Tempat Wisata di Surabaya

Dikenal sebagai kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya menjadi kota yang penuh sesak oleh bangunan-bangunan pabrik, pusat perkantoran hingga pusat perbelanjaan.

Meski begitu, kota yang memiliki julukan kota pahlawan ini ternyata juga menyimpan tempat-tempat yang keren dan eksotis sebagai tujuan berlibur.

Bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan liburan ke kota Surabaya, berikut daftar tempat wisata di Surabaya yang paling recomended dan menarik untuk dikunjungi.

tempat-wisata-di-surabaya-jawa-timur

Tempat wisata di Surabaya

Membahas mengenai tempat wisata di Surabaya, Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa kota ini adalah pusatnya obyek-obyek wisata religi. Namun lebih dari itu, di kota ini sebenarnya juga terdapat puluhan oyek wisata modern dan kekinian yang tak kalah keren dari tempat-tempat wisata yang ada di kota-kota lainnya di Indonesia.

Di Surabaya selain tempat wisata religi, juga akan Anda temukan beragam jenis tempat wisata seperti wisata sejarah, wisata foto, wisata alam, hingga wisata edukasi, tak lupa pula tentunya wisata kuliner.

Nah, berikut ini daftar tempat wisata di Surabaya yang paling menarik untuk dikunjungi:

1. Hutan Bambu Keputih

tempat-wisata-di-surabaya-hutan-bambu-keputih

  • Lokasi : Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya.
  • Harga Tiket Masuk : –

Bagi Anda yang suka eksis di depan kamera, salah satu spot foto yang bagus dan saat ini sering didatangi muda-mudi untuk berfoto di Surabaya adalah obyek wisata hutan bambu keputih.

Meskipun dulunya tempat ini hanyalah sebuah kawasan yang menjadi tempat pembuangan sampah, namun berkat ketelatenan pengelola, tempat ini sekarang menjadi kawasan yang hijau dan asri dengan rimbunan beraneka ragam pohon bambu.

Selain itu di hutan ini juga terdapat spot bunga sakura yang tentunya sangat indah dan cantik untuk dijadikan lokasi berswafoto.

2. Hutan Mangrove Wonorejo

tempat-wisata-di-surabaya-hutan-mangrove-wonorejo

  • Lokasi : Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Rungkut, Surabaya
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 25.000 per orang.

Setelah berhari-hari melewati rutinitas yang melelahkan dan membuat kepala pusing, akan sangat baik bagi Anda untuk sesekali mengistirahatkan fikiran dan badan dengan mendatangi hutan mangrove Wonorejo ini.

Selain kawasannya yang teduh dan sejuk, di tempat ini juga terdapat beberapa spot foto yang layak untuk dicoba.

Selain itu kawasan hutan mangrove Wonorejo ini juga sangat bagus untuk dijadikan sarana mengedukasi dan mengenalkan alam kepada anak-anak.

3. Kebun Bibit

tempat-wisata-di-surabaya-hutan-bibit

  • Lokasi : Jln. Raya Manyar Nomor 80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya
  • Harga Tiker Masuk : Gratis.

Selain hutan mangrove Wonorejo, tempat wisata alam di Surabaya yang juga sangat bagus sebagai tempat menenangkan diri adalah di kebun bibit ini.

Selain menyegarkan mata lewat pemandangan hijau dari taman-taman yang ada di kebun ini, Anda juga bisa berinteraksi dengan rusa-rusa yang berkeliaran dengan bebasnya di sekitar kawasan kebun.

Jika Anda datang bersama anak-anak, mereka pun pastinya akan sangat senang karena di tempat ini juga sudah tersedia arena bermain anak dalam bentuk taman bermain dan juga area outbound.

Asiknya lagi, berlibur ke kebun bibit ini tidak dikenakan biaya sepeserpun selain ongkos parkir dan biaya untuk membeli makanan dan minuman sebagai bekal liburan Anda.

4. Air Mancur Menari

tempat-wisata-di-surabaya-air-mancur-menari

  • Lokasi : Kenjeran, Surabaya
  • Harga Tiket Masuk : Gratis.

Mencari hiburan malam di kota Surabaya tidak harus mendatangi cafe ataupun diskotik. Bahkan, di kota ini Anda bisa menikmati malam dengan sangat indah dan tentunya gratis di jembatan sepanjang pantai Kenjeran.

Selain jembatannya yang pada malam hari akan terlihat sangat cantik dengan sorotan lampu berwarna-warni, ada juga spot air mancur menari yang terlihat sangat eksotis dengan gerakan-gerakan yang seolah mengikuti irama lagu khas Surabaya yang sedang diputar.

Liukan tarian air mancur tersebut sangat indah dipandang mata. Selain memandangnya, Anda juga bisa selfie dengan background air mancur menari tersebut. Pasti sangat menyenangkan bukan?

5. Kebun Binatang Surabaya

tempat-wisata-di-surabaya-kebun-binatang

  • Lokasi : Jln. Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya
  • Harga tiker masuk : Rp. 15.000 per orang (hari kerja) – Rp. 20.000 per orang (hari libur).

Dengan koleksi satwa yang kabarnya berjumlah ratusan jenis, berlibur ke kebun binatang Surabaya adalah pilihan yang paling tepat untuk memuaskan kecintaan Anda kepada binatang.

Selain Anda, anak-anak juga perlu diajak ke kebun binatang ini untuk menambah pengetahuan mereka tentang jenis-jenis hewan.

Perlu diketahui, kebun binatang Surabaya ini dulunya pernah meraih predikat sebagai kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara.

Karena itu, tidak perlu diragukan lagi bahwa kebun binatang ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia sebagai tempat berlibur para penyuka binatang.

Selain melihat berbagai jenis hewan, suasana sekitar kawasan kebun yang rindang dan alami juga dipastikan akan membuat fikiran Anda semakin segar.

Bisa dikatakan, kebun binatang Surabaya ini tidak kalah dengan taman safari Bogor yang ada di Jawa Barat.

6. Taman Hiburan Rakyat

tempat-wisata-di-surabaya-taman-hiburan-rakyat

  • Lokasi : Jalan Kusuma Bangsa Nomor 116-118, Tambaksari, Surabaya
  • Harga tiket masuk : Rp. 15.000 per orang.

Bosan dengan wisata alam? Tenang, Di Surabaya juga ada tempat wisata berbentuk taman bermain dengan berbagai macam wahana permainan modern seperti roller coaster, komedi putar, boom boom car, hingga kereta api mini.

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini bernama Taman Hiburan Rakyat (THR) yang bisa Anda temukan di dekat taman makam pahlawan.

Di tempat ini, Anda dan anak-anak bisa bermain sepuasnya di wahana-wahana permainan yang telah dituliskan tadi.

Dengan biaya berkisar antara Rp. 5000 sampai Rp. 25.000 saja, Anda dan buah hati bisa menghabiskan waktu libur dengan cara yang sangat menyenangkan.

Sewaktu-waktu, di taman ini juga diadakan event atau acara hiburan gratis yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

Dan saat perut mulai keroncongan, di sekitar kawasan wisata juga telah tersedia banyak kios atau warung penjual kuliner khas Surabaya yang bisa Anda coba.

7. Surabaya Carnival Park

tempat-wisata-di-surabaya-carnival-park

  • Lokasi : Jalan Ahmad Yani Nomor 333, Gayungan, Surabaya
  • Harga tiket masuk : Rp. 60.000 per orang (hari kerja) – Rp. 80.000 (weekend).

Jika Anda tidak puas dengan wahana permainan yang ada di Taman Hiburan Rakyat, di Surabaya masih ada salah satu tempat wisata serupa yang bernama Surabaya Carnival Park.

Dibandingkan dengan Taman Hiburan Rakyat, wahana yang ada di tempat ini jauh lebih lengkap.

Di sini bisa Anda temukan wahana permainan seperti mobil-mobilan, kocar-kacir, roller coaster, gondal-gandul, bianglala, hingga wahana permainan laser.

Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat atau lokasi acara parade kostum beraneka rupa.

Tak perlu ragu lagi, tempat ini adalah tempat wisata di Surabaya yang paling menarik untuk destinasi liburan Anda.

8. Jalan Taman Aspari

tempat-wisata-di-surabaya-jalan-taman-aspari

  • Lokasi : Jalan Pemuda, Taman Aspari, Surabaya
  • Harga tiket masuk : Gratis.

Salah satu alternatif tempat liburan yang murah meriah di Surabaya adalah Taman Aspari ini.

Dengan kawasan seluas 5.300 m2 yang dipenuhi berbagai macam jenis bunga dan tanaman hidup yang cantik, taman ini seolah menjadi oase di tengah kota Surabaya yang berhawa panas.

Selain menikmati keindahan berbagai rupa bunga, di taman ini juga sudah tersedia jalur atau jogging track bagi Anda yang ingin berolahraga.

Selain itu, di sini juga berdiri patung gubernur Suryo yang merupakan gubernur Jawa Timur pertama yang bisa Anda jadikan objek ataupun latar foto.

9. Ciputra Waterpark

tempat-wisata-di-surabaya-ciputra-waterpark

  • Lokasi : Sambikarep, Made, Surabaya
  • Harga tiket masuk : Rp. 110.000 per orang (hari kerja) – Rp. 130.000 per orang (hari libur)

Salah satu taman bermain air yang ada di kota Surabaya ini jangan sampai terlewatkan jika Anda berkesembatan mengunjungi Surabaya untuk berlibur.

Ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa Anda nikmati di tempat ini diantaranya mencoba roc tower berketinggian 15 meter yang akan mengocok adrenaline Anda. Kemudian ada juga tong air raksasa yang bisa menyiram tubuh Anda secara tiba-tiba.

Nah untuk si kecil, Anda bisa membuat mereka bahagia dengan menemani mereka berenang di kolam renang khusus anak yang selain aman, juga memiliki berbagai macam wahana permainan.

10. Monumen Kapal Selam

tempat-wisata-di-surabaya-monumen-kapal-selam

  • Lokasi : Genteng, Surabaya
  • Harga tiket masuk : Rp. 10.000 per orang

Monumen kapal selam ini adalah salah satu bukti bahwa Surabaya memang sangat layak untuk dijuluki sebagai kota pahlawan.

Jika Anda menyukai wisata bertema sejarah, maka datang saja ke monumen kapal selam yang dulunya bernama KRI Pasopati 410 ini.

Di sini selain bisa melihat langsung bukti sejarah, Anda juga bisa menyaksikan film dokumenter yang menceritakan tentang sejarah kapal selam KRI Pasopati 410 saat misi pembebasan Irian Barat dari cengkeraman penjajah.

11. Masjid Ampel

tempat-wisata-di-surabaya-masjid-ampel

  • Lokasi : Ampel, Semampir, Surabaya
  • Harga tiket masuk : Gratis.

Tidak lengkap jika berkunjung ke Surabaya yang dikenal sebagai pusatnya obyek wisata religi, tanpa mendatangi salah satu tempat wisata religinya yang berupa sebuah masjid kuno ini.

Meski kuno, namun di masjid yang merupakan peninggalan Sunan Ampel yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit ini, anda bisa mengeksplore nilai-nilai religi yang tersimpan di dalamnya.

Beberapa spot favorit yang biasanya menjadi buruan wisatawan muslim saat datang ke masjid ini antara lain makam Sunan Ampel, makam Mbah Bolang, lima gapura yang menggambarkan lima rukun islam, dan sebuah sumur yang dipercaya menyimpan berkah.

Setelah puas menjelajah spot-spot tadi, di luar masjid Anda bisa berburu souvenir islami dan kuliner khas Arab dan Surabaya.

Baca juga : Tempat Wisata di Malang Jawa Timur

Nah Itulah 11 tempat wisata di Surabaya 2019 yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke Surabaya. Meskipun kota ini lekat dengan image kota bising dan panas, namun sebenarnya kota ini juga sangat layak untuk dimasukkan dalam daftar destinasi wisata Anda bukan? Selamat berlibur.

Loading...

Rawa Bayu Banyuwangi

Wahyoeni
4 min read

Tempat Wisata di Madura

Wahyoeni
3 min read

Pantai Klayar

Hansar
4 min read

Coban Rondo

Hansar
5 min read