Sumber gambar: instagram.com/fino_sn8

Tidak jauh dari obyek wisata ini masih banyak destinasi wisata yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan masih ingin menghabiskan waktu libur di Jakarta, beberapa tempat rekreasi yang bisa menjadi tujuan berikutnya yaitu Kebun Binatang Ragunan, Museum Layang, Kampung Cipulir, dan Museum Satria Mandala.

Selain itu jika Anda dan keluarga ingin menikmati kesegaran air serta bermain wahana, Anda bisa berkunjung ke salah satu waterpark di Jakarta yaitu Waterpark Pondok Indah.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata di Jakarta

Berlibur ke Setu Babakan Jagakarsa bisa menjadi pilihan untuk berakhir pekan. Jika Anda warga Jakarta dan ingin belajar lebih banyak tentang budaya Betawi, maka Setu Babakan adalah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya kepada kami.

5 Ulasan untuk Setu Babakan, Jakarta

  1. Tempat Rekreasi ada musiumnya luas bersih. Tempat yang cocok untuk menikmati akhir pekan bersama anggota keluarga. Kalau datang ke Jakarta, jangan lupa kunjungi Setu Babakan Jagakarsa ya teman-teman.

  2. Bagus buat destinasi wisata keluarga.. dapat ilmu baru dari kebudayaan betawi tempo dulu hingga saat ini. Ada danau nya juga yang bisa dijadikan tempat bermain air dan naik perahu. Setu Babakan jossss.

  3. Yang mau wisata ayo ke Setu Babakan Jakarta,tempatnya enak dan masih asri. Ada berbagai macam pertunjukan seni Betawi di tempat ini. Asik deh pokoknya.

  4. Klo weekend banyak makanan dibawah, udaranya masih adem. Terasa alamai. Cocok untuk liburan keluarga untuk mengenal lebih dekat budaya Betawi.

  5. Cocok banget buat yang mau kenal lebih dekat dengan adat betawi.. Asik buat nongkrong di tepi danau. Ayok ke Setu Babakan.

Leave a Reply