Taman Begonia

Lembang menjadi salah satu daerah di Bandung yang punya beberapa koleksi tempat wisata menarik.

Anda pasti sudah mengenal obyek wisata Gunung Putri ataupun Dusun Bambu yang keduanya berada di Lembang, Bandung-kan?

Nah, kali ini, kami akan mengulas satu lagi obyek wisata terbaru yang juga berlokasi di Lembang yaitu obyek wisata alam Taman Begonia Lembang.

taman-begonia-lembang
instagram/jawabaratbeautiful

Seperti apa obyek wisata ini dan apa sih hal yang menarik sehingga cocok sebagai tempat wisata ? selengkapnya silahkan baca aja informasinya di bawah ini.

Sekilas Taman Begonia Lembang

Taman Begonia Lembang kami golongkan sebagai tempat wisata di Bandung yang masih tergolong baru karena peresmiannya memang baru dilakukan beberapa tahun silam, tepatnya pada tahun 2013.

Namun sebagaimana kecenderungan tempat-tempat wisata di Bandung lainnya yang sangat cepat sekali terkenal, Taman Begonia pun tidak butuh waktu lama untuk menahbiskan diri sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

Terlebih karena waktu peresmiannya yang berbarengan dengan booming-nya media sosial, maka kabar keberadaan obyek wisata ini pun semakin mudah tersebar berikut penampakan keindahannya dalam bentuk foto ataupun video.

Daya Tarik Taman Begonia

Taman Begonia tak lain adalah sebuah kebun bunga yang menawarkan daya tarik berupa keindahan kawasan wisata yang ditumbuhi bunga-bunga cantik.

Di dalam taman bunga ini, Anda akan mendapati berbagai warna dan jenis Bunga Begonia yang ditanam dan ditata rapi dalam sekat-sekat taman kecil.

taman-begonia-bandung-2019
instagram/hilmansogun

Jenis-jenis Bunga Begonia yang bisa Anda temukan di taman ini antara lain Bunga Celosia, Cosmos, Gianthus, Gloxinia, Geranium, Gomphrena, Melampodiam dan yang lainnya.

Bunga-bunga ini diatur sedemikian rupa, bahkan ada juga yang dibentuk menjadi karakter atau pernak-pernik lucu yang sangat cantik sebagai hiasan foto.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Bunga Begonia, bunga ini adalah sejenis tanaman bunga yang memang sering dimanfaatkan sebagai hiasan.

Bunga ini akan tumbuh subur di kawasan yang lembab dan beriklim tropis, dan tidak terlalu membutuhkan paparan cahaya matahari untuk hidup.

Selain Bunga Begonia tentunya masih ada beragam jenis bunga lain yang bisa Anda nikmati di Taman Begonia.

Bahkan tidak hanya tanaman bunga, sayur-sayuran dan buah-buahan pun menjadi salah satu sajian wisata yang disiapkan pengelola untuk memanjakan pengunjung.

Tak lupa juga sebuah kandang kelinci yang ikut meramaikan taman bunga ini. Bagi Anda yang menyukai kelinci, Anda bisa masuk ke dalam kandangnya dan berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci tersebut.

Taman Begonia juga menyediakan spot kuliner dengan adanya beberapa tempat makan berbentuk cafe sehingga Anda pun bisa melakukan wisata kuliner di Bandung.

Aktifitas Wisata di Taman Begonia

Secara umum daya tarik Kebun Bunga Begonia bisa Anda ketahui dengan membaca bagian daya tarik di atas.

Nah untuk lebih merinci apa saja hal-hal yang ada di Taman Begonia, berikut ini kami sajikan beberapa wahana berikut aktifitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan di sana :

1. Gerbang Kebun Begonia

wahana-taman-begonia
instagram/tamanbegonia

Pengujung yang datang ke taman bunga ini akan disambut dengan gerbang romantis yang berciri khas.

Gerbang Begonia ini berbentuk seperti gapura yang kanan kiri nya dihiasi beberapa ornamen dari bunga yang semakin membuatnya tampak indah.

Di Gerban Begonia inilah Anda bisa mengambil beberapa shot foto sebagai dokumentasi awal kedatangan Anda di Taman Begonia Lembang.

2. Hamparan Bunga

Bunga-bunga yang ada di Taman Begonia ditanaman di dalam polybag lalu ditata sedemikian rupa sehingga semakin indah untuk dipandang.

Antara jenis atau warna bunga yang satu dan lainnya pun dipisah-pisahkan dengan jalan setapak sehingga para pengunjung bisa leluasa menjelajah semua bagian taman.

Di tengah hamparan bunga ini pengujung bisa mengenal berbagai jenis bunga, bagaimana cara merawatnya hingga mencoba beberapa gaya berfoto dengan background hamparan bunga.

3. Spot Bunga Cinta

Spot ini adalah sebuah area yang dihiasi dengan bentukan atau ornamen tanda “love” yang terbuat dari bunga berwarna pink.

Banyak juga yang menyebutnya sebagai spot gerbang cinta dan pengunjung biasanya menggunakannya sebagai lokasi berfoto.

4. Mobil Bunga

taman-begonia-maribaya
instagram/wisata_bandung

Selain Gerbang Cinta, spot yang cukup menarik dan unik untuk berfoto adalah di spot mobil bunga.

Wahana ini berupa ornamen atau replika mobil antik yang disusun dari berbagai jenis dan warna bunga.

Pengujung bisa memposisikan diri seolah sedang naik di atas mobil kemudian difoto dengan berbagai gaya atau angel untuk menghasilkan gambar terbaik.

Selain spot bunga cinta, spot mobil bunga ini juga termasuk spot foto favorit pengunjung di Taman Begonia Bandung.

Baca juga : Wisata Kampung Batu Malakasari Bandung

5. Mencoba Wahana Outbound

Selain meng-eksplore aneka jenis dan warna bunga, di taman bunga ini para pengunjung juga bisa beraktifitas di wahana outbound.

Namun wahand outbound di sini bukanlah berbentuk wahana permainan semacam painting, flying fox ataupun rafting, melainkan permainan outbound yang akan menambah pengetahuan Anda tentang cara bertani hingga lombak memasak.

Selain wahana dan aktifitas di atas, para pengunjung juga masih bisa melakukan hal lain seperti mengunjungi kebun buah dan sayuran untuk memetik ataupun belajar cara berkebun, hingga mengunjungi kandang kelinci dan memberi makan kelinci-kelinci lucu.

Kemudian pengunjung juga bisa naik kuda mengelilingi Kebun Begonia, mengikuti acara kontes foto berhadiah kamera, hingga berburu souvenir khas Taman begonia Untuk keluarga di rumah.

Kesimpulannya banyak wahana dan aktifitas yang menunggu dan bisa Anda lakukan di taman bunga ini.

Banyaknya aktifitas tersebut dipastikan akan menghadirkan keseruan dan membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di Taman Begonia.

Alamat Taman Begonia Lembang

Taman bunga ini beralamat lengkap di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Jika diakses dari pusat Kota Bandung, maka waktu yang dibutuhkan hingga sampai di lokasinya adalah sekitar 36 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 16 kilometer.

Rute ke Taman Begonia

alamat-taman-begonia
instagram/meizda

Tidak sulit untuk menemukan taman bunga ini karena lokasinya terletak di tempat yang strategis dan mudah dijangkau.

Rute ke Taman Begonia yang bisa Anda gunakan yaitu dengan naik angkutan umum dari pusat Kota Bandung yang mengarah ke Pasar Lembang.

Lalu dari pasar ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Cibodas menggunakan angkutan umum hingga sampai di jalan Maribaya.

Nah di jalan ini, Anda selanjutnya tinggal mengikuti papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke Taman Begonia.

Baca juga : Farmhouse Lembang

Jam Buka Taman Begonia

Taman bunga ini dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu bahkan tetap buka pada saat libur nasional. Jam bukanya dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

HariJam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Untuk waktu kunjungan terbaik, Anda bisa datang ke taman ini saat siang menjelang sore yakni pada pukul 3 siang hingga pukul 5 sore.

Harga Tiket Masuk Taman Begonia

harga-tiket-masuk-taman-begonia
instagram/andreaslucivan

Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk menikmati bunga-bunga cantik di Taman Begonia.

Harga tiket masuk ke taman ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp15.000 di hari kerja dan Rp20.000 pada saat weekend ataupun libur nasional.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp15.000 (hari kerja) – Rp20.000 (weekend dan libur nasional)
Izin Kamera (khusus DSLR dan Mirrorles)Rp50.000

Selain itu ada juga biaya parkir yang harus dibayar jika datang menggunakan kendaraan pribadi. Juga biaya izin pemotretan sebasar Rp50.000 jika Anda masuk dengan membawa kamera DSLR atau Mirrorles.

Fasilitas Taman Begonia

Meskipun hanya sebuah taman mini, namun fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup memadai.

Fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan pengelola antara lain area parkir, mushola, toilet, meeting point, tempat istirahat, pusat souvenir, dan tempat makan.

fasilitas-taman-begonia
instagram/tittenia

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung

Kebun bunga atau Taman Begonia Lembang sangat cocok untuk Anda para pencinta bunga dan photograpy. Dengan biaya yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati aneka jenis bunga dan hunting foto sepuasnya.

Tempat wisata lain di Lembang dan sekitaran Bandung yang juga tak kalah menariknya dari Taman Bunga Begonia ini adalah Farmhouse Lembang, Dusun Bambu Lembang, dan juga tempat wisata di Bandung Selatan.

Silahkan Anda ekspolre sendiri agar mengetahui keindahan dan daya tarik masing-masing obyek wisata yang ada.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Curug Ciherang

Hansar
5 min read

Grafika Cikole

Hansar
5 min read

Chinatown Bandung

Hansar
5 min read

Farmhouse Lembang

Hansar
4 min read

Gunung Pancar

Hansar
5 min read

The Lodge Maribaya

Hansar
5 min read